Jadi penonton anime Hal

 

Sumber gambar imdb.com
Assalamualikum gaez..😁

Pripun kabare? Sehat semua ya...

Nggak terasa udah ganti tahun aja, udah makin tua tapi udah dewasa apa belom ya? Saya sih masih belajar😁

Hari ini saya spesial mau bahas anime movie aja deh, udah lama banget nggak bahas topik ini. Dan anime movie yang beruntung untuk saya review hari ini adalah Anime movie berjudul "Hal"

Untuk informasi penting di awal cerita, Hal ini adalah nama seorang cowok ya. Ingat itu!

Betewe hal, hal apa yang paling diinginkan cewek di seluruh dunia?

Saya jawab aja sendiri, "Halalin aku bang"😂😂

Sumpah saya lebay amat ya😂

Okelah back to topik.

Sumber vidio dari youtube

Jadi singkat ceritanya ada seorang gadis bernama Kurumi. Kurumi ini menderita depresi semenjak kematian pacarnya, yaitu si Hal. Untuk mengobati hatinya yang udah patah hancur berkeping-keping, maka keluarga kurumi memberikan sebuah robot berbentuk manusia yang plek ketiplek sama mukanya Hal. Tapi eits.. Anime ini mengandung plot twist loh😁

Keren dah pokoknya.

Dimulai dengan adegan dari sebuah robot yang sedang nangkap ikan di sungai. Hebat bener ini robot nggak korslet kena air. Nama robot ini Q01. Lagi asyik nangkap ikan tetiba si robot dipanggil tuannya yang udah kakek-kakek. Saat itu ada sebuah pesawat terbang yang kelihatan di langit. Dan tiba-tiba pesawat itu meledak

Duar... lalu si tuan yang baru melihat ponselnya pingsan.

Dimulailah narasi tentang kondisi kurumi yang memprihatikan semenjak meninggalnya Hal. Si tuan meminta bantuan si robot untuk menyelamatkan anak itu. "Jadilah dia dan selamatkan anak itu" begitu pintanya. Si robot yang patuh pun menurut. 

Lalu adegan berpindah ke seorang cowok yang lagi duduk sambil main rubik. Di seluruh tubuhnya banyak kabel-kabel, tapi bukan kabel listrik,  semacam infus gitu low. Dia berkata " prof, mulai sekarang aku adalah Hal" bersama profesor ia pergi menemui kurumi. Melewati sungai dan jalanan yang indah. Hal membaca tulisan di rubik yang ia pegang. "Hari-hari bersama kurumi" . Profesor bilang tulisan itu ditulis oleh Hal sebelum meninggal. Katanya banyak para gadis percaya bahwa jika bisa menyusun rubik secara benar maka keinginan mereka akan terwujud.

Enaknya nonton anime tuh, kita  menikmati banget suasana kartun yang asri, pemandangan yang indah dan suara-suara yang bikin tenang. Dulu saya sering ngayal bisa hidup di dunia kartun loh😂 apalagi sama naruto.

Tibalah Hal di rumah kurumi.  Di sebuah toko kancing yang terbengkalai. Hal masuk ke dalam sendiri karena nggak ada yang menjawab salam. Lalu dia melihat seorang gadis lagi menarik benang dan ngeberantakin kancing gitu. Si kurumi ini nggak mau buka pintu dan memilih mengurung diri di dalam kamar, kamar tapi mirip lemari loh. Hal ngomong baik-baik, memperkenalkan diri kalau dia adalah robot dari pusat perawatan tapi malah dilempar boneka sama kurumi. Karena kurumi nggak mau keluar juga dan nggak mau menandatangani surat penolakan maka Hal pun membereskan rumah yang berantakan tersebut. Dia menemukan album foto berisi foto kurumi dan Hal. Lalu dia menyadari kalau Kurumi ingin bisa menyelesaikan rubik dan berharap keinginannnya bisa menjadi nyata. Jadi Hal mulai menyelesaikan rubik tersebut untuk melihat apa keinginan Kurumi, salah satunya "memasak bersama hal" tapi sekali lagi kurumi menolak dan malah membuang rubik tersebut. Hal nggak putus asa, ia kemudian memasak untuk kurumi sebelum pergi dan berjanji akan datang lagi besok. Ketulusan Hal itu membuat kurumi luluh juga. Bahkan ia kasih baju karena melihat baju Hal yang kotor setelah memasak.

