Jadi penonton film Goodnight mommy

 

Sumber gambar IMDb.com

Assalamualaikum😁

Gimana kabarnya sobat semua. Ah, pasti kalian sedang dalam keadaan sehat walafiat.

Amin ya Allah.

Hari ini, di hari yang sibuk pakai banget bagi saya. Saya mau meluangkan sedikit waktu untuk mereview  sebuah film horor asal Austria yang berjudul Goodnight mommy.

Film ini rilis pada 2 Juli 2015 di Jerman dan disutradarai oleh Veronika franz dan Severian fiala.

Jangan tertipu sama judulnya yang terbaca hangat karena film Goodnight mommy ini masuk ke dalam genre horor😱

Saya baru tahu Genrenya dipertengahan film saat kepo mencari kapan film ini rilis dan sempat nggak mau lanjut karena takut ada dedemitnya. Tapi ya masak saya mau buang-buang kuota.

Nggak lah yaw...

Singkat ceritanya 2 orang anak kembar, Elias dan Lucas mendapati mama mereka yang baru saja melakukan operasi wajah mulai bertingkah aneh dan kasar saat pulang ke rumah. Mereka lalu berpikir jika wanita itu bukanlah mama mereka dan mulai melaukan hal-hal kejam pada si mama. Terus si wanita ini benar si mama atau bukan sih?

Kejedot...com😜

Film dimulai dengan adegan 2 orang anak yang sedang main kejar-kejaran di ladang jagung. Lalu berpindah-pindah ke tempat lain. Sesekali Elias memanggil lukas. Dan lukas selalu muncul. Mereka kemudian pulang dan tak berapa lama si mama ini pulang dengan wajah yang masih diperban karena ia habis operasi wajah. Sejak kepulangam si mama mereka sering dimarahi dan hal tersebut membuat keraguan mereka muncul, bahwa mungkin wanita yang mengaku sebagai mama itu bukan mama mereka. Karena sepertinya si mama sebelum melakukan operasi adalah mama yang baik dan sabar. Tapi wanita ini sering marah dan bersikap kasar.

Yang aneh adalah si mama ini selalu memparhatikan satu anak aja yaitu si Elias. Nggak pernah sekalipun dia ngurusin Lukas yang setiap saat berada di sampingnya Elias. Ngasih minum cuma buat Elias, marah cuma sama Elias, kasih hadia cuma sama Elias dan selalu menyebut mereka dengan kata "kau' yang mana itu ditunjukan untuk satu orang.

Bahkan saat mereka melakukan permainan tebak-tebakkan si mama ini nggak bisa menjawab padahal jawabannya adalah si mama sendiri, seolah-olah si mama nggak kenal siapa dirinya.

Elias dan Lucas di film ini ditunjukan memelihara banyak banget kecoa jumbo di dalam sebuah kaca. Kalian yang fobia sama kecoa pasti gemeteran lihat kelakuan mereka. Padahal si mama melarang mereka untuk melihara binatang. Apakah kecoa itu sebuah pengecualian🤔

Suatu hari mereka menemukan kucing di sebuah terowongan yang penuh dengan tulang-tulang. Lalu mereka membawa si kucing pulang ke rumah. Pada saat itu si mama marah besar. Si kucing diam-diam kabur tanpa sepengetahun Elias dan Lukas. Saat mereka mencarinya si kucing ditemukan udah mati. Mereka curiga si mama adalah pelakunya.

Suatu hari si mama ini marah besar sampai mukulin Elias karena ia bilang ke si mama, dimana mama mereka?

Kejadian itu membuat mereka semakin yakin kalau wanita tersebut bukan mama mereka. 

Ada adegan dimana malam-malam mereka ini bangun dan masuk ke dalam ruangan si mama lalu menaruh kecoa jumbo tersebut di wajahnya dan kecoa itu masuk ke dalam mulut si mama. Entah itu mimpi atau bukan, soalnya berkali-kali Mereka ini bermimpi mengerikan tentang si mama, seperti si mama yang pergi keluar rumah lalu melepas pakaiannya satu-persatu dan tiba-tiba kepalanya itu geleng-geleng dengan kecepatan super, mungkin terdengar lucu ya tapi sumprit  jadinya horor banget ditambah musik yang mendukung. 

Atau ketika mereka bermimpi membelah perut si mama saat ia tidur dan kecoa-kecoa keluar dari dalam perutnya😖 

Suatu pagi si mama ini mengetuk pintu kamar mereka dalam keadaan udah cantik, udah dilepas perbannya. Dia memberikan Elias sebuah boomerang untuk dimainkan. Elias berkata bolehkah mereka bermain di luar. Si mama mengizinkan tapi saat pintu di buka mereka langsung kabur sejauh mungkin dan pergi ke gereja, mencari pendeta lalu minta diantarkan ke kantor polisi. Mungkin niat mereka melapor soal si mama ini. 



Mereka diantarkan pulang saat malam tiba dan hujan deras. Tapi mereka nggak mau keluar dari mobil dan kudu dipaksa. Pak polisi menanyakan masalahnya dan si mama cuma berkata soal kecelakaan waktu itu. Di scene itu diperlihatakan si mama menangis dan tertidur di kamar. Di tengah malam Elias dan Lukas keluar dari bawah ranjang dan melakukan sesuatu pada si mama. Pagi harinya si mama terbangun dalam kondisi sudah diikat dan mereka berdua mengintrogasi si mama untuk mengaku siapa dia sebenarnya, dimana mama mereka dan lain-lain. 

Si mama tampak bingung plus marah. 

Tapi yang bikin ngeri mereka nggak cuma mengintrogasi pakai kata-kata. Mereka bahkan tega menyiksa si mama. Seperti membakar wajahnya pakai kaca pembesar yang dipanggang di bawah sinar matahari sampai kena luka bakar. Lalu yang mengerikan... Karena si mama ini berteriak minta tolong mereka lem mulutnya dan pas mau dikasih makan lemnya nggak bisa dibuka lalu harus pakai gunting untuk melepasnya. Mulut si mama ini berdarah-darah😖

Ya ampun.. sumpah saya nontonya di skip-skip karena nggak sanggup aja.

Sungguh ini gambaran dari malin kundang versi psikopet.

Sebenarnya lebih ngeri adegan dibacok-bacok kan, tapi masalahnya di film ini mereka menyiksa si mama dengan hal yang terlihat sepele, hal yang biasanya dimainkan kanak-kanak. tapi rasanya bikin ngilu😖

Ketika si mama dapat kesempatan kabur ternyata di pintu udah dipasang jebakan dan si mama pingsan kebentur lantai. 

Duak...

Ia terbangun dengan kondisi matanya ini udah dilem atau ditetesin lilin gitu. Tangannya di tali di lantai dan di meja ada kotak kaca berisi kucing yang mati tadi. Elias membakar kotak itu, saya duga isinya pasti minyak tanah atau bensin. Karena kalau minyak telon mana bisa terbakar. Mereka mengintrogasi mama lagi, menyuruhnya membuktikan kalau ia adalah mama mereka. Dan di sinilah penjelasannya terungkap. Ternyata lukas itu udah mati gaez. Kayaknya mereka mengalami suatu kecelakaan yang menyebabkan Lukas meninggal dunia. Tapi Elias nggak bisa menerimanya dan selalu berhalusinasi bahwa Lukas selalu ada di sampingnya. Awalnya si mama mengikuti kemauan Elias dengan menganggap kalau Lukas masih hidup dan meyiapkan segala hal untuk mereka berdua tapi mungkin dia lelah jadinya setelah operasi dia terus-terusan marah.

Untuk membuktikan bahwa ia adalah mama yang sebenarnya, Elias bertanya apa yang sedang dilakukan lukas sekarang? Yang pasti si mama nggak tahu karena dia kan nggak bisa melihat lukas. 

Elias kemudian membakar gorden dan memecahkan kotak kaca. Si mama yang terikat pun mati terbakar di dalam rumah itu dengan jerit kesakitan. Dan Adegan berpindah ke ladang jagung dimana ada Elias dan Lukas yang sedang berjalan di sana.  Lalu si mama muncul menyanyikan lagi faforit mereka dan film pun berakhir

Tamat.

Saya pribadi kasih film ini nilai 7/10

Walaupun alur ceritanya sederhana tapi cara mereka menyiksa si mama untuk ukuran anak kecil dapet banget sih. Menurut gue lho😁

Bahasa yang digunakan di film ini bukan bahasa inggris deh kayaknya, entah bahada apa, yang pasti bukan bahasa kalbu.

Okeh, sampai jumpa lagi di review film selanjutnya. Saya lagi sakit perut juga nih. Dan sungguh dipenuhi ke sok sibukan setelah lama cuti nulis.

Ahay, cuti..😂 udah kayak kerja kantoran aja.


See you...


3 komentar

  1. Kak Triaaa, welcome back! Di tengah-tengah kesibukkan, masih sempat aja untuk menulis :D

    Filmnya menegangkan banget! Aku bacanya deg-degan lho dan ternyata malah plot twist. Aku pikir mommynya bukan mommy kandung mereka yang sesungguhnya, eh ternyata malah sang anak yang sakit mental >.<
    Bacanya aja deg-degan dan ngeri membayangkan penyiksaan-penyiksaan yang diterima oleh sang mommy, bagaimana kalau menontonnya langsung ya >.< Nggak kuat aku.
    Akhirannya juga sad ya, walaupun dikasih cuplikan bahwa afterlife mereka bisa berkumpul kembali tapi kasihan mommynya jadi korban anaknya >.<

    Sampai bertemu di post Kak Tria lainnya! :D

    BalasHapus
  2. kadang film yang mengandung orang-orang lebih atau memiliki kelebihan memiliki ending yang sangat sulit dibaca penonton. ya mbak :)

    BalasHapus
  3. Oh jadi Elias itu berhalusinasi bahwa saudaranya Lukas masih hidup padahal sudah mati ya. Kasihan mama mereka disiksa oleh anak mereka sendiri sampai mati.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon