Jadi penonton film Korea Han gong ju

Sumber gambar imdb.com

AssalamualaikumšŸ˜Š

Apa kabar semuanya? Udah pada makan belom? Kalau belum hayuk sini ajakim saya makan dunkšŸ˜¬

Hari ini saya akan membahas sebuah film dari korea selatan berjudul Han gong ju.

Film ini rilis pada 4 Oktober 2013 dan disutradarai oleh Lee su jin. Diperankan oleh Chun woo hee.

Film ini bercerita tentang seorang remaja SMU bernama Han gong ju yang menjadi korban pemerkosaan oleh 43 orang. Mirisnya jelas-jelas dia yang jadi korban tapi malah dia nggak dapat perlindungan sebagai korban. Hidupnya jadi berantakan, jadi dirahasian, sementara mereka yang menjadi tersangka berusaha membebaskan diri dengan harta dan kekuasaan orang tua.

Konon katanya, eh faktanya film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 2004 lalu di Miryang, Korea selatan.

Film ini dimulai dengan menunjukan Han gong ju yang dibantu oleh gurunya untuk pindah sekolah karena sekolah lamanya udah nggak mau menerimanya. Untungnya ada pak guru baik yang membantunya bahkan mencarikannya tempat tinggal yaitu di rumah orang tuanya pak guru.

Awalnya mama guru ini nggak menerima kehadiran Gong ju tapi karena sikap Gong ju yang baik lambat laun ia menerima dan menghargainya. 

Di sekolah barunya Gong ju berusaha menjalani hidup normal seperti anak seusianya. Berat pastinya setelah apa yang ia alami sebelumnya. 

Di sekolah baru itu Gon ju bertemu dengan teman-teman yang baik. Karena Han gong ju ini pintar main gitar dan punya suara yang bagus, sebuah grup acapella tertarik dan mereka kemudian menjadi teman. 

Mereka suka merekam Gong ju diam-diam dan itu bikin Gong ju marah besar. Mengingatkannya sama kejadian yang mngerikan itu. Juga karena ia takut kalau vidio itu tersebar orang-orang akan tahu siapa dirinya. Atau ada yang mendatanginya dan menyalahkannya seperti orangtua para tersangka.

Bener-bener sih orangtua para tersangka di film ini bikin emosi dan egois banget. Mereka nggak peduli gimana kondisi dan perasaan Gong ju, yang mereka pedulikan anaknya bisa bebas dari tuduhan dan menjalani hidup lagi. Padahal Han gong ju adalah korbannya. 

Orangtua Gong ju sendiri udah bercerai. Ibunya nggak peduli apa yang terjadi sama si putri dan malah sibuk cari suami baru, sementara ayahnya hobi mabuk-mabukkan dan malah cari uang dengan menerima sogokan dari orangtua tersangka supaya Gong ju mau menandatangani petisi untuk membebaskan tersangka.

Meski begitu Gong ju berusaha untuk bertahan dan melalui semuanya sendiri. Dia ini kuat banget, nggak jadi gila padahal seberat itu masalah yang ia hadapi. Ia mulai belajar berenang dengan alasan supaya ia tidak mati tenggelam. Karena temennya mati bunuh diri di sungai.

Flasback ke masa lalu.

Dulu di sekolah lamanya Gong ju ini punya sahabat namanya Hwa ok. Si hwa ok ini punya pacang namanya Dong yoon. Nah si Dong yoon ini tuh dibully sama geng cowok di sekolahnya.

Suatu hari Hwa ok ini bawa Dong yoon dan geng cowok tadi ke rumahnya Gong ju. Dari situlah kejadian itu bermula...

Han gong ju juga diancam dengan rekaman dirinya yang lagi diperkosa. Setelah kejadian itu Hwa ok yang hamil bunuh diri dengan melompat ke sungai. Kasusnya terungkap tapi Gong ju yang seharusnya mendapat perlindungan sebagai korban malah dikejar-kejar orangtua tersangka yang nggak terima. Ditekan dari berbagai pihak dan seolah nggak mendapat perlindungan sebagai korban.

Seharusnya kehidupan Gong ju di sekolah baru berjalan lancar. Tapi suatu hari temannya ini mengupload vidio Gong ju yang lagi nyanyi ke internet, niatnya mereka baik supaya bakat Gong ju nggak sia-sia tapi ternyata hal itu malah bawa petaka. Gong ju juga nggak pernah cerita tentang masa lalunya. Semua orangtua murid tersangka datang ke sekolah tersebut dan ngeroyok Gong ju. Kasihan Gong jušŸ˜­šŸ˜­

Setelah kejadian itu sekolah barunya pun nyuruh Gong ju berhenti sementara, heran deh.. Nggak kasihan apa sama Gong ju. Gimanapun juga dia belum dewasa dan bingung harus ngapain. Gong ju keluar dari rumah mama guru, ia telpon teman-temennya tapi nggak diangkat. Semua orang bersikap kasihan tapi tidak menceggahnya pergi atau sekedar menghiburnya. Pada akhirnya Gong ju melompat ke sungai.

Saya ragu ini sad ending apa happy ending. Karena Han gong ju awalnya tenggelam terus muncul ke permukaan, tenggelam lagi dan terlihat samar-samar bayangannya ia lagi berenang di bawah air. Jadi kayaknya ia berhasil menyelamatkan dirinya. Di sini saya mikir Han gong ju sebenernya nggak pengen bunuh diri, dia pengen menjalani hidupnya lagi. Tapi dia takut suatu ketika perasaanya hancur dan putus asa. Itu sebabnya ia belajar renang biar kalau dia lompat ke sungai dia bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Karena nggak ada orang lain yang akan menyelamatkannya.

7/10 untuk film ini. 

Karena diangkat dari kisah nyata saya jadi lebih memikirkan kisah dalam film ini. Heran sama kelakuan anak sekolah yang jujur bejad banget, juga kelakuan para orang tua yang rela menyakiti anak lain demi anaknya yang jelas-jelas udah bikin kesalahan besar. Dimana hati nurani mereka sebagai orang tua? Dan kenapa lagi-lagi keadilan mampu dibeli dengan uang....?

Demi apa saya sebel banget mikirin ini....

Beberapa orang di dunia ini menjalani kehidupan dan melewati pengalaman yang sangat menyakitkan. Semoga mereka, semoga kita kuat dan tetap berusaha jadi orang baik.


See you...


2 komentar

  1. ohh ternyata dari kisah nyata ya mbak dan udah lama banget ini film. tapi sepertinya alurnya dan ceritanya masih apik buat dinikmati
    kayak semacam bully gitu

    BalasHapus
  2. Ini jenis film yg ga akan aku tonton mba, cukup baca spoiler ajalah. Baca gini aja aku emosi, ngebayangin itu para bangsat yg memperkosa bisa bebas, dan ortu2nya sinting semua kali Yaa. Anak begitu dibela -_- .

    Tapi cerita ini ingetin Ama Ama kisah nyata juga, yg terjadi di Jepang. Seorang anak sekolah diperkosa rame2 , puluhan juga, di sekap, tapi akhirnya meninggal. Dan semua pelaku juga ga ditangkap. Marah, emosi, ga tau lagi lah. Udah hukuman akhirat aja buat mereka :(

    BalasHapus


EmoticonEmoticon