Jadi penonton film Run

 

Sumber gambar IMDb.com
Assalamualaikum☺

Gimana kabarnya sob? Pasti masih jadi pejuang hidup bahagia kan. Mari bersyukur sama-sama yuk.. Syukurin saya nggak punya kuota, nggak bisa lihat tik tok, youtuban, facebookan, apalagi gangguin doi😂

Tapi sisi positifnya saya menghabiskan waktu dengan menulis review film aja. Biar sedikit berguna waktu ini.

Dan hari ini saya akan membahas sebuah film berjudul Run atau lari. Kalau dalam bahasa jawa "mlayu"

Rilis pada 14 Mei 2020 di Argentina dan disutradarai oleh Aneesh chaganty.

Film ini bercerita tentang seorang gadis 17 tahun bernama Chloe (diperankan oleh Kiera allen) yang menderita banyak penyakit. Mulai dari lumpuh, Asma, gangguan jantung, bahkan alergi atau apa gitu sehingga kulitnya ruam-ruam. Selama 17 tahun Chloe mengetahui hidupnya selalu seperti itu. Namun dia memiliki ibu yang selalu menyayanginya dan memberikan semua kebutuhannya meskipun ia sakit-sakitan. Sampai suatu hari Chloe mengetahui bahwa ibunya memberikan dia obat untuk anjing. Wadepak.. 😱

Ada apakah dibalik fakta itu?

Oke film dimulai dengan adegan dari beberapa dokter yang tengah sibuk menyelamatkan seorang bayi yang baru lahir. Kayaknya bayi ini dalam kondisi kritis. Lalu terlihat si ibu (diperankan sama Sarah paulson) yang baru saja melahirkan dibawa untuk menemui si bayi. Dia menangis sambil tersenyum melihat bayinya lalu dia bertanya "apa dia akan baik-baik saja?" nggak ada jawaban. Si ibu kehilangan senyum dan menoleh pada para dokter.

Lalu adegan berpindah ke kehidupan Chloe yang sekarang. Meskipun lumpuh tapi Chloe ini sosok yang mandiri, pintar dan pemberani. Lima, dua belas lah sama saya😂

Dia bisa mengurus dirinya dengan baik. Dimulai dengan bangun pagi, sarapan bersama ibunya, lalu belajar juga bersama ibunya. Jadi walaupun ada di rumah, Chloe ini aktif, pintar dan dia bercita-cita kuliah di universitas whasington. Di sini Chloe lagi menunggu surat dari universitas tersebut, apa dia diterima atau enggak kuliah di sana. Tiap hari Chloe menanti surat itu tapi nggak pernah datang. Ibunya selalu bilang bahwa kalau ada surat dari universitas dia pasti akan memberikannya pada Chloe. 

Si ibu ini perhatian banget sama kesehatannya Chloe, mengukur kolestrol dan gula darahnya tiap hari dan memberikannya obat secara teratur.

Malam ketika ia baru memberikan obat pada Chloe si ibu ini nonton vidio rekaman masa kecilnya Chloe. Anehnya nih di vidio itu Chloe kelihatan sehat banget dan makan kue coklat yang banyak padahal kan Chloe nggak boleh makan coklat banyak-banyak. Nah loh...🤔

Suatu ketika ibunya ini habis pulang dari belanja lalu Chloe diam-diam mau mencuri permen coklat soalnya dia pengen banget. Tanpa sengaja dia melihat sebuah botol obat bertuliskan trigoxin atas nama ibunya, Diane. Chloe curiga karena obat itu dikasih ke dia dan malamnya ketika akan minum obat itu Chloe menayakan hal itu pada si ibu. Si ibu menjelaskan kalau dokternya ganti jadi obatnya juga ganti, kelihatan santai banget menjelaskannya tapi Chloe tetap curiga. Dia mencoba mencari tahu dengan berbagai cara. Dia coba buka komputer diam-diam pas ibunya udah tidur. Jadi komputernya itu ada di lantai bawah tapi pas dibuka internetnya bermasalah. Keesokan paginya si ibu terlihat bertelepon dengan customer service dan Chloe bicara jujur kalau semalam dia pakai internetnya tapi nggak bisa.

Mereka ini tuh kayaknya tinggal di tempat yang terpencil gitu karena saya nggak pernah lihat adanya tetangga ngerumpi. Dan lagi Chloe ini nggak punya ponsel, telepon juga adanya cuma di kamar ibunya.

Chloe nggak putus asa dan mencoba mencari tahu dengan menelpon lewat telepon rumah di kamar ibunya. Sampai dia kemudian menelepon nomer acak dan meminta orang itu membuka google untuk mencari trigoxin itu obat apa. Jawabannya bener itu obat untuk jantung tapi pas ditanya bentuknya kayak apa. Orang di telepon menjelaskan kalau bentuknya  pil kecil warna merah. Chloe kaget donk dan mematikan telepon, karena nggak gitu bentuk obat yang ia minum. Dari situ dia mulai mencurigai ibunya sendiri. Dia diam-diam nggak pernah meminum obatnya.

Chloe kemudian ngajak ibunya nonton ke bioskop. Saat mereka lagi nonton dia pamit ke toilet dan diam-diam pergi ke apotik sambil membawa obat itu untuk menanyakan sama apoteker di situ. Ternyata kita akan tahu kalau Diane itu beli obat buat anjing. Kalau sampai obat itu diminum manusia maka bisa menyebabkan kelumpuhan otot. Chloe langsung syok bersamaan dengan kedatangan Diane yang langsung panik dan menyuruh semua orang memberinya tempat, dia meminta es pada pemilik apotik lalu diam-diam menyuntik Chloe, Chloe pun singpan, eh pingsan😂

Waktu bangun dia udah ada di kamarnya. Pintu kamar dikunci. Cuma ada makanan di meja. Chloe bisa membobol kuncinya tapi tetep nggak bisa dibuka karena ternyata pintunya di ganjel dari luar. Nggak beres banget, ibunya sampai segitunya pasti ada apa-apanya kan. Namun Chloe nggak habis akal. Dia membuat rencana untuk pergi lewat jendela kamar ibunya. Walaupun lumpuh dia nggak mau diam aja. Dia pakai kabel solder lalu merangkak lewat atap. Sebelumnya dia udah makan kenyang, pakai inhaler dan minum. Tapi minumnya disimpen di mulut. Awalnya saya kira mau diminum pas udah sampai biar nggak kecapekan. Tapi ternyata itu buat disembur ke jendela setelah jendelanya disolder dan langsung pecah gaez. Deredeg banget lihat Chloe merangkak di atap. Takut dia jatoh.

Awas nanti jatoh cinta, cinta kepada diriku🎶🎶

Ea...😂

Sesampainya di dalam kamar Chloe ini kehabisna nafas gaes dan lupa bawa inhalernya. dia susah payah merangkak ke kamarnya . giliran udah berhasil naik ke kursi roda ternyata alat semacam lift yang bisa bawa dia ke bawah dari tangga atas tuh dimatiin sama ibunya. Wadepak🐛

Chloe masih nggak habis akal lagi. Dia nekad buang kursi rodanya ke bawah dan dia sendiri jungkir balik ke bawah sampai luka-luka semuanya. Anehnya dia menyadari kalau jari kakinya bisa digerakan. Dan itu bikin dia tambah semangat.

Chloe berhasil kabur sampi ke luar dan pergi menyusuri jalan raya. Sambil mengawasi kalau mobil ibunya lewat. Ketemulah Chloe sama mobil pengirim pos. Untungnya si pria ini mau bantu tapi nih singat ceritanya ibunya muncul, setelah sok bernegosiasi sambil nangis si ibu ini menyuntikk si pria dan dia pun singpan juga. Chloe pun juga pingsan dan dia terbangun lagi di dalam rumahnya. Tapi nggak tahu dimana deh, di dapur kali ya, tapi pintunya bisa dikunci.

Jadi tadi ceritanya, si ibu itu pergi buat beli racun😱 supaya Chloe tetep sakit.

Di situ Chloe menemukan surat dari universitas kalau dia diterima, jadi selama ini ibunya bohong sama dia. Dia juga menemukan kotak bertuliskan Diane. Di dalam kotak itu Chloe menemukan foto masa kecilnya tapi di dalam foto itu dia lagi lari, itu artinya dia dulu sehat-sehat aja kan...😱

Trus dia juga menemukan sebuah akta kematian yang menyatakan kalau Chloe meninggal saat umurnya masih 2 jam'an. Juga ada potongan surat kabar tentang sepasang suami istri yang kehilangan anaknya di rumah sakit karena diculik orang misterius. Lalu flasback ke belakang ternyata Chloe yang asli tuh udah meninggal tapi Diane nggak bisa menerima. Dia pengen banget punya bayi. Jadi dia culik bayi dari rumah sakit dan membesarkannya sebagai Chloe. Saya nggak tahu pasti kenapa dia bikin Chloe sakit-sakitan. Apa karena biar kayak Chloe yang asli atau biar Chloe nggak bisa kemana-mana dan selalu jadi putrinya. Di situ Chloe hampir disuntik lagi tapi dia berhasil sembunyi di tempat obat dan memutuskan bahwa lebih baik dia mati aja. Jadi pas ibunya berhasil masuk dia minum semacam cairan beracun gitu sampai muntah darah. Terpaksa kan ibunya kudu bawa dia ke rumah sakit. Di rumah sakit pun ternyata Chloe masih nggak aman. Dia mencoba minta bantuan suster buat nulis sesuatu tapi karena kondisinya yang baru kritis tangannya susah gerak dan nggak bisa bicara. Tiba-tiba alarm berbunyi tanda ada pasien darurat. Si dokter pun pergi ninggalin Chloe dan saat itu ibunya datang bawa kabur Chloe yang masih lemes. Chloe nggak bisa teriak😭 si dokter yang balik ke ruangan bingung, kok kamarnya kosong padahal nggak ada yang pindahin dan dia nemu tulisan Chloe tadi, bertuliskan "mom" curiga, si dokter segera manggil satpam. 

Saat itu Chloe ada di dekat eskalator dan si ibu bingung gimana caranya bawa Chloe karena eskalatornya rusak. Satpam dan polisi udah datang. Si mamak gila ini udah bingung dia mau nekad dorong Chloe tapi kursi rodanya nggak gerak dan ternyata Chloe menemukan kekuatannya. Kakinya bisa menahan kursi roda itu. Dan tiba-tiba door.. Si mamak gila ditembak tangannya lalu jatuh terguling-guling ke bawah.

Waktu berjalan sangat cepat. Baru juga satu menit bagi saya eh udah 7 tahun aja bagi Chloe. Diperlihatkan Chloe ini lagi latihan jalan. Dia udah bisa pakai tongkat walaupun sulit tapi masih pakai kursi roda juga. Chloe juga udah kuliah dan bantu dokter. 

Terlihat Chloe menceritakan kesehariannya dengan senang dan ternyata dia lagi ngobrol sama mamak gilanya yang lagi dirawat. Si mamak ini diem aja. terus Chloe mengeluarkan sesuatu dari dalam mulutnya yang ternyata itu adalah obat yang pernah dikasih ibunya ke dia, obat anjing itu gaez. Saya kira Chloe jadi anak berbakti yang nggak balas kejahatan ibunya, ternyata dia mau balas dendam.

Tamat...

Yasudahlah walaupun akhirnya Chloe juga ikutan jahat tapi seenggaknya mereka masih hidup semua kan. Masih bisa tobat gitu...

Saya kasih nilai 7/10 untuk film ini. Cukup menegangkan dan asyik. Bagi saya pribadi tingkat ketegangannya masih normal. Apakah karena saya keseringan nonton film beginian ya, jadi kayak udah tahu nanti bakal gimana gitu low gaez...

Seakan-akan udah kebal, enggak kaget-kaget lagi.

Akhir kata saya mau bilang,

Jangan lupa bahagia and...

See you




8 komentar

  1. ya ampun masih kecil udah banyak banget ya dia penyakitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, padahal aslinya sehat wal afiat. Kasihan banget kan...

      Hapus
  2. Wuaa paraah ibunyaa 😭😭 Ternyata bener bukan ibu kandungnya ya..

    Eh tp aku pernh liat di berita cerita nyata kaya gini loh. Tp klo diberita, tujuan ibunya biar dpt dana amal dr orang2 yg kasian gt sama kondisi anaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, setuju banget. Parah banget ibunya... Katanya sayang tapi malah dibikin sakit.
      Kayaknya di dunia nyata hal absurd dan ngeri kayak gitu emang beneran ada deh...
      Kasihan kan yang jadi korban

      Hapus
  3. Duh mamaknya kacau, sudahlah culik anak orang, terus bukannya dirawat justru dibuat lumpuh sampai nggak bisa bergerak dengan mudah 🙄 Huhuhu, nggak kebayang bagaimana frustrasinya orang tua asli Chloe waktu tau fakta anaknya hilang ~

    By the way, saya ikut deg-degan bacanya, mba 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang emaknya minta digetok bareng-bareng mbk. Kasihan banget si chloe.... Jadi lumpuh beneran karena dikasih obat terus-terusan😟

      Hapus
  4. Wajarlah ibunya sejahat itu, bukan ibu kandungnya kok..
    Sekejam-kejamnya Harimau, tak akan memakan anaknya sendiri...

    BalasHapus
  5. Dirimu mah Triaaaa, keseringan nonton film tegang, jadinya level tegangnya menurun, lah saya baca reviewnya aja, udah menggigil hahaha.

    Tapi saya pengen nonton ih, menarik kayaknya :D

    BalasHapus


EmoticonEmoticon