Jadi penonton film Korea Steel cold winter

AssalamualaikumšŸ˜

Apa kabare? Semoga sehat semua ya, yang sakit dan nggak enak badan, atau mungkin nggak enak hati, semoga lekas sembuh dan bisa beraktivitas lagi.

Kali ini saya akan membahas sebuah film dari korea selatan berjudul  Steel cold winter.

Rilis pada 7 November 2013 lalu dan disutradarai oleh Choi jin sung.

Diperankan oleh :

Kim yoon hye sebagai Hae won

Kim si hoo sebagai Yoon soo

Film ini bercerita tentang seorang anak laki-laki kelas 11 bernama Yoon soo dari seoul yang pindah ke sebuah perkampungan untuk melanjutkan sekolah di sana. Di sekolah barunya Yoon soo mendapat banyak perhatian karena dia ini ganteng, dari kota pula. Namun perhatian Yoon soo mengarah pada seorang gadis pendiam bernama Hae woon. Seorang gadis yang suka bermain seluncur. 

Hae woon diangap aneh oleh teman-temannya, ditambah ayahnya Hae won ini punya gangguan mental. Siapa sangka ketertarikan Yoon soo pada Hae woon membawa mereka pada kisah cinta yang mengerikan dan berdarah.

Yoon soo pertama kali melihat Hae won bermain seluncur sendirian di sebuah danau. Berbeda dengan Yoon soo. Hae woon memiliki kehidupan yang terkesan suram. Ibunya udah nggak ada dan Ayahnya memiliki gangguan mental. Si ayah ini sering dianggap sebagai pengganggu di desa. Hae won sendiri di gosipkan sebagai gadis aneh dan nggak bener. Meski begitu Yoon soo nggak mempercayai apa kata temen-temennya karena ia udah kadung suka. 

Diam-diam ia sering memperhatikan Hae won bermain seluncur.

Hubungan mereka menjadi dekat setelah Yoon soo memberikan sepatu seluncur baru untuk Hae woon. 

Suatu hari bapaknya Hae woon ini dituduh melakukan pelecehan seksual dan mau memperkosa temennya Hae won. Kata warga hal tersebut sering terjadi oleh karena itu si ayah ditangkap dan di bawa ke polisi, geger kan tuh. Nggak ada seorang pun yang membela keluarga Hae woon. Si kepala desa kemudian datang dan membela bapaknya Hae woon. Ya maklum namanya juga orang nggak waras, begitu katanya. Setelah itu Hae woon dan ayahnya bebas. 

Suatu ketika Yoon soo mendengar gosip kalau Hae woon itu sering tidur sama bapaknya sendiri. Meskipun nggak mau percaya tapi nyatanya ia kepikiran terus. Datanglah Yoon soo ke rumah Hae woon. Ketika itu ia masih berada di luar gerbang melihat Hae woon keluar kamar sambil membawa pisau lalu masuk kamar ayahnya.

Keesokan harinya Ayahnya Hae woon ditemukan meninggal dalam kondisi tangannya terpotong, dan potongan tangannya hilang entah kemana. Mereka curiga potongan tangannya dibuang ke wc.  Seluruh warga jadi gempar dan Yoon soo jadi curiga sama Hae woon. Ia mulai menjauh karena merasa takut dan ngeri.

Hae woon yang menyadari hal tersebut mengajak Yoon soo untuk bermain seluncur. Karena katanya Yoon soo pengen diajarin main seluncur. Tapi tiap kali Yoon soo melihat Hae woon meluncur bersama sepatunya, jejak sepatu itu berubah jadi darah dan membuat Yoon soo ketakutan. Ia kabur tanpa memakai alas kaki dan pergi ke kantor polisi. Di sana Yoon soo berkata bahwa pada malam sebelum kematian ayahnya Hae woon ia melihat Hae woon masuk ke kamar ayahnya membawa pisau. 

Ternyata Hae woon ada di belakang Yoon so sambil membawa sepatu Yoon soo yang tertinggal. 

Polisi menyuruh mereka pergi dan menganggap ucapan Yoon soo hanya main-main.

Mereka berjalan pulang bersama dalam diam. Yoon soo kemudian menanyakan apa yang sebenarnya Hae woon lakukan malam itu.  

Hae won bilang ia memang sengaja menaruh pisau di kamar ayahnya karena ia kasihan. Tapi ia tidak pernah membunuh ayahnya. Ia sayang banget sama si ayah meskipun kondisinya begitu.

Jadi si ayah ini bunuh diri sendiri.

Hae won bilang ia juga tahu kalau yoon soo percaya pada gosip yang bilang bahwa Hae woon sering tidur dengan ayahnya sendiri. Padahal dulu Yoon soo pernah bilang kalau ia tidak mempercayai gosip. Mengecewakan sekali bukan.

Hae woon juga tahu bahwa Yoon soo tidak membunuh temannya. Jadi si yoon soo ini pindah ke desa karena dulu di seoul teman dekatnya bunuh diri dan Yoon soo disalahkan atas kejadian itu. Sejak itu ia mengalami trauma dan sering mendengar suara yangmenyakitkan di telinganya. Mereka kemudian menghabiskan malam romantis bersama. Ya gitu lah, nggak perlu diceritakanšŸ˜¬

Sayangnya setelah laporan yang dibuat Yoon soo tersebut Hae woon kemudian dijemput oleh mobil polisi. Selama beberapa hari ia diintrogasi. Yoon yang merasa bersalah mencari Hae won sampai ke rumahnya dan kemudian jatuh sampai kepalanya terluka.

Pas dia denger kalau Hae woon udah pulang Yoon soo langsung gaskeun bergegas pergi.

Adegan berpindah ke Hae woon yang duduk sendiri di kamarnya sambil memakai jaket ayahnya yang udah meninggal. Tiba-tiba pak kepala desa yang udah tua dan ubanan muncul dan melepas jaket.

Dari gelagatnya saya curiga kalau dia adalah serigala berbulu dombašŸ‘

Bener aja...

Ternyata selama ini Hae woon tuh mengalami pelecehan seksual dari kepala desanya yang kelihatan baik. Astaga ini udah kakaek-kakek juga... dan ia nggak bisa nolak karena kepala desa ini juga memenuhi kebutuhan Hae woon yang serba kekurangan. Tahu sendiri ayahnya Hae won kondisinya gimana. Jadi yang orang-orang kira Hae woon tidur sama bapaknya tuh sebenernya sama pak kepala desa.

Sangbat emang tuh pak tuašŸ˜ 

Pas Yoon soo datang ke sana. Hae woon udah nggak ada di rumah. Ia menemukan Hae woon tidur dalam kondisi demam di gubuk dekat danau. Yoon soo kemudian menggendongnya ke klinik terdekat.

Disana ketahuan kalau Hae woon ini lagi hamil. Si dokter cowok itu malah ngomong hal yang jelek soal Hae woon. Ngata-ngatain Hae woon cewek nggak bener dan bla...bla...lainnya. Si Hae woon cuma bisa nangis. Yoon soo yang merasa kesal kehilangan akal dan berakhir membunuh si dokter pakai sepatu luncur. Karena si dokter itu yang nyebarin gosip nggak bener soal Hae woon yang tidur sama bapaknya. Kata-kata nggak bener itulah yang bikin Image Hae woon jelek.

Hae woon pergi untuk mencari alat buat ngubur si dokter tapi malah ketemu pak kepala desa. Mereka kemudian juga bunuh pak kepala desa mesum. Dan menggali kuburan. Pas mau dikubur si dokter ini ternyata masih hidup tapi Yoon soo tetap ngubur mereka. Sadis sih.

Yoon soo dan Hae won tahu mereka udah kelewatan dan nggak mungkin buat memeperbaiki semuanya. Jadi mereka pun pergi dari desa tersebut dan pergi ke kota.

Kabur bareng ceritanya....

Keesokan harinya hujan turun di desa tersebut, mayat pak kepala desa dan pak dokter ditemukan dan berita segera menyebar dengan cepat.

Namanya juga anak remaja, mereka nggak punya uang dan ngak tahu harus kabur kemana ujung-ujungnya mereka kembali ke desa tengah malam dan memutuskan untuk main seluncur di danau. Yoon soo meminta Hae woon mengajarinya. Mereka main seluncur makin jauh sampai ke tengah danau dimana lapisan esnya tuh rapuh retak dan menyebabkan mereka berdua tenggelam ke dalam danau yang dingin.

Tamat...

Ehmmm...mau ngomong apa ya, 

Saya suka film ini, menikmati aja alurnya dari awal sampai akhir.

7,2/10 untuk steel cold winter. Pelajaran yang bisa diambil dari film ini adalah, Kita nggak pernah tahu gimana omongan kita mungkin bisa menyebabkan seseorang bertindak gila atau menderita. Trus mengarah ke hal tak terduga. Jadi jaga mulut anda, jangan suka ngomong hoaks apalagi di depan banyak orang. Karena emang bener, fitnah lebih kejam dari pembunuhan.


See you


2 komentar

  1. Dark ya filmnya, nggak kuat pasti nontonnya. Makasih reviewnya...

    BalasHapus
  2. Endingnya nyesek yaaa mba :p. Dari awal di tokoh udh jelek banget hidupnya, sampe akhir malah harus mati. Aku baca reviewmu aja lah, drpd baper lama ntr nontonnya hahaha

    BalasHapus


EmoticonEmoticon