Jadi penonton film Hard candy

Sumber gambar IMDb.com

Assalamualaikum😁

Ketemu lagi sama tulisan saya yang mengulas tentang film-film keren dari dunia. Dan hari ini saya akan mereview sebuah film berjudul Hard candy.

Ada yang tahu nggak sih Hard candy itu artinya apa?

Hard itu kan keras, candy itu kan permen apa artinya permen yang keras?

Oh no, saya juga baru tahu makna dari film ini setelah cari-cari info dan ternyata hard candy adalah kata slang pedofilia yang berarti "gadis di bawah umur"

Penasaran sama film ini.

Kejedot...😉

Film ini merupakan film Seru Amerika serikat yang rilis pada 21 Januari 2005 dan disutradarai oleh David slade 

Oke, jadi diceritakan seorang gadis 14 tahun bernama Hayley mencurigai seorang pria bernama Jeff, umur 32 tahun sebagai seorang pedofil, pemerkosa dan pembunuh. Karena hal tersebut Hayley kemudian merencanakan sesuatu untuk menyiksa Jeff. Tentu saja dengan cara yang terdengar sadis ala psikopat. What is that?

Kebiri.

Film ini dibuka dengan memperlihatkan chat antara Hayley dan Jeff. Jadi mereka saling menggoda melalui pesan di media sosial dan berjanji akan bertemu secara langsung. Lalu ketemulah mereka di sebuah kedai kopi gitu. Waktu itu Hayley sedang makan coklat sampai nyepros alias berantakan ke bibirnya dan Jeff datang. Heyley minta maaf karena ia terlihat berantakan sambil menawarkan coklat yang katanya enak. Terus si Jeff ini membersikan coklat di bibirnya Hayley dan menjilatnya.

Ehmm... Romantis apa gimana ini?😐

Obrolan mereka terlihat asyik banget. Bahkan saya yang nggak bisa bahas inggris dan hanya baca subtitlenya merasa tertarik nonton film ini tanpa merasa bosan karena obrolan yang ditampilkan tuh.. Keren😎 Hayley menceritakan kalau dia suka membaca dan ayahnya adalah seorang dosen kedokteran di suatu universitas. Terus Jeff akhirnya mengajak Hayley pergi ke rumahnya setelah membelikannya sebuah kaos. Bisa dibilang si Hayley ini kayak sengaja menggoda Jeff gitu loh, melalui kata-katanya yang manis dan agak provokatif. Dan betewe si Jeff ini adalah seorang fotografer yang mapan dan tampan. Setelah saya lihat-lihat kok mukanya familiar apa iya saya pernah ketemu Jeff di pasar🤔

Imposible.

Dan ternyata si Jeff ini yang main film the conjuring gaez, film horor paling serem yang pernah saya tonton. Juga in the tall grass.

Ok, back to film.

Sesampainya di rumah Jeff yang mewah. Hayley mau dikasih minum tapi dia menolak sambil bicara kalau dia tidak bisa menerima minuman yang dibuat oleh orang asing. Jadi dia membuat minuman sendiri. Sejujurnya gayanya si Hayley ini asyik banget lho. Cool gituh. Dia juga membuatkan minuman untuk Jeff. Mereka lalu berkeliling rumah. Di rumah Jeff ini banyak foto gadis-gadis gitu. Katanya itu adalah salah satu hasil pekerjaanya. Hayley kemudian minta Jeff untuk memotretnya juga sambil mulai melepas bajunya eh mendadak nggak ada angin nggak ada ujan si Jeff ambruk gitu aja, terenyata ada racun alias obat bius di minumannya.

Dan ketika Jeff terbangun, dia udah diikat rapet di atas kursi sementara Hayley mulai menggeledah rumahnya. Kesana-kemari mencari bukti bahwa Jeff memang seorang pedofil. Sementara si Jeff kelihatan duduk pasrah dan mengelak semua tuduhan yang diucapkan Hayley. Ketika Jeff mau minta tolong eh malah mulutnya disemprot entah pakai cairan apa, yang pasti bukan gula. 

Setelah mondar-mandir kesana-kemari Hayley menemukan sebuah brankas yang tersembunyi di bawah bebatuan hias. Di dalam brankas itu ia menemukan foto Dona mauer. Seorang remaja yang hilang dan nggak ditemukan sampai saat itu. Dari situlah tuduhan Hayley makin kuat tapi Jeff masih kukuh mengelak. Saya jadi bingung ini yang benar siapa sih?

Soalnya muka si Jeff kayak meyakinkan gitu dan muka Hayley, si gadis 14 tahun yang kayaknya cuma asal-asalan nuduh.

Ketika ada kesempatan akhirnya si Jeff ini berhasil merobohkan Hayley dan membuatnya nggak sadar selama beberapa menit, Jeff menggunakam kesempatan itu untuk mengambil pistolnya di kamar, masih dalam kondisi terikat di kursi. tapi pas dia balik si Hayley udah ngilang entah kemana. Dan tetiba Jeff udah dibungkus kepalanya pakai plastik. Dikira buah kali ya😂

Dan yah.. Si Jeff pun pingsan kehabisan nafas.

Sementara Hayley kesakitan karena perutnya didorong pakai kursi tadi.

Dan adegan pun berlanjut. Si Jeff terbangun lagi tapi kali ini di atas meja. Kedua tangannya diikat ke atas dann.. Ehmm. Dia dalam kondisi nggak pakai celana dan.. Ada sekantong plastik es batu yang diletakan di kemaluannya. Tenang aja, nggak ada adegan parno action dalam film ini begitu juga adegan berdarah-darah yang sadis. Tetapi tetep aja batin ini terasa ngilu lo sob. Kenapa? Karena meski film ini nggak menunjukan adegan sadis gimana Heyley mengebiri Jeff. Kita akan dibuat merasa tidak tenang dan tidak nyaman dengan percakapan mereka. Saya aja sampai harus skip berulang-ulang karena takut kalau nanti Jeff dikebiri beneran.

Hayley terus mengoceh bahwa ia akan melakukannya dengan baik, karena katanya kebiri adalah salah satu operasi paling mudah di dunia. Hanya saja dia butuh Jeff bersikap tenang, takutnya nanti ada pembuluh darah atau saraf yang salah kepotong dan Jeff bisa mati kehabisan darah😱. Trus apa gunanya es batu tadi? Sebagai pengganti obat bius biar mati rasa sob. Setelah bermenit-menit mereka ngobrol, alias Hayley menyuruh Jeff mengaku dan Jeff tetep menyangkal. Dia bahkan bercerita bahwa dulu ketika kecil salah satu anak bibinya suka padanya tapi si bibi marah dan menaruh Jeff di atas kompor. Saya jadi bersimpati sama Jeff. Dalam pikiran saya, pasti bakal nyesel banget nih si Hayley kalau ternyata Jeff memang nggak bersalah. Apalagi Jeff ini berkali-kali mengucapkan kalimat bijak pada Hayley. Kalau sampai Hayley melakukannya dia pasti akan menyesal seumur hidup dan akan dibayang-bayangi oleh masa lalu yang terjadi di hari itu setiap kali ia kencan. Tapi Heyley tetep kukuh mau mengebiri Jeff, di menolak melapor polisi, menolak tebusan, menolak segala yang ditawarkan Jeff padanya. Dan proses mengebiri itu pun berlangsung. Tenang... tenang nggak diperlihatkan kok. Cuma muka si Jeff aja yang keringetan, dan Hayley yang terus mengoceh kalau operasinya mau selesai dengan mimik agak gugup.

Sumprit.. Saya pikir Hayley bener-benar wagelaseh😖😱

Kok bisa-bisanya gitu lho. Dia kan masih 14 tahun.

Setelah proses operasi ya g membuat saya pengen segera lompat ke bagian akhir karena pengen tahu kalau Jeff baik-baik aja tapi saya tahan.  Akhirnya Hayley selesai. Dia membersihkan darah yang berceceran dan memberikan Jeff minum. Sementara Jeff kayak udah pasrah gitu. Hilang sudah masa indahnya sebagai lelaki.

Ketika Hayley bilang kalau dia mau mandi dulu, jeff mengambil kesempatan itu untuk melepaskan diri secara paksa dengan menarik tangannya keluar ikatan dan berhasil. Kalau gitu kok nggak dari tadi sih Jeff...

Jepri mah emang gitu.

Dan beruntungnya si Jeff, teryata Hayley nggak benar-benar mengebirinya, alias tadi itu cuma boongan. ia berniat memanggil 911 tapi nggak jadi dan malah mengambil pisau. Lalu pergi ke kamar mandi

Ciluk ba..

Gorden di buka tapi Hayley nggak ada di dalam. Berarti😱

Jeff udah didorong aja ke bak mandi dan langsung disetrum pakai pistol setrum. Nggak berapa lama dia langsung pingsan lagi.

Dan makin sial, Jeff terbangun dalam kondisi tangan terikat dan lehernya udah digantung pakai tali ke atap. Sementara kakinya nangkring di kursi yang sewaktu-waktu bisa ditendang sama Hayley. Saya hanya bertanya-tanya gimana Hayley yang kecil cungkring bisa ngiket Jeff yang gede kayak gitu🤔

Disitu Hayley memberi pilihan pada Jeff kalau dia akan membersihkan semua bukti kejahatan Jeff si pedofil kalau dia mau suka rela gantung diri. Yang tentu aja ditolak donk sama ajeff, masih mau hidup lama juga. 

Pas itulah tiba-tiba pintu rumah diketuk. Kaget dunk si Hayley. Dia langsung keluar setelah mengisolasi eh mengsolasi, melakban, mulutnya jeff yang sempat menjerit "Tolong..."

Ternyata ada tetangga Jeff, seorang penjual kue yang mengantarkan kue pada si jeff. Trus dia tanya-tanya siapa Hayley? walaupun mencoba tenang tetep aja kelihatan kalau Hayley ini gugup. Dia mengaku sebagai keponakannya Jeff dan Jeff lagi sakit jadi nggak bisa keluar. Sayangnya Hayley akhirnya bisa lega setelah si wanita pergi. Padahal saya mikir mungkin si wanita ini bisa menyelamatkan jeff, tapi enggak. Dan Hayley kembali beraksi. Tapi teryata memang nggak bisa terus-terusan Jaleff pasrah aja. Dia kemudian melawan dengan...dengan. Apa ya bahasanya. Melompat sampai kakinya mendarat di leher Hayley dan membuatnya nggak bisa nafas. Setelah itu dia mendarat di meja dan bisa melepaskan diri. sementara Hayley pun kabar. Muter-muter rumah. Dan ternyata gaez. Jeff.. Dia ngamok, di dalam amukannya itu dia mengaku bahwa memang dia yabg sebenarnya memang seperti itu. Saya agak bingung maksudnya gimana tetapi sepertinya Jeff ini telah membunuh Dona, entah karena dia pedofil atau karena hal lain. Sambil emosi dia mencari Hayley dan menemukannya di atap rumah sambil membawa pistol... Sementara Jeff membawa pisau. Mereka kemudian saling adu argumen. Perang kata-kata. Terus Hayley mengatakan kalau dia sudah menelepon Janelle. Janelle ini mantan pacar yang masih dicintai Jeff. Hayley nengaku pada Janelle bahwa dia adalah Letnan Haeley dan L.A.P.D. 

Jangan tanya LAPD itu apa?

I dont know guys.

Dan Janelle akan segera datang menemui Jeff, dan Hayley akan mengungkapkan semuanya. kecuali Jeff mau gantung diri secara sukarela maka Hayley akan membersihkan semau barang bukti kejahatannya sehingga Janelle nggak akan berpikir buruk tentang Jeff. Jeff yang panik dan marah berteriak bahwa dia akan menemukan Hayley bagaimanapun caranya. Bukan hal sulit mencari seorang gadis kecil seperti Hayley. Tahu gimana jawabannya Hayley?

Bahwa bisa aja semua yang dikatakan Hayley tentang dirinya pada Jeff adalah kebohongan, bahkan namanya.

Jeff udah kalang kabut. Mungkin dia emang cinta banget sama Janelle dan nggak mau gadis itu berpikir buruk tentangnya. Pada akhirnya Jeff menerima tawaran itu setelah mengatakan bahwa dia tidak membunuh Dona. Dia hanya menyaksikan, ada orang lain yang melakukannya. Tapi Hayley bilang bahwa seorang pria bernama Arron yang mengatakan hal yang sama, dan Arron bilang Jeff pelakunya. Udah kayak nggak punya pilihan lain Jeff pun pasrah pas Hayley mengikatkan tali di lehernya. Permintaan terkhirnya adalah supaya Hayley membersihkan semua barang bukti dan Hayley mengiyakan. Jeff pun  pun terjun ke bawah. Fixs dia mati, dan Hayley bilang "mungkin tidak" Maksudnya dia nggak akan membersihkan barang bukti kejahatan Jeff. Dan film pun berakhir dengan hayley yang kabur mlewati hutan menggunakan jaket warna merahnya. So  cool...

Yang membuat saya heran kenapa kok si Jeff nggak membuang foto Dona aja, dibakar kek atau gimana. Malah disimpen di brankas. Trus kenapa dia nggak pasrah ketahuan Janelle aja daripada memilih mati. Kan kalau dia memilih hidup dia bisa tobat. Iya nggak. Duh.. Pusing saya mikirin itu.

Yasudahlah. Saya kasih nilai 7,5/10 untuk film ini. Untuk percakapan mereka yang bikin saya terpengaruh dan menikmati sampai film berakhir. Ternyata nggak perlu adegan kekerasan untuk bikin suasana jadi tegang,, percakapan juga bisa bikin saya takut nonton dan skip-skip terus😂


See you... 




 

6 komentar

  1. iya kupikir juga permen yang keras tp ternyata sy keliru hehe

    BalasHapus
  2. Salah satu fim yang bikin shock. Dulu nonton ini pas masih SMA, dan iya, Patrick Wilson main juga difilm The Conjuring dan Insidious. Salah dua semesta horor yang saya kenal pas masih SMP. Dulu, pas nonton Insidious cuma ada dua yang saya takutkan: dikagetin jumpscare sama gelendang telinga saya pecah saking musiknya yang ngga nyante. Kalau Hard Candy mungkin lebih soft, tapi dia mainin situasinya. Pengen rewatch lagi gara-gara tulisan kak Astria

    BalasHapus
  3. Mau nonton tapi w takut sama film2 kayak gini😂 jadi galau akutuuh

    BalasHapus
  4. Gilaaaa aku ngiluuuu juga pas bagian mau kebiri hahahah. Tapi baca sinobsismu, kliatan bgt ini film banyak loopholes nya ya mba? Banyak yg ga aku ngerti juga. Sbnrnya sebel kalo udh nonton film, yg ujung2nya jg gantung. Hiiiiih, padahal kan berharap endingnya jelas :p. Siapa pembunuh, kenapa, dll.

    BalasHapus
  5. Wah aku ngga kuat kalo menonton film yang menegangkan seperti hard candy ini mbak, cukup baca sinopsisnya saja, udah lengkap malah.

    Jadi sebenarnya yang jahat Hayley apa Jeff sih? Kok Jeff nurut saja dibunuh Hayley.��

    BalasHapus
  6. cape ya membayangkan tiap scene, adegannya full of surprise. tapi bener - bener kebayang lewat bahasamu, hahaha. aku belum nonton film ini, kayanya mau lansung nonton, hehehe

    BalasHapus


EmoticonEmoticon