Jadi penonton film 3096 days

 

Sumber gambar dari wikipedia
Assalamualaikum

Apa kabar sob... Hari ini saya putuskan comeback setelah agak lama ngilang. Karena..eh karena🤔 akan saya ceritakan di lain kesempatan😁

Langsung aja ya film ini bercerita tentang seorang anak prempuan bernama Natascha kampusch yang diculik ketika ia berumur 8 tahun dan berhasil kabur setelah 3096 hari berapa tahun tuh?

Iyups hampir 10 tahun ya...

Dan yang bikin saya terkejut, ternyata film ini diangkat dari kisah nyata lho sob... 

Ngeri nggak tuh😱

Diculik hampir 10 tahun buat apa coba?

Bener-bener bikin saya parno mau keluar.

Jadi di film di ceritakan Natascha yang saat itu berumur 8 tahun berangkat ke sekolah sendirian karena marah dengan mamanya. Ketika  ia sedang berada di tempat yang sepi tiba-tiba tubuhnya ditarik ke dalam sebuah minivan putih. Dan ia terbangun di dalam ruang bawah tanah yang selalu dikunci. Ada toilet dan wastafel di dalam ruangan tersebut 

Berita menghilangnya Natascha kampusch ini membuat seluruh negeri heboh dan pencarian dilakukan namun tidak ada hasilnya. Selama bertahun-tahun Natascha hidup di ruangan bawah tanah itu. 

Bayangakan Natascha yang umurnya belum genap 10 tahun harus hidup di ruangan sempit selama bertahun-tahun tanpa tahu itu jam berapa, tanggal berapa dan sudah berapa lama dia berada di sana. Mungkin orang lain akan stress, tapi Natascha ini bersikap tenang meski kadang ya dia sedih dan marah. 

Si penculik menamai dirinya wolfgang. Ia selalu memberi Natascha makanan dan membawakan beberapa buku untuk Natascha. Awalnya saya kira si penculik ini agak baik karena dia cuma mengurung Natascha di tempat itu dan memberinya makanan juga minuman. Tapi ternyata dia kejam juga. Kalau Natascha nggak menuruti perkataannya pasti langsung dipukul dan ditendang. Penganiayaan itu Natascha tulis di lembaran tisu toilet yang kemudian di simpan di kotak. Dia juga selalu berkata supaya Natascha mematuhi perintahnya. 

Di ruangan bawah tanah itu si penculik menaruh kasur, meja dan kursi. Ia juga menaruh kompor listrik dan beberapa peralatan lain. Mungkin biar Natascha betah berada di sana kali ya... 

Tapi bagaimanapun juga Natascha tetap ingin pulang. Ia beberapa kali berkata kepada si penculik kalau ia ingin bertemu mamanya. Apalagi di usianya yang masih kecil Natascha sangat merindukan sang mama.

Suatu hari Natsscha ini ngeyel ingin dilepaskan dan dia teriak-teriak. Karena kesal si penculik kemudian nggak memberinya makan. Hal itu berlanjut terus-menerus.

Walaupun tinggal di ruang bawah tanah tapi Natascha tetap gemar membaca buku. Ia kadang bermain sendiri. Pura-pura bicara dengan orang lain. Pura-pura menjadi guru atau polisi.

Tahun demi tahun berlalu. Untuk pertama kalinya Natascha bisa keluar dari ruangan bawah tanah itu ketika dia mendapat menstruasi pertamanya dan harus membersihkan diri di kamar mandi. Si penculik di film ini diceritan perfeksionis gitu. Nggak mau sesuatu kotor atau berantakan. Jadi kalau Natascha melakukan kesalahan dia bisa langsung marah dan mukul. Ketika Natascha bertanya kenapa harus dia yang diculik. Si penculik mengatakan kalau ia melihat senyum Natascha di toko dan sejak hari itu dia berencana menculik Natascha. Membangun ruang bawah tanah dengan sangat teliti.

Kalau gitu, jangan sembarangan senyum sama orang asing sob. Entar dia GR lagi...

Yang lebih parah Natascha juga jadi pelampiasan nafsu dari si penculik ini. Kurang ajar kan....😡

Keroyok bareng-bareng yok....

Saya bener-bener kaget pas tahu kalau ini diangkat dari kisah nyata. Dan kisahnya pun hampir 100 persen sama dengan filmnya.

Natascha maria kampush menghilang pada tahun 1998 dan berhasil kabur pada tahun 2006 lalu. Ia ditemukan dalam kondisi memprihatinkan. Tubuhnya kurus kering dan tingginya hanya bertambah 15 senti sejak ia menghilang.

Kembali ke filmnya...

Setelah memiliki hubungan yang dekat dengan si penculik Natascha bisa pergi ke luar rumah bersama si penculik. Pergi ke toko bangunan. Bahkan main sky di gunung. Beberapa kali ia berniat kabur tapi selalu takut. Suatu hari ketika Natascha disuruh membersihkan minivan putih yang akan dijual, si penculik masuk ke dalam rumah untuk mengangkat telepon. Pintu gerbang saat itu tidak dikunci. dengan memanfaatkan mesin penghisap debu yang dinyalakan untuk menipu si penculik Natascha akhirnya bisa kabur dan lari keluar. Ia lalu bertemu seorang wanita tua dan meminta tolong.

Saya deg-deg an banget pas adegan kaburnya itu. Takut si penculik tahu trus ngejar, tapi untungnya Natascha berhasil. 

Ketika tahu kalau natascha kabur si penculik kemudian bunuh diri dengan menabarakan diri saat kereta lewat.

Natascha yang asli mengaku bahwa ia sempat dan menangis saat tahu kalau si penculik telah mati. Menurut para ahli psikolog Natasha mengalami stockholm syndrome, dimana ia menaruh empati kepada orang yang telah menculiknya. Mungkin karena udah bertahun-tahun hidup bersama dan meskipun sering dipukul tapi si penculik juga sering bersikap baik, seperti mengajari membaca dan menulis, membacakan cerita dan di film diceritakan membuat kejutan ulang tahun juga.

Yah... Dunia ini sangat luas. Kita nggak pernah tahu siapa orang yang jahat dan baik. Siapa yang tahu kalau tetangga depan rumah kalian ternyata nimbun masker satu truk😂

Bercanda✌

Pesan dari saya. Waspadalah....

Ha..ha.. Udah kayak bang napi😂

Seriusan. Hati-hati ya sob...

See you




18 komentar

  1. Plot ceritanya agak mirip-mirip dengan novel yang diadaptasi ke film juga berjudul ROOM, di mana seorang remaja perempuan diculik sampai dia melahirkan seorang anak di dalam sebuah ruangan kecil yang gelap. Katanya novel ini diangkat dari cerita nyata juga. Mba Astria sudah pernah nonton? Aku personally suka banget dengan film ini (:

    Nggak kebayang jadi ibunya Natasha bagaimana harus menanti anaknya yang hilang selama 10 tahun 😭 untungnya berhasil kabur meski keadaan fisik dan psikisnya tentu memprihatinkan ya 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum nonton room mbk, malah baru tahu. Saya jadi kepo. Sampai melahirkan dan punya anak... Pasti lama banget ya. Saya mau nonton juga deh.

      Iya mbak ibunya natascha tetep mencari walaupun udah bertahun-tahun dan selalu nagis tiap tahun baru karena anaknya belum ketemu😞

      Hapus
  2. Aku ngebayangin kalo aku jd dia, di umur segitu diculik, bakal kuat ato ga yaaa. 8 THN berarti sekitar kls 3 SD. Trus aku buangin juga anakku yg ngalamin mba :(. Kok ga kebayang bisa survive :(.

    Aku tau film ini, tp blm pernah nonton. Seandainya ada dibuat buku juga, aku bakal seneng tuh. Ntr mau cari deh filmnya mba. Yg miris itu dia juga jd pelampiasan napsu penculiknya :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk ngeri banget kan. Untungnya si Natascha ini kuat dan nggak menyerah untuk berharap bisa kabur. Ngebayangin hal serupa terjadi sama saya atau orang terdekat pasti sedih banget mba😟 nggak kuat...

      Hapus
  3. Wah.. diambil dari kisah nyata, miris juga berarti :(

    Boleh juga nih ditonton biar betah dirumah aja..
    Btw, boleh folback blog aku? hhehehe

    thank you
    yuniarts.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, miris banget karena ini adalah kisah nyata. Lumayan juga buat tontonan di rumah biar nggak jenuh
      Ok. Saya folback mbak😁

      Hapus
  4. Wow diambil dari kisah nyata gitu? Serem amat ya. Duh, jadi khawatir nih kalo anak pergi.😟

    Bingung juga ya kalo sudah hidup bertahun-tahun biarpun dengan penculik tapi memang memiliki hubungan. Tapi bagaimanapun penculikan adalah penjahat yang harus dihukum berat, apapun alasannya.😬😬😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuh... Apalagi penculikan dengan niat pembunuhan. Kenapa ya kok ada orang yang kepikiran melakukan hal jahat begitu. Padahal kehidupan ini akan lebih damai dan aman sentosa kalau kita saling menghargai dan nggak menyakiti.

      Hapus
  5. Eh Tria, ini kayaknya mirip dengan film Room, saya nonton filmnya jadi kepikiran melulu, menguras emosi rasanya.

    Bedanya, yang film Room itu, sampai dihamili dan punya anak.
    Dia dibangunkan rumah di tengah hutan, nggak ada jendelanya, cuman ada 1 jendela kaca di atap.

    Dia bisa lolos karena kerjasama anaknya.
    Anaknya itu pura-pura mati, pas mau dibuang ama si penculik, si anak kabur dan lari minta tolong.

    Apa kisahnya sama kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah baru tahu yang judul room ini mbak, kayaknya saya juga mau nonton. Ini membuktikan kalau kasus penculikan serupa batascha ini ada dimana-mana😱
      Ya ampun, bikin parno beneran kaluar rumah sendiri.

      Hapus
  6. sangat suka dengan review film dari mbaknya...
    ditunggu review film Indonesia jg ya mbak, hehehehe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas dodo. Eh, iya ya, saya baru 2 kali review film indonesia. Lain kali saya akan buat review film dari indonesia juga deh😁

      Hapus
  7. Saya dulu ngikutin kasus si Natascha ini mbak, nggak tahu kenapa saya suka sama sesuatu yang berbau psiko dan kriminal, hehe. Tapi saya bukan psiko mba, sumpaah. Saya orangnya baik hati dan lemah lembut. Memang menarik perhatian banget dulu kasus si Natascha ini mba, etapi saya belum pernah nonton filmnya.

    Ada satu lagi yang bikin saya penasaran, kasusnya Elisa Lam, kalau mba nonton video cctv-nya di yutup sebelum akhirnya dia ditemukan meninggal itu misterius bangeet, sayangnya sampai sekarang nggak ditemukan dia meninggalnya karena apa. Dulu juga obsess sama kasusnya Ted Bundy, serial killer di Amerika sampai akhirnya Netflix ngeluarin film dokumenternya, senaaaang hahaha. Tontonin deh mbaa. Ih kok aku excited banget sih, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Sama dong mbk, saya suka film psiko2 gini. Tapi aslinya saya juga penakut plus pemalu. Lihat ayam disembelih aja saya tutup mata dan telinga. Hanya saja nonton film genre kayak gini lebih seru😁
      Saya pernah lihat vidionya elisa lam itu mbk, kalau nggak salah dia ditemukan meninggal di dalam tank air gitu kan. Katanya kasusnya masih misteri sampai sekarang. Kalau Ted bundy, baru denger ini mbak. Nanti saya kepo-kepo deh😁

      Hapus
  8. 8 tahun usia diculik, tapi tampaknya dibisa manage diri supaya ga terlalu stress,,, malah menaruh simpati ketika si penculik menabrakkan diri di keret....

    kepribadian Nattss ini agak2 gimana gituuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kata psikolok itu namanya stocholm syndrome. Jadi ada keterikatan batin sama si penculik karena terlalu lama bersama...

      Hapus
  9. ini beneran terjadi yaa..?
    ga bisa bayangin kalau diculik selama itu. Kayaknya si penculik juga melayani kelainan jiwa. Diculik, tapi dirawat dan dijaga. Meski tidak dijaga dengan baik.

    kemudian bagaimana ekspresi si natascha ketika bisa bebas untuk pertama kalinya setelah di penjara di ruang bawah tanah. Kayaknya menarik sih ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, ini kisah nyata. Kasus yang ngeri tapi menarik juga. Rasanya si penculik emang punya kelainan gitu. Ya masak karena disenyumin aja langsung merencanakan penculikan.

      Hapus


EmoticonEmoticon