Jadi penonton film Korea The mimic

Sumber gambar rotten tomatoes.com

Assalamualaikum­čśü

Jadi beberapa tahun yang lalu saya tuh nonton film horor dari Korea yang judulnya The Mimic. Nggak tahu kenapa Waktu itu saya nggak merasa kalau film ini tuh serem. Bahkan saya nontonnya sendirian di kamar dan pakai Headset. Tapi pas saya nonton untuk 2 kalinya ternyata baru kerasa seremnya­čś▒mungkin karena waktu itu saya lagi suka sama film Thriller dan mengira kalau the mimic itu bukan film horor cuma kayak zombi gitu­čśů nggak tahu kenapa kalau udah baca genre horor di suatu film Saya pasti jadi takut buat nonton.

The Mimic merupakan film horor Thriller asal Korea Selatan yang rilis pada 17 Agustus 2017 dan disutradarai oleh Huh Jung.

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang menghadapi teror dari arwah yang dapat menirukan suara manusia yang telah meninggal untuk menarik korbannya. Menggali ingatan terdalam seseorang tentang orang tercinta mereka yang sudah meninggal.

Film dimulai dengan adegan seorang laki-laki dan perempuan yang mengendarai mobil menuju gunung Jang.

Di tengah jalan tiba-tiba mereka menabrak seekor anjing yang sedang menyebrang. Si pria yang bernama Jeong su kemudian membawa anjing tersebut ke dalam bagasi yang ternyata di dalam bagasi tersebut ada mayat seorang wanita­čś▒

Jeong Su dan pacarnya kemudian berniat menyembunyikan mayat wanita tersebut di dalam sebuah gua yang disegel. Setelah mengubur wanita tersebut tiba-tiba Jeong su mulai mendengar suara aneh yang terdengar mirip dengan wanita yang baru saja dikuburnya makin lama ada suara-suara lain yang terdengar, bahkan suaranya sendiri. 

Mereka pun menghilang entah kemana.

Adegan kemudian berpindah kepada keluarga Hee yoon yang baru saja pindah ke rumah di dekat gunung Jang. Hee yoon dan suaminya Min ho memutuskan untuk pindah ke desa tersebut untuk merawat mertuanya yang memiliki gangguan mental Karena sudah tua. mereka juga membawa anak perempuan mereka yang masih kecil bernama Jun hee.

Sejak pindah ke rumah tersebut sang nenek mulai mendengar suara-suara kakaknya yang telah meninggal dari dalam hutan. Hee yoon sendiri sebenarnya sering berhalusinasi melihat putranya yang menghilang 5 tahun yang lalu. 

Suatu hari ada dua anak kecil yang datang ke rumah mereka dan mengatakan bahwa mereka mencari anjingnya yang menghilang. Si adik kemudian mengatakan bahwa ia mendengar anjingnya dari dalam hutan. Mereka berdua kemudian pergi ke dalam hutan dan sampai di dalam gua yang sudah dibongkar tadi. Sang kakak perempuan kemudian masuk ke dalam gua dan memanggil anjingnya karena takutnya si anjing tersesat di dalam gua. Tiba-tiba ada sepasang tangan yang menariknya ke dalam, si adik sangat ketakutan, tapi beberapa saat kemudian sang kakak keluar lagi. Mereka kemudian pergi mencari bantuan.

Min ho dan Hee yoon datang ke tempat tersebut untuk membantu mereka dan mengecek Apa benar ada sesuatu di dalam gua tersebut. Saat Min-ho masuk ke dalam tiba-tiba ada seorang wanita dengan kondisi mengenaskan yang jatuh menimpanya. 

Sumprit ngaggetin banget pas adegan ini­čśů

Wanita itu kemudian meninggal seketika. Tak Berapa lama kemudian para Polisi datang.  Sejak saat itu gua tersebut dibuka untuk melakukan penyelidikan.

Saat sedang melihat cermin yang ia temukan di luar gua Hee yoon melihat seorang anak kecil ada di belakangnya. Tanpa pikir panjang dan penasaran Hee yoon kemudian mengikuti anak kecil tersebut. Agak aneh rasanya ada anak kecil berkeliaran sendiri di hutan dengan pakaian kumal. Serem kan...

Tapi Hee yoon malah ngikutin anak kecil tersebut dan menyapanya.

Saat Hee yoon akan pergi si anak menarik tangannya. 

Hee yoon kemudian pergi meninggalkan anak tersebut karena Min ho memanggilnya. Saat mereka berada di rumah seorang dukun di desa tersebut mendatangi mereka dan mengatakan bahwa mereka harus berhati-hati karena guanya sudah terbuka.

Mungkin bagi mereka si dukun ini gajelas banget yak, nggak kenal tiba-tiba ngomong begitu.

Ya masa bodo lah...

Malamnya tiba-tiba anak kecil yang yang bertemu Hee yoon di hutan tadi berada di depan pintu rumah mereka.  Hee yoon yang kasihan melihat kondisi anak tersebut kemudian membawanya masuk dan memutuskan untuk merawatnya. Padahal harusnya kan dibawa ke kantor polisi aja ya. Tapi Hee yoon nggak tega dan pengen merawatnya. 

Anak kecil tersebut mengaku bahwa namanya juga Jun hee sama seperti anak Hee yoon. 

Tapi semenjak kejadian itu ia dan keluarganya mulai dihantui hal-hal yang tidak masuk akal. Dang nenek mulai mendengar kembali suara kakaknya yang sudah meninggal saking ketakutannya ia bahkan menutupi cermin dengan lakban. Dan si nenek ini yakin kalau penyebab munculnya suara tersebut adalah karena datangnya anak kecil tadi. Ia berniat untuk membunuh anak tersebut agar suara itu menghilang untungnya Hee yoon melihatnya dan berhasil mencegahnya.

Suatu malam sang nenek Ini mendengar suara kakaknya yang sudah meninggal ia akhirnya mengikuti asal suara tersebut dan pagi harinya si nenek menghilang.

Min ho dan Hee yoon mencari si nenek ke mana-mana tapi tidak menemukannya. Min ho yang merasa bahwa ada keanehan dengan anak kecil tadi yakin bahwa anak kecil itu tahu di mana keberadaan ibunya. Anak tersebut kemudian mengatakan di mana sang nenek berada. Tapi sejak saat itu Min ho ikut menghilang entah kemana bersama anak kecil tersebut. Hee yoon yang menjadi khawatir kemudian menghubungi polisi.  

Polisi Kemudian datang dan mengatakan bahwa di daerah tersebut memang sering terjadi kasus orang hilang. ia menunjukkan foto seorang lelaki dan putrinya. Anehnya Hee yoon mengatakan bahwa ia mengenali anak perempuan dalam foto tersebut adalah Jun hee yang ia temui di hutan. Tapi ternyata...­čś▒

Si polisi bilang bahwa foto tersebut diambil pada tahun 80-an yang berarti anak tersebut tidak berasal dari masa kini. Menyadari ada yang tidak beres Hee yoon kemudian memutuskan untuk mencari suami dan neneknya sendiri ke dalam gua.

Ia pun pergi kepada si dukun yang pernah mengatakan padanya untuk berhati-hati jika ada anak kecil yang datang ke rumahnya. Dukun tersebut kemudian menceritakan hal mengerikan yang terjadi di masa lalu.

Konon katanya gua yang saat ini terbuka kembali disegel karena sesuatu yang mengerikan di dalamnya. Pada zaman dulu ada seorang pria yang mengorbankan dirinya sendiri bersama putrinya kepada seorang iblis bernama Jangsanbeom melalui sebuah ritual di dalam gua tersebut. Sejak saat itu gua ditutup dan suara-suara aneh mulai bermunculan orang-orang mulai hilang dan muncul kabar bahwa ada arwah yang dapat menirukan suara orang yang telah meninggal dan menculik manusia-manusia yang masih hidup.

Dukun tersebut memberikan sebuah jimat yang akan melindungi Hee yoon dari iblis tersebut walaupun hanya sebentar. Ia menaruh jimat tersebut di pintu kamar Jun Hee sementara ia dan anak kecil tadi pergi mencari suami dan mertuanya. Anak kecil tadi mengatakan bahwa Hee yoon tidak boleh mengatakan apapun selama berada di dalam gua, tapi karena tersandung ia kemudian bersuara sehingga suara-suara aneh yang lain mulai muncul. Mulai dari suara suaminya, mertuanya bahkan suara anaknya yang menghilang 5 tahun yang lalu.

Saat mendengar suara Jun Hee, Hee yoon menjadi sangat cemas dan kemudian berlari menghampiri suara tersebut tapi yang datang justru Jangsanbeom. Hee yoon berlari ke sana kemari berusaha untuk menyelamatkan dirinya dari kejaran sang arwah.

Ikut jantungan sepanjang adegan di dalam gua ini. Ditambah suasana gelap dan sumpek. Di dalam gua tersebut terdapat cermin yang mana arwah tersebut bisa muncul dari setiap cermin. ditambah suara-suara yang membuat Hee yoon semakin depresi. Semakin ia terpengaruh suara tersebut maka pandangan matanya akan semakin kabur. Hee yoon bingung kemana ia harus pergi.

Sementara itu di rumahnya Jun hee tiba-tiba mendengar suara ibunya memanggilnya. Tapi saat turun ke dapur ia melihat hantu Jangsanbeom keluar dari dalam cermin di dinding­čś▒

Astaga....Saya takut banget pas bagian ini. Jun hee yang ketakutan kemudian berlari ke dalam kamarnya tiba-tiba anak kecil tadi muncul dan menyelamatkan Junhee.

Akhirnya Hee yoom berhasil bertemu dengan Minho. Minho menyuruh Hee yoom untuk kabur melalui lubang yang ia masuki tadi sementara ia tidak bisa ikut karena matanya sudah tidak dapat melihat. Tapi semua tidak berjalan lancar Arwah jangsanbeom pun terus menghalangi mereka untuk kabur. untungnya setiap kali akan tertangkap mereka diselamatkan oleh anak kecil tadi sampai akhirnya Hee yoon dan Minho berhasil menemukan tangga dan naik ke atas namun saat itu Hee yoon merasa iba karena mendengar suara anak kecil tadi sedang menangis dan berkata Kenapa Hee yoon meninggalkannya padahal Hee yoon berjanji akan selalu menemaninya. Min Ho berkata untuk mengabaikannya karena anak kecil tersebut hanya akan membuat hatinya semakin lemah Dan mereka tidak akan selamat ia menarik istrinya dan mereka naik ke atas tapi ketika berada di atas ia kembali mendengar suara putranya yang meninggal 5 tahun yang lalu. Hee yoon dipenuhi kesedihan dan rasa bersalah kemudian meminta maaf kepada Min-ho lalu ia turun lagi ke bawah. Pada akhirnya Hee yoon tenggelam dan menghilang di dalam gua tersebut sementara Min-ho berhasil selamat. Setelah kejadian itu, gua tersebut disegel kembali. Tapi setelah bertahun-tahun berlalu suara-suara tersebut masih muncul dan film pun tamat.

7,5/ 10 untuk film ini jujur pas pertama kali saya nonton ya emang bener nggak takut. Tapi kalau disuruh nonton lagi saya bakalan takut dan nolak.

Untuk film horor menurut saya bagian yang paling horor itu pas si hantu Jangsanbeom muncul dari dalam cermin. habis nonton film ini saya berkali-kali lihat cermin dan takut kalau ada sesuatu yang muncul dari situ.


See you....

1 komentar

  1. Aku pernah nonton ini dan kesel aja sama endingnya. Si istri terlalu bersedih aja gitu sampai sudah dikasi taupun ngga menghiraukan. Kesel jadinya. Hahaha

    BalasHapus


EmoticonEmoticon