Membongkar hubungan trauma dan rasa sakit

via.pixabay

Waduh.. Judulnya udah kayak berita-berita viral di tv. Tapi kalau di tv tokohnya si anu and si ani,
(Moon maap ani, pinjam namanya bentar🙏)
Di artikel ini tokohnya adalah trauma dan rasa sakit.
Memang apa sih yang mau dibongkar dari ke dua hal tersebut?

Ehem..ehem...
Batuk, diPHP in aja🙄
Krik...

Jadi dulu saya pernah mengalami kecelakan sepeda. Dimana kecelakaan itu berdampak pada tangan saya yang akhirnya sering sakit walaupun kata dokter nggak ada yang patah. Anehnya rasa sakit tersebut bisa timbul ketika saya dibonceng dngan kecepatan yang bikin bablas angine. Karena ketakutan dan teringat kejadiannya, saya bisa merasa tangan saya jadi sakit lagi.
Aneh, saya pikir karena kalau sepeda berhenti rasa sakitnya perlahan hilang
Saya yang punya jiwa kepo ini akhirnya mencari tofu.
Tofu : tahu

Apakah ada hubungan terselubung diantara trauma dan rasa sakit? Apakah hubungan ini sudah terjalin lama tanpa diketahui yang lain? Hemmm... Mari kita bahas bersama pemirsah budiman😁

Pernah dengar tentang fibromyalgia?
Apaaan dah tu?🙄
Kalau belum mari saya jelaskan secara mubeng-mubeng.

Fibromyalgia adalah suatu kondisi dimana sebagian atau seluruh tubuh terasa sakit saat mengalami suatu hal yang berkaitan  dengan kejadian di masa lalu seperti trauma, kecelakaan atau bahkan masalah keluarga.
Dikutip dari halosehat,
Fibromyalgia biasanya terjadi dan memicu rasa stress pada penderitanya
Nah, rasa stress dan trauma inilah yang membuat reseptor rasa sakit di otak jadi makin sensitif persis kayak kamu pas lagi potek hatinya😂 dan kemudian orang membentuk memory rasa sakit yang akan muncul di saat tertentu.

Biasanya orang menganggap Rasa sakit  adalah perasaan yang timbul karena serangan fisik.
Tapi oh tape...
Makan tape enak nih😋
Ternyata sakit hati pun juga bisa memicu rasa sakit pada tubuh. Hal seperti ini disebut dengan gangguan psikosomatis, yakni ketika pikiran menyebabkan penyakit fisik.
Kalau bahasa gaulnya "sakit tapi tak berdarah"
Itu, ya itu.
Ha..ha...😂
Pasti pernah kan mengalami hal kayak gitu. Contoh simplenya nih. Ketika kita terlalu cemas dan grogi, tiba-tiba perut jadi mual, keringetan, deg-degan. Kirain jatuh cinta nggak tahunya deep colector lewat....😂
Jiwa para pengutang bergejolak.



Gangguan psikomatis ini hanya dirasakan oleh pasien tapi dicek ke dokter keadaan tubuh sehat wal afiat. Masalah utamanya berada dalam pikiran. Karena otak kita yang mengatur segalanya termasuk rasa sakit, jadi ketika kita sedih memory dari rasa sakit akan kesedihan itu terasa oleh tubuh. Seringkali orang yang mengalami itu dianggap lebay, bohong dll. Padahal emang terasa sakit walaupun tanpa bukti nyata.
Nah, saya mungkin bukan guru, bukan pelukis, bukan artis, bukan selebritis, singkatnya saya bukan dokter atau psikiater😁 tapi nggak salah kan ya kalau saya kasih tips-tipa di bawah ini untuk menangani gangguan psikosomatis

1. Pergi ke psikiater
Karena semuanya berasal dari pikiran maka cara yang efektif sebenarnya dengan berkonsultasi ke psikiater. Cari masalahnya, kenapa bisa begitu?
Kenapa setiap lihat tempe bersanding dengan tahu di atas piring rasanya perut sakit banget?
Kenapa lihat sambel dan lalapan di sebelah tempe dan tahu perut makin sakit?
Apakah trauma di masa lalu penyebabnya?
Mungkin tidak😂
Ok, back to the topic.

Biasanya dokter akan menyarankan untuk ikut psikoterapi juga kalau merasa dibutuhkan.
Ingat psikiater, jangan ke dukun.
  "Mbah, saya kalau lihat pak dosen kok deg-degan, keringetan dingin. Apakah saya di santet?"
  "Skripsi udah kelar?"
  "Belum mbah"
Nah itu, itu masalahnya😂
Byur, lalu disembur.

Gaje🙄

2. Belajar mengelola stress
Iyups.. Stress yang jadi biang keladi rasa sakit tersebut. Jadi kamu harus belajar caranya mengelola stress tersebut. Cari tahu apa yang bikin kamu stress dan hadapi secara perlahan. Jangan memaksa, pelan-pelan aja guys.
Atau kamu bisa mengalihakan stressmu dengan melakukan hal-hal yang membuatmu senang. Misal seharian penuh rebahan di rumah sambil internetan sepuasnya, cemilan tinggal makan, minum tinggal minum. Wah.. Itu tuh yang paling saya sukai😍tapi ya jangan lama-lama, nggak baik juga. Berat badan naik malah makin stress😂


3. Minum obat
Kalau rasa sakit yang dirasakan tidak bisa ditahan lagi. Kamu bisa minum obat anti depresan dan obat-obat lain yang dianjurkan oleh dokter. Bukan obat sembarangan ya.


4. Yoga
Yoga...yoga kamu di mana?, aku butuh kamu untjk menghilangkan rasa sakit dari pedihnya dunia ini.
Wkwk.. Nggak gitu juga ya sob. Yoga di sini artinya adalah olahraga yoga itu lho. Karena di dalam yoga banyak gerakan yang bisa digunakan untuk meditasi.
Mencari ketenangan dalam jiwa.

Kira-kira itulah tips singkat dari saya yang bukan polisi, pilot, pelukis, guru, artis, bakwan, mie goreng, tempe penyet, gado-gado, ayam goreng, betul..betul..betul...

Stop🙄

Efek laper, butuh sarapan.😂

Quotes singkat dari artikel ini adalah, jangan lupa sarapan sebelum bayar utang.

See you...





20 comments

  1. Ohhhh!!! Tiidaakkk.🤯🤯 Yee biasa aja kelless!!.🤪🤔


    Ternyata Fibromyalgia pengaruhnya antara otak jiwa dan fisik kita kali yee meski memang tak ada yang terluka. Berarti Fibromyalgia identik nggak sama yang namanya putus cinta..🤯🤯🤯 Yaa tidak ada tubuh yang terluka sih....Tapi sakitnya tuh disini, Dimana ....Tahu dah..🤣🤣🤣🤣


    Eehhh tapi Fibromyalgia, Ada hubungannya nggak sama orang bokek kaya saya... Karena kalau lagi bokek serasa seluruh badan pada sakit.Bawaannya males ngapa2,in...🤫🤫


    Tapi kalau duit banyak yaa serasa sehat deh apa saja mau dicobain, Asal jangan Tokai saja ikut kecoba.🤣🤣🤣🤣🏃🏃🏃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iya juga ya😂.. Kenapa kalau dompet kering badan ikutan meriang. Berasa nggak punya tenaga untuk ngapa-ngapain. Tapi pas baru gajian
      Berasa kayak hp baru dicash.
      Mungkin itu yang dinamakan "the power of money"

      Delete
  2. Mungkin mirip" ama sugesti ya mbak 😮, kayak takut ato ngerasa takut sakit... Belom dicoba udah parno duluan, padahal sebetulnya kondisi tubuh sehat" aja, dulu sy pas insomnia parah gitu.. Sempet parno dan mikir yg aneh" apakah gue mau mati? Gitu sy ampe mikir ke situ, perasaan jantung langsung kayak nyesss, begitu otak saya parno.. Pdhal kt dokter jantung dan tubuh sy sehat, ternyata pikiran buruk ato parno berdampak pd tubuh kita looh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya... Pikiran memang punya kendali besar pada tubuh. Ya kayak saya itu yang sekarang jadi trauma kalau dibonceng kenceng-kenceng. Tapi giliran naik sepeda sendiri kadang-kadang ngebut juga😂

      Delete
  3. Saya juga pernah menggalami kecelakaan patah seperti apa yang kamu katakan itu Astria, dan hal itulah yang membuat kepalaku sering sakit tak tertahankan, makanya kadang kalau setiap tanggal 1 Syura aku ikut Larung sesaji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin trauma ya mbk, walaupun kejadiannya udah lama. Larung sesaji itu yang dilakukan di laut ya mbk...?

      Delete
  4. Ternyata istilah 'sakit tapi tak berdarah' itu beneran ada ya, Mbak Astria. Kirain cuma kata orang yang lebay aja. Ini berarti setiap orang yang merasa sakit tapi tak berdarah sebaiknya ke psikiater ya, supaya gak berlarut-larut rasa sakitnya. Kali aja yang sakitnya gara-gara ditinggal kawin sama pacar bisa dapat jodoh di sana. Siapa tau psikiater nya jomblo. Eh ternyata psikiater nya beneran jomblo, sayangnya jenis kelaminnya sama.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk, kayaknya jomblo sering sakit tapi tak berdarah ya...😂
      Peace✌

      Delete
    2. Mbak Roem udah pengalaman bnget soal begituan, sakit tapi tak berdarah tapi bikin gundah.😂

      Delete
  5. Amazing nih cara penyampaian nya, yang baca juga jadi ikutan oleng.😂

    Yup, pergi ke dokter atau psikolog memang solusi yang tepat jika ada masalah di pikiran, misalnya habis ditinggal mantan, kalo pergi ke dukun bahaya, siapa tahu malah tambah berabe.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk oleng ke mana mas?😂
      Kalau masalahnya soal mantan kayaknya harus pergi ke dokter cinta, itupun kalau ada. Kalau ke dukun ya siap-siap di sembur😂

      Delete
  6. Jadi yang harus dihilangkannya itu pikirannya ya eh kalau pikirannya yang dihilangkan jadi gak punya pikiran dong...hihihi, bingung. Mungkin hanya pikiran tertentu saja yang dihilangkan misalnya pikiran cara menghilangkan pikiran..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mas, yang harus dihilangkan itu virusnya mas, ada dua virusnya yaitu virus oleng dan virus cinta 😂

      Delete
    2. Haduh kalau pikirannya dihilangkan mana bisa mikir cinta apalagi oleng😂
      Susah nih masalahnya...

      Delete
  7. kalo kata qorygore sih skuy living aja haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skuy living apaaan ya...?
      Saya baru denger nih😁

      Delete
  8. Duh.. aku juga trauma setelah disakitin ama si dia.
    Tiap liat dia, ada rasa sakitnya juga.
    Mungkin trauma.

    Apakah aku harus ke psikiater atau harus ke Mas Yoga nih mbak? 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hem... Setelah dikipir-kipir🤔 kayaknya kamau harus...
      Ke psikiater yang namanya yoga😂

      Delete
  9. Sakit tak berdarah ...,nyaris bisa disamakan dengan ngerasain pahit getirnya putus cinta. Nyeri hati terasa ditusuk tapi ngga berdarah.
    Akh, tapi apalah apalah cinta ...makin kesini makin malas saja punya hubungan cinta-cintaan, eh .. lah kok malah curcol tow iniii 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk.. Mas himawant Udah lama nggak muncul langsung ketahuan lewat curcolnya😂

      Delete


EmoticonEmoticon