Melamun, ada manfaatnya juga lho

Cye... Mara'ah jadi model nih, kayaknya dia lagi ngelamunin, gimana caranya membuat semua manusia jadi rasional🤔

Assalamualaikum😁
Haiya.. Ngaku siapa yang suka ngelamun?
Ih, ternyata saya juga iya. Kebiasaan melamun ini biasanya timbul kalau lagi stress, lagi sendiri, lagi banyak masalah, dll. Tergantung ngelamunin apa tuh. Kalau jatuh cinta ya, ngelamunnya happy.

Melamun itu sebenarnya apa sih? Apakah sayur yang biasanya buat lalap itu?
Mentimun🙄
He..he...
Melamun atau bahasa inggrisnya daydreaming adalah kondisi ketika pikiran seseorang putus kontak dengan lingkungan sekitarnya. Digantikan dengan khayalan visual, seperti hal yang menyenangkan, masalah, impian dll.
Dimana terjadi secara sadar.

Ada yang bilang melamun tak ada gunanya. Ah, masak iya, masak aer aja.  Enggak deh perasaan. Mari kita cek apa aja manfaat melamun.

1. Instropeksi diri

Kadang karena kesibukan harian, kita jadi lupa banyak hal. Seperti instropeksi diri. Melamun, secara nggak sadar bikin kita menyadari apa yang sudah kita lakukan.
Semisal, tadi marah-marah nggak jelas sama temen hanya karena kita lagi bete sama tokoh di drama korea, ckckck....
Lebih dalam lagi kita instropeksi sikap dan sifat kita selama ini. 
"Eh, gue udah setahun hobi banget rebahan nggak bosen-bosen, padahal nggak ada manfaatnya, yang ada, pas keluar rumah dikatain makin berisi aja"

Kita jadi berani mengakui kesalahan dan  dan bisa memperbaiki diri ke depannya.

2. Mempertajam daya ingat

Udah kayak pisau aja dipertajam😂

Kalau lagi ngelamun kita pasti bakal mengingat kembali beberapa hal yang sudah terjadi. Secara nggak langsung kita lagi menjelajah ke masa lalu. Hal ini bikin kita nggak gampang lupa dan nggak pikun pastinya.
Lagipula, lebih baik melamun mempertajam daya ingat daripada nyerocos memperdajam daya lidah, makin lama nyerocos makin pedes ngomongnya. Makin buanyak juga dosanya.
Bahaya nih bahaya....

3. Menyelesaikan masalah

Nggak semua lamunan itu isinya stress semua. Kadang kita ngelamun bukan karena lagi badmood. Tapi sedang menjadi agen FBI yang berusaha menyelesaikan kasus yang sulit. He..he...
"Bagaimana caranya membuat dia jatuh cinta? Apa harus dikasih coklat, tapi dia udah manis, nanti kalau makin manis gimana? Apa harus dikasih bunga? Kasih puisi"
Yah begitualah, melamun dengan tujuan menyelesaikan masalah hati😌
Atau ngelamunin gimana caranya supaya si empus ngaku kalau dia yang nyolong ikan di dapur🤔, atau gimana cara mencerdaskan kehidupan bangsa ini, menghapus kemiskinan dari dunia ini.
Wah berat nih🤔🤔

4. Turunkan tekanan darah

Iya, ternyata melamun juga bisa menurunkan tekanan darah. Ini sudah dibuktikan kleh peneliti di anti stress center. Ketika sedang marah lalu duduk untuk melamun, kita akan merasa lebih lega dan plong.  Apalagi kalau ditemani secangkir susu hangat atau dingin 
(Kalau iut iah tambahan dari saya😁)

5. Kreatif

Ketika melamun, biasanya kita akan memikirkan banyak hal secara acak. Mulai dari sarapan tadi pagi, cicilan sepeda bulan depan, sabun yang mau habis sampai bungkus mie yang lupa belum dibuang. Nggak jarang, kadang kita akan menemukan ide yang nyeleneh atau cemerlang. 
Misal, bikin sepatu roda yang bisa dipakai diberbagai medan termasuk tanjakan tajam dan jalan berbatu dengan kecematan setara mobil balap F1.
Itu ide saya sih😁

Nah...gimana mentimun udah ada manfaatnya kan
Melamun🙄

Kira-kira itulah manfaat dari mentimun banyak getahnya, alias melamun tak ada gunanya, tapi teryata ada tuh....
Iya kan...kan...
Iyain aja lah, biar kelar ini tulisan😁

See you...






37 komentar

  1. Waalaikumsalam mbak Astria, ternyata melamun juga banyak manfaatnya ya, dari melamun bisa jadi kreatif, menyelesaikan masalah tanpa masalah seperti pegadaian, mempertajam daya ingat terutama ingatan tentang mantan yang ngasih surat undangan.😂

    Tapi ada satu yang kurang nih menurutku. Manfaat dari melamun juga bisa menghasilkan uang. Iya, contohnya tuh penulis novel itukan harus melamun biar bisa buat cerita. Kalo novelnya laris dan juga dibuat film otomatis dapat duit banyak dari melamun.😄😄😄

    Sudahlah anda melamar eh melamun hari ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha... Mantan ikut terbawa-bawa😂
      Bener juga mas, kayak mbk jk rowling yang sukses sama harry potternya. Kalau dia nggak negelamunin tentang harry potter pasti saya nggak pernah ngayal pergi ke sekolah sihir trus naik sapu terbang.
      Oh iya, mas agus juga kan suka ngayal dulu sebelum bikin cerpen, hem...🤔

      Hapus
    2. Ngayal sama melamun beda apa sama sih?

      Hapus
    3. Terkait dengan pertanyaanya mas agus, akhirnya saya bikin artikel baru buat jawabnya
      Cekidot aja mas😁

      Hapus
  2. sebentar-sebentar. selama ini asumsi saya melamun adalah berkhayal masalahnya. wkwkwk klo iya ini jadi kontra dengan tulisan sebelumnya wkwkwk.
    eeh ternyata bermakna positif ya.

    seek seek sebentar sinonim melamun apa sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, saya jadi bingung nih😁
      Nggak-nggak, tergantung apa yang dilamunin dulu. Habis ngelamun ngapain? Tapi enggak saya bahas, panjang jadinya...

      Hapus
  3. Kalo aku suka ngelamunin cerita buat next blog post, haha..

    BalasHapus
  4. Bahkan mentimun sendiri aja ada manfaatnya juga lho hahaha.

    Ternyata melamun banyak manfaatnya juga ya. Tapi sekarang kayaknya orang-orang udah jarang yang melamun soalnya udah ada hp dan internet jadi gampang terdistraksi 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ada hape dan internet, jadi jarang ngelamun tapi pas hp dicashm melamunya jadi tingkat dewa... Karena punya banyak bahan lamunan terbaru.
      Itu sih saya😁

      Hapus
    2. Wkwkw bener juga. Jadi makin halu ya karena ada internet 😂
      Apalagi kalau abis lihat cowok ganteng #ehh

      Hapus
    3. Waduh.. Samaan... Abis lihat drakor gitu langsung menggila halunya😂

      Hapus
  5. Aduhduh mara'ah pagi2 uda nglamun, nglamunin apa sih ah di bangku kelas, eh itu bangku kelas kan ahahah

    Hmmm daydreaming bahasa inggrinya mentimun eh maksudku melamun, dulu pas masih muda sering banget nih nglamun
    Tapi anehnya nglamunku malah ti gkat halu mba astria, yaitu nglamunin jadi pemain utama film lawan mainnya ini ini ini, gitu gitu, trus di pikiran malah bikin skenario sendiri sebagai gw bintang utamanya waakkakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu kayaknya hampir semuanya sama, aku juga kadang ngayal jadi pemain utama film silat China yang pemainnya kenyes kenyes gitu mbak.😂

      Hapus
    2. Walah, iya ya.. Saya ngelamunnya dibonceng naik sepeda sama artis faforit😂 trus dia jatuh cinta sama saya atau masuk ke dalam dunia kartun ketemu naruto😂
      Astaga...malu sendiri kalau inget

      Hapus
  6. Melamun ada bagusnya juga sih. KIta bisa berpikir ke depan kira2 mau gimana hihihih cita2nya apa :) Sambil langsung direalisasikan ya mbak :) Enaknya melamun sambil makan indomies jangan lupa bakso, telur dan cabe rawit orensnya wkwkwkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwah.. Enak banget tuh mbk, indomie super pedes. Jadi laper saya.
      Yang terpenting actionnya juga😁

      Hapus
  7. Koq kalo melamun itu sy kirain fikiran kita lagi kosong gitu... Nah kalo sambil diem tpi otak terus muter mah bukan melamun, tapi mikir sambil diem hi hi... Salah yaak ternyata 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak salah kok mbk heny, saya sampai menyiapkan artikel baru lho untuk menjawab kebingungan ini, soalnya saya juga jadi bingung😁 cek aja mbak.. He..he...

      Hapus
  8. Aku juga suka ngelamun nih hehe. Biasanya kalau pas gak ada kerjaan, lagi nunggu, atau pas mau tidur tapi belum terlelap. Selain ngelamun juga suka mengkhayal haha duuhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melamun dan mengkhayal, 2 hal yang nggak terpisahkan dari hidup kita😁 habisnya enak,gratis lagi

      Hapus
  9. Saya suka banget melamun. Sampai pernah kaget diajak omong sama orang lain, hehe. Betul betul, melamun bikin kreatif dikit karena ide2 liar kadang muncul, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak penulis-penulis gitu ya mbk, atau sutradara film. Mereka orang punya imajinasi tinggi dan ngelamunin imajinasinya sebelum dijadikan karya😁

      Hapus
  10. Beberapa point yang mba Astria tuliskan di atas juga saya rasakan, mba 😆

    Saya setiap bangun tidur pasti menyempatkan waktu untuk melamun. Semacam reflek jadi sudah kebiasaan. Saat buka mata, duduk 5 menitan di sisi tempat tidur sambil melamun biasanya 🤭 dan melamun yang mana mengosongkan pikiran though sometimes kadang dipakai untuk berpikir juga, ternyata cukup membantu saya dalam merasa lebih relaks serta fresh dalam menjalani satu hari ke depan 😍

    Terima kasih untuk infonya mba Astria, jadi merasa kalau melamun bukan sesuatu yang sia-sia asal jangan kelamaan 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he. Sama-sama mbk eno, iya jangan kelamaan ngelamunya. Bahaya, ntar malah jadi maladaptive.
      Hu.. Serem.

      Hapus
  11. Wah baru tau manfaat melamun mba, saya kira gak ada gunanya haha, seringnya pagi2 melamunnya kalau malam takutnya jadi kerasukan 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadaw serem juga ya kalau ngelamun malam-malam. Jangan deh mbk..

      Hapus
  12. Ada salah satu tempat yang asyik untuk melamun mbak. Biasanya kalo lagi mendep di tempat itu segala hal kreatif dapa terpikirkan. Hayoo dimana?

    Tempat sejuta umat untuk menuntaskan hasratnya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pasti di Wc dong... 😂lah saya mikirin soal perbedaan ini juga di wc. Aneh ya, tapi kalau bagi saya itulah tempat ide-ide dan pikiran unik bermunculan.
      Bener nggak sih jawaban saya, jangan2 salah nih😂

      Hapus
  13. Waaahh sayaaaaa, sejak kecil suka melamun, saking di rumah aja terus ngendon kek kasur hahaha.

    Ternyata itu kebawa sampai besar.
    Kalau nggak ada medsos, kayaknya kerjaan saya ngelamun aja.
    Melihat bintang, bulan, matahari.
    Eh yang matahari boong sih, kebakar mata ngeliat matahari :D

    Tapi beneran loh, waktu kecil itu kan saya nggak pernah keluar, nggak pernah bisa main sama teman-teman.
    Di rumah palingan baca buku, buku cerita yang dipunya dibacaaaaaaa sampai puluhan kali, kalau udah bosan ya ke depan rumah, apalagi pas malam abis magrib gitu, paling enak melamun di depan rumah, sampai keterusan jadi menghayal hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Saya juga dulu belom kenal hp kerjaannya baca buku mulu mbk rey, udah kelar baca, diulang lagi. Dan juga suka banget lihat bulan.

      Saya beneran pernah lihat matahari langsung, padahal silau banget tapi dulu saya paksain. Gegara berpikir, siapa tahu kalau bisa lihat matahari tanpa kedip nanti bisa lihat hantu padahal saya penakut lho😂

      Hapus
  14. Wah asyik kalau ternyata melamun ada manfaatnya.
    Aku setuju kalau melamun dapat mempertajam daya ingat dan membuat lebih kreatif.
    Kalau lagi melamun memang sering kita nemuin ide-ide cemerlang yang nggak diduga2..
    Ayoklah kita melamun yang mempertajam ingatan daripada nyerocos mempertajam lidah. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mbk, ngelamun bareng bareng dari pada ngeghibah bareng-bareng😂
      Ngelamunin apa ya? Ngelamunin gimana caranya virus corona bisa menghilang, apakah bisa?

      Hapus
  15. Mba Astria ini orang yang super duper lucu kayaknya ya, mematahkan ekspektasi saya waktu pertama tau mba di postingan saya😂 Sebelumnya tuh keliatannya serius tenan gitu, sampe2 mentimum ini bikin saya mesem2 sendiri. Apalagi sama kata psikopet di postingan tentang film The Call yang masih terngiang-ngiang setelah baca tadi😁 (btw maafkan mba gak komentar disana karena aku bingung harus komen apa hikss selain dapet rekomendasi film terbaru hehe thx anyway🙏🏻).

    Ohiya mba, kalau mempertajam ingatannya malah ingatan yg sedih berarti justru gak bagus ya mba kegiatan si melamun ini? Karena dari pengalaman sendiri seringnya melamun tuh saat inget beberapa masa lalu yg gak mengenakan, ujung2nya jadi gelisah sendiri:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Nggak juga mbk. Saya mah orangnya pendiem😁 cuman kadang suka ngoceh aja.
      Oh... Yang waktu itu karena emang tulisannya mbk awl bikin saya baper dan saya juga pernah ngerasain kayak gitu. Jadinya ya begitu, serius deh😁

      Ngelamunin masa lalu yang sedih itu, barengan sama penyesalan biasanya. Iya nggak sih. Saya iya...
      Ngelamun kenapa kemarin beli krayon lagi, padahal di rumah masih ada. Padahal bisa buat beli kuota🤔

      Hapus
    2. Hahaha beda-beda tipis ya mba pendiem sama kadang suka ngoceh😆 hehe gapapa mba, sekarang kayanya kalau liat mba komen serius pun bakalan jadi gemas dan lucu gitu inget gaya tulisan mba yg biasanya😂

      Hmm kalau saya sih gak ingat mba, tapi sepertinya iya, di balik bayangan masa lalu yg menyedihkan cenderung dibarengi sama penyesalan:( Tapi walaupun begitu, mudah2an lamunan yg sedihnya gak sebanyak yg positif dan gak bikin kita jadi terbawa arus ya mba, huhu.

      Ngomong-ngomong mba beli krayon buat apa?😆😆

      Hapus


EmoticonEmoticon