Jadi penonton film "Forgotten"

Forgotten

Assalamualaikum😁


Kemarin kemarin kemarinnya saya baru aja nonton film korea yang judunya forgotten. 

Awalnya saya nonton film ini karena penasaran setelah lihat cuplikannya di tik tok.

Ketahuan suka buka tiktok😂

Forgotten rilis pada 29 November 2017 lalu dan disutradarai oleh Jang Hang jun.

Peringatan: ini mengandung spoiler ya sob. Jadi yang nggak mau tahu spoilernya bisa baca awalnya aja😁 

Langsung aja kita baca😁

Film ini bercerita tentang Jin soek yang baru pindah ke rumah baru bersama kakak laki-laki dan orang tuanya. Suatu hari kakaknya ini diculik orang tak dikenal dan menghilang selama 15 hari. Sampai kemudian tiba-tiba sang kakak yang bernama Yoo seok Ini pulang ke rumah. Anehnya semenjak itu Jin soek merasa ada yang janggal dari prilaku kakaknya. 

Film dimulai dengan cuplikan mimpi buruk yang nggak jelas lalu Jin soek terbangun di dalam mobil, di perjalanan menuju rumah barunya bersama ayah, ibu dan kakaknya. 

Sesampainya di rumah itu, ia merasa tidak asing, rasanya seolah-olah ia sudah pernah berdiri di depan rumah itu. Di situ juga diceritakan kalau kakaknya, Yoo seok adalah pria yang sangat hebat, pintar dalam segala bidang dan bisa melakukan apa saja, tapi karena sebuah kecelakaan setahun yang lalu sang kakak jadi pincang sebelah.

Di dalam rumah itu ada sebuah kamar yang tidak boleh dimasuki karena katanya di dalam kamar itu masih ada koper-koper milik penghuni lama yang belum diambil. Awalnya saya berpikir, film ini akan ada horor-horornya. Karena selalu terdengar suara gaduh di dalam kamar itu, seakan-akan ada penghuni lain di dalamnya. Mbak kun  atau pak poc mungkin.

Karena kamar itu belum bisa dipakai. jin soek dan Yoo seok tidur di satu kamar. Ketika mereka sedang membereskan kamar dibantu petugas pindahan gitu, seorang petugas bertanya pada jin soek.

 "Orang yang barusan lewat itu hyoungmu?"

Jin soek mengangguk dan mengatakan kalau itu kakaknya. Si petugas terlihat tak percaya, dan menayakan umurnya. Tapi sebelum di jawab Yoo seok Muncul dan enggak jadi deh.

Jin soek diceritakan sebagai pemuda berusia 21 tahun yang menderita penyakit Neurosthenia. Setelah saya cari tahu ternyata ini adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya sering berhalusinasi, mimpi buruk dll. Karena itu Jin soek harus rutin meminum obatnya.

Malam itu Jin soek mendengar suara berisik lagi dari dalam kamar kosong dan berniat mencari tahu tapi sebelum ia membuka pintunya, Yoo seok mengagetkannya dengan menepuk bahunya dari belakang. Mendengar cerita Jin soek tentang suara dari kamar itu Yoo soek menganggap adiknya hanya butuh udara segar. 

Mereka lalu pergi keluar rumah, padahal waktu itu hujan lho, ngapain coba keluar rumah. Mereka berbincang sejenak di bawah hujan sambil bawa payung lalu Yoo soek harus pulang sebentar karena ayah mereka menelpon. Di tengah perjalanan pulang Inilah Yoo soek di bawa oleh beberapa orang asing ke dalam mobil dan Jin soek tidak bisa menyelamatkannya. 

Mereka sekeluarga sudah memanggil polisi dan melakukan penyelidikan tapi tidak menemukan hasil. Yoo seok hilang tanpa jejak.

Suatu hari setelah  menghilang selama 15 hari tiba-tiba Yoo seok pulang ke rumah. Ia tidak ingat apa yang terjadi padanya selama menghilang. 

Tapi jin soek merasa Yoo seok Menjadi aneh.  Mulai dari kaki pincangnya yang salah, lalu  Yoo seok yang tiap malam suka pergi entah kemana. Karena penasaran suatu malam Jin soek memutuskan untuk mengikuti Yoo seok.

Kecurigaannya makin bertambah karena  Yoo seok bisa berjalan secara normal, nggak pincang. Dan ternyata Yoo seok menemui 2 orang yang datang ke rumah mereka sebagai polisi saat ia Menghilang. 

Jin soek terus mengikuti Yoo soek Sampai  ia menghilang di suatu belokan dan Jin soek malah ketahuan oleh 2 orang tadi. Terjadilah adegan kejar-kejaran yang cukup menegangkan. Adegan yang bikin capek itu berakhir dengan Jin soek yang berhasil lolos tapi tiba-tiba ia dibius seseorang dari belakang yang ternyata adalah Yoo seok.

Jin soek terbangun di pagi hari di atas meja belajarnya, sama persis dengan posisinya saat ia tertidur semalam dan menyadari kakaknya pergi. 

Ia yang ketakutan kemudian berlari ke dalam kamar mandi dan menguncinya. Yoo seok Menggedor kamar mandi dan memintanya keluar tapi Jin soek menolak dan malah membahas kejadian semalam sambil marah-marah. Yoo seok Mengatakan bahwa semalam ia tidak pergi kemana-mana. Pasti Jin soek bermimpi buruk lagi. Mereka hampir bertengar sambil pukul-pukulan untungnya enggak jadi. Yoo soek mengatakan kalau Jin soek pasti berhalusinasi karena ia lupa meminum obat. Setelah diingat-ingat kemarin Jin soek memang lupa meminum obatnya. Ia menjadi lebih tenang dan meminta maaf pada sang kakak.

Tapi rasa tenang itu berakhir karena Jin soek menemukan isi pensilnya yang tergelatak di meja belajar, bukti bahwa kejadian semalam bukanlah halusinasinya belaka.

Ia kemudian menceritakan hal tersebut kepada sang ibu dan sang ibu terlihat sangat sedih jika itu bena-benar bukan yoo seok. 

Malamnya Jin soek bermimpi buruk lagi, ia terbangun di tengah malam saat hujan dan turun ke lantai bawah untuk minum. Saat akan kembali ke kamarnya ia tidak sengaja mendengar pembicaraan si ibu. 

  "Sepertinya anak itu sudah tahu semuanya"

Satu kalimat yang bikin Jin soek plus kita para penonton langsung berpikir.

  "Tadi dia benar-benar bilang seperti itu padaku"

  "Dia bilang hyeong bukanlah yang sebenarnya"

  "Dia juga menceritakan kejadian kemarin saat menguntit ke sana"

Percakapan panjang yang intinya mereka mau melakukan sesuatu pada Jin soek malam itu juga.

Susah payah, Jin soek kembali ke kamarnya lewat luar. Untungnya saat ibunya membuka selimutnya ia sudah berada di atas tempat tidur, sayangnya Jin soek lupa kalau badannya basah kuyup dan jendela terbuka. 

Sebelum ayah dan kakaknya pulang, Jin soek memutuskan kabur lewat jendela. Sialnya ia sudah dicegat di depan rumah.

Jin soek berhasil kabur dan sampai di kantor polisi setelah adegan kejar-kejaran yang mendebarkan hati ini😂

Forgotten

Di kantor polisi ia ditayai dan bercerita kalau selama ini ia disekap di dalam rumahnya sendiri oleh keluarganya yang ternyata bukanlah keluarganya. Si polisi kemudian mencari identitas dan menanyakannya langsung.

  "Kelahiran tahun 77 berarti umurmu sekarang 41 tahun"

  "Maaf, umurku baru 21"

Bagaimana bisa usianya yang 21 tahun menjadi 41 tahun, bagaimana bisa ia yang berada di tahun 1997 tiba-tiba sekarang ada di tahun 2017. Jin seok tidak percaya tapi kalender yang dilihatnya di kantor polisi menunjukan tahun 2017 padahal yang dia tahu saat ini tahun 1997. Ia berjalan ke arah cermin dan kita akan dibuat bingung dengan wajah Jin seok yang jadi 20 tahun lebih tua. Omigot jin soek jadi tua😱

Forgotten

Di sini kumulai menebak-nebak dan ternyata tebakan saya benar lho sob. 

Karena kejanggalan itu Jin soek akhirnya kembali pulang ke rumah untuk menayakannnya secara langsung. Namun rumah kosong saat ia kembali, hanya ada sura musik dari lantai atas, dari kamar kosong yang katanya tidak boleh dimasuki. 

Jin soek tidak peduli lagi ia membuka pintu dan menemukan patung-patung manusia yang bersimbah darah di dalam ruangan itu, musik masih mengalun di tengah hujan deras lalu keluarganya muncul satu-persatu.

  "Masih belum berhasil ya..." Yoo seok muncul pertama kali. 

Di situ Jin soek diberi tahu fakta yang sangat mengejutkan dan tidak bisa ia percaya, bahwa ia adalah seorang pembunuh.

Terus 3 orang yang ngaku keluarganya itu sape dong? 

Tapi karena sebuah trauma Jin soek tidak bisa mengingat pembunuhan itu dan ia tidak bisa dihukum. Untuk mengembalikan ingatan Jin soek mereka harus kembali ke masa sebelum Jin soek mengalami trauma. Untuk itulah mereka menyamar menjadi keluarga Jin soek. Mimpi buruk yang dialami Jin soek selama ini ternyata adalah ingatan saat ia disiksa untuk mengingat pembunuhan itu.

Jin soek kemudian dibawa pergi, tapi ia masih tidak percaya bahwa ia adalah seorang pembunuh karena ia sama sekali tidak memiliki ingatan seperti itu. Saat mobil melaju di jalan raya, Jin soek nekad keluar dari mobil dan adegan kejar-kejaran dimulai lagi. Ia berhasil lolos setelah mobil yang dikendarai Yoo seok menabrak pohon. Tapi pada akhirnya Jin seok juga sekarat karena ia tertabrak truk.

Ketika terbangun ia sudah ada di rumah sakit dengan Yoo seok yang menunggunya. 

Jadi film ini kemudian mundur ke belakang. Menceritakan kehidupan Jin soek yang sebenarnya. 

Saat usianya 21 tahun Jin soek yang saat itu memang akan pindahan bersama keluarganya mengalami kecelakaan. Orangtuanya meninggal dan kakaknya kritis. Butuh biaya besar untuk melakukan operasi tapi Jin soek sama sekali tidak punya uang. Lalu suatu hari seseorang menghubunginya, menawarinya uang dengan syarat dia harus membunuh seorang wanita. Jin soek yang putus asa dengan ragu menurutinya tapi semua tidak berjalan lancar dan dia malah membunuh 2 orang di rumah itu. Rumah yang saat ini ia tinggali. Di kamar kosong itulah tempat pembunuhannya terjadi. Pembunuhan yang sebenarnya terjadi karena ketidak sengajaan. 

Satu-satunya penghuni rumah itu yang selamat adalah seorang anak laki-laki kecil bernama Seong wook. Yang kemudian kita akan tahu kalau anak itu adalah yoo seok selama ini. Jadi ini adalah balas dendam, Seok wook ingin tahu kejadian yabg sebenarnya saat itu.

Saat  Seong wook akan membereskan semuanya dengan menyuntikan racun ke infus Jin seok. Jin seok tiba-tiba berkata.

  "Di mana keluarga korban?"

  "Kenapa bertanya?"

  "Aku bersalah pada mereka, kau harus membantuku menyampaikannya"

Perkataan Jin soek itu ternyata membuat Seong wook tidak jadi membunuhnya. Ketika Yoo seok bertanya perihal kebenarannya. Bahwa ayahnya lah yang menginstruksi Jin seok untuk membunuh keluarganya Jin soek mengatakan tidak. Padahal sebenarnya iya.

Seong wook yang kecewa kemudian pergi dari ruangan itu. Seorang suster mengatakan padanya kalau jalan yang dilaluinya buntu tapi  Seong wook diam saja. Saat suster itu mengikutinya Seong wook sudah tidak ada, jendela terbuka, ia melihat keluar dan terkejut melihat Seong wook sudah terbaring di aspal bersimbah darah. Iyups dia bunuh diri.

Sementara itu Jin seok yang dipenuhi rasa bersalah karena ingatannya sudah kembali memutuskan untuk bunuh diri juga dengan menyuntik lengannya memakai racun yang ditinggalkan Seong wook tadi.

Dan..tamat....

Kedua tokoh utama ternyata berakhir tragis😞. Mereka sama-sama menjalai hidup yang menyedihkan. 

Sebagai penutup. Adegan mundur ke belakang saat Jin soek berada di taman, hari itu keluarganya akan pergi ke rumah baru tapi mobil mereka mogok sehingga Jin soek berhenti di taman untuk menunggunya. Tiba-tiba seorang anak kecil menghampiri Jin soek. Anak kecil itu menawarkan permen yang ia makan. Mereka saling tersenyum, dan kita akan tahu kalau anak kecil itu adalah seong wook yang berpura-pura menjadi yoo seok tadi.

Forgotten

Film ini mengingatkan sama sama filmnya bang Leonardo dicaprio "Shutter island" hampir-hampir mirip gitu.

Jadi saya nggak terlalu terkejud karena sudah menebaknya di pertengahan film. Tapi kalau saya nonton film ini sebelum nonton Shutter island kayaknya saya bakal terkejud juga.

Sekian review film kali ini😁

Semoga kalian menikmati.


See you....










18 komentar

  1. Shutter island itu film-nya Leo di Phi Phi Island bukan, mba? *ketauan males googling 😂*

    Btw, sorry OOT ni mb, blog-nya emang di-setting cuma bisa dikomen sama Google Account ya mba? 😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he.. Entahlah mbak, saya juga lupa😂 udah lama nontonnya tapi koo kayaknya bukan.
      Eh.. Iya saya juga baru nyadar kalau saya seting cuma google account

      Hapus
  2. Hehehe iya mbak, kalo dipikir-pikir memang jalan ceritanya mirip Shutter Island nya Leonardo Dicaprio.

    Kasihan ya, akhirnya keduanya bunuh diri, cuma yang aku belum mengerti mengapa Seong Wook ikut bunuh diri ya? Apa karena menyesal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. He,eh mas agus mirip kan. Saya langsung inget shuter island begitu nonton film ini.
      Mungkin seok wook merasa udah nggak punya tujuan hidup karena ternyata jin seok nggak mengakui kalau ayahnya seong wook yang jadi dalang dibalik pembunuhan itu. Mungkin juga merasa bersalah.

      Hapus
    2. Oh, mengapa ayahnya Seong Wook ingin membunuh keluarganya ya? Apa karena tergoda rongdo.😱

      Hapus
  3. aku ngebayangin nonton filmnya mungkin capek ngos ngosan ya dengan adegan adegannya itu, sepertinya menarik ini, tapi kayaknya lagi lagi ga berani kalau nonton sendiri hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru kok mbak, tapi emang agak serem karena saya kira ini horor dan suasana awalnya emang agak horor tapi ternyata enggak dan jadi lega. Kalau horor saya jelas nggak berani nonton juga😂

      Hapus
  4. kesukaan perempuan untuk waktu ini, dimana pandemi berlangsung drakor lebih mengasikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he.. Iya mas, drakor jadi pelipur jenuh para cewek yang bete di rumah karena pandemi. Nggak cuma cewek lho cowok pun juga ada😁

      Hapus
  5. Wah, yang main Kang Ha Neul ya, Mbak Astria? Idolanya adek aku itu. Kalau aku kasih tau tentang film ini pasti doi penasaran dan pengen nonton nih.🤭

    Ngomong-ngomong filmnya sepertinya seru ya, Mbak. Lebih seru nonton yang kyk gini daripada yang cinta-cintaan. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak roem buruan kasih tahu jangan kasih tempe😁 saya juga suka sama kang ha neul lho😍
      Saya sekarang lebih sering nonton genre beginian dari pada cinta-cintaan tapi masih suka genre cinta-cintaan juga sih. Karena saya suka dibaperin😂

      Hapus
    2. Eh, beneran dong, Mbak. Aku kemarin bilang ke adek tentang film ini. Dan ternyata adekku udah tau film ini duluan. Katanya sudah jadi wishlist. Dan gara-gara aku ngomongin film ini, doi jadi langsung download filmnya dan nonton langsung kemarin.😆

      Hapus
  6. Pengen nonton! padahal sering liat film ini, tapi kok belom tertarik nonton, ternyata bagus ya.

    Saya suka Shutter Island, meskipun endingnya bikin esmosi, saking bikin para penonton berasumsi sendiri, itu aslinya yang mana yang bener?
    Dia yang gila?
    Atau orang yang menjebak dia?
    Sebal syekaleeehhh rasanya ga nemu jawaban, huhuhu.

    Tapi seru hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tonton dong mbak Rey...😁
      Eh iya ya shutter islan tuh bikin esmosi para penonton. Saya juga dibikin bingung dan menerka-nerka kayak mbak rey gitu. Tapi karena bikin bingungnya itu jadinya terkenang terus setelah nonton.😁

      Hapus
  7. wah belum nonon nih, makasih cerita reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Bisa coba ditonton kalau lagi jenuh😁

      Hapus
  8. Shutter island aku blm nonton, soalnya sempet ada yg bilang plotnya bikin pusing hahahaha.

    Naah baca film yg ini, aku lgs mikir yg sama, complicated kayaknya yaaa mbaa :D. Tapi menarik, apalagi aku suka film thriller gini sbnrnya. Setidaknya karena kamu udh ceritain alurnya gimana, jd berharapnya ga terlalu pusing pas ngikutin filmnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, shutter island emang sempet bikin saya pusing juga pas nonton pertama kali. Kalau ini nggak sepusing shutter island kok. Lebih mudah dipahami😁

      Hapus


EmoticonEmoticon