Jadi penonton film "Get out"

Get out
Wikipedia

Assalamualaikum 😁

Beberapa hari lalu akhirnya saya bisa nonton film ini setalah sekian lama penasaran. 

Get out yang berarti keluar adalah sebuah film dengan genre horor misteri thriller. Bercerita tentang seorang pria berkulit hitam bernama Chris washington (Daniel kaluuya) Yang memutuskan untuk pergi berkunjung ke rumah pacarnya yag berkulit putih yaitu Rose armitrage (Allison williams) namun menemukan berbagai kejanggalan di sana.

Apakah itu?

Hati-hati tulisan ini mengandung spoiler😁

Film ini sebenarnya juga membahas tentang rasisme yang merupakan isu sensitif di beberapa negara.

Get out rilis pada 29 maret 2017 lalu dan disutradarai oleh Jordan peele.

Di awal film akan diperlihatkan adegan seorang pria berkulit hitam yang sedang berjalan di malam hari, kelihatannya dia lagi mencari alamat seseorang. Lalu tiba- tiba ada sebuah mobil yang lewat, mobil itu berhenti dan putar arah. Merasa curiga pria itu kemudian memutuskan untuk berbalik arah. Kayaknya dia tahu kalau dia dalam bahaya dan ternyata benar, seseorang menyergapnya dari belakang.

Adegan kemudian berpindah ke Kehidupan Chris washington. Sebelum pergi ke rumah pacarnya Chris bertanya 

  "Apa mereka tahu kalau aku orang kulit hitam?" maklum lah. Soalnya kan pacarnya ini kulit putih. Apalagi di Amerika sana rasisme adalah hal sudah biasa terjadi.

Lalu rose menjelaskan bahwa Chris adalah pacar kulit hitam pertamanya dan orangtuanya tidak akan marah kalau putrinya memiliki pacar berkulit hitam karena mereka tidak rasis. Disini terlihat kalau Rose itu cinta banget sama Crish.

Dalam perjalan menuju rumah Rose mereka terkejut karena tidak sengaja menabrak seekor rusa, Chris kemudian turun dari mobil dan memeriksanya. Saya nggak tahu apa yang ia pikirkan tapi matanya jadi berkaca-kaca, entah itu pertanda buruk atau dia cuma kasihan.

Mereka kemudian memanggil polisi. Lagi-lagi Chris mendapat perlakuan yang tidak adil dari si polisi tapi Rose membelanya, makin bikin Chris cintrong sama Rose deh. Sebelum berangkat ke rumah Rose mereka sempat bertelepon dengan teman Chris yang bernama Rod. Membahas hal-hal  Sepele gitu.

Sesampainya di rumah Rose, mereka disambut dengan baik oleh keluarga Rose yang sangat ramah. Ayah Rose adalah seorang ahli saraf sedangkan ibunya adalah seorang psikiater. Anehnya di rumah tersebut mereka memiliki 2 pembantu berkulit hitam yang cukup membuat Chris bertanya-tanya. Sang Ayah menjelaskan kalau mereka sudah bekerja sejak kakek dan neneknya Rose masih hidup.

Semuanya berjalan sangat lancar, tapi lama-lama Chris merasa ada yang aneh dengan keluarga tersebut, terlebih sikap kedua pembantu itu. Ada kalanya mereka jadi terlihat berbeda, kayak pembantu cewek yang tiba-tiba nangis padahal dia lagi senyum. Pokoknya hal itu mengusik pikiran Chris. Dan tentunya pikiran saya? Sebenernya ini ada apa sih🤔

Meskipun terlihat ramah tapi ternyata keluarga Rose ini sangat misterius dan agak rasis juga terutama kakaknya rose yang sempat mengajak Chris berantem pas lagi mabuk.

Get out
Kakak rose
Tapi saya suka banget sama ekspresinya Chris yang selalu kelihatan tenang ini. Bikin jatuh hati😁
Mungkin itu adalah gambaran dari...
Si hitam manis...si hitam manis...
Pandang tak jemu... Pandang tak jemu...🎶
Lah saya malah nyanyi😂

Suatu malam Chris ini keluar rumah untuk merokok sebentar dan dia dikejutkan dengan si tukang kebun yang tiba-tiba muncul dari kegelapan sambil lari melewati Chris. Nggak jelas tuh dia ngapain lari malam-malam. Dikejar setan apa ngejar setan😂

lalu ada si pembantu wanita yang lagi berdiri di kaca sambil senyum yang ternyata dia lagi berkaca di dalam. Chris kemudian masuk ke dalam dan ternyata  Calon mertuanya ini belum tidur, dia lagi minum teh gitu. 

Mereka kemudian berbincang, si ibunya Rose menanyakan tentang kematian ibunya Chris. Awalnya Chris terlihat biasa dan baik-baik aja tapi lama-lama dia sadar kalau dia nggak bisa bergerak dari tempatnya dan merasa seolah-olah tubuhnya tenggelam dalam kegelapan. Dia dihipnotis😱

Get out

Fix, ada yang nggak beres sama keluarganya Rose.

Film ini nggak berisi jumscare yang bikin kita bakalan takut kalau tiba-tiba ada hal menakutkan yang muncul. Film ini tuh berjalan secara pelan tapi pasti, dan bikin penasaran. 

Keanehan mulai nggak wajar dan bikin Chris nggak betah adalah ketika keluarga Rose mengadakan suatu pertemuan keluarga dimana isinya adalah orang berkulit putih semua. Rose mengenalkan Chris pada semua kerabatnya. Dan mereka terlihat menerima tapi tetep aja ada yang aneh. Saya rasa Chris sebenernya merasa nggak nyaman tapi dia mencoba bersikap biasa. Lalu di pesta tersebut Chris melihat seorang pria berkulit hitam. Chris menyapanya, tapi ada yang aneh juga dari pria tersebut, mulai dari gayanya, cara bicaranya dan caranya bersalaman, dan juga dia berpasangan dengan seorang wanita berkulit putih yang berbeda jauh usianya.

Karena penasaran Chris kemudian memotret pria itu diam-diam namun lupa kalau pas motret itu lampu flash belakangnya nyala dan si pria itu tiba-tiba mimisan terus dia teriak "Get out" ke arah Chris kayak orang marah dan ngamuk-ngamuk, atau malah kasih peringatan.

Nah...lho...

Setelah kejadian itu Chris berencana untuk segera pulang. Ia bersiap bersama Rose dan kemudian mengirim gambar yang berhasil ia potret tersebut ke Rod. Dan ternyata Rod kenal sama Pria tersebut tapi pria bernama Andre hayworth itu dinyatakan hilang 6 bulan lalu.

Saat mereka akan pergi tiba-tiba  Chris melihat pintu lemari yang terbuka. Di dalamnya ia melihat sebuah kotak yang menyimpan foto-foto Rose bersama para pria kulit hitam termasuk ke dua pembantunya dan Andre hayworth.

Sekarang kita tahu kalau Rose ini bukan pacar baik-baik soalnya sebelumnya dia pernah bilang kalau dia nggak ada hubungan spesial sama pembantunya dan Chris adalah pacar kulit hitam pertamanya. Lah kok ini...

Terciduk sudah. 

Tapi mungkin karena udah terlanjur cinta Chris nggak peduli dan mereka turun ke bawah untuk pulang, tapi di bawah mereka udah di cegat sama orangtua dan kakak Rose. 

Chris tetap berusaha terlihat tenang dan meminta kunci pintu pada Rose, tapi Rose ini bilang kuncinya nggak ada dan sibuk ngubek-ngubek tas sambil mewek sementara Chris udah mulai esmosi dan bentak Rose. 

Eh ternyata Rose cuma pura-pura.

Omigot, ingin rasanya saya lempar Rose pakai ulek-ulek😡

Dia sebenernya udah bawa kuncinya, tapi nggak dikasih ke Chris. Ketika Chris akan memukul si kakaknya Rose, tiba-tiba dia nggak bisa bergerak karena mendengar bunyi sendok yang dipukul ke cangkir teh. Dan ambruklah si Chris. Itu karena the power of hipnotis emaknya Rose. Bener-bener satu keluarga edan semua ternyata.

Sementara itu temennya Chris, si Rod sedang mencari cara untuk menyelamatkan Chris. Ia pergi ke kantor polisi dan menceritakan semua pendapatnya. Bahwa Chris mungkin sedang dihipnotis untuk dijadikan budak seks😂. Si Rod ini kalau ngomong lucu banget. Bikin ketawa di tengah adegan menenggangkan. Tentu aja semua polisi yang anehnya berkulit hitam semua nggak percaya dengan cerita itu.

Singkat ceritanya Chris kemudian terbangun di suatu ruangan dalam keadaan terikat di sofa. Dalam ruangan itu ada sebuah televisi yang kemudian menyala menunjukan vidio tentang sejarah keluarga armitrage. 

Ternyata sejak dulu mereka menggunakan orang kulit hitam untuk menyimpan jiwa orang-orang kulit putih yang sudah tua agar tetap hidup walaupun dengan tubuh yang berbeda. Dan Chris akan menjadi salah satunya. Setiap kali ia berontak maka ia akan kembali dihipnotis, bingung juga gimana caranya bisa kabur. Saya juga ikutan mikir deh. 

Sementara itu di ruangan lain ayah Rose sudah bersiap melakukan operasi. Membelah kepala orang yang akan menempati tubuhnya Chris.  Disilet pakai pisau dan dikupas kulit kepalanya...

Ketika kakaknya akan menjemput Chris ternyata Chris ini nggak lagi pingsan. Eh kok bisa...?

Jadi sofa itu kan dalamnya busa dan ketika panik Chris punya kebiasaan cakar-cakar tempat duduknya. Busa dari sofa itu kemudian digunakan buat nyumpet kupingnya. 

Ikatannya dilepas, si kakak madep belakang dan buk...buk.. Tepar si kakak dipukuli pakai bola.

Ha..ha.. rasain tuh😂

Tapi ngeri juga sih.

Setelah itu Chris keluar. Si bapak Rose yang lagi nungguin anaknya kok nggak balik-balik tiba-tiba disruduk pakai patung kepala rusa dan langsung meninggal di tempat. Si ibu juga mati ditusuk pisau sebelum sempat menghipnotis Chris lagi. Rasain tuh... Duh saya jadi ikutan semangat melihat Chris balas dendam.

Sementara Rose lagi di kamar, pakai headset dan cari korban selanjutnya lewat internet. Ckckck....

Chris kemudian keluar dan segera menyalakan mobil tapi tiba-tiba si pembantu cewek itu lewat dan ketabrak. Nggak tega, mungkin karena Chris tahu kalau ada jiwa lain dibalik tubuh itu ia kemudian membawa si pembantu. Tapi di tengah perjalanan wanita itu malah ngamuk. Ternyata pembantu di rumah itu adalah kakek dan neneknya Rose. Dan kecelakaan pun tak dapat terhindarkan.

Bruak...Nabrak pohon deh.

Untungnya si Chris masih hidup sementara wanita itu meninggal.

Rose yang tahu kalau Chris kabur, bunuh keluarganya dan bawa neneknya, muncul dari belakang bawa senapan. Ya ampun...kenapa nggak bawa betadine aja sih.

Kejar-kejaranlah mereka. Nggak sendiri, Rose juga bawa si pembantu pria yang sebenarnya adalah si kakek. Lagi-lagi Chris hampir mati dicekik. Ia merogoh sakunya dan mengarahkan kamera belakang yang ada flashnya. Seperti kejadian Andre, lelaki itu kemudian mimisan. Ia berdiri dan meminta senapan pada Rose. Rose yang nggak tahu kalau pria itu sudah sadar menyerahkan senapannya dan door... Ditembaklah si Rose. Tapi nggak diterima😂

Fokus, back to filmya.

Si pria kemudian bunuh diri juga. Tinggal Chris Sendirian dan Rose yang masih hidup tapi udah mau meninggal. Saya sebel banget karena si Rose ini malah berusaha minta tolong sama Chris padahal dia udah jahat. Lalu ada mobil polisi yang tiba-tiba muncul, dan Rod keluar dari dalam mobil. Lega rasanya.

Alhamdulilah Chris selamat dan Rose sekarat. Entah dia menyesali dosanya atau malah marah karena nggak ditolongin Chris.

Tamat.

Panjang banget ya ceritanya😂

Kira-kira ada yang udah nonton film ini belum? Kalau menurut saya nih ya, film ini bagus tapi nggak bikin kesan yang gimana gitu buat saya.  Nggak bikin saya sampai mimpi buruk atau kepikiran terus. Tapi yang menarik adalah film ini mengungkit masalah rasisme dan disutradari oleh orang berkulit hitam juga lho. Puk angan👏👏

Kalian yang kepo, buruan nonton deh....


See you...



