Jadi penonton film 10 Cloverfield lane

 

Sumber gambar IMDb.com
Assalamualaikum

Selamat datang kembali di blog saya yang sederhana dan penuh cinta. Hahaha...πŸ˜‚ Hari ini saya mau mereview sebuah film berjudul 10 cloverfield lane.

Sst.. Ini spoiler lho😬

Film ini dirilis pada 6 April 2016 di Indonesia dan disutradarai oleh Bapak dan trachtenberg.

Susah sekali bukan mengucapkan namanya tapi saya nggak akan membahas itu. Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Michelle yang mengalami kecelakaan lalu tiba-tiba dia terbangun di sebuah bangunan di ruangan bawah tanah dengan keadaan kaki yang sakit dan dirantai. Di dalam ruangan itu dia bertemu dengan seorang pria bernama Howard yang mengaku bahwa dia telah menyelamatkan hidupnya. tetapi Michelle gak bisa begitu aja percaya soalnya tampangnya si Howard ini kayak ada nggak beres nya gitu. Badannya gendut, brewokan dan dia udah lumayan berumur. 

Howard juga berkata bahwa bumi sudah diserang oleh para alien di mana hal itu terdengar nggak masuk akal banget. Ya kan tadi ceritanya Michelle kecelakaan dan tiba-tiba dia terbangun di ruangan bawah tanah terus ada orang asing yang bilang bahwa bumi didatangi oleh para alien Kalau saya jadi Michelle Mungkin saya juga akan percaya gitu aja. Apalagi Michelle nggak melihat makhluk tersebut secara langsung, jadi susah mau percaya. 

Film dibuka dengan adegan Michelle yang berkemas karena mau minggat dari rumahnya, ceritanya dia lagi marahan sama pacarnya. Di perjalanan radio mengabarkan bahwa beberapa listrik di daerah mana gitu mengalami masalah yang enggak seperti biasanya. Pokoknya masalah serius. Lalu tiba-tiba Kecelakaan terjadi 

Bruak.. Gradak..gradak....🚘

Dan Michelle terbangun di ruangan bawah tanah. 

Untuk membuktikan ceritanya soal bumi yang diserang Alien, Howard membawa Michelle melihat kedua peliharaannya yang mati di luar sana melalui pintu kaca. Dimana kondisi hewan tersebut cukup mengerikan dengan kulit kayak terbakar. Tapi pandangan Michelle justru tertuju pada mobil Howard yang tergores, ia yakin mobil itulah yang menyebabkan dia mengalami kecelakaan. Gimana Michelle nggak makin curiga.

Karena nggak percaya dengan Cerita Howard, Michelle beberapa kali mencoba untuk mencelakai Howard dan kabur dari tempat tersebut, tapi dia gagal. Michelle juga bertemu dengan seorang lelaki bernama Emmett di dalam tempat itu dan si Emmett juga mengatakan kalau bumi diserang oleh alien. Dia bercerita kalau si Howard ini dulunya mantan tentara yang sangat percaya dengan konspirasi alien dan semacamnya. 

Saat bertemu kondisi Emmett ini tangannya lagi sakit dan diperban kayak orang patah tulang, kata Emmett itu karena dia memaksa untuk diizinkan masuk ke tempat itu saat serangan terjadi.

Hayou... Bingung kan, mau percaya atau nggak.

Michelle yang masih teguh pada pendiriannya bahwa dia telah diculik merencanakan sesuatu untuk kabur dari sana. pada saat makan malam dia mencuri kunci yang dibawa oleh Howard dan memukul kepalanya dengan botol lalu dia kabur ke atas. Tetapi yang terjadi ketika dia sampai di atas tiba-tiba ada seorang wanita yang berteriak dari luar dan meminta tolong supaya pintu dibukakan, wajah wanita tersebut terluka parah, serem deh pokoknya. Michelle ingin menolongnya tapi Howard berteriak supaya pintu jangan dibuka dan karena nggak segera dibuka si wanita marah-marah dan dia mati. Saya sebagai penonton juga jadi berpikir mungkin emang ada Alien di luar sana, entahlah. Wujud Aliennya nggak pernah kelihatan.

Sejak kejadian itu Michelle percaya bahwa mungkin memang benar ada alien di luar sana. Howard menjelaskan bahwa udara di luar sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kulit melepuh. Semua manusia mungkin sudah mati dan hanya mereka yang tersisa. Entahlah Howard juga menceritakan beberapa hal tentang dirinya, dia punya seorang putri yang sudah meninggal. Howard menunjukan foto putrinya dengan wajah sedih saat memberikan Michelle sebuah baju, hal itu membuat Michelle bersimpati.

Mereka mulai menjalani kehidupan di tempat itu dengan senang. Menghabiskan waktu dengan bermain puzle dan game-game lainnya. Udah asyik lah pokokknya.

Suatu ketika filter udara di tempat itu mengalami masalah dan pintu ke ruangan filternya nggak bisa dibuka. Lalu karena Michelle yang memiliki badan paling kecil maka dia diberi tugas untuk memperbaiki filter itu lewat terowongan kecil.

Apa dah namanya...πŸ€”  I dont know...

Sesampainya di ruangan itu Michelle menemukan sesuatu yang aneh. Ada tulisan di atap kaca ruangan itu. Ketika Michelle menggeser tutupnya tulisannya terlihat "Help" ditulis dari dalam ruangan. Ia juga menemukan sebuah anting yang berlumuran darah kering, Michelle ingat itu anting yang dipakai anak Howard dalam foto yang ditunjukan padanya.

Ia kemudian memberi tahu hal itu pada Emmett sambil menunjukan foto gadis itu tapi ternyata Emmett bilang, itu bukan anaknya Howard😱

Lah... Terus?

Anaknya siapa? Apakah anak saya?

Itu adalah foto seorang gadis yang dulu dikabarkan menghilang tanpa kabar. Jadi saya sebagai penonton berspekulasi bahwa Howard telah menculik gadis itu. Mereka kemudian merencanakan sesuatu secara diam-diam untuk kabur dari tempat itu. Membuat baju khusus jika memang di luar sana udaranya beracun. Semuanya berjalan dengan lancar. Tapi ternyata Howard ini tahu kalau mereka merencanakan sesuatu. Ia mengeluarkan sebuah cairan di dalam tong besar, entah apa namanya yang pasti bukan kopi apalagi sirup jeruk. Apapun yang dimasukan ke dalam cairan itu akan langsung hancur lebur. Howard mengancam mereka untuk berkata jujur. Lalu Emmett berbohong bahwa ia hanya menginginkan pistol milik Howard. Dan

Dor...

Emmett pun ditembak mati. Michelle yang shock menjadi semakin takut dan yakin kalau Howard menyembunyikan sesuatu. Ia terus melanjutkan rencananya tapi pada akhirnya ketahuan juga. Dan terjadilah adegan kabur-kaburan yang cukup mendebarkan. Ya secara.. Michelle itu kecil dan Howard badannya segede itu. Tapi justru karena itu Michelle bisa bergerak dengan lincah. Ngeri banget tuh pas adegan Michelle masuk ke ruangan apa gitu dan dia lihat Emmett udah mati dimasukan ke dalam cairan tadi lalu Michelle tendang bak itu ke arah Howard. Melelehlah kulit tebalnya Howard. Listrik kloset eh korslet, dan terjadi kebakaran. Sementara itu Michelle kabur lewat terowongan kecil tadi eh.. Kok ya Si Howard ini masih nggak mau nyerah. Dia tusuk-tusuk terowongan itu dari bawah pakai pisau padahal sebagian besar kulitnya udah kebakar cairan tadi dan alhamdulilahnya Michelle bisa lolos.

Nggak perlu remedi lagi...

Eh...😬

Lega kan bisa keluar dari ruangan itu. di luar suasana sangat sepi. Michelle berlari menggunakan baju khususnya ke arah mobil Howard. Tapi dia mendengar sesuatu lalu Michelle berdiri di atas mobil, di kejauhan tampak sebuah pesawat terbang. Tapi kok bentukanya aneh. Ternyata itu memang Alien sob...😱

Ya Astogeh. Jadi si Howard nggak bohong donk. Terus kenapa dia terlihat mencurigakan banget?

Michelle yang terkejut lari ke sana kemari dan bersembunyi. Hampir-hampir aja ketahuan sampai akhirnya memang ketahuan dan dia harus berjuang melawan Alien tersebut, masuk ke dalam mobil buat bersembunyi eh malah diangkat sama Alien raksasa semobil-mobilnya. Di detik-detik terakhir Michelle melihat botol anggur di kursi mobil dan dia membakar kertas di botol itu lalu melemparkannya ke mulut si Alien dan boom..πŸ’£

Meledak..si Alien pun kalah dan Michelle sebagai tokoh utama selamat. Ia kemudian kabur menggunakan mobil si wanita yang tadi kita lihat menggedor-gedor pintu. Di perjalannan Michelle mendengarkan siaran radio. Bahwa siapa saja yang selamat diharapkan membantu melawan para Alien atau mau mengungsi terus Si Michelle pilih bantu melawan Alien dan Film tamat.

Hem..saya kasih nilai 7/10 untuk film ini. Hanya kata bagus yang bisa saya beri.  Saya merasa tertipu dan kasihan sama Howard ternyata dia emang beneran nolong, dan kata-katanya bukan sekedar bullshit tapi dia malah mati di tangan Michelle. Emang sih mukanya nyebelin. Mungkin dia juga ada maksud tertentu sama Michelle. Terus yang kurang juga nggak dijelaskan apa yang sebenarnya telah dilakukan  Howard sama wanita dalam foto itu. Atau sebenernya udah dijelaskan secara tersirat tapi saya nggak peka?πŸ˜‚

Bisa jadi.

Film ini lebih banyak membuat saya berspekulasi, apa benar ada alien di atas sana? Apa cuma akal-akalan Howard aja?

Dan sebagian besar adegannya emang berpusat di dalam ruang bawah tanah itu. Jadi mungkin fokus utamanya untuk membuat penonton penasaran dan memikirnya fakta sebenarnya. Sepertinya film ini ada lanjutannya.. Akan saya cari tahu....πŸ‘½

See you

7 komentar

  1. halo mba astri, diem-diem aku suka ikutin artikelmu hloh, hehe
    boleh ga aku kirim form interview mba, pengen q review blog mba di situsku.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, makasih atas apresiasinya mas. Boleh banget kok. Malah saya jadi seneng dunk😁

      Hapus
    2. emailnya yang mana mba, di cari2 ga ada euy....

      Hapus
    3. Oh iyaπŸ˜‚ astriatrianjani4@gmail.com mas

      Hapus
  2. Yaa mba, kok diceritakan ampe tuntas, ntar org2 gak mau lagi liat pelemnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he.. Karena nggak tahan kalau nggak spiler bangπŸ˜‚ jadi gatal jari-jari ini.

      Hapus
  3. Wah serem juga, kasihan Howard ya akhirnya mati di tangan Michelle. Jadi sebenarnya alien itu ada dan menyamar sebagai gadis cantik yaitu Astria.😱

    BalasHapus


EmoticonEmoticon