Pergilah Hal ke pasar buat belanja, beli roti tapi malah dihabisin anak-anak kecil.

Tapi salah satu anak berhasil menyelesaikan sisi rubik yang lain yang berisi tulisan "aku ingin peliharaan jerapah"

Bersama para anak kecil Hal mencoba mewujudkan keinginan kurumi yang aya-aya wae itu. Nggak dapat jerapah asli ya udahlah palsu aja gak papa😂 jadi si Hal ngambil patung jerapah di depan toko orang dan dimarahi. Nyolong secara terang-terangan, untung nggak digebukin😂

Dia kemudian cerita sama profesor yang lagi ngobatin pasiennya.  Konon katanya sakitnya karena diguna-guna🎶🎶🎼

Lah.. Kebablasan😂

Nah salah satu pasien si profesor, seorang nenek tua judes, akhirnya membantu Hal untuk mendapatkan patung jerapah itu karena dia pernah berhutang budi sama Kurumi dan dia lihat Hal pakai baju yang kancingnya buatan kurumi. 

Setelah mendapatkan jerapah tersebut Hal membawanya pada kurumi dibantu profesor.

Sementara itu kurumi sedang memperbaiki bola memory di rumahnya. Semacam benda untuk menyimpan rekaman gitu low sob tapi bentuknya bulet kecil. Melihat kedatangan Hal, Kurumi langsung sembunyi. Tapi ternyata dia menuliskan kata trimaksih pada Hal di selembar kertas. "Terimakasih robot hal" yang membuat robot Hal seneng.

Hal masih terus berusaha membuat kurumi senang. Walaupun kurumi masih nggak mau menemuinya secara langsung tapi seenggaknya kurumi udah mau makan. Hal juga membereskan toko kancing kurumi yang terbengkalai.

Dari sini kita panggil dia robot hal juga ya👍

Suatu hari ketika selesai berbelanja dan lagi jalan-jalan tetiba robot Hal didatangi seorang cowok tak dikenal tapi kayaknya si cowok bernama Ryu ini kenal sama Hal. Dia bilang kemana aja hal selama ini setelah berbuat begitu sama kurumi?

Percakapan mereka nggak tuntas karena Ryu dikejar-kejar sama orang. Sesampainya di rumah Robot Hal bertanya pada kurumi, apakah Hal pernah melecehkannya? Karena ternyata salah satu sisi rubik itu bertuliskan "aku harap Hal berhenti menggunakan kekerasan"

Kurumi kemudian bercerita bahwa Hal menjual semua kancing di toko tanpa sepengetahuannya. Mereka sempat bertengkar sebelum pesawat itu jatuh. Jadi pesawat yang kita lihat meledak di awal film tadi adalah pesawat yang ditumpangi Hal. Kurumi menunjukan rekaman dari bola memory yang diperbaikinya tadi pada robot Hal.

Robot hal kemudian menanyakan soal Hal yang asli pada profesor. Katanya Hal adalah pria yang ramah, ia selalu pergi bareng cowok namanya Ryu. Sejak kecil Hal dan Ryu ini punya kehidupan yang nggak beruntung, sering dapat penyiksaan dari para robot gitu. Saya juga nggak paham kok bisa begitu

😂

Singkat ceritanya nih akan ada festifal gion, dimana orang-orang akan pakai yukata. Jadi Hal kemudian ngajak Kurumi pergi ke sana. Sebelumnya ia pergi ke rumah kakek kurumi, si tuannya robot tadi untuk minta yukatanya kurumi. Dan ternyata si robot hal juga dikasih yukata. Katanya yukata itu buatannya kurumi dengan motif jaring laba-laba yang dipercaya bisa menangkal kejahatan.

Di pertemuan ini si kakek bercerita kalau Hal terlilit hutang sejak kecil. Ia terlahir dengan hati yang lemah karena itu orangtuanya memberikannya hati baru, tapi hati baru tersebut membuat mereka terlilit hutang. Mungkin maksudnya donor hati gitu ya....

Robot hal kemudian menemui kurumi dan mengajaknya pergi ke festifal tersebut. Mereka berbincang sebentar dan adegan flasback ke belakang. Menunjukan adegan ketika hal dan kurumi lagi makan bareng. Hal bercerita kalau dia melakukan pekerjaan berbahaya karena memang hanya itu yang tersisa untuknya. Waktu itu tangan hal lagi diperban dan pakai tongkat. Jadi saya simpulkan, kehdiupan mereka ini udah maju. Ada banyak robot dimana-mana tapi buat mereka yang nggak punya uang maka mereka harus bekerja keras meskipun taruhannya nyawa, sama seperti Hal.

Flashback selesai. Kurumi menarik robot Hal ke dalam lalu dia menjahit bola memory itu ke yukata robot hal sambil minta maaf pada Hal. Mereka pun berpelukan layaknya teletubies.

Hari festifal pun tiba. Meriah banget kek baju 30.000 an dapet . Dimana ya? Kasih tahu dunk😂

Kurumi dan hal pergi bersama. Untuk pertama kalinya mereka keluar rumah dan jalan-jalan bareng, doa bareng, maen game bareng, makan bareng. Mereka kayak lagi pacaran bareng.

Pas mereka lagi main bareng di sungai tiba-tiba Ryu muncul. Nggak sendirian tapi dia bareng temennya yang lain. Kayaknya mereka ada niat buruk sama Hal.

Hal dan kurumi pun kabur bareng. Entah apa yang terjadi. Tapi ternyata kurumi ini bisa bergelud juga loh. Di tengah hujan mereka kabur dari kejaran Ryu dan kawan-kawannya. Tapi pas lagi jalan kurumi ini jatoh ke sungai dan pingsan. Hal berniat menolongnya tapi dia ditarik sama Ryu. Dan kurumi hampir dibawa sama kawanannya Ryu, mau dijual katanye. Trus Ryu nonjokin Hal sambil teriak supaya hal ingat. "Ingatlah, mau berapa lama lagi kau tetap seperti ini!"

Buk..buk.. Tonjok terus.

Nginggg.. Tiba-tiba Hal ingat sesuatu.

Jadi hari itu Hal dan Kurumi bertengkar sebelum pesawatnya berangkat dan yang naik pesawat itu Kurumi bukan Hal😱

Jadi.. Yang mati itu sebenernya Kurumi gaez. Yang depresi yang butuh dibantu itu adalah Hal. Omigot ternyata kebalik😱

Setelah mengingat segalanya Hal nangis. Dia masih beruaha nolong kurumi yang sebenarnya adalah robot Q01 tadi. Dan mereka jatuh ke sungai barengan.

Flasback ke belakang. Jadi setelah kematian Kurumi, Hl jadi mengira dirinya adalah robot, mungkin karena dia nggak mau merasakan sakitnya kehilangan Kurumi. Karena itu kakeknya kurumi meminta bantuan robot Q01 untuk menyelamatkan Hal dan berpura-pura menjadi kurumi.

Sebagi bentuk perpisahan terakhir  robot kurumi menolong Hal yang tenggelam dan menciumnya. Toh dia juga udah rusak.

Hal berhasil diselamatkan. Jadi selama ini dia nggak mencoba menyelamatkan kurumi tapi dia sedang menghidupkan dirinya kembali.

Film ditutup dengan adegan Hal yang sedang menaruh lampion di air lalu membuka kembali toko kancingnya Kurumi. Akhirnya Hal menemukan kembali arti hidupnya dan bisa mengikhlaskan kepergian Kurumi.

Tamat...

Saya kasih nilai 7.5/10 untuk anime movie ini. Cerita yang ringan tapi diakhiri dengan plot twist yang tak terduga, berasa kayak lagi nonton the sixth sense loh. Udah gitu pemandangan yang indah dan gambarnya bikin betah nonton. Kurumi cantik dan Hal yang ganteng😍

Hayuk yang suka sama anime, nonton kuy, atau malah udah pada nonton nih.


See you...





2 komentar

  1. Mana link download nya mbak? Pengin nonton tapi ngga tahu download dimana.😂

    Oh ternyata kebalik ya, jadi ingat film The Other yang disangkanya rumah mereka ada hantu, padahal hantunya adalah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he.. Bisa dilihat di youtube mas agus, langsung ketik animr Hal aja.
      Eh kok saya jadi penasaran sama the other yak😁

      Hapus


EmoticonEmoticon