Jadi penonton film Snowpiercer

Assalamualaikum😁

Hari ini saya akan mereview sebuah film yang wah.. Keren parah gaez.. saya excited banget mau berbagi cerita film ini sama kalian. Film ini berjudul Snowpiercer. Mungkin ada yang udah nonton...?

Toss dulu hayukkk🖐

Snowpiercer merupakan film cerita seru fiksi ilmiah Korea selatan yang rilis pada  29 Juli 2013 di Times square.

Disutradarai oleh Bong joon ho 

Diperankan oleh :

Chris evans sebagai Curtis

Tilda swinton sebagai Mason

John hurt sebagai Gilliam

Song kang ho sebagai Nam

Ed harris sebagai Wilford

Go ah sung sebagai Yona

Jamie bell sebagai edgar

Dll.

Snowpiercer bercerita tentang keadaan di bumi yang mengalami pemanasan global parah. Untuk mengurangi dampaknya para ilmuan kemudian membuat zat khusus bernama CW 7 yang disebar di atas atmosfer untuk menurunkan suhu bumi, tapi siapa sangka semua justru jadi malapetaka. Suhu bumi menurun terlalu drastis sampai tidak bisa ditinggali manusia. Seluruh tempat membeku. Mereka yang selamat kemudian tinggal di dalam sebuah kereta  yang terus berjalan selama bertahun-tahun. Namun di dalam kereta itu sama aja kayak di kehidupan nyata. Mereka yang banyak uang tinggal di gerbang yang mewah sementara mereka yang miskin tinggal di gerbang belakang seperti gelandangan. Setelah 18 tahun berlalu mereka yang ada di gerbang belakang melakukan pemberontakan untuk menerobos ke gerbang depan.

Sumprit demi apa ini keren banget sob...

Jujur saya bingung gimana jelasin film ini karena emang rada ribet dan panjang ceritanya 😅

Tapi mari aja kita mulai.

Cekiduttt...

Di awal film kita akam ditunjukkan adegan orang-orang di gerbang belakang yang lagi berbaris untuk mendapatkan makanan. Nah si Curtis ini disuruh duduk malah berdiri aja, Edgar yang berada di sampingnya memaksanya untuk cepat duduk karena para penjaga udah marah. Sebenernya si Curtis ini lagi menghitung jumlah dan waktu gerbang di depannya yang terbuka.

Jadi mereka ini mendapat pesan dari seseorang yang ditaruh di dalam makanan mereka. Dari pesan itu mereka disuruh pergi ke gerbang depan untuk membebaskan seseorang bernama Nam (orang korea nih) yang bisa membuka gerbang di kereta itu. 

Curtis selalu mendiskusikam rencananya pada seorang pria tua di sana bernama Gilliam. Giliam ini sebelah tangan dan kakinya udah buntung dan diganti pakai tangan palsu kayak bajak laut. Suatu hari seorang anak kecil bernama Timmy dan Andy dari gerbang belakang dipaksa untuk dibawa ke depan. Bapaknya Andy nggak terima sehingga dia melempar sepatunya kepada Mason. Seorang wanita berkacamata dan penampilan aneh dari gerbang depan yang ditugaskan untuk mengatur mereka. Karena perbuatannya  bapaknya Andy kemudian dihukum. Tangannya dikeluarkan dari dalam kereta setelah membeku di luar tangannya ini dipukul pakai palu gede, alhasil tangannya pecah dan buntung sampai lengan.

Nggak lama setelah kejadian itu mereka memberontak dan berhasil menerobos sampai gerbang dimana Nam dipenjara. Karena Nam dari Korea jadi mereka pakai alat penerjemah gitu. Nam juga punya seorang putri bernama Yona. Si Yona ini punya keahlian khusus bisa melihat apa yang ada dibalik gerbang, dinding atau pintu. Sebagai imbalan untuk membuka tiap gerbang Nam meminta 2 kronol. Kronol tuh katanya semacam narkoba yang bisa bikin halusinasi gitu.

Mereka melewati satu persatu gerbang dengan berani, tetapi semakin maju semakin banyak rintangan. Banyak juga orang-orang yang harus meninggal. Moment yang paling bikin Curtis terpukul adalah saat Edgar akhirnya mati. Saat itu mereka udah sampai di gerbnag persediaan air. Curtis kemudian menjadikan Mason sebagai sandra. Mason yang takut dibunuh menawarkan dirinya untuk jad penuntun jalan. 

Untuk sejenak kita akan dibuat terkagum-kagum sama apa yang ada di dalam kereta itu. Bisa dibilang ini kereta paling canggih di dunia.

Saya aja sampai terwow...wow lho sama apa yang ada di kereta itu. Ada kebun, ada salon, ada club, cafe, sauna bahkan ada akuarium besar tempat memelihara ikan-ikan kek tempat wisata itu. Kereta itu berubah jadi layaknya dunia beneran. Mereka bisa melakukan apa aja di sana.

Nah pas mereka masuk ke gerbang tempat sekolah anak-anak tiba-tiba mereka diserang. Mereka kira peluru udah punah tapi nyatanya di tempat itu mereka dibantai  dengan pistol dan bedil. Untungnya mereka masih selamat dan bisa melanjutkan perjalananan.

Nyawa mereka berulang kali terancam. Untuk sampai ke gerbang depan. Curtis harus kehilanagn beberapa temannya. Hanya tinggal ia Nam dan Yona yang berhasil sampai ke depan. Tapi pas udah tinggal satu gerbang Nam menolak untuk membukanya. Ia berniat membuka gerbang menuju luar. Nam mengatakan bahwa dunia luar sudah aman, udah nggak sedingin dulu. Nam bilang ia sudah memperhatikannya selama 10 tahun.

Di moment ini Curtis bercerita kenapa ia begitu berambisi untuk sampai ke gerbang depan.

Dulu ketika pertama kali mereka masuk ke kereta. Banyak orang bertengkar untuk mendapatkan makanan. Kelaparan membuat semuanya jadi nggak manusiawi. Bahkan mereka rela membunuh satu sama lain untuk makan daging mereka. 

Suatu hari ada seorang pria yang membunuh seorang ibu dan mengambil bayinya untuk dibunuh, tiba-tiba seorang pria lain datang meminta pisaunya, pria itu mengira pria yang datang itu akan membunuh bayi tersebut tapi ternyata ia justru memotong lengannya sendiri dan berkata "jika kalian sangat kelaparan makanlah ini" Curtis menjelaskan bahwa pria yang memotong tanganya itu adalah Gilliam dan pria yang berniat membunuh bayi itu adalah dirinya. Curtis meras jijik pada dirinya sendiri karena tahu rasanya daging manusia. Ia bahkan tahu kalau daging bayi rasanya lebih enak. 

Sejak kejadian itu orang-orang mulai rela memotong lengannya sendiri untuk dimakan bersama, benar benar sebuah keajaiban yang miris. Curtis ingin ikut memotong lengannya juga tapi ia tidak bisa karena takut. Kejadian itu terjadi sebelum mereka mendapat makanan protein yang dibagikan gratis.

Tiba-tiba gerbang itu terbuka dari dalam dan seorang wanita muncul menembak Nam. Yona teler karena minum alkohol jadi nggak sadar. Si wanita ini bilang bahwa wilford sedang menunggu Curtis untuk makan bersama.

Di dalam ruangan mesin sekaligus bagian kereta paling depan itu untuk pertama kalinya Curtis bertemu wilford. Disini juga kita akan mengetahui sebuah fakta sekaligus plot twist yang sungguh bikin Curtis sedih dan kecewa. Wilford bilang bahwa ia sudah merencanakan semuanya bersama Gilliam. Seperti alam semesta segala segala sesuatu harus seimbang jadi ketika populasi manusia di kereta itu terlalu banyak ia dan Gilliam merencanakan pemberontakan itu untuk mengurangi populasi. Wilford jugalah orang yang mengirim pesan rahasia tersebut. Namun ia tidak menyangka Curtis bisa sampai ke gerbang paling depan.

Sementara Gilliam dan orang-orang dari gerbang belakang harus mati sebagai korban.

Wilford berniat menjadikan Curtis sebagai penerusnya. Awalnya Curtis seakan terhipnotis dengan semua kata-kata yang diucapkan wilford tentang pentingnya kereta tersebut untuk umat manusia.

Sementara itu di luar Nam yang masih hidup berjuang bersama Yona karena para penghuni club di kereta itu ngamuk dan ngroyok mereka.

Nam menyuruh Yona untuk segera meledakan kronolnya agar pintunya terbuka. Koreknya dibawa sama Curtis jadi dia lari menghampiri curtis. Tapi tiba-tiba Yona ini garuk-garuk lantai pakai garpu. Ternyata di bawah lantai itu Curtis melihat seorang anak kecil sedang menggerakkan mesin. Saya nggak jelas lihatnya karena gelap, yang pasti setelah melihat hal itu Curtis sadar dan langsung nonjok wilford sampai pingsan. Ia yang dari dulu nggak berani motong tangannya sendiri kali itu malah memasukan tangannya ke dalam mesin yang berputar supaya mesinnya berhenti dan bisa mengeluarkan anak tersebut. Tapi tetep aja semua nggak berjalan dengan baik. Yona menyalakan kronol yang udah ditempel di pintu. Ia dan Nam berusaha menutup pintu di gerbang terakhir supaya bisa terhindar dari ledakan tapi waktunya nggak cukup.

Di detik terakhir sebelum ledakan terjadi Curtis dan Nam melindungi Yona dan Timmy dengan cara memeluk mereka. Bersamaan dengan ledakan itu. Kereta sedang melewati gung es yang longsor. Jadi dalam waktu sebentar kereta tersebut jatuh ke dalam jurang, bagian depannnya meledak dan yah.. saya kepikiran gimana nasib para penumpang lain? Ngeri banget euy...

Setelah semua kekacauan itu berhenti kita akan melihat bahwa Yona dan Timmy masih hidup dalam pelukan Nam dan Curtis yang udah meninggal. Mereka berjalan keluar dari kereta itu dan everything is fine. Bener kata Nam dunia udah mulai pulih, mereka bahkan lihat ada beruang kutub juga...

Tamat

8/10 untuk snow piercer..

Sumprit ini tuh film yang kerennnn banget👍👍👍👍

Dari awal sampai selesai semuanya menarik. Film kayak gini bikin saya berimajinasi tentang masa depan bumi.

Yang jadi pikiran saya adalah Yona sama Timmy ini terjebak di kutub mana? Trus ntar cari makannya gimana? 

Ya sudahlah, silahkan nonton sendiri ya gaes untuk mengisi adegan seru lain yang saya lewatkan😁



See you...


3 komentar

  1. Tapi si curtisnya mati Yaa :(. Galau mau nonton jadinyaaa 🤣. Kayak biasa spoilermu lengkap banget. Aku ga pernah masalah baca spoiler malah seneng, JD tahu ini bakal sad, happy atau menggantung endingnya. Biasa kalo sad dan menggantung aku ga tertarik untuk nonton, cukup baca review :D

    BalasHapus
  2. woww cerita fiksi yang menarik, seru juga nih kalau cerita action begini, emang rada mikir, tapi dikit

    BalasHapus


EmoticonEmoticon