Jadi penonton film Don't breathe

 

Sumber gambar IMDb.com

Assalamualaikum😁

Judulnya dont breathe tapi kalian yang baca harus breathe ya😂

Hari ini saya mau mereview sebuah film berjudul "ojo ambekan" alias jangan bernafas alias dont breathe.

Film ini bercerita tentang 3 orang remaja bernama Rocky (cewek), money dan Alex yang melakukan sebuah pencurian di rumah seorang mantan tentara yang buta. Dikira gampang ternyata justru mengerikan.

Don't breathe rilis pada 25 agustus 2016 di Italia dan disutradarai oleh Fede alvarez.

sst...ini spoiler lho😬

Film dibuka dengan adegan Rocky yang diseret tidak berdaya oleh seseorang di tengah jalannan yang sepi dan suram.

Lalu berpindah ke adegan ketika ketiga tokoh utama Rocky, Alex dan money yang  melakukan pencurian di sebuah rumah mewah. Menunjukan secara langsung kalau mereka adalah seorang pencuri. 

Rupanya bapaknya Alex ini adalah seorang penjaga rumah, jadi Alex mencuri data pin rumah targetnya dari si bapak secara diam-diam.

Bener-bener anak gak ada akhlak kan.

Mereka membuat semacam aturan bahwa yang dicuri hanya barang dan uang maksimal 10 dollar. Tapi barang curian walaupun mahal harganya tetep bakalan murah karena itu Curian. 

Dan saya kasih tahu, walaupun dibatasi namanya mencuri ya tetep mencuri nak, kalian itu berdosa banget...

Ckckck...

Si penadah barang curian kemudian menyarankan Money untuk mencuri di sebuah rumah mewah yang ada di daerah Buena vesta. Sebuah rumah terpencil dan telihat menyeramkan. Pemilik rumah itu kokon katanya adalah seorang mantan tentara yang anaknya mati karena tabrak lari dan memiliki uang damai sebanyak 300 ribu dollar. 

Dengan uang sebanyak itu mereka berharap bisa pindah ke California.

Rupanya Rocky  memiliki kehidupan yang nggak begitu bagus. Ibunya suka mabuk-mabukan dan membawa pria asing ke rumah. Rocky yang nggak tega melihat adiknya tinggal di rumah itu dengan lingkungan yang nggak bagus, ingin pergi ke California. Semacam memberikan tempat tinggal dan masa depan yang lebih baik. Dan untuk bisa pergi ke sana ia harus mendapatkan banyak uang.

Alex yang awalnya tidak setuju mencuri uang sebanyak itu akhirnya luluh karena kasihan sama Rocky dan juga sebenernya dia diam-diam suka gitu. Mereka pun pergi ke Buena vesta. Tempatnya sepi, bahkan rumah-rumah di sana udah banyak yang kosong. Dimana hal itu justru dianggap aman sama mereka. Waktu mereka lagi merencanakan pencurian di dalam mobil tiba-tiba ada anjing galak muncul di jendela sambil menggongong.

Astagah.. Kaget euy😂 mana saya pakai headset. Ternyata pemilik rumah yang akan mereka curi itu buta sob. Dan itu sama sekali nggak membuat mereka kasihan, cuma Alex sih yang jadi ragu. Dari awal dia emang nggak setuju sama rencana itu.

Malamnya, eh paginya sekitar jam 2 mereka putuskan untuk masuk ke dalam rumah itu. Tapi ternyata pencurian yang dikira bakalan gampil karena si pemilik rumah buta malah jadi bencana untuk mereka bertiga.

Itu sebabnya don't judge a book by the cover.

Bener gitu nggak nulisnya, soalnya nggak googling dulu😂

Yah... Awalnya sih berjalan lancar aja. Mereka bisa masuk ke dalam rumah itu setelah membuat si anjing galak tertidur lalu mencari-cari dimanakah gerangan uang itu berada, mereka juga menyemprotkan obat bius ke kamar si korban.

Money ternyata membawa sebuah pistol dimana hal itu membuat Alex marah karena mereka bisa saja ditangkap polisi kalau ketahuan nanti dan hukumannya akan lebih berat. Alex kemudian mundur alon-alon alias pergi. Sementara Money dan Rocky lagi beraksi tiba-tiba mereka terdiam. Pak tua pemilik rumah itu sedang berdiri di dekat pintu. Yang punya rumah nongol sambil bertanya "Siapa itu?"

