Anneliese michel, pilunya sebuah kisah horor

Via.pexels


Assalamualikum sob๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Mungkin ada yang sudah tahu atau familir dengan nama yang saya sebut di judul. Kali ini sebagai seorang penakut saya mau membahas sebuah kisah horor yang horor banget tapi juga horor yang menyedihkan.

Nggak usah basa-basi, Langsung kita Milea aja...
Salah๐Ÿ™„
Langsung kita mulai aja maksudnya๐Ÿ˜
Basi๐Ÿ™„

Anneliese michel, singkatnya ini adalah cerita tentang seorang gadis bernama Anneliese michel yang hidup pada tahun 1952-1970 an di Bavaria, Jerman barat. Di usianya yang ke 16 tahun tiba-tiba Anneliese ini terkena gangguan syaiton.

Padahal Anniliese ini berasal dari keluarga yang taat beragama (katolik). Ketika remaja lain pada masa itu disibukkan dengan hal-hal seputar dunia mereka Anneliese justru sibuk pergi ke gereja dan beribadah, tidur di lantai kosong pada musim dingin untuk menebus dosa-dosa para penjahat. 
Keanehan mulai terjadi ketika Anneliese berusia 16 tahun ia mengalami kejang-kejang dan halusinasi yang menurut diagnosa medis itu adalah epilesi dan depresi.
Tapi makin lama hal tersebut makin parah dan berlanjut. Halusianasi hebat dan depresi yang membuat Annelise bertingkah tidak wajar, ia mengaku sering mendengar bisikan-bisikan gaib yang mengatakan bahwa ia adalah makhluk terkutuk yang akan membusuk di neraka. Apalagi setelah Anneliese secara terang-terangan menghindari benda-benda yang memiliki simbol keagamaan.

Saya tahu kisah ini sejak zaman masih sekolah dulu dan hal yang paling bikin saya terkejut saat itu adalah, apa yang dialami Annelise selama 7 tahun lebih sampai kematiannya untuk lepas dari gangguan syaiton.
Yaitu tentang pengusiran setan atau exorcism yang dialaminya. Entah benar atau enggak, saya melihat itu sebagai penyiksaan.  Exorcism sendiri adalah sebuah ritual pengusiran setan yang biasanya dilakukan oleh para uskup untuk mengusir makhluk halus, ritual ini sudah sangat kuno dan jadi kepercayaan di berbagai negara. 


Anneliece yang awalnya cantik banget berubah jadi enggak karuan dan mengenaskan. Kehidupanya jungkir balik jadi mengerikan. 
Selama itu pula Annelise juga bertingkah makin aneh, seperti berjalan dengan tangan dan kaki, bertingkah seperti anjing, minum air kencingnya sendiri dan hal nggak wajar lainnya. Menurut keterangan medis Anneliese menderita epilepsi dan gangguan kesehatan lain yang banyak banget, juga depresi berat yang seharusnya di tangani di rumah sakit jiwa, tapi keluarga lebih percaya ia sudah kerasukan setan. Dalam perjuangannya selama 7 tahunan itu Anneliese pasti merasa kesakitan banget. Seringkali ia harus dibantu oleh orangtuanya karena tidak sanggup berdiri dan berjalan.
Yang paling sedih menurut saya adalah malam sebelum kematiannya, hal terakhir yang dikatakan Anneliese kepada ibunya adalah "ibu, aku takut" selain itu hasil autopsi menunjukan kalau kematian Anneliese disebabkam karena kekurangan gizi. Berat badannya saat meninggal hanya 31 kg.
๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Itu akhir yang miris banget menurut saya. Gimana bisa seseorang hidup bertahun-tahun dalam tekanan batin dan derita fisik. Mungkin benar ia kena gangguan setan, di Islam sendiri hal semacam itu juga banyak terjadi. Tapi... Tapi...  Kenapa sampai kekurangan gizi? Saya nggak sanggup membayangkan apa yang dirasakan si Anneliese. 

Saya jadi ingat ketika saya menyaksikan secara langsung orang yang lagi kesurupan. Kira-kira beberapa tahun lalu waktu kerja di rumah makan. Teman saya ada yang kesurupan.
Waktu itu, saya lagi main hape di kamar  sendiri, tiba-tiba dia masuk trus nangis di pojokan sambil tiduran. Mau nanya, tapi nggak jadi. Nggak berapa lama kemudian dia keluar lagi. Nah, beberapa menit kemudian tiba-tiba dia dibopong masuk dan keadaannya udah nggak sadar, mulai nangis dan ketawa ketiwi. Jujur saya merinding dan ngeri sendiri. Apalagi waktu dia ngeliatin saya dan entah ngomong apa, auto sembunyi di balik punggung orang.

Berhari-hari setelah membaca kisah Anneliese michel itu saya terus kepikiran dan merasa kasihan banget. Karena emang saya dan teman saya bener-bener kepo sampai semua artikel di internet kami baca buat baca kisah selengkapnya. Waktu itu saya belum punya hape jadinya nebeng berdua sama temen๐Ÿ˜
Kisah Anneliase ini juga telah difilmkan dengan judul "The exorcism of Emily rose" pada tahun 2005 lalu.
Ada yang udah nonton?
Saya nggak nonton, karena kayaknya nggak bakalan berani. Dulu juga setelah saya nonton film The conjuring yang katanya serem banget, saya pun nonton sampai kelar..  Dan....
Berhari-hari saya nggak sanggup tidur sendirian, jadilah bapak kesepian karena emak nemenin anaknya yang sok-sokan nonton film horor ini๐Ÿ˜‚
Maapin pak๐Ÿ™๐Ÿ™

Sekian dulu kisah horor kali ini, mohon maaf nggak saya sertakan gambar karena saya takut. Btw saya baca ulang kisah Annelise ini di beberapa blog malem-malem dan jadi merinding sendiri, kalau kalian kepo silahkan cari gambarnya, mungkin kalian juga bakal merasakan takut sekaligus kasihan kayak saya.

Quotes hari ini adalah : jangan melamun! Apalagi sambil mikirin saya wkwkwk๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Apaan dah๐Ÿ™„

See you....



28 comments

  1. Setengahnya gangguan syetan setengahnya gangguan pribadi. Zaman dulu masih sedikit yg tahu tentang kejiwaan. Maybe gitu dek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, karena sekarang aja masih banyak orang yang nggak paham sama kesehatan mental....

      Delete
  2. Rada lupa lupa ingat pernah ngganya nonton film ini ..
    Kasihan sekaligus serem juga kisah yang dialami anneliese.

    Awas loh .. lagi baca komentar dibelakangnya ada yang muncul ๐Ÿ‘ป , wwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk...๐Ÿ˜‚, nggak tahunya si empus yang muncul, minta makan katanya

      Delete
  3. Kasihan Annelise. Cerita tentang exorcism ini bikin ingat sama A Head full of Ghosts. Buku ini cerita kerasukannya versi modern sih. Agak samar-samar antara memang kerasukan atau menderita skizofrenia. Syukurlah belum pernah lihat orang dekat kerasukan. Semoga gak kan pernah, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalai nggak salah skozofrenia itu bisa bikin halusinasi ya....
      Saya jadi kepo sama buku a head full of ghosts๐Ÿ˜

      Delete
  4. Hmm, baca ini jadi penasaran kisah aslinya sampai cari referensi di mana-mana. Ternyata memang pilu banget kisahnya. Mungkin memang awalnya penyakit kejiwaan, tapi ada dugaan kalau penyakit mentalnya ini tambah parah karena keseringan exorcisms (apa nih y bahasa indonesianya?) Lihat foto-fotonya juga kyk tragis banget hidupnya. Gak tega bgt liatnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan mas, itu juga yang saya rasakan. kasihan baanget. serem tapi terlalu tragis. mungkin memaang sebenarnya ada masalah kejiwaan, hanya saja pada masa itu masalah mental masih jadi hal tabu.

      Delete
  5. Untung gak ada gambarnya kak. Soalnya saat saya searching, sedih juga kak kisahnya. Apalagi perjuangannya, bikin saya mikir sulitnya bertahan dalam kondisi itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga nggak berani kasih gambar mas, ngeri juga. he...he... cukup dibayangkan, kalau kepo baru cari info lebih lanjut.

      Delete
  6. Kisah Anneliese Michel yang sering kesurupan kasihan sekali apalagi sampai kekurangan gizi sampai akhirnya meninggal.
    Sangat disayangkan kok nggak bisa disembuhkan.
    Seandainya zaman dulu sudah ada cara Ruqyah untuk mengeluarkan jin dan syaitan pasti si Anneliese bisa di ruqyah sampai sembuh.
    Penasaran pingin search kisah dan gambarnya tapi ntar gambarnya horor malah jadi takut. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok pikiran kita sama sih mbak, saya juga mikirnya kalau diruqyah aja mungkin bisa sembuh. karean dalam islam tahunya emang ruqyah...
      bahkan saya yang udah berkaali-kali lihat, kalua lihat lagi pasti takut juga

      Delete
  7. Saya pernah dengar tentang kisah ini, tapi ga pernah nonton filmnya.

    Pilu banget mbak, kalau kita membahas tentang kelainan kejiwaan ini, banyak yang terkena gangguan ini melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya sendiri dan juga orang lain. Hanya di sini, dalam melakukan exorcism itu koq ya banyak restriction, termasuk berhenti makan. Kita yang sehat aja kalau kurang makan bisa berhalusinasi, apalagi yang udah terkena mental gini...Sedihh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sedih banget ya mbk. harusnya untuk mendapatkan jiwa yaang sehat kita juga butuh tubuh yang kuat.
      kasus semacam anneliese micheal ini kayaknya banyak terjadi di luar negeri

      Delete
  8. Kayaknya saya baru denger ini Mbak kisah dan namanya. Wah kudet saya hehe. Tapi serem juga ya dibayanginnya. Aku mending nonton film komedi ah drpd takut kalau mau ke kamar mandi malam-malam. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak saya aja mbk, kalau habis nonton yang horor ke kamar mandi pasti minta di anterin emak, soalnya takut ๐Ÿคฃ
      kalau nonton komedi ketawanya sampe perut sakit,tapi asyik.....

      Delete
  9. Wah pantasan aku kayak merasa pernah baca judul film yang alurnya mirip kisah ini, ternyata memang cikal bakal film horror exorcism ya, jujur aku baru tahu sih mba hehe

    Kalau melihat orang kesurupan aku pernah juga sih, tapi ga berani dekat2, waktu itu pas sekolah smp, kebetulah sekolahnya bangunan tua peninggalan jaman belanda, konon di beberapa spot skulahku juga ada semacam yang jaga gitu, jadi ga heran pas ada acara pramuka dan malam2 ada teman yang kesurupan, yang kesurupan pun orangnya itu2 aja (herannya).. yaitu anaknya kebetulan suka berpandangan kosong...tapi berhubung aku takut jadinya aku ga deket2 pas ada kejadian itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa tiap sekolah selalu ada cerita begitunya ya... ?
      Dulu waktu saya smk juga, anak-anak smp mendadak pada kesurupan massal geraga nyobain hipnotis dan hal itu berlanjut sampai beberapa, sampai masuk tv juga.
      Kalau ada orang kesurupqn emang baiknya nggak usah deket-deket, rasanya bikin merinding disko๐Ÿ˜–
      Kabur aja udah....

      Delete
  10. Kok aku malah jadi kepikiran sama yang nulis ya? ๐Ÿ˜…

    Eh, maksudnya apakah nulisnya ini dalam keadaan sadar atau lagi...๐Ÿคญ

    Kalo aku lihat di film film sih memang pengusiran setan itu kadang kejam bahkan sadis. Orang yang kesurupan itu biasanya diiket terus dikasih apa gitu bahkan menurut yang aku baca banyak orang yang mati dalam pengusiran setan karena ngga kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk.. Saat menulis ini, saya dalam keadaan sedikit merinding dong dong sih. Kalau mau ke kamar mandi juga suruh emak nganterin๐Ÿ˜‚, tp alhamdulilah masih sadar, sadar kalau takut juga ternyata.

      Kalau lihat film pengusiran setan di beberap negara, kayaknya emang melibatkan kekrasan juga ya. Mungkin itu buat nyiksa setanya, tapi kasihan juga orangnya.

      Delete
  11. Untung Mbak Astria gak menyertakan gambarnya. Soalnya aku baca pas hari masih gelap gini. Ntar takut dan berhari-hari gak berani ke kamar mandi sendirian kan jadi repot.๐Ÿ˜‚

    Kalau baca dari keterangan Mbak Astria sih kasihan banget si anneliese. Sudah diganggu setan, mentalnya terganggu, fisik juga terganggu. Kalau di sini mungkin diruqyah aja, jadi gak ada adegan disiksanya juga.๐Ÿ˜”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sertakan gambarnya,saya sendiri juga takut mbk๐Ÿ˜‚
      Karena kita beragama islam jadinya pasti berpikir lebih baik diruqyah ya, saya juga dulu mikirnya gitu, mungkin kalau diruqyah nggak bakalan semenderita itu. Tapi di masa itu, mereka mana tahu dan percaya apa itu ruqyah. sama kayak kita nggak percaya dengan exorcism.

      Delete
  12. Saya bukan penggemar fdilm horor, bikin suasana hati bisa berantakan, hi hi. Seru juga sebenarnya, cuma bikin kaget dan ngeri saja. Film itu belum saya tonton.
    Sependapat dengan komentar di aras tentang gangguan mental dan ruqyah. Barangkali gadis itu alamo hal traumatik atau memang ada gangguan setan karena jiwanya kosong, apalagi pada masa remaja pastinya alami gejolak tetapi ditekan oleh doktrin.
    Kapan-kapan saya googling. Penasaran, sih. Hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang sepemikiran kalau sebaiknya diruqyah ya, miris aja lihat akhir hidupnya anneliese. saya juga penakut mbk, makannya nggak nonton filmnya... ๐Ÿ˜ padahal sih emang seru nonton horor apalagi kalau rame-rame

      Delete
  13. Saya pernah nonton tuh si Emily, seremmm.
    Dan mengingatkan saya waktu kerja dulu sampai diruqyah karena dipikir saya kerasukan setan-setan di jalan tol hahaha.

    Btw saya baca ini di subuh hari dong, saya jadi merinding sendiri huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Berani bener ya mbak rey nonton filmnya si emily, baca aja bikin merinding lho๐Ÿ˜‚

      Saya pernah baca deh ceritanya mbk rey yang pernah d ruqyah itu, tapi agak lupa ingat2, banyak lupanya sih๐Ÿ˜. Tapi kalau nggak salah sebenernya mbk rey baek-baek aja, cuman lagi capek. Jadi pengalaman nggak terlupakan ya mbk.

      Delete
  14. Saya biasanya menghindari bila ada pilihan untuk nonton film horor. Saya lebih suka film silat, perjalanan, dan yang lucu :)

    ReplyDelete
  15. Nonton film action yang berantem2 gitu ya, saya juga suka. Jadi kerasa banget adrenalinnya. Kadang ikutan kesel dan semangat banget

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon