Jadi penonton film I am mother

Sumber gambar IMDb.com

AssalamualaikumšŸ˜

Ah... Senang rasanya bisa menyapa sobat semua setiap hari. Akhir-akhir ini saya sedang sibuk dengan kehidupan pribadi saya, tapi rasanya saya nggak bisa berhenti nonton film dan membagikannya pada sobat semua. Karena itulah cara saya bahagiašŸ˜

Hari ini saya mau mereview sebuah g

Film berjudul Iam mother.

Film ini rilis di Indonesia pada 1 februari 2019 lalu. Dan disutradarai oleh Grant sputore.

Sst.. Ini spoiler lhošŸ˜¬

Apa jadinya jika ibumu adalah seorang robot?

Begitulah cerita dari film ini. Menceritakan tentang kehidupan seorang gadis yang dalam film disebut putri karena dia cewek. Sejak kecil, sejak lahir malahan gadis ini dirawat oleh sebuah robot bernama Mother alias emak kalau saya nyebutnyašŸ˜. Di dalam sebuah ruang bawah tanah atau bunker dengan teknologi yang canggih banget.

Film dibuka dengan beberapa tulisan yang menjelaskan bahwa tidak ada satu pun manusia di sana, atau saya menangkapnya sebagai manusia di muka bumi ini udah punah karena sebuah perang besar. Lalu sebuah robot terlihat melakukan penelitian dengan embrio manusia. Setelah menunggu entah berapa lama, intinya bayi ini siap lahir dan si robot merawatnya sampai ia tumbuh besar. Bayi prempuan itu ia panggil Daughter atau putri dan daughter panggil si robot mother atau emak.

Ketika si daughter kecil dia pernah berkata kalau dia tidak mau menjadi manusia karena mereka menghancurkan segalanya. Namun seiring berjalannya waktu Daughter merasa kesepian. Hanya ada dia satu-satunya manusia di dalam bunker itu. Setiap hari ia melewati hari dengan belajar berbagai macam hal tentang kehidupan bahkan dunia kedokteran. Rasa penasaranya akan dunia manusia makin besar. Tapi mother menjelaskan kalau di luar sana masih berbahaya. Ada virus dan mungkin ancaman lainnya yang bisa membahayakan Daughter. Bunker tersebut dikunci sangat rapat untuk mencegah udara dari luar masuk ke dalam. Suatu malam daughter sedang melihat video kehidupan manusia di masa lalu ketika seluruh lampu di dalam bunker tiba-tiba mati. Daughter mencoba mencari dimana kah gerangan masalahnya. Ternyata ada makhluk  kecil yang merusak kabel di bagian airlock. Penasaran dengan mkhluk tersebut daughter menangkapnya dan itu adalah.. Tikus gaezšŸ˜‚

Sayangnya tikus itu kemudian menjadi tikus bakar yang dibuang oleh mother karena ia khawatir akan membawa virus dari luar.

Daughter sedih, tapi mau bagaimana lagi. Dia kan cuma punya mother, mau percaya sama siapa lagi.

Sampai suatu ketika Daughter ini mendengar suara ketukan dari pintu bunker. Diam-diam dia mendekati pintu ketika mother sedang tidur alias ngecharge tubuhnya.

"Halo?"

Daughter berteriak kecil.

Tak lama kemudian ada yang bicara dari luar. Meminta supaya pintu dibuka karena ia tertembak. Daughter yang baik menyelamatkan wanita itu dan membiarkannya msuk. Tentu saja tanpa sempengetahuan Mother. Tapi ternyata si wanita ini berniat membunuh mother saat melihatnya. Ia berkata kalau mother itu jahat, droid begitu wanita itu menyebut mother. Tapi daughter menyangkalnya. Lha wong dia dibesarkan oleh mother. Dan mother ternyata nggak marah. Ia menerima kehadiran si wanita dan bersedia menolongnya meski dia udah ditembak sama si wanita dan hampir aja rusak. Si wanita yang terluka parah ini kemudian di bawa ke klinik. Karena rasa nggak percayanya dia menolak diberi obat.

Sampai keadaanya hampir kritis wanita ini nggak mau disentuh mother. Lalu daughter yang turun tangan melakukan operasi untuk mengambil pelurunya dengan catatan si wanita ini tetep nggak mau dibius. Pas adegan ini ngeri-ngeri merem sih. Karena diperlihatkan gimana caranya daughter mengambil pelurunya tanpa obat bius.

Sejak kedatangan wanita itu Daughter menjadi ragu siapa sebenarnya mother? apakah dia baik atau jahat? Apa memang benar kehidupan di bumi sudah punah dan berbagai macam pertanyaan lain yang timbul. 

Keraguan itu menjadi ketakutan ketika daughter menemukan fakta bahwa bukan hanya dia satu-satunya manusia yang pernah dirawat mother, ada manusia-manusia lain yang karena tidak sempurna menurut mother mereka kemudian dibunuh dengan cara dibakar. Daughter menemukan tulang mereka di dalam tempat pembakaran.

Si wanita kemudian mengajak Daughter pergi dari tempat itu. Ia mengatakan bahwa di atas sana ada lebih banyak manusia yang selamat. Faughter yang memang ingin pergi mengajukan syarat untuk menunggu adiknya dulu. Embrio yang sebentar lagi akan lahir menjadi bayi. Embrio yang dipilih sendiri oleh daughter. 

Sayangnya karena suatu hal Mereka kabur lebih awal. Untuk pertama kalinya daughter melihat dunia atas. Tempat yang tandus dan berbahaya. Dan ketika mereka sampai di tambang yang dikatakan si wanita ternyata tak ada siapapun di sana selain seekor anjing. wanita itu berbohong pada daughter tentang manusia lain yang selamat. Daughter kemudian kembali ke bunker. di depan pintu ia dihadang oleh banyak droid yang menghalanginya masuk. daughter berkata bahwa ia ingin menemui mother lalu mereka menyingkir dan pintu terbuka. Untuk berjaga-jaga daughter mengambil kapak dan mencari mother. Ia melihat adiknya sudah lahir dan sedang menagis. Mother tahu bahwa daughter ada di dalam bunker. Saya udah deg-deg ser takut kalau mother mau menyakiti daughter tapi nyatanya mother tetap besikap lembut. Justru daughter yang menyakiti mother dan membuat kakinya terjepit di pintu. 

Sejujurnya saya agak nggak paham sama ending film ini. Karena kemudian Mother menembakkan pistol yang dibawa daughter ke tubuhnya sendiri dan  hanya tersisa daughter dan adiknya serta embrio-embiro lain di dalam bunker itu.

Yang saya tahu mother adalah kecerdasan buatan, otak dari semua robot di planet bumi adalah mother, adalah satu pikiran. Jadi walaupun mother di dalam bunker mati, masih ada mother lain di luar sana.

Adegan kemudian berpindah ke si wanita yang tengah menggambar wajah daughter lalu tiba-tiba dia menyadari bahwa di dalam tasnya ada alat semacam gps atau alat pelacak gitu low sob dan sebuah droid sudah berdiri di depan pintu. Ia berkata.

"Kau ingat ibumu? Kau bertahan begitu lama sedangkan orang lain tidak. seolah seseorang punya tujuan untukmu. Sampai saaat ini"

Dan pintu kemudian ditutup. 

Tamat.

Saya kemudian mencari tahu penjelasan dari ending film ini yang nggak yang bisa ditangkap oleh otak sayašŸ˜‚. Dimulai dari pertanyaan,

Mother itu baik atau jahat?

Bagi saya sih dua-duanya, tapi tujuan utama mother adalah demi kebaikan. Kenyataan bahwa mother  membunuh manusia yang tumbuh dengan pemikiran nggak sempurna memang jahat tapi dia menjelaskan bahwa ia sudah tidak tahan dan sedih melihat manusia yang makin lama makin nggak ada akhlak. Oleh sebab itu mother lah yang membuat seluruh manusia di muka bumi punah dan ia akan menciptakan generasi baru dengm pikiran yang baik, yang terpelajar dan pantas untuk bertahan di bumi. Itu sebabnya Daughter selalu melakukan tes demi tes dan banyak pelajaran supaya ia bisa menjadi ibu dan orang tua yang baik di masa depan nanti. Supaya ia layak menjadi manusia.

Trus kalau semua manusia sudah musnah, siapa wanita itu? kok dia selamat sendiri? Kata-kata terkahir yang diucapkan droid sama wanita itu adalah "seolah seseorang punya tujuan untukmu sampai saat ini"jadi sebenerya wanita ini juga dulunya dirawat oleh mother tapi dia dianggap sebagai produk gagal. Buktinya dia bohong sama daughter soal kehidupan di luar dan bahkan menyakiti mother demi keamanannya. Itu bukan sifat manusia yang bail. Tapi mother sengaja membiarkannya masuk ke bunker untuk menguji kelayakan daughter. Yang mana daughter memang berhati baik, dia kembali untuk mnyelamatkan adiknya. Oleh sebab itu mother menembak dirinya agar daughter bisa leluasa mengurus adiknya dan embiro-embiro lain di bunker itu sesuai keinginanya dan ia percaya Daughter sudah layak menjadi manusia yang sesungguhnya.

Saya ksih nilai 8/10 untuk film ini. Karena nggak ngebosenin dan makna yang tersirat di dalamnya keren cuy. Btw saya nonton ini sambil goreng kopišŸ˜‚ gantian sama emak. Jadi 10 menit nonton, 10 menit goreng kopi. Tapi tetep menikmati sih.


See you




3 komentar

  1. Film yang bikin mikir juga nih endingnya.

    BalasHapus
  2. Jadi pengin nonton filmnya setelah baca sinopsisnya. Jadi ibunya itu cuma kecerdasan buatan tapi luar biasa cerdas bahkan sampai bisa ngasuh anak ya.

    Jadi ingat dengan film Terminator, kecerdasan buatan yang namanya SkyNet ingin memusnahkan umat manusia juga.

    BalasHapus
  3. Astagaaaa Tria, udahlah filmnya bikin mikir endingnya, disambi goreng kopi pulak, hahahaha.
    Jadinya makin nggak jelas endingnya ya.

    Saya kemaren liat film ini, tapi belom sempat saya tonton, baca ini saya pengen nonton, biar kata endingnya gaje, semoga saya nggak nangis kayak liat endingnya Me on Me hahahaha

    BalasHapus


EmoticonEmoticon