Mereka berdua panik tapi cuma diem. Akhirnya Money ini bicara supaya si pria buta mundur tapi malah si pria buta itu mendekat sambil meraba-raba di udara. Dan pas udah deket Money yang panik mau menembakan pistolnya eh malah dia dicekek sama si pria buta. 

Namanya juga mantan tentara, biar tua tetep perkasa. Sekali pegang, si Money nggak bisa kabur malah minta ampun. dan dia pun jadi orang pertama yang mati di sana. Rocky yang ketakutan diam-diam bersembunyi di ruang ganti sambil menahan tangis. sementara itu Alex yang mendengar suara tembakan langsung kembali ke dalam rumah, untung dia langsung mepet tepat pas si pria buta lewat. Pintu depan pun dikunci lagi sama si pria itu dan dimulailah adegan don't breathe di film ini yang maknanya, gerak sedikit, bersuara sedikit aja maka tamatlah riwayat kalian....

Walaupun buta nyatanya si pria buta lebih berbahaya dari mereka. Setelah mengendap-ngendap mereka bisa masuk ke dalam ruang bawah tanah, berharap menemukan pintu yang mereka lihat terkunci dari dalam saat mereka hendak masuk tadi. Dan ternyata di ruang bawah tanah itu mereka justru menemukan sebuah rahasia. 

Ada seorang wanita yang disekap di sana. Si wanita ini meminta tolong, Alex awalnya ngggak mau menolong karena mereka juga dalam bahaya tapi Rocky sebagai sesama wanita merasa kasihan. Si wanita menyerahkan sebuah potongan koran. Di situ tertulis bahwa Cindy, tersangka tabrak lari dari putri si pria buta dinyatakan tidak bersalah. Dan wanita yang ada di hadapan mereka adalah Cindy. Dia disekap di rumah tersebut entah karena apa. Mungkin si pria buta dendam padanya. Rocky dan Alex kemudian melepaskan Cindy setelah Cindy menunjukan dimana kunci rumah berada. Dan mereka bertiga berusaha mencari pintu keluar. Tapi di atas sana si pria buta menemukan sepatu Rocky dan Alex yang dilepas sebelum masuk. 

Pas si Alex membuka pintu keluar tiba-tiba 

Dor... 

Ketahuan😂

Si pria buta menembak, untungnya cuma nyerempet kupingnya Alex tapi pas mereka noleh ke belakang Cindy ambruk dan dia mati. Si pria buta turun ke bawah, sementara Alex dan Rocky buru-buru sembunyi. 

Anehnya si pria buta ini menangis kayak nggak rela pas tahu kalau Cindy alias tawannannya mati.

Why? Bukannya dia dendam?

Dia pun ngamuk. Mengunci lagi pintu keluar bahkan digembok lebih kuat lalu memulai perburuan terhadap Rocky dan Alex. Mereka gerak dikit aja, kedengeran, dan peluru melayang ditambah lampu kemudian dimatikan. 

Makin menengangkan bukan. 

Hampir hampir aja Alex mati dicekek. Untungnya dia ini pinter dan belum waktunya is dead. Mereka akhirnya bisa kabur keluar dan menutup pintu lalu mengganjalnya. eh tiba-tiba si anjing yang tadi bobok angkler terbius, udah bangun dan berdiri dengan tampang seram. Alex sebagai cowok tulent menyuruh Rocky pergi ke pintu dan membukanya tapi Si Rocky ini gagal terus. Pintu yang mereka ganjal tadi didobrak si pria buta dari dalam dan si anjing langsung ngejar. Mereka pun lari ke lantai atas, menutup pintunya. Sayangnya kuncinya masih tergantung di pintu, ketinggalan. Alex kemudian menyuruh Rocky kabur lewat terowongan kecil gitu. Sumpah saya nggak tahu itu namanya apa.

Sementara Alex menutup pintu dengan lemari tapi tetep aja dibobol dan dia dihajar habis-habisan sampai jatuh keluar jendela dan tersangkut di atas atap kaca. Untung atap kacanya nggak langsung pecah. Seandainya Alex nggak pingsan mungkin dia bisa segera kabur, kan dia udah ada di luar rumah. Pas Alex tersadar, dia berniat kabur tapi keburu ditembak duluan, kacanya pecah dan ia jatuh lagi ke dalam rumah, udah hampir sekarat dia dihajar lagi sama si pria buta. Mereka pun bergelud sampai titik darah penghambisan. 

Saya kira Alex udah mati karena si pria buta pergi setelah menancapkan gunting rumput ke tubuh Alex, ternyata itu bukan tubuh Alex gaez tapi mayatnya Money tadi. Sementara itu Rocky yang udah hampir selamat setelah dikejar anjing di terowongan dan tinggal 1 langkah lagi keluar malah ditarik dari bawah sama si pria buta, digampar dan dicekik sampai pingsan.

Ketika terbangun dia ada di ruangan bawah tanah dengan posisi di ikat kayak Cindy tadi. Di situlah semuanya terungkap. Si pria buta bercerita, curhat colongan bahwa Cindy telah membunuh putrinya. Ia tidak marah, hanya saja rasanya akan adil kalau Cindy bisa memberikannya putri baru.

What...😱 Jadi si Cindy tadi dalam keadaan hamil sob makanya si pria buta ini marah dan nggak rela pas Cindy mati. Dia berjanji akan melepaskan Cindy kalau anaknya sudah lahir tapi Cindy malah mati karena mereka dan sebagai gantinya Rocky harus menggantikan Cindy, memberikan putri pada si pria buta. Di detik-detik terakhir sebelum kejadian bejat terjadi Alex datang dan memukul si pria buta lalu mengikatnya pakai borgol.

Si pria buta kemudian kayak pasrah gitu dan menyuruh mereka pergi. Alex dan Rocky nggak menyia-nyikan kesempatan dan segera kabur ke atas. Tapi pas pintu udah terbuka

Dor ...

Lagi ....

Dan Alex pun telah habis waktunya. Saya sedih dan sebel padahal Alex ini dari awal udah nggak setuju melakukan aksi pencurian itu tapi kenapa dia yang mati? 

Rocky yang kaget langsung lari nubrit nurit. Dikejar anjing pula. Dia sampai di dalam mobilnya tapi tas berisi uang itu ada di luar mobil plus kunci mobilnya nggak ada, sial bukan. Setelah berhasil menjebak si anjing masuk ke dalam bagasi walaupun hampir tergigit Rocky bisa bernafas lega dan mengambil tasnya keluar. Eh dia dibius lagi sama si pria buta dan diseret kembali ke rumahnya dengan santai karena seperti kita tahu perumahan itu nggak ada penghuninya lagi selain si pria buta itu. Itulah adegan yang diperlihatkam di awal tadi.

Di detik-detik terakhirnya Rocky berdoa supaya dia selamat lalu dia melihat seekor kepik di tangannya, kepik yang bagi Rocky adalah pertanda harapan. Rocky melihat remot panik di rumah itu dan kemudian menekan tombolnya dan secara otomatis rumah itu menelepon 911. Si pria buta marah dan menghajar Rocky, mereka pun bergelud sob. Berakhir dengan Rocky sebagai pemenang dan si pria buta entah mati atau cuma pingsan yang jelas dia udah nggak sadar. Pas ketika polisi tiba Rocky pun kabur sambil membawa uang itu. 

Adegan kemudian berpindah ke bandara di mana ada Rokcy dan adiknya yang akan berangkat ke California. Lalu tv menyiarkan berita tentang si pria buta yang ditemukan selamat di rumahnya dari perampokan. Hanya saja dia tidak mengatakan bahwa uangnya dicuri, dia juga tidak mengatakan bahwa ada satu lagi pencuri yang kabur lalu film pun tamat.

Sejujurnya ada sedikit rasa kasihan sama si pria buta itu, hidupnya pasti sepi banget setelah kematian anaknya. Ya, Meskipun caranya balas dendam jahat tapi kok yo saya kasihan, apalagi pas dia curhat sambil mewek.

Tapi yasudahlah...

Sob, kalian masih napas kan.. Masih bret kan?😂

Untung nggak kayak bird box yang kita nggak bisa lihat makhluknya dan A quiet place yang bener-bener sepi di film dont breathe ini kita masih diizinkan bernafas bahkan kentut dan bersendawa😂

Menurut saya pribadi. Film ini meneggangkan tapi karena keseringan nonton film beginian meneggangkannya biasa aja. Mungkin kalau kalian baru jadi penyuka film thriller film ini pasti very good dan for me ini good.

Saya kasih nilai 7/10 untuk film ini.

Sekali lagi saya mengaku sedih atas kematian Alex. Padahal dia awalnya udah mau kabur tapi balik lagi. Mungkin juga setelah itu Rocky bakalan tobat, soalnya dia bilang bahwa itu akan jadi aksi terakhirnya. Saya sih yakinnya setelah itu dia bakal main film laen😂


See you


6 komentar

  1. Deg-degan banget padahal hanya membaca spoilernya aja wkwk tapi kebayang pas adegan kejar-kejaran itu dimana para perampok harus benar-benar menahan nafas dan nggak boleh berisik, pasti tegang banget!
    Pria tua ini juga hebat banget ya, padahal buta tapi indera lainnya berfungsi dengan sangat hebat sampai bisa bunuh orang gitu lho.
    Btw, terima kasih atas review-review Kak Tria! Aku jadi bisa "menonton" banyak film lewat tulisan-tulisan kakak :D

    BalasHapus
  2. Pria tuanya bisa segampang itu dan sekuat itu mungkin karena dia mantan tentara. Sebab kalau jadi tentara, indra yang dipertajam nggak cuma mata tapi hidung dan telinga juga. Mungkin karena itu judulnya don't breath sebab napas pun bisa kelacak apalagi kalau napas tersengal-sengal habis lari hahahahaha 🤣

    Eniho, saya ikut deg-degan bacanya mba. Kasihan sebetulnya tapi cara pria tua itupun salah dengan mendekap Cindy padahal bisa jadi Cindy betulan nggak bersalah. Terus saya kira Alex akan happy ending pergi ke California sama Rocky, eeee ternyata isdet pula ☹️

    BalasHapus
  3. ah seru sih aku pasti juga kaget pas tau ada rahasia dari si buta itu mbak
    jadi inget di italia atau mana gitu ada yng suka nyekap orang di bawah tanah rumahnya
    bisa dendam bisa juga karena hasrat seksual

    ah sayang banget si alex mati
    dan kadang curhat dari orang yg udah ngelakuin hal jahat itu bikin nyesek ya mbak

    BalasHapus
  4. Wah, kalo menurutku geng Rocky yang jahat. Ayo coba, orang udah tua, mana matanya buta lagi tapi mereka tetap mau merampok. Kalo soal alasan agar adiknya bisa hidup lebih baik tapikan caranya bukan dengan mencuri.

    Bisa juga caranya dengan Rocky ikut kasting jadi bintang film, kan dia cantik. Terus kalo sudah jadi bintang film main di Don't Breathe, kan dapat duit.😁

    BalasHapus
  5. Duuuh ikut tegang mba baca doang. Aku dan suami sbnrnya suka banget film begini, tp LBH suka nontonnya di bioskop dengan suara yg LBH mantep :D. Tp apa daya bioskop tutup semua hahahaha. Krn ini film yg penuh kaget2an, rasanya aku nonton kalo ntr pengen yg naikin adrenalin :p. Tapi aku rada ga trima juga kenapa si Alex malah mati. Duuuh hrsnya yg jahat ajaaa -_- . Gini nih suka baper kalo nonton yg ga sesuai harapan :D

    BalasHapus
  6. Aku udah nonton film ini mbak, jujur aja aku ga bisa selow nontonnya, tegang bgt bawaannya. Si kakek buta emang udah menguasai bgt setiap sudut rumahnya, tp sayang ya tetep kebobol brangkasnya.

    Kasian sih waktu perempuan yg hamil anaknya itu meninggal, dia cara bls dendamnya emang salah, bikin greget juga.

    Buat aku film ini ratingnya 10/10, sukses bikin aku tegang dari awal sampai akhir.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon