Jadi penonton film Megan is missing

Sumber gambar IMDb.com

Assalamualaikum😁

Apakah ada di antara kalian yang nggak pernah bersosial media? Nggak punya Facebook, instagram, twitter, dan tetek bengek lainnya.

Kalaupun ada kayaknya langka sekali ya. 

Bisa dibilang dunia ini dikuasai oleh yang namanya sosial media. Nggak afdol kalau sehari aja nggak buka sosmed, berasa kayak sayur kurang garam.

Dan hari ini, saat saya menulis artikel ini adalah hari sabtu pagi. Saya bangun kesiangan karena semalem nggak bisa bobok cantik. Lalu karena nggak bisa bobok cantek, saya menonton sebuah film berjudul Megan is missing.

Atau kalau diartikan itu megan menghilang.

Ilang digondol pekpekan...😱

Sebenernya film ini rilis udah cukup lama, yaitu pada Mei 2011 lalu.

Menceritakan tentang seorang gadis bernama Megan yang tiba-tiba menghilang setelah dia janjian bertemu dengan seorang pria bernama Josh yang ia kenal melalui internet. 

Saya penasaran sama film ini karena lihat reaksi penonton di tik tok😁 emang saya tuh lagi seneng melihat kehidupan orang, tapi tenang saya nggak komen, nggak menghujat atau memuji kecuali dalam hati hi..hi..

Katanya film ini tuh bikin gemeteran setelah nonton.

Why? Apakah ini magic?🤔

Jadi saya putuskan nonton. Asal bukan horor saya berani. Hayukkk...

Film ini kayak film dokumenter. Semua adegan direkam dari kamera hape, laptop dan cctv, kayak film the visit dan Unfriended. Mirip gitu lah...

Akan membingungkan kalau saya jelaskan tiap tanggal dan udah lupa juga saya, karena saya nontonya online😂. So akan saya ceritakan secara singkat kayak lagi ngerumpi ya...

Yuk, ibuk-ibuk ngumpul sini😁😂

Jadi Si megan ini umurnya baru 14 tahun. Dia cewek yang populer, cantik, banyak teman dan pergaulannya luas, dalam artian dia agak bebas. Pakai obat-obatan terlarang, minum alkohol bahkan se*s. Ibunya Megan adalah seorang pemarah (hubungannya nggak baik sama Megan) ayahnya udah meninggal dan ayah tirinya masuk penjara. Dalam salah satu adegan Megan menjelaskan kalau ia pernah mengalami pelecehan seksual dari sang ayah tiri berkali-kali. Meski begitu Megan berteman dekat dengan Amy. Seorang gadis 14 tahun yang pendiam, nggak punya banyak temen tapi baik hati, rajin menabung dan tidak sombong. Mereka sering menghabiskan waktu bersama, udah best friend lah pokoknya.

Berbeda dengan Megan, Amy memiliki kehidupan yang jauh lebih beruntung. Anak orang berkecukupan lah. Dan orangtua yang sayang banget sama dia.

Suatu hari Megan mengajak Amy pergi ke sebuah pesta milik temannya. Di pesta itu semua remaja bertindak gila. Saya sampai mikir, apa iya ada pergaulan semacam ini. Saya yang hanya lihat lewat layar hape aja merasa terlalu ramai, bising dan nggak nyaman. Meski Megan membawa Amy ke sana, ia nggak mau Amy terpengaruh teman-temannya.  Amy harus tetap jadi Amy. Mungkin maksudnya Megan supaya Amy juga bisa diterima dan dekat dengat temannya yang lain. Tapi ternyata tak semudah itu Ferguso...

Jadi ketika yang lain  pada joged, ngobat dan minum-minum Amy cuma diam. Sampai Megan kemudian pergi dan dia melakukan hal tak senonoh dengan seorang pria dan Amy melihatnya. Intinya Amy nggak nyaman berada di sana. Apalagi setelah dia digoda sama seorang pria dan Amy menolak tapi malah ditampar😞

Jadi kehidupan Megan sama Amy ini kayak langit dan bumi kayak cintaku sama bang D.O kyungsoo. Jauh kebangetan...

Aelah.. Udah punya suami masih aja bucin oppah😂

Namun hal tersebut nggak membuat persabatan mereka renggang. Mereka tetep lengket. Dan masih saling peduli.

Suatu waktu Megan ini di web atau vidio call sama temennya, entah siapa namanya... Saya lupa.

Si teman ini mengenalkan Megan sama seorang cowok bernama Josh. Intinya si Josh ini terdengar cool and keren gitu. Gaol masa kini. Dan dia juga hobi main skuter, eh sketboard. Kan nambah nilai plus tuh...

Nulisnya udah bener apa belom?😂

Megan kemudian menghubungi Josh. Tapi mukanya si Josh ini nggak kelihatan karena katanya kameranya lagi rusak. Tapi Amy nggak keberatan asal bisa ngobrol sama Josh. Mereka ngobrol ngalor ngidul. Obrolan yang asyik ala anak remaja, saling menggoda gitu. Lalu mereka janjian ketemu di sebuah pesta.

Megan menceritakan hal tersebut pada Amy, karena emang mereka ini udah deket banget dan hampir tiap waktu selalu vidio call'an.

Ternyata Megan nggak ketemu sama si cowok. Dia ada di pesta itu selama 4 jam. Udah jamuran nunggu eh nggak dateng. Tapi kemudian si Josh tapi bukan Josh jeruk, apalagi Josh mengkudu ini minta maaf dan dia bilang sebenernya dia datang ke pesta itu dan lihat Megan tapi nggak berani mendekatinya. Megan menganggap itu sesuatu yang Cool jadi dia makin kesemsem deh sama Josh. 

Megan memperkenalkan Amy sama si josh setelah mereka nonton bioskop. Karena udah malam, Amy pun pulang.

Lalu si Josh ini ngajak Megan ketemuan di belakang sebuah restaurant. Megan seneng banget dunk. Dia pun pergi sendirian.

Tapi ternyata setelah hari itu Megan is missing😱. Dia menghilang tanpa jejak. Amy mencoba menayakan keberadaan Megan pada teman-temannya tapi nggak digubris sama sekali, kayak semua temennya Bodo amat gitu. Nggak putus asa Amy juga menghubungi Josh tapi Josh bilang nggak tahu, si Josh ini malah kelihatan merayu Amy gitu.

Akhirnya karena perkataan Josh yang mencurigakan dan terlihat berbeda saat Josh bicara dengan Megan maka Amy memutuskan untuk melaporkan soal Josh kepada polisi. Berita tentang menghilangnya Megan ini jadi topik utama di masyarakat. Semua orang berusah mencari keberadaan Megan tapi nggak ada yang menemukan petunjuk apapun. Bahkan Amy yang melapor ke polisi malah dimusuhi sama temen-temennya Megan. Yang tadinya nggak peduli, eh malah jadi nangis-nangis dan sok peduli. Padahal apa coba salahnya Amy. Kan yang ngenalin Megan ke Josh bukan Amy 

Esmosi saya jadinya...

Terus dimana sih adegan yang katanya bikin badan gemeteran?

Nah.. Adegan itu adalah sebuah foto gaez. Jadi katanya foto itu kemudian tersebar ke masyarakat. 2 foto Megan dengan kondisi mengenaskan. Foto pertama cuma memperlihatkan kepalanya aja. Matanya melotot dan mulutnya terbuka kayak dipasang apa gitu. Yang jelas serius saya merasa nggak nyaman banget dengan foto itu. Yang kedua foto seluruh tubuh. Jadi si Megan ini kepalanya kayak di pasung di atas meja, tangannya diikat dan dia cuma pakai pakaian dalam. Setelah lihat foto itu saya jeda sejenak dan merasa nggak nyaman banget, kayak pyar...neng jero dodo😂 apa sih bahasanya. Saya nggak berani tidur sendirian dan akhirnya manggil emak deh buat nemenin😂

Tentu aja setelah bapak bilang nggak setuju😂

Maapken anakmu pak.

Tapi seriusan, saya emang biasanya nonton film thriller, zombie, dimana banyak adegan berdarah dan penyiksaan. Tapi beda cerita ketika saya nonton Megan is missing ini. Mungkin karena filmnya yang kayak dokumenter. Jadi terlihat seolah-olah itu nyata.

Setelah saya cari tahu ternyata film kayak gini tuh namanya found footage. Yaitu sebuah film yang adegan-adegannya dibuat seolah-oalah hasil dari rekaman hp, kamera, dll. Jadi kayak real gitu low...

Setelah Amy melapor ke polisi perihal Josh, amy ini jadi diancam sama Josh. Dan nggak lama setelah itu Amy pun menghilang.

Nah.. Dari sini sampai akhir film adalah adegan yang cukup ngeri menurut saya. Diperlihatkan kalau Amy ini diculik dan dirantai di sebuah ruangan gelap, cuma pakai pakaian dalem. Dia cuma bisa nangis minta dilepaskan tapi si penculik ini nggak mau melepaskan. Nggak diperlihatkan kayak gimana wajah si penculik ini. Bahkan Amy disuruh makan langsung dari mulutnya. Kejam kan...

Yang bikin saya merinding adalah adegan ketika Amy ini dilepaskan terus dia disuruh masuk ke dalam sebuah tong besar. Si penculik dengan kata-kata lembut menjelaskan, bahwa Amy akan bertemu orangtuanya. Ketika tong dibuka. Disitu ada Megan yang udah mati dengan mata melotot😖

Ya ampun.. saya merinding dan jeda dulu buat tarik sis semongko🍉

Lah..salah server😂

Tarik nafas gaez. Amy dipaksa masuk ke dalam tong tersebut. Lalu si penculik terlihat menggali tanah sementara Amy terus berbicara, merayu si penculik untuk melepaskannya. Dia bilang akan melakukan apapun, apapun yang diinginkan si penculik asal ia dilepaskan. Ia bahkan berjanji tidak akan menemui orang tuanya. Berjanji akan mncintai si penculik seumur hidupnya, apapun yang bisa ia ucapkan, ia janjikan. Tapi si penculik diam aja. Pada akhirnya Amy dikubur dalam tanah bersama tong tersebut. Pada adegan ini saya merasa takut dan ngeri. Membayangkan gimana Amy ketakutan, sesak nggak bisa nafas, nggak ada harapan dan suara teriakannya mulai hilang ketika udah terkubur lalu penculik pergi. Terlihat kalau ia sedang berada di tengah hutan.

Film berakhir setelah menunjukan vidio dari Megan dan Amy yang sedang berbincang. Membicarakan masa depan dan cita-cita mereka nanti dimana hal tersebut bikin saya makin sedih. Nyesek sob😟

tamat.

7/10 untuk film ini.

Awalnya saya kira ini kisah nyata tapi bukan sob. Meskipun film ini dibuat berdasarkan hal-hal yang pernah terjadi di dunia nyata dengan kasus serupa. Kenalan lewat medsos, internet, ketemuan lalu berujung maut. Beberapa kali saya dengar berita kayak gitu. Kita sebagai prempuan harus berhari-hati terhadap orang baru apalagi kalau kita nggak tahu mukanya, asal-usulnya. Jangan mau diajak ketemuan di tempat sepi. Kita nggak tahu apa yang akan terjadi. Okeh...

So tetap waspada dalam bermedia sosial and...


See you


4 komentar

  1. Wih deg-deg an saya bacanya :( . Pengen nonton tapi takut dengan genre yang kayak gitu. Tapi saya suka cara mbak nyampaikannya dalam bentuk tulisan seakan-akan saya sudah menontonya dan menegrti. Thanks Mbak

    BalasHapus
  2. Kalo yang serem aku gak berani nonton hehe

    BalasHapus
  3. eh ini bukan megan miss world 2013 kan...

    duh serem mbak aku baca ceritamu
    apalagi pas bagian foto foto megan yang megerikan itu
    udah liat di YT dikit dikit dan emang ngeri
    aku tunggu ada temen nonton baru berani huhu

    BalasHapus
  4. Oh ini bukan Megan Fox itu kan mbak Astria yang hilang.😱

    Jadi akhirnya Megan dan Amy mati bareng dong, malah pemculiknya itu siapa ngga ketahuan, apakah Josh.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon