Jadi penonton film Look away

 

Look away
Sumber gambar IMDb.com

Assalamualaikum😁

Gimana kabarnya sobat semua?

Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan bahagia lahir batin. Jangan lupa berkunjung ke sini untuk membahagiakan saya juga. Emangnya siapa saya minta dibahagiakan😂

Beberapa waktu lalu, entah kapan yang pasti bukan seabad yang lalu. Saya baru aja menonton sebuah film berjudul Look away.

Rilis pada 10 januari 2019 di Rusia dan disutradarai oleh Assaf bernstein.

Sst... Ini spoiler lho😬

Film ini bercerita tentang seorang gadis bernama Maria yang punya sifat pemalu, nggak punya teman dan selalu dibully. Tanpa Maria ketahui ia punya saudara kambar yang suatu hari muncul di dalam cerminnya.

Hem... Jadi seperti sifat cermin yang terbalik. Gadis di dalam cermin itu bernama Airam.

By the way saya suka sama film yang tokoh utamanya pemalu gini, apa karena saya juga pemalu ya🤔

Maria lahir di keluarga yang cukup kaya. Bapaknya seorang ahli operasi kecantikan wajah dan lain-lain pokoknya untuk kecantikan. Diceritakan Maria ini nggak punya teman selain seorang gadis bernama Lily yang sebenernya juga nggak bisa disebut teman karena Lily sering nggak peduli sama Maria. Mereka hanya terbiasa bersama sejak masih kecil. Di sekolah maria sering dibuly sama teman-teman cowoknya juga. Orangtua Maria juga menyadari bahwa Maria ini beda sama remaja lainnya. Dia terlalu diam, kurang jauh mainnya. Karena itu beberapa kali mereka menyuruh Maria ikut kegiatan sekolah termasuk ikut pesta musim dingin tapi Maria menolak dengan keras. Dan karena bapaknya kerja sebagai dokter kecantikan Maria selalu dituntut untuk tampil sempurna.

Intinya kehidupan Maria nggak membuatnya bahagia.

Saya suka sama pembukaan film ini karena terkesan menarik dan pemainnya, yang jadi Maria ini imut banget kayak boneka barbie. 

Suatu hari setelah mandi Maria ini kaget karena bayangannya yang berada di cermin tiba-tiba bergerak nggak sama dengan tubuhnya. Awalnya Maria ketakutan dan kabur tapi dia penasaran dan mencoba bicara dengan bayangannya. Bayangan tersebut bernama Airam. Airam bilang dia tahu semua yang terjadi pada Maria selama ini. Dia adalah apa yang Maria lihat. Dia ada dimana-mana dan dia juga tahu apa yang maria inginkan, penderitaannya dan semua keresahan Maria. 

Maria yang memang nggak pernah punya teman untuk curhat merasa senang dengan kehadiran Airam. Apalagi tanpa perlu bercerita Airam sudah tahu apa yang menimpanya.

Dan Airam menawarkan sebuah bantuan, bahwa ia bisa mengubah hidup Maria menjadi lebih baik. Tapi Maria ragu.

Sampai suatu Hari Maria memutuskan untuk datang ke pesta musim dingin. Dimana semua yang datang ke pesta itu harus bisa bermain ice skating. Karena Maria nggak bisa, ia meminta Lily untuk mengajarinya. Lily ini pinter banget main Ice skating, tapi pas mereka latihan dan Maria jatuh Lily nggak peduli dan malah bilang supaya Maria jauh-jauh dari pacarnya. Hari itu Maria sedih banget tapi dia nggak bisa apa-apa. Dia sadar kalau Lily bukan temannya, mereka nggak pernah berbagi kesedihan bersama. 

Hari yang dinantikan pun tiba. Maria datang ke pesta tersebut seorang diri. Menatap orang-orang di dalam ruangan dan memberanikan diri untuk masuk meski ia belum mahir bermain ice skating. Tiba-tiba pacarnya lily datang dan membantunya berjalan. Mereka berdansa sebentar. Maria yang sebenarnya memang menyukai cowok itu merasa sangat senang dan bersandar di bahunya. Sementara Lily melihat dengan kesal. Maria yang kaget terjatuh. Dan lily datang menarik pacarnya. Tiba-tiba cowok yang biasanya ngebully Maria mengulurkan tangannya dengan wajah tulus, saya pikir mungkin ini cowok diam-diam suka sama Maria. Tapi pas Maria meraihnya. Bukannya dibantu berdiri dia malah diseret di ruangan itu. Sedih banget pas adegan ini. Betapa malunya Maria, dia sampai nangis nangis dan memohon supaya dilepaskan tapi nggak seorangpun mau menolongnya, semua malah tertawa. Maria yang nggak berdaya cuma bisa menangis sambil berusaha berdiri sendirian.

Karena kejadian itulah Maria mengijinkan Airam untuk membantunya. Dari situlah semua hal buruk bermula. Ya memang seperti cermin. Airam punya sifat sebaliknya. Dia kejam dan nggak takut melakukan apapun. 

Pada dasarnya kita sebagai manusia memang selalu punya sisi buruk. Kita kadang berusaha bersikap baik dan ramah tapi sebenarnya menahan amarah. Jangan sampai sifat yang buruk itu melukai orang lain ya sob😁

Airam mulai bertindak semaunya bahkan hal-hal yang tidak disukai oleh Maria dengan alasan demi kebaikan mereka. Ia nggak peduli lagi sama masa depan Maria karena justru Airam memanfaatkan Maria untuk membalaskan rasa sakit hatinya. 

Dia rela menghabiskan waktunya untuk bermain ice skating sampai mahir lalu berpura-pura belum bisa untuk meminta batuan Lily. Yang mana tujuan sebenarnya adalah untuk balas dendam. Lily yang kaget karena Maria mendadak pinter main ice skating jadi takut karena tatapan mata Maria yang berubah kayak pembunuh. Ia kemudian lari dan Maria mengejar. Singkat ceritanya Lily terpeleset dan kepalanya terbentur. Bukannya menolong Maria malah tersenyum dan setelah yakin Lily meninggal dia menepon ambulance dengan nada panik.

Setelah kematian Lily Maria yang sebenernya adalah Airam juga merebut perhatian pacarnya Lily. Mereka menghabiskan waktu bersama sampai si cowok itu sadar kalau ada yang nggak beres sama Maria. Tapi semua juga berakhir dengan si cowok yang mati di tangan Maria.

Sejauh ini semua jadi berantakan banget. Baik Maria maupun Airam menangis. Mengkin menyesal atas apa yang sudah dilakukan. Tapi mau gimana lagi nasi sudah menjadi bubur ayam😬

Di akhir film mereka nekad membunuh sang ayah yang ketahuan berselingkuh dan mereka pulang ke rumah. Menemui sang ibu yang tidur di kamarnya. Menangis di pelukan sang ibu.

Sebenernya saya suka sama film ini, cara Maria balas dendam awalnya keren banget, tapi entah kenapa makin ke belakang kok banyak parno actionnya🙈 dan adegan berdarah-darah sebagai wujud balas dendam dari Airam. Juga kurang sempurna karena nggak terlalu jelas apa penyebab Airam bisa berada di dalam cermin padahal dia sudah mati. Disitu hanya diceritakan kalau saat mereka lahir salah satunya cacat jadi kayaknya yang cacat itu dibunuh sama bapaknya. Tapi apalah saya yang cuma bisa komen karena saya adalah deterjen😂

Saya kasih nilai 7/10 untuk film ini. Dan saya peringatkan ini film untuk 18 ke atas ya.


See you...


12 komentar

  1. ini bisa nontonnya di netflix atau dimana ini kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa download di web-web di internet mas, kalau saya biasanya di filmapik😁

      Hapus
  2. Aku kira ini film Jepang karena ada tulisan kanjinya. Hehehe.. Ternyata film Rusia ya.
    Sereeem yaa, karakter di balik cermin yg jahat. Huhu. Klo film anak2 ada juga yg tntng karakter di balik cermin yg jahat gini, judulnya Coraline. Prrnah nonton ga mba? Itu bagus juga.
    Btw, orang Rusia memang cantik2 bgd yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tahu juga kenapa itu ada huruf jepangnya😂 dapetnya itu sih.
      Kayaknya saya pernah nonton coraline itu mbk di tv tapi udah lama banget, sayangnya waktu itu nontonnya nggak dari awal. Jadi sedih banget😟

      Hapus
  3. Wah mba Astria filmnya dari mana-mana, yah 😍 saya belum pernah menonton film Russia hehehe. Mba menontonnya di website yang mba share kemarin juga? 😆 eniho, terima kasih spoilernya mba, jadi nggak perlu menonton film aslinya karena terlalu seram hahahahahaha 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he.. Asal bagus dan bikin kepo maka saya tonton mbak😁 iya saya nontonnya dari filmapik itu.
      Kebetulan saya memang lagi mood buat ngespoiler😬

      Hapus
  4. Kisah cermin terkutuknya ngingetin sama beberapa film, sama-sama bermula dari cermin.

    Mungkin film ini cara pengambilan adegannya jadi pembeda dengan film serupa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, emang banyak film horor dan thriller yang ngambil cermin sebagai media mistis, tergantung ceritanya, kalau beda-beda pastinya tetep menarik😁

      Hapus
  5. Berarti Airam itu saudara kembar Astria ya? Tapi kenapa dia bisa muncul didalam cermin ya, apa mungkin kesasar kesana ya?

    Kasihan juga ya Astria, sudah pemalu mana dikerjain temannya lagi. Pantesan dia minta Airam buat balas dendam biarpun balas dendamnya kebablasan ya.

    Duh, sebenarnya pengin baca setelah baca sinopsisnya, tapi setelah lihat ada peringatan khusus 18+ jadi mundur deh, maklum masih kecil.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk.. Astria yang mana sih mas?😂 serius nanya. Sepertinya mas agus salah baca dari awal.
      Kebetulan kalau mas agus masih kecil nonton doraemon aja dulu ya😁

      Hapus
  6. Film yang cukup berdarah-darah dan pembalasan dendam yang brutal. Jadi penasaran pengen nonton filmnya.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon