Jadi penontom film Korea Missing woman

Sumber gambar imdb.com
Assalamualaikum😁

Halo semuanya, hari ini saya akan membahas sebuah film dari Korea Selatan berjudul Missing. 

Film ini rilis pada 30 November 2016 dan disutradarai oleh Lee eon hee.

Diperankan oleh:

Gong hyo jin sebagai Han mae

Uhm ji won sebagai Ji sun

Park hae jon  sebagai Park hyun ik.

Dan pemeran lainnya.

Bercerita tentang seorang ibu yang berjuang untuk menemukan anaknya yang dibawa kabur oleh pengasuhnya sendiri. Filmnya tentang penculikan gitu ya. Tapi lebih dari sekedar itu film ini mengandung banyak pesan moral. Tentang bagaimana kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Mewek pasti kalau yang diceritain beginian😭

Tapi tahu nggak sih, baru kali ini saya nonton film penculikan tapi saya justru kasihan karena melihat kisah si penculik. Bisa dibilang film ini menceritakan gimana kehidupan seorang ibu jika kehilangan anaknya. Dan hal gila apa yang bisa ia lakukan.

Yang saya suka dari film ini adalah karena alurnya itu nggak bertele-tele jadi di 10 menit film pertama kita udah diperlihatkan sama konfliknya.

Tokoh utama dalam film ini pun sebenarnya juga si ibu sama si penculik.

Langsung aja kita ke tekapeh😊

Cerita dimulai dengan kehidupan Lee ji Sun seorang ibu yang baru saja bercerai dengan suaminya dan berjuang untuk memperjuangkan hak asuh atas anaknya yang bernama Da eun. Ji sun bekerja sebagai karyawan kontrak di sebuah perusahaan televisi penyiaran gitu Kayaknya. Itu sebabnya dia mempekerjakan seorang pengasuh bernama Han mae yang diperankan oleh Gong Hyo Jin. 

Diceritakan Han mae ini merupakan warga negara asing dari Cina dan dia nggak terlalu fasih berbicara dengan bahasa Korea tapi Ji sun suka banget sama kerjanya Han mae karena dia ini baik banget. 

Sampai suatu hari, di hari kamis pagi Han mae dan  Da eun Menghilang. Awalnya Ji sun mengira mereka mungkin pergi ke suatu tempat jadi dia cuma meninggalkan catatan bahwa dia mungkin akan pulang terlambat. Tapi sampai malam hari pas Ji Sun pulang Han mae dan Da eun belum ada di rumah.

Ji sun mulai kebingungan dan mencari kesana kemari bertanya kepada para Tetangga tapi tidak ada yang melihat mereka berdua. Dia bertanya kepada penjaga apartemen tapi si penjaga ini udah agak tua. Dia cuma bilang kalau pengasuhnya Ji sun itu agak aneh karena waktu dia mau pegang eh malah tangannya ditepis. Kan malu si penjaga.

Ji sun kemudian menemui tetangganya dan dan menanyakan tentang pengasuhnya. Karena dulu itu dia kenal Han mae dari pengasuhnya tetangganya ini (paham nggak sob? 😬)tapi ternyata pengasuhnya si tetangga ini udah keluar sejak lama jadi dia cuma kasih nomornya sama Ji Sun.

Flashback bentar,

Dulu sebelum Ji sun mempekerjakan Han mae dia mempekerjakan seorang wanita Cina juga tapi ternyata saat itu Da eun jatuh dan terluka sehingga dia memecat wanita Cina itu. Han mae diperkenalkan oleh pengasuh tetangganya yang mengatakan bahwa itu adalah keponakannya. Karena itu Ji sun percaya apalagi sejak pertama Han mae menunjukkan perilaku yang baik dan bahkan bisa menenangkan Da eun yang lagi rewel. 

Meskipun Han mae tidak masih berbahasa Korea tapi dia bisa mengerti apa yang dimaksud dan diinginkan oleh Ji sun. Dia ngerawat Da eun kayak anaknya sendiri. Dan bahkan Ji sun baru sadar kalau selama ini Da eun sering manggil Han mae "mama"

Awalnya Ji sun berniat melapor kepada polisi tapi tiba-tiba ia mendapat telepon dari pengacaranya yang membahas masalah hak asuh Ji sun.  Hal itu membuat Ji sun berpikir bahwa ia tidak dapat melaporkannya kepada siapapun karena ia mungkin akan kehilangan haknya atas Da eun. 

Masih mencoba positif thingking, Ji sun menghubungi Han mae tapi nggak bisa. Ia menelepon si pengasuh tetangganya dan ternyata orang itu baru ngaku kalau Han mae itu bukan keponakannya. Han mae sendiri yang minta diperkenalkan pada Jisun supaya bisa bekerja padanya. Ji sun panik dunk, ada kebohongan besar yang disembunyikan Han mae.

Lebih panik lagi saat dia tahu bahwa yang menyebabkan Da eun jatuh dulu adalah Han mae. Tujuannya supaya Ji sun memecat pengasuhnya dan Han me bisa melamar jadi pengasuh baru.

Jujur dari awal nonton film ini saya udah merasa kalau Han mae ini sebenarnya bukan orang jahat terus alasan dia nyulik Da eun buat apa?

Jisun kemudian melakukan pencarian sendiri. Dia mencurigai seorang pria yang selama 2 hari ini datang ke depan apartemennya. Dari laki-laki tersebut Jisun mencari informasi tentang pengasuhnya. Laki-laki bernama Park hyun ik itu mengaku kalau dia punya hutang sama Han mae, mau bayar tapi kagak ada orangnya.

Ji sun memohon supaya Hyun ik membantunya mencari Han mae karena anaknya dibawa pergi. 

Mereka kemudian sampai pada sebuah tempat prostitusi gitu. Katanya Han mae dulu kerja di sana. Di tempat itu namanya Han mae itu bukan Han mae tapi Magnolia.

Saya jadi makin bingung, masak iya Han mae kerja begituan? Kok bisa? Kenapa?

Kepo banget dah saya😅

Singkat ceritanya pencarian yang dilakukan Ji sun ini membawa kita pada masa lalunya Han mae yang bikin saya termehek-mehek, nangis menuntut keadilan sama si sutradara. Namun protes saya cuma sampai di dalam kamar aja😬

Jadi ceritanya Han mae dulunya menikah dengan orang Korea, tapi suaminya ini bener-bener Siwalan banget karena dia ini semena-mena banget sama Han mae. Begitu juga mertuanya. katanya tugasnya Han mae itu cuma punya anak dan gak perlu bisa bahasa Korea. Nggak boleh kemana-mana, di rumah aja udah. Kalau bikin salah dan nggak nurut ya dipukul.

Tetangganya Han mae  udah mencoba membantu tapi nggak bisa berbuat banyak.  Sampai pada akhirnya Han mae hamil dan pas anaknya lahir, anaknya yang bernama Han jane ini mengalami penyakit langka yang membuatnya harus mendapatkan donor hati dan dirawat di rumah sakit. Sedihnya si suami nggak mau bertanggung jawab dan gak mau ngurus anaknya. Han mae harus berjuang sendirian untuk menyelamatkan Han jane. Ia sampai rela bekerja di tempat prostitusi demi membiayai biaya rumah sakit yang mahal.

Sayangnya semua itu nggak cukup,  Hanmae juga punya kendala bahwa dia warga negara asing yang nggak punya hak istimewa seperti warga Korea lainnya.

Sampai Pada suatu hari Han mae dikasih tahu sama pihak Rumah sakit kalau ia dikasih waktu seminggu untuk melunasi biaya rumah sakit yang sudah membengkak, kalau nggak bisa Han jane bakal dipaksa keluar.

Han mae kemudian melakukan berbagai macam cara. Saat itu dia sudah bekerja di tempat prostitusi tadi dan ternyata dia ini udah kenal sama Park Hyun ik. Bisa dibilang hubungan mereka dekat. Han mae menelepon Hyun ik mengatakan bahwa Ia membutuhkan uang.

Hyun ik ini adalah mafia yang kerjanya jual organ ilegal gitu. 

Miris banget karena Han mae kemudian menjual organ tubuhnya, semua ia lakukan demi kesembuhan anak yang sangat disayanginya. Sesakit apapun akan ia tahan, sesusah apapun akan ia lakukan asal Han jane bisa sembuh dan hidup.

Tapi ternyata pihak rumah sakit mengusirnya padahal waktu itu belum ada seminggu berlalu. 

Nggak ada yang bisa dilakukan Han mae. Dia nangis-nangis dan memohon kayak gimana pun tetep aja diusir😭 padahal kondisinya Han mae sendiri lagi sakit karen habis oprasi. Dan ternyata...

Penyebab ia diusir dari rumah sakit adalah karena pada hari itu Jisun datang sambil bawa Da eun yang lagi demam tinggi.

Waktu itu nggak ada kamar buat Da eun. Mantan suaminya Ji sun adalah dokter di sana, jadi tanpa pikir panjang ia keluarin Han jane yang belum bayar suapaya anaknya bisa masuk.

Karena itu Han mae kemudian menyimpan perasaan dendam.

Nggak lama setelah itu pun Han jane demam tinggi di rumah. Han mae nelpon 119 buat menanyakan apa yang harus ia lakukan. Udah panik banget ditambah   dia nggak fasih bahasa Korea jadi dia bingung. Cuma bisa nangis sambil gendong Han jane.

Sementara badannya Han jane udah panas banget. Sampai akhirnya Han jane meninggal.

Sedih dan nyesek banget pas adegan ini😭😭

Gimana sepanjang hidupnya Han mae menderita, padahal dia orang baik. Ia  berjuang untuk menyelamatkan anak satu-satunya tapi semua orang kayak nggak peduli sama nyawa anaknya. Hatinya sebagai seorang ibu hancur.

Setelah beberapa hari berlalu Jisun nggak juga menemukan Han mae dan anaknya. Ia pun melapor pada polisi.

Singkat cerita para polisi mulai melakukan penyelidikan dan pencarian. Suatu malam mereka lagi kumpul di rumahnya jisun buat melacak keberadaannya Han mae.

Saat itu Jisun ini lihat taplak meja yang ditaruh di atas freezer. Ada tulisannya Han jane.  Ji sun membuka frezzer tersebut dan mengeluarkan semua isinya. Di tempat paling bahwa ia menemukan sebuah kotak besar dan pas dibuka...😱

Ji sun melihat kaki anak kecil yang kepalanya ditutup pakai kain putih dan memakai baju milik Da eun. Ji sun shock banget dong...

Saya aja ikutan sook...

Kok tega banget Han mae...

Tapi ternyata itu bukan Da eun melainkan Han jane.

Jadi selama ini mayat Han jane ditaruh di freezer itu. Mungkin Han mae nggak bisa menerima kematian anaknya. Antara miris dan horor sih ini...

Penyelidikan terus dilanjutkan. 

Gimana cerita selanjutnya? 

Dimana Hanmae dan Da eun?

Moon maap saya nggak mau spoiler😁

Tonton sendiri ya sob. Dijamin suka, biar lebih kerasa sedihnya juga.

Saya merekomendasikan film ini kalau kalian cari tontonan. Sedih dan berkesan di hati saya.

Endingnya pun memuaskan walaupun nggak happy ending. Kayak itu emang udah ending terbaik untuk kedua belah pihak.

8/10 untuk film ini. Suka banget sama mbak Gong hyo jin. Apapun karakternya di film pasti selalu bagus. 

Kata orang-orang ketika orang tua kehilangan anaknya rasanya seluruh dunia udah nggak indah lagi. 

Semoga kita semua busa jadi anak dan orang tua yang baik kelak.


See you...


0 komentar

Posting Komentar