9 fakta unik ayam, udah tahu apa belom?

Foto oleh Achim Bongard dari Pexels
Apa loe liat-liat

Assalamualaikummm😁😁

Bapak saya itu suka banget sama ayam. Suka melihara maksudnya, makan juga iya sih. Intinya, dulu waktu masih sehat bugar Bapak suka ngelus-ngelus ayam bangkoknya, dipijitin dengan penuh cinta dan sayang.
Nyampe heran saya...
Untung emak nggak cemburu😂😂😂
Saking sayangnya sama ayam, ayam-ayam itu juga dikasih nama lho. Ada si Gaman,Undur-undur dan lain-lain. 
Lupa saya.
Inilah sebabnya saya juga suka banget ngasih nama hewan, emang turunan Bapak sih😁
Karena itu hari ini saya mau coba mengulek, eh mengulik apa aja fakta unik dibalik hewan kecintaan Bapak ini

1. Gallus gallus domesticus

Mau bahas Ayam apa Tikus sih🙄
Itulah nama ilmiahnya si Ayam. Ayam masuk dalam kelas aves atau unggas. Udah tahu lah ya...
Tapi tahu nggak kalau ternyata jumlah ayam itu jauh lebih banyak dari pada jumlah burung atau manusia. Pada tahun 2003 aja jumlah ayam di seluruh dunia ini diperkirakan ada 24 miliar, gimana sekarang yang udah 2020.
Tentu aja hal ini dikarenakan ayam jadi konsumsi kesukaan manusia. Contohnya aja upin ipin...
Ayam juga ada banyak jenisnya karena adanya perkawinan silang. Ada ayam hutan, ayam potong, ayam telur, dan ayam sorry ku tak bisa jauh darimu.
Wkwk... Bisa ae ngegombal bareng ayam😂

2. Hoaks ayam broiler

Ngomongin ayam yang jadi makanan faforit sejuta umat, ada yang bilang kalau ayam broiler itu jadi gendut-gendut unyu karena disuntik hormon. Padahal kenyataannya ayam broiler itu gendut emang karena orangtua dan buyutnya juga gendut, alias secara genetik emang begitu didukung juga oleh pakan yang diberikan dipeternakan. 
Ayam ini memang disuntik selama di peternakan, tapi itu suntik antibiotik bukan suntik hormon apalagi suntik KB 
Bayangin aja kalau Ayam ikutan program 2 anak cukup🤔

3. Ayam multitalent

Walaupun kelihatannya Ayam itu enggak pinter tapi ternyata ayam nggak sebodoh  yang kalian pikir.
Emang kalian mikir apa, suudzon aja saya😁.
Apa dia bisa matematika? Fisika, Kimia?

Ayam bisa dikatakan pintar karena mereka bisa mengingat lebih dari 100 wajah manusia. Pantes aja kalau emak atau bapak keluar rumah, itu ayam-ayam pada ngikutin, karena emang mereka yang biasanya kasih makan. Giliran embah saya yang muncul tu ayam malah pada kabur semua, soalnya embah saya suka bikin ayam takut😁 ya masak nyariin ayamnya sambil bawa kayu.

Selain itu berdasarkan penelitian, ayam juga bisa bermimpi dan mimpinya berwarna. mereka juga berkomunikasi dengan mengeluarkan 30 jenis suara yang berbeda. Kalau yang saya denger sih cuma...
Petok petok.. Kukuruyuk...
yang sering saya translate sendiri sebagai "minta makan, minta makan...."

Yang lebih uwow lagi. Ayam punya kemampyan object permanence, yaitu pemahaman kalau suatu benda tetap ada walaupun tidak dilihat, didengar ataupun disentuh. Jadi walaupun benda itu nggak kelihatan dia tahu kalau benda itu ada. Pantes aja kalau mau kasih makan, walaupun udah disembunyiin mereka masih aja ngejar.
Talenta ayam nggak berhenti sampai di siru. Multitalent banget sih mereka. kenapa nggak ikut ajang pencarian jodoh aja....

Diantaranya adalah : bisa melihat sinar ultraviolet, meregenerasi telinga supaya nggak budek(awas jangan dighibahin), dan menentukan arah dengan bantuan matahari.


4. Berjiwa keibuan

Ayam betina punya jiwa keibuan layaknya seperti hewan lain. Kadang saya suka gemes kalau lihat anak-anak ayam yang nyempil di bawah badan induknya, atau duduk santai di atas badan induknya. Ucul..ucul banget kan...🐥🐥
Jiwa keibuan ayam betina ini udah mereka buktikan sejak telur belum menetas. Induk ayam akan menjaga telurnya tetap hangat sepanjang waktu, membaliknya sampai 50 kali dalam sehari supaya hangatnya merata dan rela nggak makan berhari-hari.
Yang bikin saya sebel kalau mereka udah berhari-hari nggak turun. pas turun sekali aja, pasti suka buang kotoran sembarangan. Mana bau dan banyak banget. Walaupun bapak melihara ayam saya itu nggak suka banget lihat kotoran ayam. Kalian juga kan...

5. Makan kerikil

Saya kadang suka heran ngapain ayam cekerin tempat sampah atau pasir, makan apaan sih. Nggak mungkin kan cariin saya emas...
Ternyata ayam terkadang memang makan kerikil. Bukan tanpa sebab, soalnya kerikil bisa membantu melancarkan pencernaan mereka. Sama kayak kucing yang kadang makan rumput. 

6. Ayam adalah Dinosaurus

Pasti nggak percaya sama fakta yang satu ini, but, menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 lalu ternyata ayam masih punya hubungan keluarga sama dinosaurus lho. 
Eh, serius, si ayam itu...?
Hal ini sebenarnya juga masih belum pasti. Karena ada yang bilang ayam emang dinosaurus yang berevolusi.
Hemm.. Kalau bener begitu. Berarti selama ini saya  makan dino donk.

7. Ayam cemani, hitam semua

Pernah dengar tentang ayam cemani?
Ayam cemani adalah ayam yang bulu, kulit, daging darah bahkan tulang dan hampir seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam.
Ayam cemani ini asli Indonesia lho, berasal dari daerah Kedu di Jawa tengah.

Selain warna hitamnya yang unik, harga ayam cemani ini mahal lho sob, bisa sampai jutaan perekornya. Ini karena ayam cemani memiliki nilai mistis. Darah ayam cemani yang berwarna hitam ini biasanya digunakan dalam upacara-upacara pengorbanan.

Kok agak serem ya...

8. Besar telur Ayam

Beda usia beda ukuran telurnya. Iyups.. Semakin tua usia ayam maka ukuran telurnya akan makin besar, hanya saja jumlahnya jadi makin sedikit.

9. Ayam dan bully

Nggak hanya di kalangan manusia, tapi di dunia ayam ada juga yang namanya bully. Siapa yang kuat dia yang berkuasa dan jadi pemimpin. Siapa yang lemah dia yang diinjak. Hal ini terbukti setelah beberapa kali ayam di rumah saya ini terluka gara-gara saudaranya sendiri. Bahkan yang paling parah, pernah suatu kali satu ayam saya mati karena dipatuk keroyokan sama saudaranya di dalam kandang. Waktu itu saya sedih dan nyesel banget karena saya sempet denger tu ayam petok-petok tapi saya ogak dateng. Kirain lapar... Nggak tahunya...

Sampai sekarang pun, kami masih memelihara ayam di rumah, tapi jumlahnya udah nggak sebanyak dulu. Karena bapak juga lagi sakit, maka melihara ayam seperlunya aja. Ada satu ayam saya, namanya undur-undur. Kenapa di kasih nama begitu? Karena suatu ketika si undur-undur ini sakit, sampai kami kira bakalan mati. Eh nggak tahunya dia sehat lagi, cuma anehnya jalannya kok jadi mundur. Kata bapak saya "remotenya rusak😂"
Setelah sekian lama dan udah bisa jalan maju, si undur-undur kadang masih jalan mundur dan tiba-tiba nabrak kaki saya. Karena kebiasaan dimanja sewaktu sakit, dia jadi nggak takut manusia😂

See you....







44 komentar

  1. Berarti ayam juga bisa liat mahluk goib kali ya mbak, tuh katanya bisa liat yg tak tembus pandang 😂, saya suka ayam, tpi seringnya akhiir" ini belinya ayam kampung, karena lebih gurih aja meski masaknya cukup lama karena lebih keras ketimbnag ayam boiler.. Ayam ternyata cerdas juga ya... Kirain mah ga bisa mikir gitu.. Eeh ayam..ayam... Kata Bensu itu yak latah 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam sekarang lagi mahal mbk, kalau beli ayam saya paling suka bagian swiwinya alias sayapnya. Siapa tahu kan entar bisa terbang...😂
      Eh, tapi ayam kan nggak bisa terbang yak....

      Hapus
  2. Kocak-kocak nih penjelasannya, wkwkwk. Tapi sayang bikin saya jadi inget dulu ayam saya dicuri sama orang. huhuhu.

    Btw keren yah ayam bisa punya object permanence. Tapi setelah googling kayaknya bukan kemampuan tembus pandang, lebih kyk indra keenam gtu bukan? Tapi analogi di atas bener sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, trut sedih deh mas. Walaupun cuma ayam kalau dicuri juga sedih juga...kn ayam itu dibesarkan dengan kasih sayang juga, dikasih makan, dibikinin tempat bobok, eh malah dibawa lari orang.

      Ha..ha.. Apakah saya salah menjelaskan? Sepertinya memang semacam itu mas, cuman merangkai kata lebih susah dari merangkai bunga ternyata😁

      Hapus
  3. Wah bapaknya mbak Astri suka memelihara ayam juga ya, sama mbak aku juga suka memelihara ayam. Hobinya sama ya, semoga saja nanti bisa dipungut mantu, eh maksudnya jadi rekan bisnis. Ah ngomongnya kok jadi grogi kalo didepan mbak Astri.😂😂😂

    Oh banyak juga ya jenis jenis ayam, ada ayam hutan, ayam petelur, ayam potong, dan juga ayam kampus.😂

    Oh ternyata ayam broiler itu gemuk karena memang genetik dari orang tuanya dan juga buyutnya ya. Berarti bener keturunan dinosaurus ya, soalnya kan dinosaurus itu gemuk.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk.. Tarik nafas nggak nggak usah dikeluarin lagi mas, biar ilang groginya😂
      Iya bapak saya demen banget sama ayam, terutama ayam bangkok. Udah klop banget sama ayam. Kalau ayamnya sakit aja, pasti dirawat sampai sembuh, telaten banget.

      Hapus
    2. Wah penyayang banget ya bapaknya, nanti habis sembuh lalu ayamnya dijadikan ayam goreng ya mbak.😄

      Hapus
  4. di tempat saya nggak ada yang melihara Ayam. Hahaha kalau ada yang melihara mungkin bakal berabe karena pasti di komentarin tetangga kalau ayamnya sering dilepas karena jalanan gang berupa paving conblock.
    Padahal kalau ada yang melihara, kan saya bisa ngelepas kangen tiap pagi ada bunyi ayam bekokok.. hahaah Biar sama kaya dlu pas lagi tinggal di Temanggung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh,kalau jalanannya dari paving emang agak repot sih, secara ayam kan suka nggak sopan, buang eek sembarangan😂

      Hapus
  5. ternyata nama ilmiahnya ayam susah pengucapannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, untung orang latah nggak ngucapin nama ilmiahnya. Bayangin aja kalau iya😂

      Hapus
  6. Eh iya bener. Ayam di rumah kayak gt, kalo liat bapak sy lewat, semua pada ngumpul, soalnya bapak yg tiap hari kasi makan dan bersihin kandang dll 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka udah apal tuh, siapa yang suka kasih makanan, siapa yang maunya malah memakan alias doyan ayam goreng aja😂

      Hapus
  7. Di keluargaku, Bapak juga senang pelihara ayam. Jadi hiburan beliau kalau lagi gak kerja. Ternyata ayam-ayam seunik itu. Oh ya, kocak banget isi postingan-postingan kakak nih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak saya juga pernah bilang begitu, katanya ayam-ayam itu adalah pelipur lara dan lelahnya. Mungkin kayak saya kalau pulang kerja capek tapi langsung senyum kalau lihat empus😁
      Eh... Makasih... Saya lebay dibilang kocak😁

      Hapus
  8. Haha seru banget baca ini, sebagai pecinta makan ayam wajib tau sih. Tapi yg bikin lucu sih ya ternyata ayam bisa jadi korban bully juga.

    Eh btw, jadi ayam boiler itu sbnenerya bagus2 aja dong ya? Kan katanya bikin gak sehat.

    Btw lagi, salam kenal ya kak. Kayaknya baru pertama ini aku berkunjung ke blog ini. Oya, udah aku follow blognya ya. Boleh kalo mau mampir balik kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbk putri, salam kenal juga😁. Iya di dalam dunia ayam ada perbullyan juga ternyata. Dan serem juga cara bullynya, keroyokan...
      Makasih udah di follow, saya mampir ke blognya mbak segera deh😁

      Hapus
  9. Fakta ayam adalah evolusi dari Dinosaurus ini aku baru tahu lho 😂
    Ngomong-ngomong, katanya kalau 1 minggu aja manusia nggak makan ayam, itu populasi ayam bisa lebih banyak dari manusia! Ngeri juga wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa-bisa seluruh bumi dipenuhi ayam ya😂. Tapi mustahil juga seluruh manusia nggak makan ayam satu minggu...

      Hapus
  10. Wuih mantaap pengetaglhuan tentang ayam diulas dengan apik begini .., coba seandainya cara penyampaian pengetahuannya diterapkan seperti ini di sekolah,para murid langsung pada ngangguk-ngangguk ngerti.

    Aku juga sependapat kalo ayam itu karakternya 'niteni' atau hafal sama wajah dan suara seseorang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Apa saya perlu jadi guru aja ya😂, nggak ding. Tapi kadang emang ada guru yang serius banget, jadinya para siswa bukannya mendengarkan malah ngantuk, atau takut.

      Hapus
  11. Bisaaaa aja cari tema bahasan nih, menarik dan anti mainstream hahaha.

    Btw usul dong, kalau tulis poin-poin gitu akan lebih bagus kalau pakai heading, jadi lebih enak tampilannya, poin-poinnya jelas :D

    Oh ya ngomongin ayam, saya jadi kangen ayam bebek saya, yaitu si induk ayam yang saya kerjain, anaknya jadi ayam dan bebek, terus dia heran kenapa anaknya ada yang bermulut ceper hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa.. Makasih sarannya mbk Rey😁, jujur saya nggak paham sebelumnya. Jadi saya cari-cari info dulu dan langsung saya benerin. Tapi udah bener apa belom ya?

      Waduh, mbk rey iseng juga, pasti tu ayam bingung juga, kok anakku yang satu ini beda? Perasaan bapaknya nggak ada yang bentukan gini😂

      Hapus
  12. No. 6 bisa jadi ya makanya ayam tuh demen makan apa aja, daging temennya aja dimakan, daging sapi juga haha, pernah eksprimen kasi makanan ke ayam soalnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, bener-bener si ayam, masak temen sendiri dimakan. Inilah definisi teman makan teman yang sesungguhnya. Tapi emang ayam doyan apa aja, makanan basi pun dia doyan lho

      Hapus
  13. jiah ayam punya jiwa keibuan, pantesan ya tiap aku lewat depan ayam yang ada anakan kecilnya pasti ibu ayam suka marah2 gaje, padajal gak ngapa2in anaknya lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah sampai dikejar😂, padahal nggak niat mau nyulik anaknya. Padahal cuma lewat sambil jalan pelan-pelan karena emang takut sama si induk ayam, eh tetep aja kena kemarahannya😂

      Hapus
    2. iya sih, induk ayam kalo marah suka ngejar orang yang di deket gitu, agak ngeri juga ya :D

      Hapus
  14. ada telur ayam kalau di pecah ada 2 kuning ? apakah akan lahir kembar mb ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heh, seriusan? Kok saya baru denger ya. Tapi lucu juga😂, jadi penasaran, apa ayam bisa terlahir kembar?

      Hapus
    2. eh saya klo kuningnya 2 tau ... tapi klo yang lair jadi 2/kembar gak tau ...

      Hapus
  15. hahaha menarik artikelnya mbak, aku lumayan suka makan ayam, tapi gak pernah berniat untuk mengulasnya secara ilmiah hehehe
    dulu sempat melihara ayam, ibuku sih yang suka banget. pas bertelur suka, tapi pas bagian jorok yaitu eek sembarangan yang bikin malas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan mbk, pas jadi ayam goreng enak, tapi saya benci banget sama kebiasaan ayam yang emang suka eek sembarangan....

      Hapus
  16. Lucu ya fakta tentang ayam... ternyata ayam itu pintar bisa mengingat lebih dari100 wajah manusia.
    Selama ini kita pikir ayam broiler itu gemuk karena disuntik hormon ternyata udah dari sono nya gemuk turunan mbah2 buyutnya.. wkwkwk..
    Ayam itu dinosaurus..? Jadi. kita makan daging nya dino..??
    Semoga bapaknya mbak Astria lekas sembuh . Mbak Astria ini emang kocak banget orangnya aku jadi suka mampir ke sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, si ayam pinter juga ternyata. Dia pasti tahu kalau saya yang biasanya jahilin anaknya karena minta makan mulu. Ya masak saya lagi duduk itu anak ayam rame banget di bawah kaki saya, karena saya diem aja, eh dipatuk. Akhirnya saya angkat, saya goyang-goyangin biar teriak manggil emaknya. Untuk saya nggak dikejar😂. Habis itu saya kasih makan sih.
      Amin mbk, makasih doanya ya...😊

      Hapus
  17. Wah, menarik sekali pengalamannya dengan ayam. Saya nggak pernah pelihara ayam karena nggak ada lahannya. Tapi saya suka makan ayam, kok. Baru tahu kalau ayam ternyata bisa hafal muka ya. Cerdas juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam emang makanan faforit hampir semua orang ya....
      Kalau melihara ayam seenggaknya kudu nyiapin kandang juga, dan bersihin kandangnya kalau kotor. Dan itu yang nyebelin, karena mereka eek sembarangan😂

      Hapus
  18. Poin nomor empat "Berjiwa Keibuan" itu memang benar, soalnya ibu ayam mau mengeram dan merawat anak bebek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, anehnya kok mereka nggak nyadar kalau itu telur bebek ya. Apa mereka sadar tapi dibirin aja, kalau iya, saya kasih jempol buat si ayam....

      Hapus
    2. Mungkin dia tidak mau mengeluh, dan menerima dengan baik apa yang sudah dimiliki

      Hapus
  19. Oh begitu, kadang hampir setiap hewan, makhluk hidup termasuk tanaman memiliki kecerdasan yang unik sesuai dengan kebutuhan hidup mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua makhluk di bumi emang punya keunikan dan kelebihanya sendiri. Manusia aja beda-beda kelebihannya😁

      Hapus
  20. analisanya dapet aja sih mbak, aku kadang nggak mikir sampe kesono lho
    ayam kalo turunan dino agak nggak percaya juga ya, beda bangett kayaknya
    dirumahku juga ada peliharaan ayam mbak, bapak dan adikku yg cowok suka ayam, tapi akunya nggak suka kalau harus melihara sendiri, kotorannya itu yang suka piknik kemana-mana hahaha
    dan kalau dirumah lagi masak besar, suka nyembelih ayam sendiri dan biasanya aku nggak doyan makan ayamnya, tapi kalau daging ayamnya beli dipasar, baru aku makan, aneh kan ya hahahaha

    ayam dirumah sudah melewati sekian generasi, udah habis karena di sembelih, dan mati, kandang kosong otomatis, seneng akutu, ehhh besok besoknya si bapak bawa ayam baru lagi, yaelahhh rame lagi dah tuh di depan rumahku. masalahnya, rumahku ada di perumahan, yang nggak ada halamannya, kan jadi kayak nggak enak aja dilihatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha... Iya ya mbk, suka sebel kalau ayam jalan-jalan eeknya jadi sembarangan. Kenapa nggak ke wc aja sih😂😂

      Emang kalau melihara ayam di perumahan agak nggak enak sama tetangga ya mbk. Kadang berisik trus ya itu eeknya...

      Hapus


EmoticonEmoticon