Jadi penonton film The shape of water

Sumber gambar IMDb.com


Assalamualaikum

Halo semuanya, how are you today?

Pripun kabare? Jangan lupa minum air biar nggak dehidrasi karena walaupun tidak ada sangkut pautnya tapi judul film kali ini ada waternya jadi mari minum water๐Ÿ˜

Sebelumnya tanpa ba bi bu saya mau menjelaskan kenapa saya nggak nongol beberapa hari ini, dikarenakan saya baru aja merid. Di rumah mertua mana berani totol-totol hape terus....๐Ÿ˜

Okeh, segitu aja mari lanjutkan review filmnya. Karena saya masih di rumah mertua๐Ÿ˜ฌ

The shape of water adalah sebuah film yang rilis di Indonesia pada 29 Maret 2018 dan disutradarai oleh Guellermo del toro.

Sst...ini spoiler lho๐Ÿ˜ฌ

Film ini bercerita tentang seorang wanita bisu bernama Elisa yang bekerja sebagai tukang bersih-bersih di lab rahasia milik pemerintah gitu. Dan dia jatuh cinta sama salah satu makhluk yang jadi objek penelitian di sana. Manusia setengah ikan, eh bukan apa ya nyebutnya. Intinya makhluk ini hidup di air. Sebut saja amfibi man.

Film dibuka dengan sebuah narasi dari seorang pria seperti cerita dongeng. Saya pikir yang bercerita adalah tokoh utamanya. Disertai dengan gambaran sebuah rumah yang berada di dalam air lalu ada seorang wanita yang tidur melayang.

Sebuah pembukaan yang menarik๐Ÿ˜

Tapi langsung aja ke ceritanya๐Ÿ‘‡

Suatu hari ada makhluk aneh berbentuk manusia yang dibawa ke tempat tersebut. Makhluk itu terlihat seperti manusia dengan dua tangan dan dua kaki namun disertai selaput di sela-sela jarinya juga benda seperti sirip di tubuhnya. Makhluk tersebut menerima perlakuan yang tidak manusiawi karena tiap hari dihajar sama petugas keamanan bernama Strickland supaya dia nurut. Lalu tiba-tiba suatu hari jari tangannya strickland ini putus  digigit oleh makhluk itu. Elisa dan temannya yang baik si Zelda ditugaskan untuk membersihkan tempat tersebut, di sana ia menemukan 2 jari Strickland yang putus dan membungkusnya lalu menyerahkanya pada si pemilik. Iyuw...jari lho itu๐Ÿ˜–

Dan dari situlah Elisa mengenal si amfibi man. Dan Strickland malah ada rasa sama Elisa. Dia mengundang Elisa dan Zelda ke ruangannya untuk mengucapkan trimakasih dan bercerita kalau berkat mereka sekarang jarinya sudah dioperasi dan disambungkan lagi, entah bakal berhasil atau enggak.

Sejak masuk ke dalam lab itu Elisa menaruh simpati pada makhluk tersebut, kemudian suatu hari dia masuk ke dalam ruanngan penelitian itu lagi dan memberikan sebutir telur pada makhluk itu. Eh makhluk yang juga nggak bisa bicara itu ternyata memahami semua perlakuan lembut Elisa padanya. Mereka kemudian menjadi dekat. Diam-diam Elisa rutin mengunjungi teman barunya itu, membawakan telur rebus bahkan mendengarkan musik bersama. dan timbul sebuah perasaan yang disebut cinta.

Sayangnya nggak lama lagi makhluk itu akan dibunuh untuk bahan penelitian. Elisa yang sudah jatuh cinta sama amfibi man membuat rencana untuk menyelamatkannya, ia meminta bantuan sang ayah yang bekerja sebagai pelukis tapi lukisannya nggak laku-laku. Padahal bagus lho... Untungnya ada seorang dokter di sana yang juga menentang jika makhluk itu dibunuh. Mereka kemudian bekerja sama untuk mengeluarkan amfibi man dari dalam lab. 

Yang pastinya itu nggak mudah karena itu kan lab rahasia milik pemerintah yang dijaga ketat seketat celana jeans saya 5 tahun yang lalu. Udah pasti nggak muat๐Ÿ˜‚

Mereka harus merencanakan semuanya secara detail sampai akhirnya berhasil.

Setelah berhasil Elisa membawa amfibi man ke rumahnya. Meletakan makhluk tersebut di bak mandinya. Dan mereka sering menghabisakan waktu bersama, membuat bibit-bibit cinta tumbuh dan menjadi bunga

Ea๐Ÿ˜‚

Ceritanya simple sih. Tapi namanya makhluk beda dunia, beda kota aja susah apalagi beda spesies. Awalnya Elisa ragu, ya masak dia jatuh cinta sama amfibi man, tapi nyatanya dia memang cinta..

Gimana dong.

Si amfibi man ini ternyata juga punya kekuatan dapat menyebuhkan luka seseorang. Kayak sakura sob. Bahkan dia bisa menyembuhkan kebotakan dari kepala bapaknya elisa. Wow...

Ada adegan dimana Elisa dan amfibi man ini berenang di dalam kamar mandi sampai airnya bocor ke bioskop di bawah rumah mereka. Ya gimana nggak bocor, wong satu ruangan dijadikan kolam. Dan si bapak yang dimarahi tetangga kemudian membuka pintu kamar mandi, banjir langsung rumah itu. Tapi dia nggak marah dan menerima jika si anak jatuh cinta sama amfibi man. Pengertian banget kan.

Sayangnya Strickland mencari-cari makhluk tersebut  karena kalau sampai nggak berhasil menemukannya maka ia bisa jadi gelandangan. Adegan yang bikin saya huek-huek adalah jarinya Strickland yang putus tadi makin lama bukannya sembuh malah berbau nggak enak dan mulai membusuk. Setelah mubeng-mubeng sambil mengancam banyak orang termasuk Zelda dan membungan 2 jari tangannya yang busuk tadi sambil marah di rumah Zelda ia menemukannya di rumah Elisa. Elisa pun segera membawa amfibi man ke laut sesuai rencananya dulu. Saat itu kondisi amfibi man juga makin lemah karena ia nggak berada di habitat aslinya. Dengan berat hati Elisa meninggalkan amfibi man tapi tiba-tiba ia ditembak dan jatuh ke tanah, entah pingsan entah mati. Si amfibi man juga ditembak. Tapi karena dia bukan makhluk biasa. Ya bisa sembuh dan langsung balas dendam dengan membunuh si Strickland. Setelah Strickland mati para polisi datamg dan amfibi man membawa Elisa ke dalam air. Di sini adegan romantis terjadi. Amfibi man menyembuhkan lukanya Elisa melalui sebuah ciuman seperti dongeng-dongeng romantis. Dan.. Sepertinya mereka hidup bahagia selamanya. 

Karena seperti di awal yang dibuka dengan sebuah narasi, bagian ending ini juga ditutup dengam narasi "mungkin" mungkin mereka bahagia selamanya di dalam air, mungkin si Elisa menjadi manusia amfibi juga atau mungkin kalain punya jawaban sendiri. Awalnya saya kira yang bernarasi ini si tokoh utama alias amfibi man. Tapi ternyata saya lebih yakin kalau yang bernarasi adalah bapaknya.

Saya kasih nilai 7/10 untuk film ini. Film ringan yang unik. Hanya saya saya masih penasaran dan nggak paham sama bekas luka di leher Elisa. Jadi di film ini Elisa ditunjukan punya bekas luka seperti cakaran di lehernya. Saya pikir apa mungkin itu cakaran amfibi man, entahlah, kayaknya bukan. Dan di akhir film bekas cakaran itu berdenyut saat Elisa bernafas di dalam air.

Hem.. entahlah๐Ÿค”

Daripada pusing mikirin itu mending cuci baju aja kan๐Ÿ˜‚


See you...



 

10 komentar

  1. hi mbak! hamdalaaah sehat walau akhir2 ini kadang bosen dirumah bae wkw.

    aku dulu nonton ini mbak gara2 menang jadi Best Picture Oscar..

    ah jadi inget ceritanya soalnya nonton pas dua tahun lalu kalo gasalah

    memang bagusss..
    aktingnuya sally hawkins bagus banget walau sepanjang film dia nggak ngomong.

    ya bener. bisa dibilang salah satu kisah cinta "absurd" yg pernah kutonton, tp ya gimana lagi ya, kekuatan cinta memang sekuat itu.

    BalasHapus
  2. Udah nonton nih! Ceritannya kurang masuk akal kalau di kehidupan nyata. Gapi kalau untuk film bagus kok!! Wajib fi montor. Ada adegan sedih dan perjuanganan nya juga ya mbak๐Ÿ˜

    BalasHapus
  3. Loh loh..
    Ternyata ada kabar gembira di sini!
    Selamat atas pernikahannya ya Mbak.. semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah.

    Ini ceritanya fantasi gitu ya?
    Jadi keinget drakor yang judulnya The Legend Of Blue Sea, yang jadi makhluk ngadi-ngadi nya itu si cewek, punya kemampuan menghilangkan ingatan, kek senjatanya MIB aja.
    Cuman g seekstrim bikin jari orang putus sih, soalnya emang disetting kocak.

    BalasHapus
  4. Mbaaaaa astriiiid, selamat yaaaa utk pernikahannya , moga langgeng selalu ya mbaaaa ;). Pantesan kok agak lama ga liat updatean mba di FB :D

    Btw, kocak ih cara reviewnya hahahaga. Seketat celana jins 5 THN yg lalu, wkwkwkwk bisa ae si mba :p.

    Ntr ah, aku mau cari filmnya, lumayan ditonton kalo abis marathon Drakor yg berat dan thriller :p. Ini ringan kan yaaa

    BalasHapus
  5. Wuaaa akuu langsung heboh baca paragraf pertama ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Selamaaat Mba Astriaaa.. Selamat mengarungi bahtera rumah tangga, bahagia selalu dan semoga samawa ๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’–

    BalasHapus
  6. Waaaah??? Aku kaget baca paragraf pertama, ya ??? Pokoknya selamat aja deh buat pernikahannya bahagia selalu sampai kakek nenek.

    BalasHapus
  7. Selamat ya Mbak atas pernikahannya.
    Semoga langgeng dan menjadi keluarga SMW. Aamiin...

    Film yang sangat menarik, kisah cinta beda spesies.
    Ternyata emang benar, cinta itu buta.

    BalasHapus
  8. Loh-loh ada kabar gembira untuk kita semua... heheh Selamat yah mba atas pernikahannya.. Semoga menjadi keluarga yg samawa *Doa kaya gini sepertinya sudah terlalu pasaran yah?? wkwkkw

    Iyahh ini film buagusss banget.. mantapp saya suka.. Iyah sama saya juga bingung.. Sepertinya itu disiapin buat lanjutannya.. Walaupun saya ragu kalau bakal ada.. Tapi menurut yg saya baca.. Itu lukanya berdenyut karena prosesi evolusi si elisa buat punya ingsang biar mereka hidup bahagia selamanya.. Katanya sih

    BalasHapus
  9. Oh pantesan ngga nongol karena lagi di rumah mertua ya mbak. Jangan lupa rajin cuci piring biar disayang mertua.๐Ÿ˜

    Film ini sebenarnya sudah aku download sejak rilis di bioskop tapi sayangnya belum aku tonton. Baca sinopsisnya jadi pengin nonton, coba aku cek masih ada apa ngga.๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  10. Alhamdulillaaaaaaah. Selamat ya, Mbak Astriaaaaaa. Semoga jadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah. Aamiin ๐Ÿ˜†.

    Nganu, Mbak. Itu amfibi man nya salah satu tokoh yang ada di hell boy bukan sih? Kalau gak salah di hell boy juga ada amfibi man nya. Hehehe.๐Ÿ™ˆ

    BalasHapus


EmoticonEmoticon