Jadi penonton film what happened to Monday

Sumber gambar imdb.com

Assalamualaikum😁

Yuhu... Hari ini saya bersemangat sekali mau mereview film, kenapa? Karena film ini luar bisa keren bagi saya. Rasanya udah lama saya nggak nonton film sekeren ini. 

Eh, semuanya keren sih, cuman yang ini keren banget😘

Akhir-akhir ini saya merasa nggak ada film yang bikin saya merasa "wah.. Ini nih, mantap" rasanya zonk aja waktu nonton. Dan seneng banget karena nonton film ini.

What happened to monday. Kalau denger judulnya kalian bakal mikir apa?

Apakah tentang liburan misterius di hari minggu atau pada hari minggu kuturut ayah ke kota naik delman.. 

Eh.. Focus....!

Film ini rilis pada 30 Agustus 2017 di prancis dan disutradarai oleh Tommy wirkola. Dan dibintangi oleh Noomi rapace sebagai Karen settman.

What happened to monday berkisah tentang 7 saudara kembar yang harus bertahan di dunia ketika bumi sudah over populasi. Jadi ceritanya di masa depan jumlah manusia udah bener-bener nggak terkontrol. Karena hal tersebut, banyak orang kelaparan dan hidup miskin lantaran sumber daya yang nggak cukup.

Untuk mengatasi masalah tersebut seorang kepala biro alokasi anak bernama Nicolette cayman membuat undang-undang pengalokasian anak. Bahwa setiap keluarga hanya boleh memiliki 1 anak. Fix no debat. Jika ada keluarga yang memiliki lebih dari satu anak maka anak tersebut dianggap ileggal dan akan di masukan ke dalam program cryosleep. Yaitu sebuah progam untuk menidurkan anak-anak selama puluhan tahun sampai dunia menjadi lebih baik dan layak untuk ditinggali.

Nah suatu ketika lahirnya 7 anak prempuan kembar yang mana sudah jelas bahwa itu melanggar peraturan . Karena ibunya meninggal saat melahirkan maka 7 anak itu dirawat oleh sang kakek yaitu Terrence settman. Uniknya 7 anak ini dikasih nama sunday, monday, tuesday, wednesday, thursday, friday, saturday.

Sejak kecil mereka dilatih untuk bertahan hidup dalam dunia dimana kita nggak boleh punya saudara. 

Setiap orang yang hidup di negara itu memakai sebuah gelang sebagai identidas yang harus di scan sebelum melewati suatu tempat. Dari gelang itu maka akan ketahuan segalanya, jadi kalau punya saudara ya bisa ketahuan. Namun  Terrence settman memodifikasi gelang milik cucu-cucunya.

Melatih mereka untuk melakukan penyamaran sampai mereka bisa hidup di dunia luar. Tapi mustahil kan jika 7 anak kembar hidup bersamaan di masa itu. Maka sang kakek kemudian membuat peraturan bahwa mereka bertujuh akan hidup dengan satu identitas yaitu Karen settman. Diambil dari nama ibu mereka.

Mereka hanya bisa keluar pada hari yang sama dengan nama mereka dan mereka juga dituntut untuk untuk berpenampilan sama. Supaya nggak terjadi kebingungan maka diakhir hari setiap anak harus membagikan ceritanya kepada saudara yang lainnya agar bisa melanjutkan di keesokan harinya. 

Suatu hari si Thursday ini diam-diam keluar untuk main skateboard tanpa izin dari sang kakek padahal saat itu saudaranya juga sedang keluar untuk bersekolah. Si Thursday nggak pulang-pulang, membuat sang kakek merasa sangat cemas dan pas dia pulang si thursday ini menunjukkan jari telunjuknya yang hilang setengah karena ia jatuh saat bermain skateboard. Karena hal itu maka sang kakek pun membuat keputusan sulit bahwa ia juga harus memotong jari telunjuk milik saudara lainnya agar tidak ada orang yang curiga. Juga sebagai peringatan bahwa jika satu orang membuat kesalahan makan akan berdampak pada yang lain. Tapi kayaknya si kakek trus nggak tega deh. 

Adegan kemudian berpindah ke 30 tahun kemudian di mana para Karen settman sudah bekerja di sebuah bank. Di masa itu walaupun sudah puluhan tahun berlaku undang-undang pengalokasian anak tetapi keadaan bumi masih saja sekarat. Film ini diceritakan per bab yang diberi judul sesuai hari Sunday, Monday Thursday dan seterusnya. Nah suatu hari   Monday ini Mendapat giliran untuk melakukan promosi jabatan di tempatnya bekerja. Tapi pagi itu ia terlihat muntah muntah dan demam, saudaranya menawarkan untuk menggantikan Monday tapi ia menolak dan tetap berangkat bekerja. 

Saat sedang melewati tempat scan Monday ini terlihat digoda sama seorang pria bernama Adrian. Monday kemudian masuk ke dalam Bank. Di dalam kantor ketika sedang naik lift dia ini bertemu dengan rekan kerjanya bernama Jerry dan Jerry ini dengan mencurigakan bilang kalau dia tahu Rahasianya Monday dan dia akan mengawasi Monday. Waduh rahasia apa nih?

Setelah itu adegan akan berpindah ke malam hari di mana para Karen settman  terlihat bingung karena si Monday ini enggak pulang-pulang. Mereka mencoba melacak keberadaannya melalui gelangnya tetapi gps-nya mati. Situasinya mulai nggak beres dan mereka mulai merasa khawatir, berpikir bisa saja si Monday ini mengalami kecelakaan dan meninggal. Keesokan harinya Tuesday kemudian berangkat bekerja seperti hari biasanya meskipun dia bingung karena dia nggak tahu apa yang dilakukan Monday kemarin. Namun dia berhasil mengetahui bahwa mereka telah mendapatkan promosi jabatan, Ia juga berhasil mengetahui bahwa malam itu Monday pergi ke bar bersama Jerry dan bertengkar. 

Tuesday mengabarkan hal itu kepada saudara-saudaranya, bisa aja kan si Jerry yang nyulik Monday. Tiba-tiba ia dihadang oleh agen dari pemerintahan dan dipaksa untuk masuk ke dalam mobil. Setelah itu juga keberadaan Tuesday tidak bisa dilacak oleh saudaranya. Ia dibawa ke dalam gedung pemerintah, nah di dalam gedung  tersebut kebetulan si Adrian ada di sana dan melihat Tuesday yang ia kenal sebagai Karen settman.

Tuesday dimasukkan ke dalam sebuah ruangan di mana di sana ia bertemu dengan Cayman. Rupanya Cayman ini tahu bahwa mereka adalah kembar 7 bersaudara. Tuesday yang ketakutan mencoba membuat penawaran bahwa ia bisa memberikan uang sebanyak apapun namun ia minta dibebaskan sayangnya hal itu tidak dikabulkan dan Tuesday pun mengalami nasib tragis di mana Sebelah matanya dicongkel😱. Kasihan banget mbak Tuesday. Situasinya pun makin gawat.

Sementara itu di apartemennya para Karen settman bingung juga karena  Tuesday mengalami nasib yang sama dengan Monday yaitu nggak pulang-pulang, apakah mereka sering denger lagu bang toyib yak...

Mungkin tidak🤔

Tiba-tiba apartemen mereka diserang oleh para anggota pemerintahan juga(moon maap gaez, saya lupa nama agem pemerintahnya itu apa😅🙏).

Mereka pun bersembunyi seperti yang diajarkan oleh kakeknya dulu. Yaitu di balik cermin yang belakangnya adalah tempat persembunyian.

Para agen ini bisa masuk ke dalam apartemen mereka menggunakan bola matanya milik Tuesday. Sungguh Kejam. 

Sayangnya walaupun mereka sudah bersembunyi mereka tetap ketahuan dan akhirnya tidak bisa terhindarkan dari adegan pergeludan. Dor..dor..dor.. Brak bruk...

Singkat ceritanya para Karen settman berhasil menyelamatkan diri dan membunuh para agen. Namun Sunday tidak bisa diselamatkan dan ia meninggal. Sedih banget karena satu persatu dari 7 bersaudara itu harus mati dengan tragis. Di sini saya menebak apa endingnya nanti hanya akan ada satu orang yang selamat?

Sementara itu adegan kemudian berpindah kepada Cayman dan bawahnnya, bernama Joe yang terlihat melaporkan kepada Cayman bahwa mereka gagal membunuh karen settman yang lain. Cayman meminta Joe untuk bertindak sendiri. Keesokan harinya Wednesday kemudian keluar karena ia curiga kepada Jerry yang terakhir kali bertemu dengan Monday. Ia keluar rumah tanpa menggunakan dandanan Karen settman dan mendatangi rumahnya si Jerry. Di situ ia mengetahui bahwa ternyata si Monday ini membuat kesepakatan dengan Cayman. 

Nah loh😲 perjanjian apa nih? 

Monday ternyata mengirim sejumlah uang yang sangat banyak kepada Cayman. 

Entah tuh uang buat apa? Buat beli seblak nggak mungkin lah...

Di saat mereka sedang berbincang tiba-tiba si Jerry ini mati ditembak sama seseorang dari pemerintahan. Wednesday mencoba melarikan diri dibantu saudara-saudaranya dari jauh. Mereka kejar-kejaran di kota tersebut. Sungguh adegan yang bikin pikiran saya ikut tegang.

Tapi tiba-tiba Adrian datang ke apartemen mereka sehingga mereka harus memutus komunikasi dengan Wednesday. Karena si Adrian ini juga merupakan agen dari pemerintah,  Mereka kemudian bersiap-siap jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apalagi si Adrian ini ngetok pintunya pakai otot, nggak bisa santai. Saturday kemudian menawarkan diri untuk membukakan pintu dan pas dibuka rupanya si Adrian ini malah menggoda Saturday yang ia kira Karen settman. Ternyata dia ini memiliki hubungan dengan salah satu saudara mereka, entah siapa?

Untuk melanjutkan rencana, Saturday Kemudian pergi bersama si Adrian ke apartemennya dan di sana ia tahu bahwa ternyata Adrian ini adalah pacarnya si Monday. Sementara itu Wednesday yang sudah berusaha kabur, naik ke atas gedung dan bersiap melompat ke gedung seberang karena nggak ada jalan lain, sayangnya ia mati ditembak joe yang udah nunggu di seberang dan jatuh dari gedung. Scene ini bikin saya berpikir bahwa nggak ada jalan keluar buat mereka. Mau lari kemanapun mereka bakal dikejar karena emang begitu peraturannya.

Pagi harinya Saturday mengabarkan kepada saudaranya bahwa Adrian mempunyai hubungan dengan Monday, mereka udah pacaran gaez. Namun disaat dia menjelaskan hal tersebut tiba-tiba para agen datang dan ia pun ditembak mati. 

Nah kan mati satu persatu.

Sementara itu di saat yang sama apartemen mereka diserang juga. Thursday mencoba menyelamatkan diri tapi si Friday ini berusaha untuk melindungi foto-foto kebersamaan mereka karena baginya itu adalah bukti bahwa mereka pernah hidup.  Mereka kemudian kabur Lewat pintu Belakang namun Friday nggak mau ikut, ia mengorbankan dirinya dan masuk kembali kemudian membuat bom dari soda yang dimasukkan ke dalam oven sambil mentransfer kenangan milik mereka dan mengirimnya kepada Thursday.

Tinggal Thursday yang harus berjuang untuk mengungkap penyebab dari semua hal tersebut, dipenuhi dendam akan kematian para saudaranya. Ia curiga kepada Adrian kemudian mendatangi Adrian yang berada di mobilnya dan memaksanya untuk berbicara jujur. Ternyata si Adrian ini nggak tahu apa-apa dan dia bilang dia sangat mencintai Monday dia juga baru tahu bahwa ternyata Karen settman yang selama ini dia kenal memiliki 7 saudara.

Mereka berdua kemudian bekerjasama untuk menemukan Monday. Mereka masuk ke dalam gedung  dengan Thursday yang berpura-pura sudah meninggal. Di sana ia menemukan kebenaran bahwa ternyata anak-anak yang selama ini ikut program cryosleep Bukan ditidurkan tapi ternyata mereka dibunuh dengan cara dihanguskan. kejam sekali bukan. Demi masa depan bumi apanya?😡

Mereka kemudian mencoba untuk menemukan tuesday setelah menghajar para ilmuan di sana. Kondisi Tuesday ini sudah sangat memprihatinkan karena sebelah matanya yang tadi dicongkel namun ia masih hidup. Mereka berencana untuk membongkar keburukan Cayman kepada seluruh dunia, bahwa ia tidak melindungi anak-anak tapi membunuhnya dengan keji. 

Thursday  berpura-pura lagi menjadi Karen settman. Sementara itu kita akan ditunjukkan pada adegan di mana kita melihat si Monday ini masih sehat walafiat dan saya langsung tahu bahwa si Monday ini ternyata membuat kesepakatan dengan Cayman, jadi penyebab mereka dibunuh dan dikejar-kejar itu ya karena si Monday.

Thursday yang sedang menyamar pergi ke toilet dan di saat yang bersamaan si monday ternyata pergi ke toilet juga membawa pistol. Mereka pun terlibat perbincangan yang menurut saya sedikit emosional karena membahas tentang Keluarga namun kemudian mereka ini bergelud dan agak bingung juga pada adegan ini Meskipun mereka memakai baju yang beda tetapi mukanya kan sama ya. Pergeludan itu usai setelah si Monday ini ketembak dan Thursday menyamar sebagai Monday untuk pergi mendengarkan ceramahnya cayman tentang cryosleep lagi.

Sementara itu Tuesday dan Adrian sudah berada ada di ruangan apa ya pokoknya mereka ini mau menyebarkan video tentang keburukannya si Cayman ini kepada seluruh orang yang ada di ruangan tersebut, juga kepada seluruh dunia. Namun tak semudah itu, mereka harus bergelut juga untuk melawan para agen yang tak kenal putus asa untuk mengalahkan mereka namun pada akhirnya mereka ini berhasil sehingga keburukan Cayman selama ini terbongkar ke seluruh dunia. Cayman yang melihat video tersebut merasa shock dan langsung lemas lunglai ia melihat Monday dan menyadari kalau itu bukan mandai kemudian melepas wignya dan tiba-tiba Monday yang asli datang sambil membawa pistol dan mengacungkan nya ke arah cayman dan Thursday. Joe yang datang tepat waktu kemudian menembak si Monday karena takut si Monday ini mau nembak bosnya. Joe ditembak juga sama Adrian terus dia kemudian menghampiri Monday yang udah sekarat.

Di situ mereka saling minta maaf dan kemudian si Monday ini meminta tolong kepada Thursday sambil memegang perutnya, awalnya saya ini nggak terlalu paham itu dia pegang perut atau apa tapi setelah film tamat dan adegan terakhir terlihat saya baru Paham bahwa Monday lagi hamil. 

Jadi film ini berakhir dengan Cayman yang kemudian dihukum mati dan undang-undang pengalokasian anak itu sudah dicabut sehingga semua orang bebas memiliki anak berapapun. Tuesday dia memutuskan untuk mengganti namanya menjadi teri dan dia juga sudah mendapatkan mata yang baru sementara Thursday tetapi menggunakan nama Ibunya yaitu karen settman.

Mereka bersama Adrian berdiri di depan sebuah tabung buatan yang didalamnya berisi 2 janin kembar. Jadi penjelasanya si Monday itu melakukan hal tersebut untuk melindungi kedua bayi kembarnya, yang mana ia juya nggak bakal tega menyerahkan satu anaknya. film berakhir dengan menunjukkan ruangan yang berisi bayi-bayi yang baru lahir. 

Menurut saya pribadi film ini punya tema yang unik dan luar biasa keren. Kalau dipikir-pikir lagi sepertinya akhir film ini bukan Happy Ending ya Soalnya kan tadi udah dijelaskan di awal kalau bumi sedang sekarat karena over populasi manusia dan di ending undang- undang pengalokasian anak dicabut sehingga semua orang bebas mau punya anak berapa pun yang mana itu akan berdampak pada kondisi bumi yang mungkin akan makin memburuk, tapi ya namanya juga film. Semoga kita di generasi sekarang bisa melindungi bumi untuk tempat tinggal anak dan cucu kita nanti.

8,10/10 untuk film ini.


See you


1 komentar

  1. Ikut deg degan juga bacanya, ternyata Monday mengkhianati saudaranya karena ia sedang hamil anak kembar dan itu demi melindungi anaknya ya.

    Selamat hari raya idul Fitri mbak Astri, mohon maaf lahir dan batin ya kalo ada salah selama ini.🙏

    BalasHapus


EmoticonEmoticon