Salju dan 9 fakta uniknya yang harus kamu tahu

Via.pexels

Sebagai seorang saya...
Apaan dah🙄
Sebagai seorang saya, dari kecil sampai setua ini saya pengen banget yang namanya lihat salju, kalau udah lihat mau maen juga sih wkwk...😂
Karena itu dulu punya mimpi pergi ke jepang, sekalian buat ketemu naruto, mao minta tanda kaki sama foto bareng.
Lah, makin gak jelas🙄

Tapi "ketika mimpimu yang begitu indah tak pernah terwujud..ya sudahlah....🎶🎶
Seenggaknya saya nggak nangis guling guling murah karena nggak terwujud.
Sadar diri, sadar keaadaan.

Untuk sedikit mengobati rasa kecewa tersebut saya kepo-kepo dikit soal salju. Belajar teori dulu siapa tahu entar bisa praktek
He..he...

1. Kita mulai dari warna salju. Selama ini saya kira warna salju itu putih. Ya emang kelihatannya di mata putih. Kelihatan dari TV maksudnya.
Kalau ditanya orang warna salju apa? Pasti jawabnya juga putih.
Tapi ternyata salju itu nggak berwarna putih lho....
Warna asli salju adalah bening, 
Sebening hatimu.
Ea... Gombalan mukio😂😂 lagi beraction.
terlihat putih karena salju memantulkan cahaya yang ada di sekitarnya. Sudah paham?
Kalau belum, ya udah.

2. Di Bumi ini seberapa luaskah salju berkuasa? Ternyata hanya sekitar 12 % bagian Bumi yang diselimuti oleh salju atau sekitar 21 juta kilo meter persegi. Hemm... Kalau itu luas tanah saya, kayaknya saya bisa bikin negara sendiri deh, atau nggak bikin kontrakan biar bisa jadi nyonya kontrakan yang tiap bulan tinggal nagih aja😂. 
Ehe...

12 % tersebut juga  merupakan cadangan air segar bumi. Dan dimana kalau semua salju itu meleleh artinya kita semua harus bisa berenang, dan saya nggak bisa berenang. Yakali mau ikut donal.
🙄
Alias global warming. Sekali lagi saya ingatkan. Cintai lingkunganmu seperti kamu mencintai dia. 
Dia yang udah halal ya.

3. Saya pengen banget lihat salju tapi kalau disuruh tinggal di tempat bersalju dengan udara dingin selama beberapa hari aja kayaknya saya auto umbelen(ingusan) dan bakalan demam. Auto kangen juga sama tungku kayunya Emak.
Saya suka banget duduk di depan tungku kayu, karena Emak nggak punya kompor. Dulu waktu dikasih kompor gratis sama pemerintah malah dijual, katanya takut meledak.
Eh... Malah curhat😂

Ada lho tempat tempat yang kalau diselimuti salju, saljunya bakalan tebel banget, ketebalan yang nggak main-main. Seperi Sapporo Jepang, Yakutsk Rusia, dan Quebec Kanada. Di sana suhu rata-ratanya selalu minus. Bahkan di Yakuts Rusia bisa sampai -50 derajat. Gak kebayang. Gak berani mandi pastinya, bau pastinya. Mengurung diri aja di dalem sarung, hibernasi.
Beruang kali🙄

4. Bukan rahasia lagi kalau bentuk salju itu sebenarnya nggak bulat-bulat kecil kayak kotoran kambing, tapi indah banget dengan sudut-sudut yang sama. Walaupun bentuknya beragam tapi bentuk salju selalu punya 6 sisi yang sama lho. Kenapa kok bisa begitu?
Hal itu karena adanya molekul hidrogen dan oksigen yang bergabung dalam butiran salju sehingga membentuk bentuk hegsagonal.
Sejauh ini ada sekitar 36 bentuk kepingan salju yang telah ditemukan.

Wah.. Ternyata nggak sesederhana yang kita pikir ya.
Itulah yang namanya keajaiban. Segala sesuatu yang kita pikir sederhana, biasa, ternyata menyimpan rumus yang mungkin nggak kita pahami.
Ngomong opo sih nduk😂
Ya, pokoknya gitu lah.


5. Biasanya ukuran dari kepingan salju hanya 1,5 inchi aja tapi ada lho salju yang berukuran sampai 15 inci. 
Tahu inchi nggak sih, itu low yang imut, sukanya loncat-loncat.
Kelinci🙄

Kepingan salju ini ditemukan di Fort keogh, Montana pada Januari tahun 1887 lalu oleh seorang peternak. Dan dinyatakan sebagai kepingan salju terbesar yang pernah ditemukan
Uwah pasti keren banget ya. Cuman kalau jumlahnya banyak kira-kira sakit nggak ya kena badan?
Mari bayangkan bersama saya🤔

6. Badai salju sering menjadi momok yang menakutkan. Karena badai salju yang turun dalam waktu lama ternyata memiliki kekutan yang setara dengan bom atom.
Tahu bom atom kan, bukan kacang atom loh, Itu sih enak, buat yang suka, kalau saya enggak.
Bercanda mulu dari tadi🙄

Kenapa bisa begitu? Itu karena badai salju yang turun dalam waktu lama bisa membawa 40 juta ton salju. Bayangin aja sebanyak apa itu... 

7.  Yah namanya fobia ada macam-macam jenisnya. 
termasuk fobia sama salju. Orang yang takut dengan salju disebut dengan Chionophobia berasal dari bahasa yunani "chion" yang berarti salju.
Orang yang punya fobia ini biasanya pernah mengalami kejadian tragis yang berkaitan dengan salju. Misal, waktu kecil kepleset salju terus jatuh, giginya copot.
Kayak saya dulu yang fobia sama kursi besi gegara pas nikahannya paman saya, saya jungkir balik pas naik itu kursi. Efek kurang tinggi sih kayaknya😂

8. Sebenarnya di Indonesia sendiri juga ada salju lho. Kalian pasti tahu kan, salju abadi yang ada di puncak Jaya wijaya. 
Tapi salju abadi tersebut dikabarkan bakal menghilang, lenyap tak bersisa dalam kurun waktu satu dekade. Sedih banget pastinya😟.
Mana belum ada yang ngajak ke sana.
Ajak dong sob....
Modus ae🙄

Hal itu dikarenakan perubahan iklim dunia, global warming yang makin lama bikin bumi makin panas.
Yah emang, nggak ada yang abadi. Seenggaknya Indonesia pernah punya salju juga.

9. Tahu igloo? Bukan joglo, bego apalagi jomblo ya😁
Igloo merupakan rumah yang terbuat dari balok es yang biasanya kita lihat di kartun-kartun itu low. Suku Inuit yang tinggal di Greenland, Kanada utara atau Alaska membangun rumah igloo untuk menjaga tubuh tetap hangat. Yang jadi pertanyaan saya dulu, kok bisa es yang dingin malah bikin hangat?
How can this happen. Kok iso, piye?

Ternyata karena balok es yang tebal tersebut menahan panas pada tubuh kita agar tidak keluar. Ini juga menjelaskan kenapa kita bisa merasa dingin. Dingin timbul karena panas yang keluar dari tubuh kita bukan hawa dingin yang masuk tubuh. Jadi kalau hawa panas tubuh tidak keluar maka kita tidak akan kedinginan.

Kira-kira itulah beberapa fakta unik salju yang bisa saya sajikan. Udah kayak makanan aja di sajikan...😁
Tapi setelah baca sana-sani saya jadi berpikir juga bahwa ternyata musim dingin dan salju nggak semenyenangkan yang saya pikir. Apalagi buat orang asing yang nggak pernah liat salju, yang biasanya malah panas-panasan sampai item belang kek zebra.
Menurut pengalaman beberapa orang indonesia yang tinggal di luar negeri, saat musim salju mereka yang belum biasa akan merasa cukup tersiksa karena udara yang terlalu dingin. Kulit kering, badan gemeter, mati rasa, dan baju kudu lapi-lapis kaya kue lapis. Pokoknya ribet dah.
Jadi mikir 2 kali... Saya pilih mau lihat salju tapi nggak mau yang terlalu dingin😂 masuk angin entar.

Nggak ada yang bisa dipilih sih.

See you....




29 comments

  1. yang saya tahu pertama kali dulu saat baca ternyata bentuk salju tak sesedernaha nampaknya, tapi indaaahhh banget. Tapi bersyukur hidup di negara indonesia yang hangat, kalau kena salju tiap hari di musim dingin kayaknya bakal flu terus saya mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbk. Kalau harus tinggal di tempat yang ada musim saljunya kayaknya bakal flu terosss. Apalagi saya ini kena dingin dikit langsung bersin-bersin, nyampe capek😂
      Tapi tetep pengen lihat salju sih

      Delete
  2. Aku termasuk yg cintaaaaaa bangetttt Ama winter dan salju mba :D. Mungkin Krn aku ga kuat panas yaaa, jd ga terlalu suka jalan ke tempat2 yg panas. Makanya aku slalu traveling di saat winter. Sebisa mungkin cari kotanya yg salju tebel :D. Impianku pgn ngerasain winter di Finlandia, tempat suami dulu pernah tinggal 4 THN. Saljunya bisa tebel bgt dan bisa mencapai minus 30. Duuuh aku ngebayangin ya aja udh girang. Pgn bangettttt tinggal di tempat sedingin itu. Suhu terendah yg aku prnh rasain cm minus 14.

    Aku juga baru tau kalo tekstur salju itu beda2. Di Jepang, salju yg turun di shirakawa itu tebel, tp ternyata ga terlalu lembut seperti salju di Hokkaido :). Kalo di Hokkaido itu kayak tepung pas dipegang. Yg di shirakawa kayak es serut hahahahah.

    Trus baru tau kalo salju udh mengeras jd es, ya ampuuun licinnya ga kebayang hahahahaha. Krn aku berkali2 kepeleset pas jalan di salju yg udh mengeras :p. Belajar dari situ, aku jd prepare juga sol sepatu khusus utk jalan di atas es. Supaya ga gampang jatuh :D.

    Yg paling ga enak kalo pas ngetrip saat winter, peralatannya jd banyak dan ribet memang :D. Tp dibanding Ama keseruan yg didapat, rela deh bawa barang LBH berat :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwah... Pengen aku tuh😍
      Pergi ke jepang terus main salju. Walaupun kalau di sana bakalan bersin2. Di sini aja kalau pagi suka kedinginan trus flu dadakan😂.
      Jadi ngayal nih, lari-lari di atas salju plus rebahan, auto jadi elsa gadungan.
      Saya juga pernah baca tuh mbk. Katanya salju yang diinjek terus-terusan bisa beku dan licin banget, bahaya ya kalau kepleset.

      Delete
  3. Aku juga sama dengan mbak Astria dari dulu pingin banget lihat dan memegang salju.
    Belum kesampaian..
    Ayok sebelumnya kita berhalu ria dulu yuk.. pergi ke Jepang saat winter dan ke Quebec Canada.. wah asyiik bisa ikutan syuting Breaking Dawn 3 teruss lanjut ke Switzerland... belajar main ski diatas salju.. yang dikelilingi pegunungan Alpen berselimut salju
    Lagi asyik main ski tiba-tiba bruukk..!! astaga aku jatuh ke lantai karena mimpi..hiks.😥.nggak apa nggak sakit kok 😄 aku bersyukur masih berani bermimpi.. karena suatu saat mimpi itu bisa jadi kenyataan..😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aha.. Sama dunk mbk fidy😃
      Nggak apa-apa deh berhalu ria dulu. Seperti kata mbak fidy kita harus berani bermimpi, ya siapa tahu kan suatu hari jadi kenyataan😁
      Halunya saya nambah satu nih, mau minta tanda kakinya naruto
      (Masih aja ngayal)
      Mue...he...he...

      Delete
  4. Tiap lihat gambar salju kayak di post ini aku cuma melongo ..., teringat cerita mamaku dan kakak sepupuku yang liburan ke Swiss.
    Mamaku cerita saat itu naik kereta tur, terus sama leader tour diwanti-wanti untuk orang yang usia diatas 50 tahun tidak dianjurkan turun dari kereta saat kereta berhenti beberapa menit, cukup melihat salju dari dalam kaca kereta.
    Kakak sepupuku nekad ikut turun dari kereta.
    Yang terjadi kemudian .. kakak sepupu nyaris koma karena ngga kuat suhu ekstrimnya.
    Dia digotong peserta tur lain dan diambil tindakan medis di dalam kereta. Untung terselamatkan.

    Aku sendiri diceritain begitu cuma melongo sekaligus sedih .., kapan aku bisa lihat salju seperti mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceritanya ngeri juga mas, alhamdulilah kakak sepupunya nggak papa ya. Suhu yang terlalu dingin pun ternyata juga bisa bahaya kalau nggak kuat. Sarung aja nggak cukup untuk mengahalau dingin disana, kecuali sarungnya ada 100 sarung.
      He..he...
      Mari berdoa bareng mas, moga entah kapan bisa lihat salju di negeri bersalju😁

      Delete
    2. Kejadian kakak sepupu itu bisa buat pedoman kalau suatu saat nanti kita-kita kelaksana lihat langsung salju kayak gimana.
      Yang rencananya pengin ngerasain berdiri di atas salju kayak gimana malah hampir celaka.

      Delete
  5. Pengen banget suatu saat bisa ke luar negeri berwisata dan merasakan main ski di tengah salju dan pake baju tebel berlapis2 dan main lempar bola salju sama yayang, ah ngayal dulu aja kali ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngayalnya makin asyik kalau sama yayang ya mbk😁, biar kayak di drama korea gitu

      Delete
  6. Di harvest moon juga ada musim salju. Seneng banget soalnya nggk cape2 harus nyiramin tanaman segitu banyaknya.. nyabutin rumput segitu banyak.. hahaha
    Tapi kalau udh ada bada, rumah kacanya bisa ilang.. hahah

    Saya juga seneng sama salju, yah keliatannya bagus sih, tapi kayanya semisal pas ngerasain sndiri musim salju gimana, mungkin bakal berubah pikiran.. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah saya cari tahu, ternyata harvest moon itu permainan ya😁, saya kirain nama tempat wisata. He..he...

      Ketika ngerasain musim salju beneran, mungkin saya juga bakal berubah. Berubah jadi beku😂

      Delete
  7. Baru tau kalo persentase salju di bumi ada 12%,kalo meleleh mah udah tamat riwayat kita mba. Walaupun bisa berenang kek saya, kita masih gak bisa bertahan. Duh seramlah kalo beneran meleleh semua, gak ada penyeimbang di bumi ini.

    Oiya saya juga pengen maen salju. Maklum sekali pun belum pernah maen salju-saljuan, bikin boneka salju ahh pengen😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai global warming makin parah, mau kabur kemana kita? Karena itu lebih baik menjaga dari pada ada bencana.

      Samaan, nggak pernah maen salju😁, pernahnya maen lumpur di sawah😂

      Delete
  8. salju kan dari air juga makanya bening, belum kesampaian pingin kejatuhan salju

    ReplyDelete
  9. Kalo mau salju tapi ngga mau yang terlalu dingin coba ke blognya satria tujuh salju, dijamin ngga bakal kedinginan deh.😄

    Iya ya, kadang saya juga pengi. Main salju tapi ngga kebayang dinginnya. Bisa bisa umbelen terus kayak mbak Astri.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha.. Ha.. Main ke blognya mas satria bukan kedinginan malah sakit perut karena ketawa😂

      Gak papa mas umbelen, biar kelihatan awet muda. Kan anak-anak biasanya umbelen😂

      Delete
  10. Jujur belum pernah rasain salju langsung. Selama ini cuma bisa lihat dari balik layar aja hehehe. Menarik juga nih fakta-faktanya :D

    - Sintia www.sintiaastarina.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata kebanyakan dari kita emang belum pernah lihat salju ya, makanya pengen banget bisa lihat

      Delete
  11. Saya nggak suka panas, tapi entah bisa kuat nggak ya kalau di daerah bersalju?
    Sementara ke Bromo saja saya udah sesak napas lantaran dinginnya.
    Tapi memang kepo juga sih ya, pengen juga gitu bisa sampai menyentuh salju, bermain salju, apalagi kalau bareng anak-anak, bismillah semoga Allah izinkan, aamiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbk rey, semoga entah kapan bisa pergi lihat salju yang sesungguhnya😁, apalagi ama kekuarga, mungkin dinginnya nggak begitu terasa karena ada kehangatan dari keluarga😊

      Delete
  12. Salju, pertama kali dilihat, semangat banget. Tapi lama-lama biasa aja, apalagi kalau udah kudu jalan di atas salju yang memadat, licin, heuheu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi makin pengen nih, apa saya juga akan merasa begitu😁
      Saya juga pernah baca kalau salju yang diinjek dan memadat itu jadinya emang licin banget....

      Delete
  13. Saya setiap musim salju biasanya di Korea mba, dan saya termasuk yang suka salju tapi memang untuk sebagian orang yang nggak terbiasa salju, efeknya lumayan juga ke badan 🙈 kulit ada yang sampai kering, bersisik dan bahkan sakittt seperti pengalaman teman saya. Terus ada juga yang nggak terbiasa dingin jadi alergi bentol sebadan-badan dan masuk rumah sakit.. belum lagi kalau harus menghadapi udara kering jadi mimisan setiap pagi (naini saya, biasa awal awal perubahan ke suhu dingin, hidung mulai nggak enak, terus besok pagi mimisan tapi kering bangettt darahnya menyatu dengan kotoran hidung 🤣)

    Butuh adaptasi jadinya hehehe. So, sebisa mungkin saat mau main ke tempat salju harus adaptasi suhu tubuh dulu mba agar mengurangi after effectnya ke tubuh mba 😁 saya doakan semoga suatu hari nanti mba bisa lihat salju langsung ya, and indeed, salju itu sangat cantik dan indah 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbk doanya, jadi terharu saya...😊 Amin-amin ya Allah pengen lihat salju.
      Tapi serem juga ya, bisa sampai mimisan mbk, kulit kering, bersisik, bentol-bentol. Semoga saya tahan deh...
      (Kayak udah fix mau berangkat aja😁)

      Delete
  14. manusia ini pengennya banyak ya kayak aku yang berandai andai, coba indonesia berada di garis yang bisa mengalami 4 musim, tiap taun bisa liat salju turun bla bla bla.
    di satu sisi bangga juga indonesia di lalui garis khatulistiwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Iy mbk, ini namanya keinginan bukan kebutuhan😁. Sifat dasarnya manusia.
      Bangga banget sama Indonesia yang spesial. Yang lempar biji salak aja bisa tumbuh dengan mudah.

      Delete


EmoticonEmoticon