Jadi penonton film The sixth sense

Sumber gambar IMDb.com


Assalamualaikum😁

Hay sob gimana kabarnya, dah lame rasanya tak jumpa. Karena beberapa waktu lalau saya masih sibuk jadi hari ini saya memulai kembali menulis review film. 
Dan film pertama yang bisa saya review setelah merid ini adalah film lama berjudul the six sense.
Hayo.. Pasti udah banyak yang tahu film terkenal ini kan. Saya aja nih yang kudet, ketinggalan jaman banget baru sekarang nonton film dengan plot twist keren ini😂
Langsung aja dari pada lama-lama ngoceh kita mulai aja.
The six sense adalah film yang rilis pada 2 Agustus 1999 di Philadelpia. Dan disutradarai oleh M.Night shyamalan.
Film ini bercerita tentang seorang psiaker anak bernma malcolm yang membantu seorang anak bernama Cole. Cole ini diduga adalah seorang indigo yang bisa melihat arwah-arwah penasaran yang tidak tahu apa yang mereka lakukan.
Sederhana, saya pikir horor.
Tapi bukan kok....
Sst... Ini spoiler lho😬

Film dimulai dengan adegan Malcolm dan sang istri yang cuantik bernama Anna.
Malam itu mereka lagi berbahagia karena Malcolm baru saja mendapatkan penghargaan sebagia seorang psiakter berbakat dari walikota setempat, pokonya dia itu panutan lah. Lalu ketika mereka masuk kamar sambil menari lucu dan seneng-seneng Anne menyadari kalau jendela kamarnya pecah. Ternyata di dalam kamar itu, di kamar mandinya ada seorang pria yang sedang menangis hanya dengan menggunakan celana dalam doang🙈. Si pria ini mengaku dia adalah salah satu pasien Malcolm dulu. Malcolm berusaha mengingat-ingat dan ternyata pria itu bernama Kevin, pasiennya dulu. Sayangnya sambil menangis Kevin mengaku bahwa ia tidak sembuh meski Malcolm sudah membantunya. Mungkin karena marah pria tersebut mengangkat pistol yang disembunyikan dan...
Dor...
Menembak Malcolm.
Malam yang tadinya penuh kebahagiaan mendadak jadi menakutkan. Malcom berbaring di atas ranjang sambil memeggangi perutnya sementara Anna menangis di sampingnya.

Adegan kemudian berpindah ke musim semi selanjutnya, atau musim apalah. Saya lupa, yang pasti bukan musim kondangan😂 Dimana Malcolm sedang duduk di sebuah kursi sambil melihat data soal pasiennya. Lalu pintu rumah di seberang jalan terbuka. Seorang anak kecil berkaca maya keluar dan berlari menjauhi malcom. 
Malcolm mengikuti si anak menuju sebuah gereja
Disana mereka berbincang sejenak. Dari situ malcolm mulai berkenalan dengan anak kecil bernama Cole tersebut.

Cole di film ini digambarkan sebagai seorang anak pendiam yang dianggap aneh oleh teman-temannya. Jadi dia lebih suka menyendiri daripada berkumpul dengan orang-orang Cole sadar orang-orang mengganggapnya aneh. Karena hal itu ia selalu berpura-pura di depan si ibu bahwa semua baik-baik saja dan dia bahagia.


Suatu hari ketikka Cole baru pulang dari sekolah. Malcolm sudah berada di dalam rumahnya bersama si ibu duduk di ruang tamu. Di situ Malcolm dan Cole berbincang dan memainkan sebuah permainan supaya Cole mau duduk. Kalau Malcolm bisa menebak pikiran Cole maka Cole akan maju satu langkah ke kursi tapi kalau Malcolm salah maka Cole akan mundur satu langlah ke pintu.  Awalnya semua tebakan Malcolm benar tapi pas tinggal satu langkah ke kursi tebakannya salah terus. Dan akhirnya Cole pun pergi gaez.
Malamnya dokter Malcolm pergi ke suatu restaurant untuk merayakan hari ulang tahun pernikahannya tapi sayangnya si istri kelihatan marah karena malcolm terlambat. Mereka nggak sempat makan bareng karena si istri kemudian pergi begitu saja tanpa berkata-kata. Intinya semenjak kejadian penembakan itu hubungan mereka kayaknya jadi enggak baik gitu. Entah apa sebabnya. Ditambah Malcom kemudian menyadari kalau ada seorang pria yang mendekati si istri. Tapi dia nggak bisa berbuat apa-apa karena tahu bahwa Anna mungkin udah nggak mencintainya lagi.

Tapi meski begitu Malcolm tetap berusaha menangani kasus Cole. Ia berharap ia tidak mengulang kesalahan yang sama seperti dulu.
Ia sering pergi dan berbincang dengan Cole.
Suatu hari Cole ini datang ke pesta ulang tahun temennya. Tapi dia lebih memilih untuk menyendiri. Saat itu Cole melihat sebuah balon yang terbang ke atap lalu mengikutinya lewat tangga. Di sana ia mendengar suara-suara dari balik pintu, entah suara siapa?
Apa mungkin suara buk ibuk lagi ngerumpi🤔
Dua teman Cole kemudian datang dan bertanya Cole lagi ngapain di situ? Karena 2 anak ini nakal.
Mereka lalu dengan sengaja memasukan Cole ke dalam kamar tersebut. Tetapi tiba-tiba pintunya terkunci dan Cole menjerit kesakitan dari dalam ruangan tersebut. Si ibu yang mendengar langsung pergi ke atas, tapi pintunya nggak bisa dibuka dan sebelnya buk ibuk lain bukannya bantuin cari kunci malah diem mematung aja
Hadeh...
Setelah kejadian itu Cole dibawa ke rumah sakit karena tubuhnya mengalami beberapa luka lebam dan gores, si ibu nggak pernah tahu darimana Cole mendapat luka-luka tersebut dia pikir itu adalah perbuatan teman-teman Cole.
Sementara itu Malcolm terus mendampingi Cole dan mencoba menyembuhkan kelainan yang ada pada bocah itu. Sampai suatu hari Cole ini mengatakan rahasianya pada Malcolm. Bahwa ia bisa melihat arwah yang sudah mati. Mereka berkeliaran dimana-mana tanpa tahu bahwa mereka sesungguhnya udah mati. Arwah-arwah itulah yang terkadang menyakiti Cole dan membuatnya jadi orang aneh karena ia ketakutan melihat arwah itu ada dimana-mana.
Malcolm yang mendengar cerita itu berkata bahwa ia percaya, dan berkata mungkin mereka membutuhkan bantuan Cole. Begitu katanya, tapi sebenernya Malcolm juga nggak begitu percaya dan mendiagnosis Cole terkena kelainan jiwa. 
Semenjak itu Cole yang ketakutan tiap kali bertemu arwah. Mencoba untuk memberanikan diri bertanya, apa yang mereka inginkan...
Seblak? Apa tahu bulat?
Eh...salah ya itu mah maunya saya😂

Sejujurnya saya juga takut pas adegan hantunya pada muncul, nggak serem-serem amat sih tapi tetep aja judulnya hantu. Apalagi pas hantu cewek masuk angin itu, eh muntah-muntah dan ternyata dia mati karena diracun sama buk tirinya.
Sementara itu kehidupan rumah tangga Malcolm makin memburuk. Kesibukan membuat komunikasi antara ia dan Anna makin sepi kek kuburan. Bahkan Anna makin dekat sama lelaki lain.
Suatu hari Cole berkata kepada Malcolm kalau cara terbaik untuk memperbaiki hubungan dengan istrinya adalah berbicara saat ia tidur. 
Malcolm yang nggak tahu harus gimana lagi akhirnya mengikuti apa kata Cole. Dan ternyata saudara-saudari sekalian yang terhormat.
Anna ngelindur. Dia menjawab dalam tidurnya. Yang mana jawaban itu membuat saya terkejoed. Karena filmnya udah saya hapus saya hanya ingat intinya aja. Jadi kalau nggak salah Anna menjawab "kenapa kau meninggalkanku malcolm" sebuah cincin kawin terjatuh dan menggelinding dengan kecepatan sedang ke arah Malcolm.
Lalu terbayanglah semua kejadian yang selama ini menimpa Malcolm. Ketika Cole bilang bahwa ia bisa melihat manusia yang sudah mati, mereka tidak tahu bahwa mereka sudah mati, masih menganggap mereka adalah manusia pada umumnya. Termasuk Malcolm yang tak menyadari bahwa malam saat dirinya ditembak ia telah mati. Dan kenapa selama ini Anna selalu mengabaikannya, karena ia tidak bisa melihat Malcolm, ia mencoba mencari kebahagiaan bersama pria lain tapi tetap saja ia merindukan Malcolm. 
Sementara itu Cole sudah berani mengatakan rahasianya kepada si ibu dan menghilangkan rasa takutnya terhadap arwah-arwah tersebut, ia bahkan bisa berteman dan membantu mereka.
Malcolm yang sudah menyadari bahwa dirinya ternyata sudah mati dan hanya meninggalkan rasa sedih bagi sang istri kemudian merelakan segalanya dan berkata supaya Anna hidup bahagia dan tak memikirkan dirinya terus. Anne pun tersenyum dalam tidurnya. Dan yah...
Tamat gaez.
Film ini keren banget menurut saya. Karena dari awal otak saya nggak menduga kalau Malcolm ini ternyata udah almarhum. Saya pikir dia sembuh trus kondisi keuangannnya memburuk dan si istri marah. Saya juga sempet sebel sama Anna karena kupikir dia wanita jahat eh ternyata...
Jempol untuk film ini👍
Film lawas ternyata bagus juga untuk ditonton. Mungkin saya harus coba nonton film-film lawas lain😁 jadi saya kasih nilai 8/10 untuk film ini.
Udah dulu ya sob. Sejujurnya masih susah konsentrasi setelah menikah. Kok hawanya jadi males nulis, bahkan nonton film yang biasanya saya lakukan sehari  2 kali udah kayak mandi aja. Sekarang udah berhari-hari menghilang😂
Ada apakah ini?
Ada cinta😍
Ea...

See you....

2 komentar

  1. Plot twise yang tak terduga.
    Ternyata Malcolm udah mati, kupikir dia selamat dari penembakan itu dan istrinya berubah karena hal lain.

    BalasHapus
  2. Aku aja jadi tau film ini gara2 baca reviewmu mba :D. Td pas baca judul, aku lgs kepikiran Ama sixth sense Drakor yg msh on going kalo ga salah. Udh penasaran mau baca, ternyata film Hollywood :D. Tapi menarik siiih, walopun ternyata dia ga sadar ya jd hantu .. coba deh ah, aku cari ntr film nya :D. Suami biasanya suka film2 begini. .

    BalasHapus


EmoticonEmoticon