Jadi penonton film Mulan

Sumber gambar imdb.com

Assalamualikum😬

Hari ini di sore yang mendung (saat saya lagi nulis ini) saya akan membahas sebuah film fenomenal yang baru sempet saya tonton kemarin. sok sibuk banget kan saya😂

Dan film tersebut berjudul "Mulan"

Legenda warior wanita pertama dari China.

Keren kan ..entah kenapa dari dulu wanita selalu dipandang lebih rendah. Tapi saya nggak mau membahas itu, berat soalnya.

Jadi langsung aja ke filmnya.

Film dimulai dengan adegan dari Mulan kecil yang sibuk mengejar ayam sampai membuat segala macam keributan di tempat tinggalnya, bahkan sampai naik ke atap segala. Ya ampun padahal itu anak kecil lho. Tapi emang Mulan ini dari kecil istimewa dan karena dia wanita keistimewaannya tersebut berubah menjadi aib. Mau gimana lagi, udah tradisi bahwa wanita membawa kehormatan melalui pernikahan dan kekuatan adalah sesuatu yang memalukan dan akan membuat Mulan dianggap sebagai penyihir.

Mulan yang secara tidak sengaja mendengar percakapan kedua orangtuanya itu jadi sedih. Bahkan sang ayah juga berkata bahwa Mulan tidak seharusnya menunjukan kekuatannya dia harus menyembunyikannya. Karena tugasnya adalah membawa kehormatan bagi keluarga.

Adegan kemudian berpindah ke padang pasir. Pada seorang lelaki yang sedang menunun untanya. Kayaknya dia pedagang deh tapi bukan pedagang tahu bulat.... Di kejauhan tampak seorang prempuan dengan pakain hitam menghampiri si pria dan entah gimana caranya si wanita ini merasuki tubuhnya pria tadi.

Sementara itu kekaisaran di China mulai diserang oleh bangsa rouran. Bangsa rouran itu kayak musuh di masa lalu gitu low. Tapi dulu sang kaisar berhasil mengalahkan pemimpinnya dan sekarang anaknya mau balas dendam. Berkat bantuan dari wanita penyihir tadi, bangsa rouran berhasil meraih kemenangan secara perlahan. Si penyihir kemudian ganti merasuki seorang prajurit supaya bisa masuk ke kota kerajaan Tiongkok.

Prajurit yang kerasukan tadi nggak ketahuan jadi nggak bisa diruqyah dan dia berhasil masuk ke kota kerajaan mengatakan pada sang raja bahwa bangsa rouran didampingi oleh seorang wanita penyihir. Karena itu kerjaan membuat keputusan bahwa setiap keluarga harus menyerahkan seorang pria untuk ikut berperang.

Kembali ke Mulan. Ia sudah tumbuh menjadi gadis cantik yang masih pecicilan. Maksudnya suka naik kuda, main pedang dan segala hal yang biasanya dilakukan oleh pria. Tapi sudah waktunya juga bagi Mulan untuk menikah. Jadi dia pun dibawa ke mak comblang gitu. Sayangnya di situ Mulan membuat keributan dan berakhir dengan bikin malu. Saat ia keluar dari tempat si nenek combalang. Prajurit tiba di desanya. Padahal di keluarga mereka satu-satunya lelaki adalah si ayah yang bernama Hua Zhou dan di si ayah ini udah cacat, kakinya pincang karena perang sebelumnya.

Namun sang ayah merasa itu adalah tanggung jawabnya dan dia akan tetap berangkat ke medan perang meski ia tahu tidak akan selamat. Mulan pun mengambil keputusan besar dengan diam-diam menggantikan sang ayah. Dia berangkat pagi-pagi saat keluarganya masih tidur dan nekad pergi bersama kudanya. Hampir aja Mulan tersesat dan kehabisan makanan untung ada burung phoenix dan memberinya petunjuk. Burung phoenix di sini adalah lambang dari kekuatan, sesuatu yang bagus. Entah kenapa saya malah keinget phoenix di harry potter😁

Sang ayah yang menyadari kalau Mulan pergi menggantikannya nggak bisa berbuat apa-apa karena itu akan berbahaya bagi Mulan dia cuma bisa berdoa semoga Mulan bisa kembali dengan selamat. Sang ayah merasa bersalah juga karena terlambat mengajari Mulan tentang kedudukannya sebagai wanita sampai dia membuat kesalahan besar yang membahayakan nyawanya.

Sampailah mulan ke tempat tujuannya. Semua lelaki dari berbagai tempat berkumpul di tempat itu untuk tujuan yang sama dilatih sebagai prajurit.

Pas lagi baris gitu terjadi keributan kecil yang buat Mulan hampir berantem sama temennya. Dimarahi deh mereka smaa sang komandan.

Disitu mulan mengaku namanya adalah Hua jun. 

Mulan harus berhati-hati. Menyembunyikan identitas dirinya. Jadi dia nggak pernah mandi dan memilih untuk berjaga karena mandinya tuh bareng-bareng. Dia juga selalu tidur paling malem biar nggak ketahuan, mengubah suaranya dan tindakannya biar kayak cowok. Di tempat tersebut mereka diajarkan untuk mematuhi 3 hal, setia, berantem dan jujur. Dan seperti kita tahu ya, kalau si Mulan nggak jujur. Bahkan dia bisa terancam hukuman mati kalau sampai ketahuan. Tapi gimana lagi, sudah terlanjur. Mulan juga nggak mau bapaknya kenapa-napa.

Dimulailah latihan untuk menjadi prajurit yang hebat. Latihan tombak, panah dan bawa air sampai ke puncak bukit. Awalnya Mulan mencoba menyembunyikan kekutannya tapi suatu ketika dia ini kebablasan. Mulan merasa bodoh karena menunjukan sesuatu yang harus disembunyikan. Ia takut kalau nanti ketahuan ia adalah wanita. Tiba-tiba komandan memanggilnya. Si Mulan udah was-was takut kalau komandan tahu ketidak jujurannya tapi ternyata selamet..

Komandan cuma mau bilang kalau Mulan itu hebat nggak perlu menyembunyikan kekuatannya. Dan temen-temennya juga bangga, nggak menyangka Mulan sehebat itu. Untuk pertama kalinya Mulan merasa dihargai dan dia seneng banget.

Di tempat itu ada seorang pria, temannya Mulan namnya Honghui. Dia ini ganteng dan baek. Tapi Mulan nggak mau dekat sama siapapun soalnya takut identitasnya diketahui. 

Pernah suatu ketika, Mulan ini memutuskan mandi di danau karena badannya udah bau banget dan semua orang bilang badannya bau. Jadi dia mandi malem-malem sendirian. Pas dia mau buka ikatan rambut. Si Hong hui dateng. Mulan terus membelakangngi dan menyuruh Hong hui pergi. Padahal si Hong hui mau minta maaf dan mau berkenalan secara benar supaya mereka bisa berteman tapi Mulan nggak mau. Hong hui nggak marah, mungkin dia sedikit kecewa pada akhirnya dia bilang "kau boleh membelakangiku, namun saat waktunya tiba jangan membelakangi mereka. " maksudnya jangan membelakangi musuh gitu. 

Sementara itu bangsa rouran sudah membuat rencana untuk mengalahkan kaisar. Dibantu oleh sang penyihir, mereka jadi makin kuat. Walaupun sebenernya banyak ynag nggak setuju sama bantuan si penyihir. Mereka takut suatu hari nanti penyihir ini berkhianat.

Sebenernya si penyihir ini tuh dulunya bukan orang jahat. Sama kayak Mulan dia punya kekuatan. Tapi hal itu memalukan bagi wanita. dia diasingkan dan nggak punya tempat tinggal. Berharap ada tempat dimana dia bisa dihargai.

Betewe yang jadi penyihir ini adalah mantis di infinity war lho, di marvel itu😁

Setelah mmendapat nasehat dari komandan untuk mengembangkan bakatnya, Mulan mulai serius berlatih. Untuk pertama kalinya tidak ada yang melarang dia untuk menyembunyikan kekuatan.

Karena itu Mulan kemudian berhasil sampai di atas bukit tanpa menjatuhkan air di bak yang ia bawa

Uhuy😁😁

Perang terus berlanjut. Bangsa rouran semakin kuat. Karena itu Mulan dan kawan-kawannya harus bersiap menghadapi perang. 

Dan dari sinilah adegan peperangan seru dimulai. Juga bagaimana Mulan menjadi wariror wanita pertama yang diakui tanpa rasa malu. Saat itu Mulan hampir mengatakan identitas sejujurnya sama si komandan tapi nggak jadi karena Mulan menyadari betapa komandan sangat berharap padanya. Malah katanya setelah perang ia berharap bisa menjodohkan Mulan sama putrinya😂

Mereka mulai takut menyadari banyaknya prajurit yang mati dalam perang itu. Bagaimana kalau mereka juga akan bernasib sama. Tapi Mulan ingat apa yang dikatakan ayahnya, bahwa tidak ada keberanian tanpa rasa takut. Peperangan terjadi secara menegangkan. Apalagi mereka ini kalah jumlah. Namun komandan memutuskan untuk tetap maju dan berjuang. Mulan berjanji bahwa ia akan berjuang untuk melindungi teman-temannya juga.

Di peperangan itu Mulan berhadapan dengan si penyihir. Dan si penyihir itu tahu kalau Mulan berbohong. Kebohongan itulah yang membuat Mulan lemah. Meski begitu tetap menyangkal. Akhirnya Mulan kalah. Tapi dia sadar bahwa is harus menguak jati dirinya. Ia melepas zirahnya dan menggerai rambutnya.

Uhuy..kerennya mbak amulan. Menunggang kuda dengan baju merah dan rambut tergerai😍

Mulan menjadi satu-satunya wanita disitu, berjuang melawan bangsa rouran dan berhasil mengalahkan mereka dengan kepintaran serta kekutannya. Duh. Sya bingung menjelaskan gaez😂😂

Jadi karena jumlah musuh yang banyak plus dibantu penyihir maka Mulan memutar otaknya dan membuat mereka kalah dengan senjata mereka sendiri. Intinya aja mereka berniat membunuh Mulan yang bersembunyi di bawah gunung es. Tapi pas mereka lembar bom. Bom tersebut menyebabkan gunung es longsor dan mengubur orang-orang di sana. Sayangnya meski udah berjuang namun identitas Mulan yang sebenarnya membuat dia terusir secara memalukan. Hu..hu...😭

Saya sedih pas bagian ini. Kenapa sih hanya karena Mulan wanita kekuatannya nggak diterima, padahal kalau bukan karena mulan mereka pasti kalah.

Akhirnya dengan berat hati dan kecewa Mulan pun pergi. 

Waktu lagi mewek inilah si penyihir datang pada Mulan dan mengajaknya bergabung supaya mereka lebih kuat. Jika Mulan sendiri ia akan bernasib sama seperti si penyihir yang diasingkan. Namun Mulan ini kan dasarnya baik hati, dan tidak sombong jadi dia menolak dengan tegas. Dia datang kembali menemui komandan dan mengatakan bahwa kaisar akan diserang. Komandan nggak percaya, malah dia hampir membunuh Mulan tapi Honghui dan yang lainnya mempercayai Mulan. Jika mereka bisa mempercayai Hong jun kenapa nggak bisa mempercayai Mulan.

Pergilah mereka ke kerajaan. Dan ternyata benar. Kaisar akan di serang. 

Ini saya lagi mengamati kok wajah sang kaisar familiar gitu ya...

Apa dia pernah ikut kondangan di hari pernikahan saya?

Ah masak...dan ternyata gaez...

Yang jadi kaisarnya tuh adalah...jet li, saya kirain malah jacki chen😁

Baru ngeh di akhir film. Tenyata jetli udah tua sob, dan saya juga akan menua.

Mereka pun pergi ke kerajaan dan Mulan adalah wanita yang memimpin pasukan itu. D sampainya di sana, istana sudah diserang. mulan mencari dimana kaisar berada. Ia bertemu dengan si penyihir.

Sang penyihir di situ merasa kagum pada Mulan karena bisa membuktikan dirinya sebagi wanita namun tetap dihormati oleh kaum pria. Sang penyihir kayaknya mulai goyah. Karena dia tahu kalau perbuatannya selama ini juga salah tapi dia udah terlanjur melangkah jauh. 

Sebagai bentuk permintaan maafnya yang terakhir dia menunjukan pada Mulan dimana kaisar berada. Dan bahkan terkahir dia rela terbunuh demi menyelamatkan nyawa Mulan. Heran deh saya, kok gampang banget si penyihir kalahnya. Padahal tadi-tadi nggak terkalahkan lho. Nggak asyik nih...

Sementara itu kawan-kawan Mulan masih terus bertarung di belakang. 

Nah ini nih adegan paling wowo.. Bisa dibilang puncaknya film ini. Ketika Mulan menyelamatkan kaisar dari musuh, jungkir balik di atas bangunan yang belum jadi dan hampir-hampir mati aja...  Tapu namanya tokoh utama pasti selamat sampai akhir dunk😂 jadi meskipun udah almost kalah dan pedangnya jatuh ke bawah, Mulan tetap bisa menang menggunakan tongkat bambu. Makin estetik dengan kehadiran burung phoenik di belakangnya. Merah seperti bajunya Mulan. Dan pada akhirnya Mulan pun menang. Raja berniat menjadikannya prajurit khusus tapi Mulan menolak karena dia harus pulang menemui orangtuanya. Sesampainya di rumah Mulan mengakui semua kesalahannya dan minta maaf karena menghilangkan pedang ayahnya. Sang ayah pun memaafkan kan dia juga udah cemas luar biasa karena putrinya minggat nggak pamit. Mereka pun berpelukan ala teletubies dan tiba-tiba prajurit dari kerajaan datang bersama komandan. Dikira Mulan mau dihukum nggak tahunya Mulan diberi kehormatan dengan pedang baru dan menawarkannya jadi pengawal kaisar lagi. 

Dan begitulah dongeng warior wanita pertama dari achina😁

Saya kasih nilai 7,5/10 untuk film ini. Terlepas dari filmnya yang fenomenal karena katanya sempat diboikot gegara pemeran Mulannya, tapi film ini bisa ditonton bareng keluarga dan aman banget kalau mau nonton sama anak-anak. Walaupun ada adegan geludnya tapi masih wajar lah, nggak sadis-sadis amat.


See you...




4 komentar

  1. Jujur, waktu saya tau mulan nggak akan nyanyi di film ini seperti kartunnya, saya agak kecewa. Namun saat saya tonton filmnya, saya takjub! Cerita Mbak disini juga membuat saya flashback dan teringat lagi setiap scenenya. Definitely worth to watch ya film Mulan ini :)

    Btw salam kenal Mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak😁
      Saya juga suka nonton mulan ini, walaupun kadang emang kartun sama live action itu seringnya bagusan kartun ya.
      Tapi ini keren sih, mau nonton ulang kalau sepupu pulang dari pesantren😁

      Hapus
  2. Banyak yang berkomentar bahwa film ini jalan ceritanya nggak sama seperti di animasinya dan memang benar banyak perbedaan di film ini, tapi meskipun begitu, sosok Mulan tetap kelihatan keren 😍
    Hahaha Jet Li yang memerankan sosok kaisar memang bikin pangling banget! Kalau nggak diperhatikan baik-baik, nggak akan ngeh itu Jet Li soalnya kelihatan tua sekali 😂
    Tapi sang komando, Donnie Yen, Pemeran IP Man, malah dibuat kelihatan lebih muda di film ini 😂 jadi agak kaget di awal karena kalau di animasinya, Mulan kan hubungan romantisnya dengan sang komando, tapi ternyata di film ini, Mulan malah sama temannya yang cowok 🤭 untunglah, soalnya kalau tetap maksa dipasangkan dengan sang komando, jadi aneh 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy mbk lia Pemeran mulannya emang keren dan cantik banget😍
      Saya beneran nggak ngeh kalau itu adalah jetli kalau nggak liat daftar pemerannya, tapi walaupun udah tua, tetep aja actingnya luar biasa ya....😁
      Pokoknya secara keseluruhan saya menikmati film ini, walaupun nggak warbyasah banget, dan senengnya bisa ajak sepupu yang masih kecil nonton hi..hi...

      Hapus


EmoticonEmoticon