Jadi penonton film Mermaid down

Sumber gambar IMDb.com

Assalamualaikum😁

Wuah.. Hari ini saya akan membahas sebuh film yang berkaitan dengan putri duyung. Wah..😃 siapa sih yang nggak suka dengan dongeng putri duyung ini. Saking sukanya sama dongeng ini, dulu pas kecil saya suka main putri duyung dengan cara kaki dibungkus pakai selimut terus negesot-ngesot menggeliat deh😂 tapi bukan putri duyung ala-ala disney yang selalu bikin anak-anak kecil berharap pengen jadi putri duyung. Kisah kali ini berbeda.

Sebuah film berjudul Mermaid down. 

Sst..ini spiler lho😬

Film ini rilis pada 22 November 2019 di Vietnam dan disutradarai oleh Jeffrey grellman.

Mermaid Down ini bercerita tentang seekor putri duyung, eh seorang aja biar lebih sopan. Seorang putri duyung yang tertangkap oleh orang-orang jahat yang berniat menjualnya dan kejamnya ekor si putri duyung ini dipotong. Bener-bener dipotong sampai batas pinggang😖

Saya yang lihat aja sedih banget sob😭

Setega itu mereka sama makhluk yang juga ciptaannya Allah. Kadang saya mikir gimana sih hatinya orang-orang yang tega membunuh?

Ok, back to film. Film ini dimulai dengan adegan percakapan dari 2 orang bajak laut yang berencana menangkap mermaid untuk dijual dengan harga mahal. Konon katanya di perairan tersebut sering dikunjungi oleh para mermaid yang penasaran dengan kehidupan manusia.

Berangkatlah mereka.

Dan beruntung bagi mereka, sial bagi si mermaid. Si mermaid tertangkap jaring yang mereka sebar di perairan tersebut. Tak jauh dari kapal para bajak laut jahat itu ada sebuah kapal yang ditumpangi oleh seorang pria berkacamata. Ia mengamati apa yang ditangkap oleh para bajak laut melalui sebuah teropong dan langsung terpesona gitu. Sementara itu si mermaid udah disiksa dan dibacok-bacok😭 meski dia berusaha melawan tetep aja kalah sama 2 orang. Si mermaid sempat berhasil. Kabur ke laut sambil menyeret salah seorang bajak laut. Si bajak laut yang satunya kemudian berusaha menembak si mermaid dan malah kena temennya. Tapi pada akhirnya si mermaid ini tetap tertangkap. Dan dia disiksa sebelum ekornya dipotong. Saya tuh sedih banget dan nggak tega pas adgan ini. Padahal meskipun namanya putri duyung mereka punya wajah kayak manusia lho. Kok tega bener si bajak laut ini. Ditambah jeritan dari si mermaid yang kesakitan, bikin hatiku ngilu😭

Sementara itu si pria berkacamata ini terjun ke laut dan berenang menuju kapal si pelaut. Otak saya berpikir ini nih sang pangerannya. Akhirnya ada penyelamat juga. 

Diam-diam si pria masuk ke kapal dan bersembunyi. Tapi dia nggak menolong pas si mermaid dipotong, dia cuma memperhatikan aja sampai si mermaid di lempar ke dalam tempat penyimpanan ikan. Si pria kemudian ketahuan dan dia mengaku kalau dia adalah pembeli yang berminat. Namanya Dr. Beyer, seorang psikiater. Mereka lalu tawar menawar tapi kemudian si pria ini malah membunuh si bajak laut dan dia nggak menyelamatkan si mermaid. Tapi menjadikannya bahan penelitian.

Tega ih kamu😭

Setelah sebulan berlalu. Si mermaid ini di bawa ke sebuah tempat rehabilitasi mental gitu. Dimana para cewek-cewek yang punya masalah emosi dirawat di situ. Dan setelah sebulan berlalu di kapal itu si mermaid ini jadi punya kaki. Bagian tubuhnya yang terpotong membentuk kepompong dan muncul kaki. Hanya saja dia nggak bisa berjalan. Namanya juga mermaid, kan nggak pernah jalan.

Dia tinggal bersama gadis-gadis dengan macam-macam masalah kepribadian. Si mermaid nggak bisa jalan dan dia cuma ngesot-ngesot dengan rambut panjang ikal yang sering menutupi wajahnya. Ya emang jadi kayak hantu sih.

Nah, di tempat tersebut ternyata ada hantu beneran loh. Ada seorang hantu wanita yang selalu tinggal di situ. Diantara semua gadis yang tinggal di sana hanya ada satu gadis yang bisa melihat si hantu dan si mermaid ini juga bisa melihatnya. Saya lupa namanya, kita sebut saja gadis indigo😁

Ternyata mermaid bisa bicara dengan bahasa isyarat. Dia kemudian menceritakan perihal dirinya kepada seorang penerjemah di tempat itu. Mermaid berkata bahwa ia berasal dari dari laut. Ia adalah seorang putri duyung yang ditangkap oleh seorang bajak laut. Tentu aja nggak ada yang percaya. Tapi mermaid terus bercerita bahwa banyak diantara kaum mereka yang sebenarnya adalah mermaid tapi tak menyadarinya. Sejak itu si mermaid dianggap aneh oleh penghuni tempat itu, apalagi sama si Reyna. Malamnya tiba-tiba si mermaid ini diculik oleh Dr. Beyer dan dibawa ke ruang bawah tanah yang ada di rumah sakit itu. Dia disekap di sana dan si hantu terus menemaninya sebagai seorang teman. 

Salah seorang dari penghuni kamar itu melihat apa yang terjadi pada si mermaid ia kemudian menceritakan hal itu pada yang lainnya. Linda, salah satu penghuni kamar juga memutuskan untuk pergi mencari si mermaid sendirian. Sialnya dia ini pergi mencari tahu dengan pakai helm, pakai selimut yang diikat di kepala kek superman dan bawa sapu atau entah apa gitu. Bukannya aman kan malah mencurigakan ya😐

Dan sialmya dia ketemu Dr. Beyer tepat di depan menuju ruang bawah tanah. Anehnya Dr. Beyer mengatakan kalau si mermaid ada di bawah sana dan mengizinkan Linda masuk. Tempat itu gelap banget dan terendam air. Linda terus berjalan sambil bawa senter. Tapi nggak menemukan keberadaan si mermaid. Dia malah ketemu sosok wanita botak gitu. Entah itu apa. Kayaknya manusia. Apa itu eksperimennya Dr. Beyer😖. Yang pasti karena ketakutan Linda kemudian masuk ke dalam ruangan bawah tanah yang ternyata di sana adalah tempat para mayat dibuang. Sumprit.. saya mau muntah pas adegan ini karena ada banyak belatung diperlihatkan dan Linda nggak menyadari dimana dia duduk atau berdiri karena tempatnya gelap. Di dalam tempat itu ada seekor anjing dan si Linda pun jadi santapan si anjing. Padahal niatnya mau nolong mermaid 

Dr. Beyer tersenyum menyadari Linda udah mati. Keesokan harinya dia mengatakan kalau Linda udah keluar dari tempat itu. Sementara itu si mermaid udah bisa melarikan diri dan kembali ke kamarnya. Dia mulai akrab dengan para penghuni di sana dan akhirnya ia juga belajar berjalan walaupun dengan cara yang aneh, yaitu nggak mau pakai baju. Jadi Sandra (salah satu pegawai yang baiak hati kayak saya😁) kemudian memberikan baju yang press body gitu kayak baju bayi. 

Suatu hari si mermaid ini memecahkan kaca di kamar mereka dan mereka semua lari keluar. Menuju sebuah danau yang airnya butek penuh sampah. Nggak ada yang mau berenang di sana. Awalnya mereka berniat kabur dari tempat rehabilitasi itu, tapi kemudian nggak jadi karena nggak tahan dingin dan laper. Sementara itu si mermaid malah nyemplung ke dalam dan berniat melepas baju. Hanya ada satu orang yang masih setia menemaninya yaitu si Reyna, juga si hantu. Reyna ini kan awalnya nggak suka sama mermaid tapi mungkin dia jadi kasihan atau bersimpati gitu. Dia memberikan jaket yang dipakainya kepada si mermaid dan mereka berpelukan. Keesokan paginya, Mermaid ini menghilang, nggak tahu dimana. Dan Reyna pun pergi. Si hantu juga nggak tahu kemana perginya si mermaid. Pas dia mau balik dia mendengar sesuatu dan ternyata si mermaid ini udah berubah jadi mermaid sungguhan dengan ekor di tubuhnya. Si hantu bilang. Mungkin mermaid nggak berubah dinkolam renang karena ada klorinnya. Karena sungainya meengering dia harus ngesot. Si hantu kemudian berkata lagi kalau dia akan selalu menemani mermaid dan akan membawaknnya kursi roda.

Okeh singkat ceritanya, Dr. Beyer dan sandra lagi mengemudi dan si mermaid Terlihat sedang naik sebuah kursi roda panjang gitu. Dr. Beyer yang tahu kalu mermaid udah jadi putri duyung sungguhan langsung menabraknya tanpa iba kemudian membawanya tempat rehabilitasi mental. Awalnya ia meminta tolong para penjaga untuk membantunya tapi tiba-tiba Dr. Beyer ini membunuh si penjaga dan dia kayak orang kesetanan dimana semua penghuni yang terlihat oleh matanya akan dibunuh😱fixs dia buruh diruqyah.

Lumayan sadis sih pas adegan ini dan ada darah yang menggenang dimana-mana. Sementara Sandra dan beberapa penghuni lain berhasil bersembunyi dan kabur.

Dr. Beyer kemudian membawa mermaid ke kapalnya.  Di sana dia memiliki ruang rahasia dibalik rak buku gitu

Dr. Beyer mengatakan kalau sejak dulu dia terpesona sama kecantikan mermaid dan nggak sabar mau tahu seperti apa organ dalamnya, apa seperti ikan?

😖 

Lah, terpesona kok malah mau dibedah.

Psiko nih. Di awal saya kira dia sang pangeran, nggak tahunya dia penjahat juga. Dr. Beyer mengaitkan ekor mermaid ke sebuah kail raksasa. Tapi pas dia mau melakukan aksinya, Sandra dan para penghuni yang berhasil kabur datang ke kapal itu dan mencoba menggagalkannya. Mermaid yang udah bisa lepas kemudian membalaskan dendamnya dengan mendorong kepala si dokter ke dasar kapal sampai tu kapal pecah lalu mengaitkan kail ke mulut si dokter😱😱😱😖 dan mermaid pun kabur lewat situ. Tanpa diduga si dokter ternyata masih hidup. Udah pasti sambil ngamok dia mencoba menenggelamkan satu-persatu cewek disana. Untungnya si mermaid datang lagi dan bergelud dengan Dr. Beyer lalu menenggelamkannya ke lautan. Tadinya saya pikir kapal itu berhenti di pinggiran lho, eh ternyata udah sampai tengah laut aja.

Kapal yang mulai tenggelam perlahan membuat semua ornag takut. Dan dengan keajaibannya mermaid menyelamatkan mereka. Adegan kemudian berpindah ke tepi pantai dimana semua cewek selamat dan masuk ke dalam gua. Mermaid kemudian menghampiri mereka dan mengicapkan terimakasih dengan bahasa isyarat. Si hantu masih berada di sana karena ia memang selalu mengikuti mereka. Sebelum pergi Reyna bertanya apa diantara mereka ada seorang putri duyung juga. Dan mermaid menunjuk cewek indigo yang bisa melihat hantu sepertinya. Di adegan terakhir ini kita akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang indah banget😍

So beautiful. dan terkahir Dr. Beyer yang masih hidup muncul ke permukaan tapi nggak berapa lama dia ditarik lagi ke dalam laut and tamat.

Ehh...untuk film ini saya kasih nilai 6,5/10 sebenernya filmnya bagus. Temanya juga antimainstrem. Tentang mermaid yang dipotong ekornya dan menjadi manusia. Tapi sebagai netijen amatiran rasa-rasanya ada yang kurang aja. Kurang garam kah? Entah itu apa?

Tak bisa kujelaskan.

Tapi masih menarik untuk ditonton kok sob. Semoga kalian berminat nonton sendiri ya.


See you...



1 komentar

  1. Sekarang mbak Astria updatenya film terus, mungkin karena banyak yang nyari di google ya mbak.

    Kalo mermaid down aku belum nonton, yang sudah nonton the mermaid yang sutradaranya Stephen chow

    BalasHapus


EmoticonEmoticon