Membahas singkat tentang "Lupa"

Via.pexels

Assalamualaikum sob😁

Saya seneng banget deh karena akhirnya bisa gabung komunitas 1minggu1cerita.
Uwah... Rasanya excited😃.
Lagi-lagi ini karena saya mampir ke blognya mbak Reyneraea. Saya jadi inget kalau dulu pengen gabung 1minggu 1cerita tapi nggak berhasil, entah karena apa 

Belum banyak yang saya pahami sih, tapi yang masuk ke otak saya pertama kali adalah, batas setor tulisan tiap akhir minggu.

Lhadala... Besok kan udah minggu yak
Omigot, saya kudu buru-buru bikin donk, jangan sampai sebagai anggota baru saya melanggar peraturan.
Dan berdasarkan info yang saya lihat di berita admin, tema minggu ini adalah "lupa"

Kebetulam, saya ini orangnya pelupa. Naruh pulpen dimeja, nyarinya di kamar, naruh cemilan di kamar nyarinya di dapur. Naruh cinta ke dia, nyarinya ke kamu.
Ups...
Canda✌

Berdasarkan wikipedia, lupa adalah proses ketika seseorang kehilangan ingatan jangka pendek. Jadi biasanya beberapa menit atau jam kemudian kita bakalan ingat lagi.
Tapi ada yang tahu nggak sih, bagaimana seseorang bisa merasakan yang namanya "lupa"?
Mari kita bahas, singkat-singkat aja.

Otak manusia memang hebat, tapi kita tetap punya batas kemampuan dalam mengingat. Apalagi jika informasi yang kita dapat ada banyak tapi hanya kita lihat atau dengar secara singkat. Sudah dipastikan otak kita hanya akan mengingat beberapa hal saja. Selain itu kita juga bisa lupa jika kita tidak menganggap sesuatu hal itu penting untuk diingat. Misalnya pas pelajaran di sekolah....😂
Bandel emang.

seiring berjalannya waktu otak kita juga akan melupakan hal-hal yang tidak berkesan, hal-hal yang tidak kita lakukan secara berulang dan hasilnya hanya ada sisa-sisa memory aja.

Tapi lupa juga bisa disebabkan karena beberapa faktor lho, seperti stress, alkohol, kurang tidur, dan tentunya usia. Kalau saya.. Mungkin karena kurang tidur dan stress. Maklum hobinya begadang nonton anime, baca buku, baca komik😁

Walaupun sepele, tapi lupa yang keseringan bisa jadi merupakan tanda penyakit. Juga merupakan hal yang cukup menyebalkan. Misalnya, saya lagi jalan keluar rumah trus lupa kalau helm ketinggalan... Nah pas balik ke dalam rumah tiba-tiba
  "Tadi mau ngambil apa ya?"
Karena nggak inget juga akhirnya keluar lagi. Nggak tahunya di jalan raya ditilang pak polisi.
  "Salah saya apa sih pak, saya bawa sim kok" ngegas karena merasa benar.
Sambil geleng-geleng pak polisi nunjuk kepala.
Ish,  Malu dah, pengen tutup muka aja.
Tenang itu bukan pengalaman saya kok, cuma misalnya😂

Nah untuk mencegah hal memalukan semacam itu, karena mencegah lebih baik dari pada mengalami maka kita bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk mempertajam ingatan biar setajam silet.


1. Menjaga kesehatan
Iyaps... Menjaga kesehatan adalah tips pertama agar kamu nggak jadi orang yang pelupa. Menjaga kesehatan dengan cara, tidur yang cukup, makan makannan bergizi, nggak minum alkohol, dan rajin olahraga bisa membantu otak kamu untuk terus sehat.
Cobain kuy...😁

2. Aktif
Aktif di sini maksudnya kamu menjadi orang yang aktif, bisa melalui olahraga juga kan atau melalui hobi. Menekuni hobi kalian bisa membantu otak untuk terus berpikir positif lho, kalau kamu happy, tubuh juga sehat, otak pun senang.

3. Buat catatan
Daripada pusing mikir entar mau ngapain tapi takut lupa, mending dicatat aja. Iya nggak....
Bikin catatan di buku atau smartphone kalian.

4. Jangan lupa sarapan
Hayooo... siapa yang suka lupa sarapan.
Ckckck, Padahal sarapan itu penting banget lho. Gimana mau jadi orang yang sehat kalau sarapan aja nggak teratur. 
Gini nih penjelasan singkatnya.
Ketika tidur tubuh kita beregenerasi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dimana itu semua membutuhkan banyak energi. Terus pas kita bangun, kita malah seenaknya nggak sarapan dan biarin tubuh kita nggak dapat energi, termasuk otak.
Jahat banget kan....
Setelah ini jangan lupa sarapan yak.

Kalau dari saya pribadi, ketika ada benda yang lupa naruh di mana, pasti bakal kerja sama dengan emak. The power of emak kayaknya, tahu aja tu benda nyelip di mana.

Akhirnya, kelar juga setoran pertama saya😁. Semoga ke depannya makin semangat dan nggak lupa buat setor lagi. 
Dan untuk sobat semua, jangan lupa jaga kesehatan, tahu sendiri kan si covid lagi berkeliaran. 
Satu lagi yang paling penting, jangan lupa buat jaga ibadahnya

See you...










31 comments

  1. Informasi yang sangat bermanfaat.. lope lopee

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Iya mbak, cuman karena lagi musim covid pikniknya pindah aja di rumah😁

      Delete
  3. Betul mba, menjaga kesehatan sangat berpengaruh pada otak kita, karena darah juga jadi lancar mengalir ke otaknya :D ehehehehe.

    Dan saya pribadi pun perkara lupa ini selalu mencoba menjaga ingatan dengan membuat catatan khusus especially soal pekerjaan meski catatannya mungkin cuma saya saja yang bisa baca karena tulisannya berantakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah bener belom ya yang saya hapus...😁
      Nggak cuma buat otak aja ya mbak, jaga kesehatan juga penting buat tubuh. Saya kalau takut lupa juga kadang bikin catatan, atau alarm.
      Padahal belom tua amat. Tapi kok ya sering banget lupa😁
      Eh, giliran rupiah aja inget terus😂😂

      Delete
  4. menarik tulisannya mbak. Agar kita tidak lupa..

    ReplyDelete
  5. wah gw juga mau gabung di grup satu minggu satu cerita, kebetulan blog ku juga lagi aktif kok :D.. buat catatan adalah cara yang simpel buat kita selalu inget, tapi ya gak semua bisa di catat, kayak misalnya tadi lupa naroh pulpen, apa harus di catat juga :D.. yang pasti sih jangan lupa jaga kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas yang penting dijaga kesehatane. Kalau misal naruh pulpen dicatat segala, eh giliran pulpennya ilang beneran, lupa kalau punya catatan, maka harus dicatat kalau udah nyatat pulpennya ilang.
      Ribet banget yak😂
      Saya kalau lupa naruh pulpen pasti muter kemana-mana, kalau nggak ketemu yaudah pensil aja jadi. Entar juga ketemu sendiri tu pulpen.

      Delete
  6. membuat tempat yang seharusnya. setiap barang tentu ada tempatnya. kalaupun dapat di misscall biar bunyi wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asyik kalau benda yang ilang bisa dimiscall😃, apakah hati yang hilang juga bisa😂. Tapi dapat nomernya dari mana ya...

      Delete
  7. Ngomong-ngomong soal lupa, itu juga merupakan salah satu anugrah. Sebab kamu tidak bisa tidur, sebelum kamu melupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya.. Lihatlah kebaikan dari hal buruk yang terjadi. Kalau sampai orang nggak bisa lupa, entah gimana rasanya sakit hati tiap hari.

      Delete
  8. emm, kalau mas . kenal lupa ketika melakukan perjalanan eh ketinggalan dompetnya.
    semangat trus ya adek blogger mas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dompet ketinggalan kayaknya saya juga pernah mas, tapi nggak masalah karena dompet saya nggak ada isinya😂
      Makasih semangatnya mas😁

      Delete
  9. Wah ikut gabung blogger satu Minggu satu cerita ya, kalo blogger cowok boleh ikut tidak ataukah cuma untuk blogger cewek?

    Oh iya soal lupa, itu memang hal lumrah dialami oleh manusia, tapi memang kadang menyebalkan misalnya seperti lupa pakai helm tapi nyantai saja ketika ada operasi.😂

    Aku kurang tidur apa ya, soalnya memang pelupa, bahkan mau komentar apa juga kadang lupa. Oh iya, ini blognya siapa ya kok lupa juga.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya boleh kok mas, soalnya saya lihat ada nama cowok juga.

      Eh, mas agus lupa. Saya ingatkan lagi deh. Ingetin apa ya, saya kok juga lupa🤔
      Hem...lupa bisa nular juga ya
      Bahaya nih bahaya.

      Delete
    2. Wah, ternyata bukan suka hutang juga yang bisa menular, tapi lupa juga ya.

      Apa hubungannya ya.😂

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Aku mau ikutv gabung group 1 minggu 1 ceeita akh.. hehehe..tapi kadang meleser sampai 8-10 hari baru bikin artikel wkwkkwk.. nggak boleh ya? Aku harus disiplin komitmen minimal satu minggu satu cerita.
    Bener mbak penyakit lupa itu harus dibasmi tuntas dengan cara kita harus aelalu aktif misalnya aktif bewe ke sana sini. Terus masalah sarapan ini yang kadang aku nggak teratur kalau pagi aku nggak bisa makan nasi bisanya cuma ngemil roti atau kue.
    Sarapan nya siang itu mah makan siang namanya.. wkwkwkwk..
    Aayik sekarang mbak Astria sudah aktif lagi ngeblog jadi kita bisa sering silaturahmi..😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he... Iya mbak😁, semangat ngeblog lagi nih. Buruan ikut gabung grup 1minggu1cerita biar belajar konsisten dan nggak males buat update artikel. Biar bisa nambah list bewe juga...😁
      Moga aja ini rajinnya nggak musiman, yang kalau nggak mood bisa ditinggal sembarangan😂
      Salam silahturami😊

      Delete
  12. Sepakat banget sama kalimat di paragraf terakhir, jangan sampai lupa buat jaga ibadahnya :")

    Apalagi disengaja lupa, duh😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, disengaja lupa. Jangan sampai ya..., walaupun kadang saya iya sih😁. Pas lagi kerja trus dikejar-kejar suruh cepet. Jadi nggak solat.
      Istighfar deh...

      Delete
  13. Saya tipikal orang yang gampang lupa sama hal-hal sepele, tapi nga pernah lupa sama hal-hal besar, khususnya yang menyakitkan wgwgw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, emang yang menyakitkan itu nggak terlupakan ya. Makin coba dilupain malah makin lengket dipikiran...
      Heran juga saya😂

      Delete
  14. Bentar bentarrrr....
    Saya ngakak dulu baca ini.

    Lantaran tema lupa ini, saya jadi beneran lupa deh, sungguh nyebelin.
    Padahal saya udah bela-belain nyambungin postingan dengan tema lupa, udah berhasil, dan tahu nggak sih, nanti pukul 1 malam di hari Senin baru saya ingat, kalau saya belom setor di website 1minggu1cerita, huwaaaaa...

    Kaannn kaaannnn...
    Pakai tema lupa segala sih, akhirnya lupa beneran deh hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh.. Kok bisa begitu sih mbak😂, gegara topik lupa jadi lupa beneran dan untungnya yang mengingatkan juga topik lupa.

      Delete
  15. aku kadang ya suka lupa, kalo udah sadar gini biasanya diusahakan mencatat terutama yang ada hubungannya sama kerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih sering lupa naruh benda sih mbk, sumpah sering banget. Kadang berasa kayak orang pikun aja😁

      Delete
  16. duh, tadi mau komen apa ya... kok lupaaaa >_<
    oiya! salam kenal ya~^^ makasih udh main-main ke blog ku xD

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon