Saya dan tips mengatur waktu




Assalamualaikum...๐Ÿ˜

Haloo sob, gimana kabarnya. Semoga sehat dan lancar menjalani ibadah new normal lifenya ya๐Ÿ˜Š Saya juga sehat banget. Makan pagi-pagi nambah 2 kali๐Ÿ˜‚
Hanya saja, saya lagi dalam mode kebingungan mau ngapain?

Mau nulis artikel di blog, mau nulis novel di noveltoon. Mau belajar bahasa inggris, mau nonton drakor, mau baca buku. Mau hati kamu.
Ehe....๐Ÿ˜
Saya sedang menjadi wanita banyak maunya๐Ÿ˜‚
Ha..ha...
Jadi selama beberapa hari ini. Saya bingung sama kegiatan saya sendiri. Berasa kayak 24 jam kurang untuk merealisasikan hal-hal yang mau saya lakukan.
Sok sibuk banget kan.

Semisal pagi hari, saya mau nulis novel aja. Karena saya lagi ngebet pengen bikin novel walaupun cuma di aplikasi. Jadi saya nulissss terusss... Kemudian saya lihat buku yang saya beli belum kebaca. Pengen baca buku juga.

Saya ambil lah buku itu, saya buka, selesai satu halaman, 2 halaman 3 halaman. Eh.. Pikiran saya udah kepikiran buat nulis lagi. Akhirnya stop baca buku dan nulis lagi. Karena bagi saya ide itu harus segera dituangkan sebelum hilang. 

Tapi ternyata idenya nggak lancar karena saya mikirin artikel di blog juga. Kayaknya belum ada artikel, belum di edit. Akhirnya saya buka draft, ngedit artikel. Tapi pikiran saya pecah lagi. Hari ini saya juga belum buka aplikasi duo lingo. Walaupun udah nggak sekolah. Saya masih suka belajar bahasa baru, berasa seru aja. Padahal habis belajar lupa juga๐Ÿ˜‚

Begitulah... Pikiran saya bercabang ke mana-mana...udah kayak pohon aja tapi nggak berbuah. Karena jadinya kegiatan saya jadi berantakan dan nggak menghasilkan sesuatu yang signifikan.
Beh.. Gaya banget.

Novel nggak jadi, artikel di blog tertunda, belajar bahasa inggris nggak lancar, baca buku juga nggak konsen 
Huft....
Saya sering banget kayak gini. Dulu malah lebih parah karena saya kerja dan pulang paling cepet jam 3 sore. Dan saya pengen nulis di blog, pengen nonton drakor dan pengen ngegambar dimana semuanya harus dilakukan dalam waktu lama. sementara saya harus tidur jam 9 biar  besok semangat. 

Pernah, saking pengennya saya ngegambar, saya sampai tidur jam 12 malam, padahal saya pulang kerja jam 7 karena lembur. Saya tipe orang yang kalau lagi seneng ini atau itu, maunya begini dan begitu terus, nonstop sampai bosen. 
Nah, kali ini saya suka sama semuanya.

Permasalahannya bukan pada waktu yang kurang. Tapi pada saya yang nggak bisa memanajemen waktu.
Walaupun saya udah bikin jadwal kalau bakal ngurusin blog di sore hari berwarna biru sebiru hatimu, eh.. Salah server๐Ÿ˜‚
Tetep aja nggak jalan. Malah saya bikin berantakan sendiri.
Saya gampangin "Tunda besok aja, sekarang mau nulis novel dulu"

Besok paginya, saya masih nulis novel dan lupa sama jadwal saya kemarin sore.
Bener-bener minta dicubit kan.
Nah, akhirnya saya kumpulin tuh, tips-tips untuk menajamaen waktu agar saya nggak bingung lagi. 


1. Membuat catatan atau to do list

Katanya membuat catatan  kegiatan kita, bisa memudahkan diri untuk mengatur waktu biar nggak berantakan.
Catat, mau nulis buat blog jam berapa?
Mau baca buku jam berapa, mau nonton film jam berapa. Pokoknya buat aja catatan kegiatan kalian, beserta jamnya supaya nggak bingung. Menurut saya cara ini cukup efektif untuk saya yang suka bingung mau ngapain dulu. Berasa ada buku panduan gitu. Tapi ya... Hanya bertahan beberapa hari๐Ÿ˜


2. Urutkan dari yang terpenting

Kira-kira dari semua kegiatan sobat, mana yang paling penting dan kudu di dahulukan. Bisa berdasarkan mood juga. Semisal kalau pagi lebih mood baca buku , kalau siang lebih mood belajar, kalau malam lebih mood ngurus blog.
Begitoh...
Urutkan dari yang terpenting aja. Bayar utang atau jalan-jalan? BAB atau makan?
Lah kok nyampe BAB๐Ÿ˜‚
Pokoknya prioritaskan yang penting dulu.


3. Memberi jeda

Memberi jeda itu juga penting supaya kita nggak capek untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya. Ibarat lari kalau nggak berhenti ya tepar di tengah jalan sambil ngos-ngosan mencari oksigen. Jadi nggak usah memaksakan diri apalagi memaksakan hati.


4. Jangan ditunda-tunda

Sudah berkali-kali memgingatkan diri ini tapi masih aja ya๐Ÿ˜‚
Kalau sudah buat to do list jangan sampai diabaikan. Apalagi ditunda kayak saya. Karena semakin sering ditunda semakin berantakan jadinya. Contoh... Menunda bernafas....
๐Ÿ™„

Waktu itu sesuatu yang tidak bisa diganti, dimajukan atau diundur. Jadi penting bagi kita untuk mengatur waktu supaya nggak ada penyesalan nantinya.

Walaupun sudah baca berbagai macam tips di internet. Saya masih aja bingung ternyata๐Ÿ˜‚
Satu yang masih saya lakukan sampai sekarang adalah bikin to do list melalui aplikasi google keep yang saya jadiin widget di layar hape.

Mohon maap nggak jelas
Jadi kalau buka hape langsung diingatkan artikel apa yang harus segera saya selesaikan. Seenggaknya itu membantu saya untuk nggak terlalu pusing masalah artikel di blog.
Trus saya juga selalu nyalain alarm jm 7 tiap hari, bukan bangunnya jam 7 sob, biar ingat kalau jam 7 itu waktunya publish artikel baru, nggak tiap hari sih sebenernya tapi 2 hari sekali. Alarm aja yang bunyi tiap hari๐Ÿ˜‚
Untuk kegiatan lainnya saya masih pontang-panting karena masalah mood. Lagi-lagi mood jadi alasan. 

Dan karena saya itu tipe orang yang paling ampuh diingatkan dengan kesalahan. Jadi kalau merasa udah kelaman dengan satu kegiatan saya bakal menyesal dan segera melakukan kegiatan yang lain walaupun sambil nubrit nurit alias tergesa-gesa, sistem kebut gitu. 
Dan, kabar buruknya. Akhirnya saya berhenti dulu jadi novelis amatiran. Selain karena saya yang nggak bisa mengatur waktu dan nggak bisa fokus sama banyak hal juga karena idenya mendadak lenyap๐Ÿ˜‚

Saya suka kagum banget sama emak-emak blogger atau pekerja lainnya yang tetep bisa membagi waktu padahal ngurus rumah. Lah saya..  Yang masak aja masih jadi peran figuran kok udah bingung. Karena itu kudu belajar mengatur waktu.

Salam dari saya yang masih jadi orang sok sibuk. 
Oh..ya bagi tips mengatur waktunya dong sob.

See you....










35 komentar

  1. Iyah kak aku juga sama ... yg paling penting mh ditulis dulu soalnya suka lupa


    Kunjungi balik dan jangan lupa tinggalin komentar ka ๐Ÿ˜

    https://aisurunihongo.blogspot.com/2019/10/hyakumonogatari-kaidankai-100-cerita.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya.. Nasib kalau pelupa ya gini๐Ÿ˜

      Hapus
  2. Kadang aku juga begitu. Pengin nulis artikel tapi bingung idenya, akhirnya baca buku kungfu boy untuk cari ide. Eh bukannya dapat ide malah jadi malas nulis.

    Tiga hari ini juga belum nulis artikel, penginnya sih menulis, habis itu jalan jalan, ngga ada yang penting banget ya.

    Aku ingin begini
    Aku ingin begitu
    Ingin ini itu banyak sekali
    Semua semua dapat dikabulkan
    Dapat dikabulkan dengan kantong ajaib.๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah.. Kenapa nggak nulis jurus-jurusnya si kungfu boy mas, apakau ada jurus melenyapkan koruptor?
      Eh, kok ngomongin koruptor, berat jadinya.
      Nggak usah jalan-jalan mas, kan ada si coronah, mending di rumah ae, bantuin istri masak sama cuci baju๐Ÿ˜

      Hapus
  3. Kalau aku yang ditulis dulu pas belanja di minimarket hahah biar ga ada yang kelupaan dibeli. Kalau soal kerjaan, biasanya langsung dikerjakan aja yang runut sebisa mungkin yg penting2 dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kalau disuruh belanja agak banyakan juga selalu bawa catatan mbk, soalnya saya ini emang agak pelupa๐Ÿ˜

      Hapus
  4. Krn sempet ngantoran, dan skr udh resign, aku terbiasa ngikutin waktu. Makanya supaya ga jenuh di rumah, akupun bikin schedule tiap HR nya mba.

    Mulai dari solat subuh, trus siapin peralatan sekolah anak di rumah. Biasanya sampe jam 10 tugasku ngawasin mereka dulu. Setelah itu baru jdwalku utk membaca 3 jam sehari. Di sini aku pake utk baca list bacaan yg udh aku buat, termasuk BW. Setelah itu istirahat bntr nth makan dan Zuhur, baru 2 jam berikut Drakor :p. Baru kemudian bikin draft tulisan utk blog 2 jam. Istirahat lagi, main Ama anak2, makan malam. Jam 9 malam aku selalu nyempetin workout pake YouTube. LBH suka malam drpd pagi. Supaya tidur LBH nyenyak :D.

    Tp jdwal begini ga tiap HR sama. Adakalanya waktu tertentu itu aku bikin utk belajar masak 1 resep. Tp seminggu sekali aja :p. Yg ptg ga lupa Ama dapur :p. Pokoknya ada schedule jam nya deh. Krn kalo g ada itu biasanya aku juga jd sembarangan aktifitasnya. Yg ada malah setengah2 mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwah...uwah... Mbak fanny keren bingin sih๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
      Duh, saya jadi malu, masih muda tapi nggak bisa ngatur waktu. Jadi pengen ngikutin caranya...
      Malah saya yang temotivasi sama komentarnya mbk fanny๐Ÿ˜‚
      Tapi emang keren banget sih. Dulu... Banget pas masih sekolah saya pernah coba bikin jam-jam an juga tapi gagal.
      Makasih motivasinya mbk fanny๐Ÿ˜Š

      Hapus
  5. Tips atur waktuku sama Mbak Astria hampir sama juga ternyata. Paling suka kalau mencatat dan atur prioritas, walau kadang juga mbeleset huhuhu.

    Terima kasih sudah menuliskan tips-tips ini ya Mbaaak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, tapi saya masih bel konsistem sih atur waktunya. Masih suka nurutin mood๐Ÿ˜ masih belajar juga ini.

      Hapus
  6. Aku pun juga suka begitu, Mbak Astria. Gak bisa fokus. Pengen nulis, pengen baca buku,pengen nonton film. Pokok pengen melakukan semuanya. Tapi semakin banyak maunya, semakin gak ada yang terpenuhi.๐Ÿ™ˆ Kyk kali ini: nulis gak selesai, baca buku gak selesai, nonton film pun ujug-ujug jadi gak mood. Akhirnya tidur teruuuuus, saking gak mood nya.๐Ÿ˜…

    Tapi ada saat yang lebih parah daripada itu. Itu adalah waktu kehabisan ide. Blas gak bisa nulis gara-gara gak tau mau nulis apa.๐Ÿ˜ญ Kapan-kapan bikinin cara mengatasi writer's block dong, Mbak Astria ๐Ÿ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang mbak, besok mbak Astria akan bagikan tips agar bisa nulis tiap hari seperti mbak Rey. Tunggu saja acaranya di Astria TV.๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Waduh... Astria TV chanel yang mana sih mas๐Ÿ˜‚

      Saya juga sering writer's block mbk roem. Masih bingung juga mengatasinya. Parahnya kalau bingung mau nulis apa bukannya cari ide malah maen game๐Ÿ˜‚
      Harusnya kan bertapa di bawah pohon biar dapat wasit ya, eh wangsit.

      Hapus
    3. Astria Tv channel-nya tentu saja ada di YouTube. ๐Ÿ˜Š

      Jangan lupa like dan subscribe ya, biar terkenal dan jadi artis. Siapa tahu nanti ketemu Lee Min Ho, kalo ngga bisa ya Vicky Prasetyo.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  7. nah jangan ditunda-tunda itu penting banget mbak
    makanya buat to do list meski enggak kaku penting
    saya nulis juga pagi biar masih fresh
    baru entar editnya agak siangan sambil BW
    belajar bahasa inggris juga sih

    salut sama mbak astri rajin update blog dan konsisten sama waktunya
    semoga tetap istiqomah ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya saya mau bikin to do list baru aja, trus saya tempel di dinding biar pas bangun tidur langsung kelihatan๐Ÿ˜
      Biar nggak dengan sengaja ditunda.

      Hapus
  8. Lha, kak Astria kok sama kayak aku. Aku juga orangnya sok sibuk ๐Ÿคฃ
    Mau nonton drama, mau baca buku, mau nulis di blog, mau blogwalking dan balas komentar, kok rasanya waktunya selalu nggak cukup gitu ๐Ÿ˜ซ

    Sepertinya aku harus mengikuti cara kak Astria yang bikin to-do-list dan dijadikan widget di hp deh, patut untuk dicoba nih.

    Terima kasih untuk tips-tipsnya kak! Semoga habis ini kalau masak nggak jadi peran figuran aja ya #lho *padahal aku juga senasib ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aha..ha. Iya mbk lia, ayo belajar mengatur waktu bareng-bareng๐Ÿ˜
      Amin deh, udah masuk target juga lho sebenernya kalau tahun ini harus bisa masak, tapi kok yo masih suka kebanyakan garam kalau emak enggak ada๐Ÿ˜‚

      Hapus
  9. jangan ditunda tunda itu top-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyups bener banget, menunda nggak menyelesaikan apapun

      Hapus
  10. berasa 24 jam nggak cukup yah..
    Sama duonk. saya juga tipe yang
    "Aku ingin begini
    Aku ingin begitu
    Ingin ini itu banyak sekali
    Semua semua dapat dikabulkan
    Dapat dikabulkan dengan kantong ajaib.๐Ÿ˜‚" kalau kata Mas Agus mah.. hahah
    kadang kalau lagi ngoyo yah bisa tidur larut malem, terus besoknya pas kerja yaudahh ngantukk..
    Tapi skrang lagi berusaha buat nggk terlalu ngoyo. Lagi sayang badan.. haha
    Sekenanya aja, yang penting komitmen, seminggu sekali semisal. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tubuh harus tetep number one donk, kalau badan nggak sehat ngapain aja jadi males. Saya waktu kerja dulu banyakan tidurnya pas hari libur. Bikin artikel juga jarang pernah sampai sebulan nggak nulis๐Ÿ˜‚
      Tapi kalau lagi aku ingin begini aku ingin begitu, capek juga saya paksa biar hidup nggak terasa seperti kerja dan tidur terus๐Ÿ˜‚

      Hapus
  11. Sama sih mb Astria. Aku juga maruk pengen ngerjain semuanya eh tapi buntutnya nggak ada yang kelar karena fokus bercabang. Hahaha masih mencari gimana harmoni ngatur waktu yang cocok untuk diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heem, susah ya ngatur waktu. Kadang ada aja hal lain yang bikin jadwal jadi berantakan. Emang ngatur diri sendiri itu berat๐Ÿ˜‚

      Hapus
  12. The power of menulis itu buanyaaakk banget manfaatnya dan berasa banget.
    Saya kan pelupa banget orangnya, dengan kerjaan seabrek, terpaksa memaksakan diri untuk menulis to do list.

    Dan memang jauuhh lebih produktif, saya tulis to do listnya di malam hari buat hal yang bakal saya kerjain besok, terus besoknya mulai dikerjakan satu demi satu, malamnya saya cek lagi, apa yang belum bisa saya dahulukan, dan memang lebih mudah membedakan mana yang prioritas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, bikin to do list bikin kita nggak bingung mau ngapain dulu. Jikin nggak malas juga lho buat saya. Soalnya kalau udah bikin to do list pekerjaan rumah bantuin emak saya bisa rajin, kalau nggak ada to do list, sok lupa diri๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. hahahaha, itu lupa beneran atau dilupa-lupain say? hahahaha.

      tapi beneran kalau ada catatan bisa dicek, kalau enggak, pasti bakalan nunggu disuruh mamak dulu hahahaha

      Hapus
    3. Wkwk... Seringnya dilupa-lupain mbk๐Ÿ˜‚. Kalau udah bikin catatan di google keep kan kelihatan tiap buka hp jadinya inget kalau ada tanggung jawab di rumah.

      Hapus
  13. Aku juga sama mbaa, suka (sok) sibuk sampai 24 jam rasanya kurang terus. Banyak yg ingin dilakukan ini itu, to do list segambreng ga abis2.
    Tapi bener sih, kayaknya karena aku belum bisa memanajemen waktu dengan baik. Makasii tips2nya mba ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbk thessa๐Ÿ˜Š, kalau menurut saya ibu rumah tangga tuh selalu bikin salut karena tetep produktif padahal disambi ngurusin rumah.

      Hapus
  14. Iya sehari 24 jam sepertinya kurang. Aku juga sama ingin melakukan sesuatu tapi ditunda-tunda. Seperti nulis artikel jadi nya seminggu sekali. Aku masih sulit membagi waktuku untuk menulis karena aku juga ngurusin ortu ku yang sudah manula. Semoga bisa terus nulis artikel..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga orangtuanya sehat terus ya mbk. Walaupun jarang tapi terus-menerus itu namanya konsisten mbk. Semangat terus mbk fidy๐Ÿ’ช๐Ÿ˜Š

      Hapus
  15. samaaaa mbakkkkkk, tos dulu lah kita
    aku pengennya ini, mau ngerjain itu, balik ini lagi.
    tapi akhir akhir ini aku berusaha untuk menaati waktu yang aku buat
    misal : hari ini mau nyelesain tulisan ini, ehh pulang kantor ngantuk, tapi masih sempat BW sampe tengah malam. mikirnya dilanjut besok, eh besoknya agak males, tapi paling nggak molornya juga nggak jauh-jauh banget
    karena next day nya mungkin ada kerjaan yang harus aku selesaikan, biar nggak ketumpuk juga

    membuat to do list biasanya aku buat untuk kerjaan kantor aja, untuk di hape.
    kalau list blog atau apapun diluar kantor, kayaknya aku tulis di buku biasa yang aku sandingkan dengan laptop dimeja kerja rumah aja.

    iya mba aku dulu waktu kuliah nulis draft novel, karena saking sok sibuk main, akhirnya idenya ilang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss.. Balik mbk๐Ÿ˜
      Buat orang sibuk yang selalu bikin to do list, saya selalu kagum. Soalnya saya bikin to do list karena banyak nganggurnya. Saya juga nulis di buku mbk, tapi kadang males buka buku, jadi ada yang ditulis di hape karen dilihat tiap waktu. Ada juga yang ditempel di dinding๐Ÿ˜

      Ide kalau nggak segera dituangkan atau dicatet pasti ilang rasanya. Saya sering banget gitu.

      Hapus
    2. hahahaha samaan ini, banyak samanya, entahlah banyak "virus-virus" pengganggu dan pemalas yang seliweran soalnya

      Hapus


EmoticonEmoticon