Jadi penonton anime Ookami kodomo no Ame to Yuki

Ookami kodomo no ame to yuki

Assalamualaikum☺

Cerita ini mungkin hanya dianggap dongeng semata.

Khayalan yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata.

Tapi percayalah ini benar-benar cerita tentang kehidupan ibuku.

Pria yang dicintai ibuku

Adalah manusia serigala.

Itulah narasi pembukaan dalam anime movie ini. Ookami kodomo no Ame to Yuki atau wolf Children atau kalau saya terjemahkan artinya Ame dan Yuki anak serigala.

Rilis pada 25 juni 2012 (pas ulang tahun saya😁) dan disutradarai oleh Mamoru hosoda.

Ini adalah Anime movie  pertama yang bikin saya ketagihan buat cari dan nonton anime movie lainnya, ya ini. (Eh kayaknya kok saya pernah bilang gini juga waktu nonton anime lain🤔)

Fix saya adalah playnime...

Wkwk...😂 

Sebenernya saya udah nonton anime ini pas masih sekolah dulu. Pas mati lampu sore-sore. Dan saya benar-benar suka sama kisahnya. 

Anime ini berkisah tentang perjuangan seorang wanita yang merawat kedua anaknya yang setengah serigala setelah kematian suaminya. 

Nggak masuk akal sih, fantasi gitu kan. Tapi tetep menarik.

Jadi, Hana adalah seorang mahasiswi di suatu universitas, suatu hari ia bertemu dengan seorang lelaki pendiam di kelasnya yang mengikuti pelajaran tanpa membawa buku apapun bahkan dia tidak mengisi absensi, ternyata eh ternyiti dia bukan seorang mahasiswa. 

Penasaran, Hana kemudian mendekati pria tersebut dan membantunya. Mereka kemudian menjadi dekat  dan saling menyukai. Tapi suatu hari Pria itu kemudian menunjukan sesuatu yang tidak pernah diduga oleh Hana sebelumnya. Bahwa dia adalah keturunan serigala, namun rasa cinta tidak membuat Hana tidak takut setelah mengetahui fakta itu.

Mereka kemudian hidup bahagia dan memiliki 2 anak(kayaknya nggak ada adegan pernikahan di sini). Yuki yang lahir di musim dingin dan Ame yang lahir di musim hujan. Meski kehidupan mereka berat, mereka berjanji untuk merawat kedua anaknya bersama. Sampai

Suatu hari, ketika hari hujan deras pria ini nggak pulang-pulang, karena merasa cemas Hana memutuskan untuk mencarinya sambil menggendong kedua anaknya dan betapa terkejutnya Hana karena pria yang dicintainya ditemukan mati di sungai sebagai serigala.

Sejak itu kehidupan Hana menjadi sangat sulit, terlebih kedua anak serigalanya masih kecil dan mereka suka tiba-tiba berubah menjadi serigala. Tentu saja hal itu membuat Hana khawatir.

Bagaimana jika ada yang melihat anaknya menjadi serigala? Karena itu juga Hana jadi terlibat masalah. Anak-anaknya nggak pernah ikut imunisasi dan ia kemudian didatangi oleh orang-orang dari badan perlindungan anak gitu.

Akhirnya Hana memutuskan untuk pindah. Supaya anak-anaknya bebas menentukan ingin menjadi manusia atau Serigala. 

Tinggal di pedesaan yang sepi. Jauh dari tetangga dan hiruk pikuk perkotaan. Di sana ia membesarkan ke dua anaknya sendirian. Memulai hidup baru dengan menanam berbagai sayuran. Awalnya semuanya gagal. Sayuran itu malah dimakan binatang dari gunung. Tapi Hana berhasil memalui eh melalui semua itu dan membesarkan kedua anaknya dengan penuh cinta dan sederhana. Hal menarik lain dari anime ini adalah gambarnya yang bikin saya terpana. Berasa pedesaan banget. Sawah-sawahnya, sungainya, suaranya...

Pokoknya bikin mata penonton betah berlama-lama mantengin layar hp atau laptop. Dijamin nggak bosen.

Meskipun mereka saudara, Ame sebagai anak lelaki dan adik memiliki sifat sangat pemalu dan penakut ia bahkan sering bolos sekolah dan sakit-sakitan. Sejak kecil Ame ini mulai benci jadi serigala karena buku dongeng yang ia baca mengatakan kalau serigala itu dibenci.

Sementara Yuki tumbuh jadi gadis yang ceria dan cantik. Bahkan berani banget.

Konflik mulai timbul ketika mereka mulai tumbuh dewasa. Yuki sebagai wanita mulai sadar bahwa kebiasaannya yang suka mengkoleksi tulang binatang, kulit reptil, dan bahkan menangkap ulat dan  ular adalah sesuatu yang aneh di kalangan para gadis. Ia sempat menjadi pendiam dan minder namun kembali ceria karena teman-temannya. 

Sejak itu juga Yuki tidak mau berubah menjadi serigala. Ia ingin menjalani hidup seperti gadis normal lainnya. 

Semuanya mulai berubah saat ada murid baru bernama Fujii souhei Di kelasnya. Sejak pertama bertemu, Souhei Menanyakan sesuatu yang membuat Yuki tersinggung dan menjauh.

Apa kau memelihara anjing?

Tidak kenapa?

Karena aku mencium baumu seperti bau bulu binatang.

Tentu saja Yuki yang seorang wanita tersinggung, apalagi bau itu pasti berasal dari dirinya yang memang seorang serigala. 

Yuki kemudian selalu menghindar dari Souhei.

Karena Souhei ini cukup ceria dan memiliki banyak teman, Yuki juga jadi menjauh dengan teman lainnya.

Sementara itu Ame makin sering bolos sekolah. Ia sering ikut ibunya bekerja di penangkaran hewan. 

Semua jadi semakin sulit ketika Yuki ini marah sama Souhei yang selalu mengikutinya dan ia lepas kendali, tanpa sadar ia menjadi serigala dan melukai Sohei hingga telinganya berdarah. Ia kemudian dipanggil kepala sekolah beserta orangtuanya. Untungnya Souhei ini nggak mengatakan apapun walaupun dia tahu kalau Yuki sebenarnya adalah manusia serigala. Dia bahkan nggak bilang ke Yuki kalau dia tahu. 

Setelah kejadian itu Sohei pergi ke rumah Yuki setiap hari, membawakan makanan sambil minta maaf. Mereka kemudian menjadi teman dekat.

Saya berharap banget ada lanjutan dari kisah mereka, tapi kayaknya sampai sekarang enggak ada.

Ame diam-diam belajar hidup sebagai Serigala dan meminta Yuki untuk melakukan hal yang sama. Yuki yang sudah memutuskan untuk menjadi manusia menolak dan marah dong.  Mereka bertengkar hebat sampai rumah berantakan. Sedih banget lihatnya😩, padahal mereka kan saudara 

Untungnya hubungan mereka kembali membaik.

Tapi Ame. Ia memutuskan bahwa ia akan hidup sebagai serigala di hutan. Menggantikan guru serigalanya yang terluka. Tentu saja sebagai seorang ibu keputusan itu membuat Hana sedih dan marah. Bagaimana dia bisa berpisah dengan anaknya dan membiarkannya hidup di alam liar. Tapi keputusan Ame sudah bulat. Ketika hujan tiba ia pergi dari rumah, sementara Hana kalang kabut mencarinya ke hutan. Putus asa dan sedih karena tak menemukan Ame ia justru bertemu beruang dan terperosok ke dalam jurang. Lagi-lagi hari hujan membawa kenangan buruk dalam hidup Hana. 

Dalam pingsannya Hana bermimpi bertemu suaminya. Sang suami mengatakan bahwa Hana tidak perlu cemas karena Ame sudah dewasa.

Anime movie ini berkesan banget buat saya. Bahkan adik sepupu saya yang cowok, masih SD, juga suka sama anime ini😂 lebih karena pemandangannya yang bagus dan tingkah Ame dan Yuki waktu kecil sih. Lucu banget.

Sekian dulu review kali ini.

See you....




18 komentar

  1. Aaaa aku suka banget inii tapi dulu kenalnya dari komiknya baru nonton animenya. Sedih banget bagian Yuki dan Ame berantem sampai rumah berantakan karena Ame yang mau pergi.. Kayak dulu pas kecil Yuki yang lebih bangga jadi manusia serigala, tapi seiring mereka dewasa malah Ame yang lebih embrace himself as werewolf huhuhu.. Pas di endingnya, siang-siang Ame nganterin buah buat Hana itu bikin hati hangat huhu mereka masing-masing akhirnya bisa terima keputusan satu sama lain yaa 💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget kan ya mbk😍 saya juga sedih banget pas adegan berantem itu. Pada akhirnya ame pergi dan memilih hidup sebagai serigala😞 tapi hana bisa terima dengan keputusan anaknya. Berharap ada kisah lanjutannya. Saya baru tahu kalau ada komiknya juga. Pasti keren deh.

      Hapus
  2. Kasihan juga ya jadi manusia serigala, untunglah Yuki memutuskan jadi manusia saja bukan srigala seperti adiknya Ame.

    Sayangnya ngga ada kisah lanjutannya antara Yuki dan Souhei ya, padahal kalo dibikin film bagus tuh.

    Jadi nonton tidak ya film ini? Nanti aku cek kuota dulu.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Hayuk ditonton mas agus, siapa tahu nanti mas agus jadi suka nonton anime kayak saya, bisa bijin awet muda lho😃

      Eh.. Tapi boong🙏😂

      Hapus
  3. Saya belom pernah nonton anime ini, iya gitu mbak main anime saya masih kurang jauh. Saya hanya masih sebagai penikmat film suka-suka. Suka sama yang lagi hits, suka sama yang romence eheheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau film saya suka film jepang kasane mbak kalau drama ada juga tapi lupa judulnya. Kebetulan saya juga suka film jepang😁

      Hapus
  4. Paling favorit dari Mamoru Hosada. Ada sedihnya tapi heartwarming. Sempet sebel sama Yuki dan Ame, tapi jadi mikir kalau saya juga punya fase kayak gini, dan kemudian malah inget ibu sendiri yg mungkin kayak Hana, tetap sayang anak meski sebandel atau beda pendapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas, hana sabar banget jadi ibu. Ngurusin mereka dari bayi sendirian dimana yuki ini nakalnya nggak ketulungan😂 tapi dia tetep sabar dan nggak menyerah untuk kasih kehidupan yang lebih baik untuk mereka.

      Hapus
  5. Tumben ini sudah beberapa hari belum update, sepertinya belum makan nih mbak Astria atau jangan jangan lagi nyari rahasia awet muda Bu Heni.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk.. Aloha mas agus😂 iya nih saya lagi bertapa nyari rahasia awet muda bu heni dan ternyata jawabannya adalah..
      Tit.....
      Hanya saya yang tahu, nggak boleh dikasih tahu ke yang lain😂

      Hapus
    2. Ayo bikin cerpen nya saja mbak, rahasianya.😂

      Hapus
  6. Saya belum pernah menonton anime ini sepertinya mba :D hehehehe. Ternyata mba Astria suka anime juga. Saya nggak tau sebab jarang lihat mba Astria update review soal anime sebelumnya *apa saya yang kelewat, yah* hahahaha.

    Eniho, sudah beberapa hari mba Astria nggak update. Kangen baca tulisannya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he.. Iya mbk eno, saya sebenernya juga suka nonton anime😁 dan udah beberapa hari ngilang karena suatu alasan. Dan sekarang saya siap muncul lagi😁
      Iam comeback...

      Hapus
  7. Saya jarang nonton anime, mbak. Yang saya sering nonton cumaa.. Doraemon. 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Doraemon anime kesukaan semua kalangan ya. Saya juga suka banget sama doraemon. Tapi dulu. Kalau sekrang udah jarang nonton, soalnya tv saya rusak😬

      Hapus
  8. Kirain tadi karya-nya Studio Ghibli, ternyata buatan Toho, ya...

    Kalau anime, saya suka Kimi no Na Wa dan yang terakhir saya tonton itu A Whisker Away juga bagus...

    Sayangnya jarang nonton anime yang berbentuk film seperti ini karena waktunya panjang. Jadi lebih sering nonton yang durasinya 20an menit saja... :))

    BalasHapus
  9. Yaampun bagus yaa kayaknya Mba Astria. Bukan film warewolf yg menye2 gitu, malah lebih ke film keluarga yaa.. Kasian juga yg pas dibilang dia bau anjing. Huhu..

    BalasHapus
  10. Halo mbak Astria..salam kenal...perdana mampir.

    Ah saya sukaa anime ini...benar2 heart warming ya perjuangan seorang ibu. Ibu anak normal saja sudah sulit apalagi anak serigala.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon