Jadi penonton film Miss baek

 

Sumber gambar IMDb.com
Assalamualaikum

Halo guys Gimana kabarnya hari ini? semoga kalian dalam keadaan baik-baik aja dan tetap sanggup menebar senyum dan kebaikan ke sekitar. Makin bagus kalau bisa menebar uang seratus ribuan ahi..hi...

Uhuy😁

Hari ini saya mau mereview sebuah film dari Korea Selatan berjudul Miss baek. 

Kalau dipikir udah jarang saya ngereview film korea ya😁. Udah lama juga nggak nonton, dan Miss baek ini udah lama juga saya nontonnya.

Film ini adalah film ke dua yang saya tonton dalam rangka menantang diri untuk mereview film-film di notebook saya.

Nggak usah basa-basi langsung aja ke spoilernya.

Miss baek merupakan sebuah film yang rilis pada 11 oktober 2018 di Korea selatan dan disutradarai oleh Ji won Lee.

Bercerita tentang seorang wanita bernama Baek sang ah (diperankan oleh Han ji min) atau dipanggil Miss baek, memiliki kehidupan yang suram dan pas-pasan serta masa lalu yang membuatnya trauma, namun suatu hari ia dihadapkan pada kehidupan seorang gadis kecil yang disiksa oleh orangtuanya sendiri, mengingatkannya pada dirinya dulu. Melihat hal tersebut Miss baek bertekad menyelamatkan si anak. Tapi tak semudah itu ferguso...

Dan... Film dimulai dengan adegan dari seorang polisi bernama Jang sub (diperankan oleh Lee hee joon) yang sedang datang ke lokasi terbunuhnya seorang wanita. Lalu adegan berpindah ke miss baek yang sedang bekerja, mencuci mobil. Jang sub datang menemuinya, mereka lalu makan bersama. Di sini terlihat kalau Miss baek ini tipe orang cuek, nggak peduli apa kata orang meski dia makan dengan kaki diangkat padahal lagi pakai rok. Tapi sebenernya dia ini menyimpan rasa sakitnya sendiri sob.  Jang sub lalu menjelaskan kalau ibunya Miss baek ditemukan meninggal pagi ini. Nggak ada tangisan yang keluar, bahkan pas melihat jasad ibunya yang udah gosong miss baek malah pergi, seakan nggak peduli.

Walaupun Jang sub ini cinta dan sayang sama miss baek tapi kayaknya Miss baek nggak berniat menjalin hubungan serius dengan Jang sub. Ia pernah bilang bahwa ia tidak terlahir untuk menjadi seorang istri ataupun ibu. Ia hidup asal jalan aja gitu. Kerja ya kerja seadanya, makan, minum, tidur, nggak ada impian. Apalagi gebetan, mantan dan segala macam tetek bengek manusia jaman cekarang...

Sok banget🙄

Semua itu ternyata Karena miss baek punya masa lalu yang membuatnya trauma.

Jang sub pertama kali bertemu Miss baek ketika dia menyerang seorang lelaki yang akan memperkosanya dengan sebuah pecahan kaca sampai si lelaki berdarah-darah. Tapi Miss baek nggak mendapat pembelaan yang benar, lelaki itu nggak dihukum karena ia adalah orang terpandang dan kaya sementara Miss baek justru harus dihukum. Nggak hanya itu Miss baek sering mendapat perlakuan nggak baik dari ibunya ketika kecil. Penganiayaan gitu. Itu sebabnya dia nggak peduli pas emaknya mati.

Suatu malam Miss baek dan Jang sub bertengkar hebat, padahal awalnya Jang sub mengajak miss baek untuk menikah tapi dia terus menolak. Miss baek marah karena Jang sub mencari tahu soal ibunya padahal sampai kapan pun dia nggak akan bisa memaafkan ibunya. Dia menyuruh Jang sub pergi aja, mencari wanita lain. Karena dia bosan dengan Jang sub yang terus menatapnya dengan rasa kasihan. Tapi Jang sub ngotot juga, dia mau memberi kehidupan yang lebih baik pada miss baek.

Ketika Miss baek lagi jalan-jalan di luar tiba-tiba dia melihat seorang anak kecil yang duduk memeluk lutut di jalanan. Karena rasa ibanya ia mengajak anak itu ke kedai dan membelikannya makan. Anak tersebut makan lahap banget kayak berhari-hari nggak makan. Pas dia nggak sengaja menumpahkan minuman tiba-tiba tangannya menutupi kepala kayak takut dipukul padahal Miss baek nggak mau mukul. Anak tersebut mengucapkan trimakasih dan memanggil Miss baek ahjuma yang kemudian Miss baek menyuruhnya memanggilnya Miss baek aja. Oh iya.. Nama anak itu Kim ji eun umurnya 9 tahun.

Miss baek lantas bertanya dimana orangtua kim jie en?

Kim jieun menjawab, ayahnya di rumah.

Aneh, gitu mikirnya saya juga Miss baek. Bapak mana yang biarin anaknya kluyuran malem-malem pakai baju lusuh kayak pengemis.

Meski nggak mau peduli sama kondisi kim ji eun tapi sebenernya Miss baek ini peduli. Hanya saja dia mungkin nggak mau menambah beban hidupnya yang udah berat.

Tiba-tiba seorang wanita memangggil kim ji eun dengan lembut. Dia berkata kalau dia nggak sengaja lewat situ dan melihat kim ji eun. Jadi dia akan mengantarkannya pulang dan minta maaf pada Miss baek karena sudah merepotkan. Tapi pas Miss baek mau pergi, Kim ji eun memegang tangannya dengan erat. Kayak nggak mau ditinggal gitu, kayak takut. Mungkinkah wanita tadi adalah mak lampir😱

Miss baek menyadari kalau kim ji eun nggak baik-baik aja tapi dia nggak bisa berbuat apapun dan sok bodo amat. Semalaman dia nggak bisa tidur memikirkan Kim ji eun yang memegang tangannya tadi.

Di tempat lain, Kim ji eun sedang dikurung di kamar mandi😞😦

Untuk memenuhi kebutuhan hidup Miss baek juga bekerja di sebuah tempat pijat gitu. Hari itu tiba-tiba wanita yang kemarin membawa kim ji eun datang ke tempat itu untuk pijat dan Miss baek yang melayaninya.

Wanita itu menjelaskan kalau Ji eun bukan anaknya, itu adalah anak dari pacarnya. Pokoknya dia ngomong untuk baik-baikin namanya lah biar Miss baek nggak salah paham. 

Lalu adegan memperlihatkan si wanita yang pulang ke rumah dan pacarnya alias bapaknya ji eun, lagi sibuk maen game. Ia mencuci muka sementara Ji eun duduk di pojokan kamar mandi. Nggak dipeduliin dan bahkan dia ngelirik aja langsung dipukul, ditendang dan disiram pakai air. Dipukul tanpa ampun sampai berdarah-darah.

Dasar wanita iblis😭

Dan si bapak masih sibuk maen game. Nggak peduli sama sekali. Sebelum menutup pintu si wanita bilang dia jijik lihat mukanya ji eun. Lah saya sebagai penonton lebih jijik lihat muka dan kelakuan wanita itu. Ingin kugetok kepalanya pakai 1000 ulek-ulek biar kekubur sekalian😠

Sementara itu Jang sub masih menelusuri kasus kematian ibunya Miss baek. dia menemui seorang saksi yang bercerita bahwa setelah kematian suaminya, ibunya Miss baek jadi depresi berat dan memukul Miss baek tiap kali mabuk. Tapi dia juga merasa bersalah karena sudah merusak kehidupan putrinya.

Miss baek yang baru pulang mengurus kematian ibunya bertemu kembali dengan kim ji eun. Dia memperhatikan tubuh Kim ji eun yang penuh luka memar dan teringat bagaimana dulu ia juga dipukuli oleh ibunya sendiri. Miss baek kemudian menghampiri ji eun, sedih dan marah dia bertanya apa Joo mi gyeong(wanita iblis tadi gaez) yang melukai Ji eun. Tapi Ji eun nggak berani ngaku dan bilang tidak.

Miss baek kemudian membawa Ji eun ke toko baju dan membelikannya pakaian, jaket, topi dan segala macam. Ia juga mengobati lukanya dan membelikan makanan yang banyak.

Ji eun berkata bahwa setelah dipukuli ia akan diberikan uang.

Tak mau berurusan lebih jauh lagi, Miss baek kemudian mengantarkan Ji eun ke kantor polisi tapi Ji eun menolak masuk, katanya polisi hanya akan memulangkannya lagi ke rumah. Karena dulu ia juga pernah melakukan hal yang sama dan justru ia akan dipukul makin kejam.

Selama seharian Ji eun ikut Miss baek kemana pun dia pergi, menunggunya bekerja lalu ngobrol bersama. Walaupun kelihatan cuek tapi sebenarnya Miss baek ini peduli banget sama Ji eun dan memikirkan akan kemana Ji eun pergi. Ia lalu membawa Ji eun ke taman bermain supaya ji eun senang. Tapi Ji eun lebih suka memandang laut yang luas dan mengandeng tangan Miss baek sambil mengucapkan trimaksih😩

Sampai malam tiba, Miss baek masih menemani Ji eun bermain di sana dan bahkan menggunakan bando minnie mouse juga. Miss baek bertanya dimana ibunya Ji eun? ji eun berkata ibunya ada di surga dan ji eun bertanya balik dimana ibunya miss baek? Miss baek berkata ibunya ada di neraka. Ketika sedang membenarkan tali sepatunya Ji eun tiba-tiba Ji eun mengelus rambutnya miss baek dan itu mengigatkan miss baek pada ibunya yang pernah berkata "lari dariku, sejauh mungkin" jadi kayaknya ibunya miss baek ini nggak sepenuhnya jahat, dia cuma depresi aja karena kematian suaminya dan tanpa sadar memukul Miss baek.

Setelah itu Miss baek mengantarkan Ji eun pulang. Dia memencet bel, dan meninggalkan Ji eun di depan pintu, tapi baru aja dia turun pintu dibuka dan Ji eun langsung ditendang bapaknya lalu di seret masuk. Miss baek yang nggak terima lantas kembali dan menolong Ji eun. Di dalam rumah itu dia melihat Joo mi gyeong sedang makan dengan anjingnya. Karena kesal akhirnya Miss baek bertengkar dan memukul wanita itu. Berakhirlah mereka di kantor polisi. Polisi memeriksa luka-luka di tubuh Ji eun tapi dia nggak bernai lapor dan bilang kalau itu karena ia jatuh sendiri. Karena itu miss baek nggak bisa berbuat banyak apalagi dia punya catatan kriminal juga.

Jang sub mencoba membantu Miss baek untuk menyelamatkan Ji eun tapi sulit mengurus kasus seperti itu apalagi Ji eun nggak mau menjelaskan kenyataannya.

Sementara itu Ji eun masih disiksa di rumahnya bahkan nggak dikasih makan dan minum😭

Bapaknya sendiri nggak peduli dan malah menyiksa Ji eun lebih kejam. 

Miss baek berencana pindah ke pulau jeju tapi dia merasa nggak bisa meninggalkan Ji eun begitu saja. Jadi dia mampir dulu ke rumah Ji eun. Dimana saat itu Ji eun lagi disiksa sampai hampir mati. Bel dipencet berulang kali tapi nggak ada yang buka.

Ji eun yang dikurung di kamar mandi akhirnya nekad kabur lewat jendela.

Miss baek yang udah pergi jauh pakai mobil dengan Jang sub akhirnya balik lagi karena merasa khawatir. Ia minta turun di jalan dan lari kembali menemui Ji eun yang saat itu lagi berusaha turun berpegang kabel-kabel di dinding. 

Mereka akhirnya ketemu dan Miss baek membawa Ji eun kabur. Dia nggak tega lihat Ji eun lebih menderita. Setelah mengobati Ji eun di rumah sakit mereka pergi bersama. Miss baek memeluk Ji eun sepanjang jalan sambil minta maaf.

Sementara itu Jang sub pergi mencari Miss baek ke rumah Ji eun dan si bapak laknat kemudian baru tahu kalau Ji eun kabur.

Buaha..ha..ha Bingung kan😂, semoga engkau segera dapat balasannya.

Miss baek membawa Ji eun pergi dan dia berjanji bahwa ia akan selalu melindungi Ji eun meski dia nggak punya apapun .

Jang sub lalu menelpon miss baek dan bertanya apa maunya, apa dia mau membesarkan Ji eun? Di situ miss bercerita bahwa 8 tahun lalu dia menemukan rekening berisi uang tabungan dalam kotak surat di rumahnya, yang mana itu dari ibunya. Mungkin miss baek merasa marah,  ingin memaafkan ibunya tapi juga berat. Jang sub menjelaskan bahwa ibu Miss baek pernah memintanya untuk menyelamatkan miss baek. Ia merasa bersalah karena sudah memukul dan menyiksa anaknya sendiri namun dia juga mengalami kesedihan mendalam akan kepergian suaminya. Dia nggak bisa mengontrol emosinya.

Miss baek menangis mengetahui semua fakta itu, di hati terdalamnya dia sayang dan kangen sama ibunya. 

Sementara itu orangtau Ji eun merencanakan sesuatu yang licik. Mereka datang ke kantor polisi dan melaporkan kalau anaknyan hilang. Dan menuduh Miss baek menculiknya. Karena itu Miss baek pun menjadi buronan dan dikejar polisi. Saat itu dia udah ada di stasiun bersama Ji eun. Beruntung Jang sub menemukam Miss baek lebih dulu dan membawa Ji eun ke rumah kakak atau siapanya ya itu😂 saya nggak ngeh.  Di sana dia menfoto luka-luka di tubuh Ji eun dan akan mencari bukti penganiayaan supaya Miss baek dan Ji eun bisa selamat. Duh.. tulus banget kan Jang sub walaupun Miss baek udah cuek dan bahkan berkata kasar dia tetap bisa melihat kebaikan pada diri Miss baek

Jang sub pergi ke rumah Ji eun lalu marah-marah sama bapaknya dan menyuruhnya untuk mencabut tuntutan atas Miss baek atau dia akan menyesal seumur hidupnya. Saat itulah dia mendengar seseorang berkata soal Ji eun yang bergelantungan dari jendela lantai 2. Tindakan Ji eun tersebut terekam dalam kamera mobil sehingga bisa dijadikan bukti. Dan bapak Ji eun pun ditangkap. Uhuy....

Di kantor polisi dia diintrogasi tapi sama sekali nggak merasa bersalah. Dia bilang dia juga dipukuli sejak kecil tapi dia tidak mati. Jadi mungkin dia mau bales dendam gitu ya...

Sementara itu Joo mi gyeong yang licik berniat untuk balas dendam dan mencari Ji eun. Saat itu ji eun lagi sakit dan miss baek beli obat ke apotik. Ji eun mondar mandir sendiri di luar dan bertemu Joo mi gyeong. 

Dia diseret menjauh dari pemukiman, berusaha kabur dengan tenaganya yang kecil. Jang sub dan Miss baek yang tahu kalau Ji eun tidak ada segera bergegas mencarinya. Joo mi gyeong udah hampir memukul Ji eun pakai botol gitu tapi dia sadar kalau ada camera cctv dan mengurungkan niatnya tapi nggak jadi, sebelum dia mau mukul udah dipukul duluan sama Miss baek.

Di menit-menit terakhir ini menunjukan perjuangan miss baek untuk menyelamatkan Ji eun dari Joo mi gyeong. Pergelud'an antara 2 orang cewek yang cukup ngeri gaez. Tapi saya suka gayanya miss baek yang terlihat strong. Dia cuma mau menyelamatkan Ji eun. Haduh sebel banget sih lihat Joo mi gyeong ngomong jadi pengen ikutan jambakin rambutnya kan...

Mereka bergelud udah kayak mau saling bunuh aja. Dan Joo mi gyeong nggak sadar setelah kebentur batu. Mungkinkah dia is dead...

Miss baek marah dan berniat mukul Joo mi gyeong lagi tapi sebelum terlambat Jang sub datang dan mencegahnya. Seneng banget lihat perlakuan Jang sub pada miss baek. Dia peduli dan sayang banget, lalu menyuruh miss baek pergi pada Ji eun. Biar Joo mi gyeong dia yang urus.

Satu tahun kemudian sudah berlalu. Terlihat Ji eun  baru bangun tidur. Rupanya dia tinggal dengan kakak atau siapanya Jang sup tadi. Ji eun terlihat cantik dan bahagia. Ia juga bersekolah, belajar dengan benar dan punya banyak teman. Terus di mana miss baek?

Ketika pulang sekolah Ji eun melihat penjaga sekolahnya berteriak pada seseorang bahwa disitu dilarang merokok dan orang itu ternyata adalah miss baek😭

Terharu aku tuh melihat mereka.

Film pun tamat. 

Orang yang terlihat cuek, bodo amat dan bahkan kasar ternyata bisa saja memiliki hati yang baik, mungkin sikapnya terbentuk dari kenangan buruk yang membuatnya trauma. Salah satu caranya untuk bertahan hidup.

Saya kasih nilai 7/10 untuk film ini.

Udah dulu ya sob, betewe saya lagi sakit perut nih, doain sembuh ya. Masak mulut mau makan terus tapi perut pengen muntah aja. Nggak sinkron banget.

See you....


4 komentar

  1. Waalaikumsalam
    Wah review-nya sangat detail,
    Aamiinn cepet sembuh sakit perutnya kak :D

    BalasHapus
  2. Semoga cepat sembuh ya Mbak dan selalu jaga kesehatannya.

    Wah..reviewnya detail banget, sampe tergambar jelas gimana emosinya saat nonton kelakuan ayah dan pacar si ayah yang brengsek itu.

    BalasHapus
  3. Saabaaaar mba astriiii, hahahahah emosi banget bikin reviewnya saking gemes Ama si antagonis yaaa mba :D.

    Waaah aku tertarik jd nya... Yg ptg ending happy, udh cukup laaah. Males ajaaa udh ikutan emosi, trus malah sad ending, itu berasa mau banting tv hahahahha.

    Cepet sembuuuh mba Astri, biar bisa ngereviw makin banyak movies ;)

    BalasHapus
  4. tahun 2018 termasuk lama juga ya
    kayaknya tegang nih nonton film ini, tapi kok seru, ada ala ala detektifnya gitu

    BalasHapus


EmoticonEmoticon