Kisah mordake, lelaki bermuka 2 dan arti munafik

Via.pixabay

Kalau mendengar kata muka 2, pasti kita langsung terpikir dengan kata "munafik" atau malah kebayang seseorang?  Tapi sebelum membahas tentang itu, saya mau berbagi cerita tentang lelaki bermuka dua.
Buaya darat?๐Ÿ˜ 
Bukan, sabar dulu permisah.

Muka dua yang saya maksud kali ini ya memang muka dua.

Mungkin udah ada yang tahu kisah ini, mungkin juga belum.

Tentang seorang pria bernama Edward mordake yang lahir dengan dua wajah.
Bukan 2 kepala.
Menurut catatan sejarah, Mordake adalah seorang pria tampan yang sangat ramah dan lahir di keluarga bangsawan Inggris. Ia selalu bicara sambil tersenyum sehingga orang-orang menyukainya, tapi ketika ia berbalik orang akan melihat wajahnya yang lain. Wajah yang tampak menyeramkan.
Terdengar seperti dongeng ya sob.

Menurut catatan sejarah lagi, wajah kedua Mordake itu laki-laki karena yang namanya kembar parasit pasti punya jenis kelamin sama. Wajah itu juga tidak bisa makan dan bicara. Bisa dibilang hanya seperti topeng yang menempel di belakang kepalanya.

Nggak berhenti sampai di situ. Wajah ke-dua mordake ini mengandung cerita horor. Konon katanya ketika malam tiba wajah itu sering membisikan sesuatu seperti setan sehingga membuat Mordake tidak bisa tidur. Selama hidupnya ia berusaha untuk melenyapkan wajah itu tapi pada masa itu tidak ada dokter yang sanggup melakukannya. Akhirnya karena tertekan Mordake memutuskan untuk bunuh diri di usianya yang ke-23 tahun. Sebelum bunuh diri Mordake sempat menulis surat yang berisi permintaan untuk membuang wajah keduanya sebelum ia dimakamkan. Karena ia takut wajah itu akan mengikutinya dan berbisik padanya di dalam kuburan.

Wadaw... Serem ya sob๐Ÿ˜–


Meninggalkan kisah Mordake di atas. Kita akan membahas sedikit tentang arti kata "munafik"
Munafik atau nifak sendiri sebenarnya digunakan untuk menyebut seseorang yang berpura-pura mempercayai agama Islam alias beriman tapi hatinya memungkiri hal tersebut. Orang munafik adalah orang yang suka berbohong dan tidak bisa dipercaya. 

Sekarang, gampang banget bagi seseorang ngatain orang lain munafik.
  "Dasar muna"
Mana nyebutnya nggak lengkap. Kan kasihan yang namanya muna. Korban perasaan jadinya.

Padahal masalahnya sepele, cuma salah paham tapi udah dikatain munafik. 
Emang gampang ya ngejudge orang seenaknya. 
Kita mengartikan munafik adalah, apa yang diucap nggak sama dengan apa yang dipikirin.
Kalau gitu saya ini juga pernah munafik dunk...kalian juga pasti pernah munafik dunk. Karena ngakunya udah kenyang padahal masih laper (efek diet), ngakunya suka keju padahal lebih doyan singkong (biar gaul), ngakunya benci padahal cinta๐Ÿ˜(karena gengsi)
Ngakunya single padahal punya 5 (ABG tua)

Gubrak, sape tuh?๐Ÿ˜ 
Calmdown, lock down.

Orang akan dikatakan munafik kalau dia memenuhi 3 persyaratan ini : jika bicara berdusta, jika berjanji mengingkari, dan jika dipercaya berkhianat.

Munafik lebih serius dari sekedar, apa yang diucap nggak sesuai perasaan. Apa itu sebabnya ngomongnya pada nggak lengkap, muna?๐Ÿค”
Bisa jadi... Bisa jadi....

Mungkin kita pernah melakulan satu dari persyaratan munafik di atas.
"Jika bicara berdusta"
Rasanya sekarang nggak ada manusia di dunia ini yang pernah hidup tanpa berbohong. Sampai ada istilah bohong demi kebaikan. Karena memang kebohongan itu erat dengan manusia.

Ceileh. Sok banget ngomongnya๐Ÿ™„

"Jika berjanji mengingkari" saya rasa, pasti ada orang yang pernah melakukan ini. Walaupun sebenarnya janji itu sulit diingkari lho sob. Kalaupun seseorang mengingkarinya pasti ada rasa bersalah. Jadi nggak semua orang sanggup untuk mengingkari janjinya.

"Jika dipercaya berkhianat" ini yang seharusnya paling sulit dilakukan, karena berkhinat setelah dipercaya itu sulit. Ibaratnya kamu sudah diselamatkan seseorang, diperlakukan dengan baik layaknya saudara, tapi kamu mendorongnya ke jurang.
Pasti ada rasa sakit juga yang kamu rasakan. Hanya orang tertentu yang sanggup melakukan ini.

Tunggu...tunggu... Kayaknya kok saya lagi bikin tutorial jadi orang munafik ya๐Ÿค”
Nggak...nggak,.. jangan salah paham dulu sob. Yang saya tulis di atas maksudnya, bahwa nggak semua orang bisa jadi munafik seutuhnya. Mungkin kita pernah bohong, tapi nggak lantas menjadikan kita munafik. Munafik itu rumit, nggak baik, tercela. Dan bagaimanapun juga manusia membenci hal yang nggak baik. 

Jadi jangan seenaknya ngatain orang lain munafik, kalau dia sakit hati trus jadi munafik beneran gimana?
Siap-siap didorong ke jurang engkau.

Yah.. Cukup sekian pembahasan soal munafik. Mohon maaf jika ada pendapat yang nggak sependapat, karena pendapatan emang lagi nggak karuan.
Eh, keceplosan๐Ÿ™ˆ
Salam non munafik.

See you....












17 comments

  1. Kirain akan menceritak tentang Mordake, eh tahunya membahas tentang munafik. Keren, keren, keren. Sy suka sekali gaya bahasanya Mbak.

    Orang munafik memang yg paling dibenci dalam Islam. Untuk itu, kita harus selalu berusaha semaksimal mungkin bila kita bicara untuk tdk dusta, bila kita berjanji sebaiknya kita tepati janji, dan bila kita dipercayai jgn sampai kita mengkhianati. Sekadar introspeksi diri.

    ReplyDelete
  2. Benar juga ya, kasih yang namanya ada muna nya, nanti dikira munafik padahal namanya Munaroh gitu.๐Ÿ˜‚

    Kalo soal bohong yang aku juga salah satunya, misalnya istri masak agak asin, aku bilang saja enak, kalo bilang terus terang takutnya nanti ngga mau masak lagi.๐Ÿ˜‚

    Ngomongin soal mordake, kok aku jadi ingat buku Wiro sableng yang judulnya hantu muka dua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk, mas agus ada-ada aja. Tapi lucu juga ya๐Ÿ˜‚, karena saya nggak pinter masak,moga aja ntar suami saya juga bilang makanan saya wenak walaupun keasinan. He..he...

      Delete
  3. Serem amat tuh mukanya beneran dua, terus berbisik-bisik. Wiii...

    Berbohong demi kebaikan, istilah yang sering dipake untuk membenarkan sesuatu yang salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat gambarnya malah jauh lebih serem mas, tapi saya nggak berani menyertakan gambarnya.
      Kepo lebih lanjut, cek sendiri ya
      He..he..
      Dasar aku๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
  4. kirain cuman ada didalam film doang orang yang punya wajah "Dua" ternyata beneran ada yaa didunia nyata..

    kita semua pasti pernah menjadi seseorang yang munafik tanpa kita sadari. biar aja orang yang menilai, setidaknya kita tetap berusaha menjadi orang baik di hadapan mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film dan dunia nyata pun nggak beda jauh. Tanpa kita ketahui di dunia ini pasti banyak hal nggak masuk akal dan di luar nalar.
      Saya juga pernah jadi munafik, dan menurut saya itu wajar juga. Asal nggak ada niat buruknya. Iya nggak sih....

      Delete
  5. Saya tauknya munaroh mbak ๐Ÿ˜, serem juga ya murdake itu, berartii itu betulan apa ya mbak? Kalo sekarang ada orang berwajah kyk gitu serem amat yaak ๐Ÿ˜ฑ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tahu si manaroh, terkenal banget sih๐Ÿ˜‚, kalau sekarang ada murdake lagi kayaknya saya juga bakal ketakutan soalnya saya ini penakut parah,tapi campur kasihan juga.

      Delete
  6. Contoh orang munafik:

    -Jika bicara berdusta: Adek gak puasa yah? Puasa kok ! Kok itu mulutnya ada coklatnya?

    krik... krik... krik...

    -Jika berjanji mengingkari: Gaes, nanti kumpul jam 10 aja yah, biar gak kepegian. Ok.

    Jam satu siang mereka baru dateng....

    -__-'


    -Jika dipercaya khianat: Kerjakan ulangan dengan baik ! Tidak boleh nyontek !

    Guru pergi, malah share jawaban....


    Sekian penjelasan dari sayah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Upil bilang, betul-betul-betul mas.
      Penjalasanya uwoh banget. Apalagi itu yang nomer 3, adalah tradisi tak terhindarkan dan mendarah daging๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
      Yang nomer dua juga perlu kesabaran tingat dewa karena bikin esmosi luar binasa
      Yang nomer satu, ketawa aja lah. Adek emang lucu, belum bisa boong๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
  7. Aku malah jadi galfok baca kemunafikan.
    itu beneran kisah nyata Mordake kak ?.
    Di negara mana dan kapan sih peristiwanya ?.
    Sempet merinding bacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada catatan sejarahnya mas,tapi nggak terlalu jelas. Lebih lengkapnya bisa cari di mbah google. He..he... ๐Ÿ˜
      Tapi ceritanya ini terjadi di inggris sih. Emang serem dan bikin merinding disko ya.

      Delete
  8. Serem ya kalau ada orang dekat atau teman yang kita anggap saudara ternyata adalah orang munafik.
    Semoga kita terhindar dari orang-orang seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbk, kerika saudara atau orang yang kita percaya ternyata berkhianat rasanya jauh lebih menyakitkan.

      Delete
  9. hahhaha munafik terbayang seseorang? saat ini sih enggak sama sekali, sejak jadi mamak di rumah aja jadi membatasi diri dengan pergaulan, sisi positifnya jadi minim salah paham dengan orang lain sih, jadi nggak berasa puna tema muna munaan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena jadi mamak dan karena lagi pssb, hikmahnya perasaan negatif gitu ngilang ya mbk rey๐Ÿ˜. Semoga aja ntar pas saya juga jadi mamak-mamak perasaan kayak gini juga ngilang. Biar bisa ngajarin anak yang bener๐Ÿ˜Š

      Delete


EmoticonEmoticon