15 komentar

  1. Kalau ini beneran spoiler. Semua diceritakan sampai akhir. :D
    aku kira yang melakukan pembunuhan itu keluarganya Rose. eh, ternyata Rose dan keluarganya yang dibunuh.

    Plot ceritanya sangat menarik, yaitu memasukkan jiwa seseorang yang telah mati ke dalam diri orang yang lain yang berkulit hitam. Kalau semua jiwa dipindahkan ke orang kulit hitam, pada akhirnya jiwa yang dipindahkan akan menjadi orang kulit hitam semua. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aha..ha.. Iya saya kadang hobi spoiler sih😁

      Pada akhirnya emang chris jadi pembunuh untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Kayak nggak ada pilihan selain dibunuh atau membunuh, mungkin juga dia sebel tingkat dewa sama keluarganya rose.🤔

      Hapus
  2. Film debutan Jordan Peele ini memang cukup ambisius dan beda. Makanya, waktu itu jadi salah satu film yang paling banyak diomongin. Kalau sudah nonton Get Out, mungkin bisa coba Us, dari sutradara yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh film us itu saya sempet lihat review lengkapnya mas, tapi belum nonton karena saya pikir itu horor dari gambarnya yang nyeremin. Mungkin nanti saya juga harus nonton us ini. Setelah lihat reviewnya di youtube nggak horor hantu ternyata😁

      Hapus
  3. Wah menarik sekali jalan ceritanya mbak, saya sebenarnya sudah download filmnya tapi sampai sekarang belum nonton. Padahal sudah lama lho downloadnya tahun 2018. Setelah baca sinopsisnya jadi pengin nonton. Semoga saja belum dihapus sih soalnya banyak juga film yang sudah aku download tapi belum ditonton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.. Eman-eman dong filmnya mas. Saya aja pengen nonton hemat kuota. Untungnya kakak saya lagi di rumah dan dapet gratisan kuota. Sebagai adik yang cerdik saya auto nebeng dong😂😂 kapan lagi ada kesempatan wkwk...

      Hapus
    2. Kalo lihat sinopsisnya jadi ingat film The Skeleton Key yang rilis tahun 2005, mirip soalnya memasukkan jiwa ke raga orang lain, bintangnya itu Kate Hudson yang caem.😁

      Hapus
  4. Saya sudah nonton filmnya. Thriller yang masih ada aroma komedinya, walaupun cuma sedikit dan tipis-tipis. Kebetulan saya suka dengan genre thriller, misteri dan horor. Netflix banyak koleksinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aha... Ha.. Iya mas di netflix pasti banyak banget, saya pengen berlangganan tapi masih mikir-mikir...

      Hapus
  5. Emang ya, film yang direview Mbak Astria ini keren-keren. Aku baca sinopsis yang ini pun jadi tertarik buat nonton juga.🤭

    Ngomong-ngomong ini topiknya nyeleneh banget. Mengangkat tentang rasisme, tapi dimodel thriller gitu. Bikin orang penasaran pengen nonton.🤭 Eh, tapi gimana nasib si Chris ya, Mbak? Bagaimana pun kan doi udah bunuh orang banyak.😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak film ini tuh unik, mengungkit rasisme dalam genre thriller. Keren deh pokoknya... 😁
      Nggak tahu juga gimana nasibnya chris. Kita dipaksa mikir sendiri sih. Mungkin dia bakal diampuni karena itu bagian dari perlindungan diri dan lagi chris melakukannya karena terpaksa dan lagi...😁 mereka kan orang jahat.

      Hapus
  6. Sekilas menonton dari Netfix. Dengan membaca postingan ini jadi penasaran ingin menonton keseluruhan.

    BalasHapus
  7. Nah aku suka nih kalau ada yang nulis review spoiler film dari awal sampai akhir seperti Mba Astria, karena pada dasarnya aku nggak akan berani nonton genre horror thriller wkwkwkw 😂

    Beberapa orang rekomendasiin aku untuk nonton Get Out ini, aku kira bakal yang horor gimana banget ternyata malah agak ke drama intens ya (eh iya gak sih?), ya kecuali adegan keluarganya Rose itu sih, mengerikan banget huhuhu

    BalasHapus
  8. kayaknya ga berani nonton sendiri, tegang nih sepanjang film.
    apalagi cerita soal rasisme, seru pastinya
    bikin kesel juga ya ternyata keluarga rose, selama ini "sok" pura pura baik gitu

    BalasHapus


EmoticonEmoticon