Malu, udah jelas nggak mau

Via.pixabay

He..he..
Ketawa dulu, biar manis😁
Kalau biasanya kita seringnya dengar malu-malu tapi mau. Kali ini saya mau bahas malu, udah jelas nggak mau.
Hadeh, bahasannya aneh sanget.
Tapi mohon mangap sebelumnya, eh mohon maaf sebelumnya karena judul di atas agak nggak nyambung dengan cerita sebenarnya, tapi ya biar menarik di sambung-sambungin sendiri ya.

Malu sendiri dalam bahasa indonesia dijelaskan sebagai suatu emosi yang timbul dari tindakan yabg kita lakukan sebelumnya yang ingin ditutupi.

Singkatnya, nggak mau ada orang lain yang tahu. Cukup diri sendiri dan tuhan aja.

Nah, dalam hidup ini kita pasti pernah mengalami yang namanya malu, saya sih sering. Dan salah satu sering tersebut terjadi beberapa waktu yang lalu.

Jadi alkisah, saya ini punya kebiasaan nulis petuah di buku orang. Biasanya saya tulis di lembar buku paling akhir punya temen. Kebiasaan ini nggak hilang walaupun saya udah kerja. Baik banget kan saya😁

Curiga aku🙄

Namun, siapa yang menyangka petuah yang saya tulis tersebut berujung pada kejadian memalukan. Ceritanya, temen saya yang inisialnya "C" ninggalin buku catetannya di suatu tempat dimana tempat itu lagi direnovasi. Nah, tiba-tiba beberapa waktu yang lalu ketua regu di tempat saya kerja datang ke saya sambil bawa buku catetan tersebut.
  "Ni bukunya siapa ya?" seketika orang-orang yang denger pada noleh. Untungnya karena berisik nggak banyak yang denger.
Dibukalah buku itu tepat di halaman paling akhir. Dalam hati terdalam saya sudah punya firasat buruk. Dan dengan lantang dibacanya petuah yang saya tulis di sana :

"Halo nama saya astria tri ajani.
Saya kasih tanda tangan saya di sini karena biar nanti kalau saya jadi artis kamu nggak susah-susah minta tanda tangan😁

Gubrak...
Petir menyambar, angin bertiup, banjir melanda, dan..

Yah begitulah saya pun ditertawakan. Inilah yang saya maksud malu, udah jelas nggak mau.
Kenapa saya selalu kebagian momen bikin malu gini. Tapi, ya sudahlah, karena terlalu sering saya jadi B Aja. Habisnya saya emang suka melakukan hal tersebut, dan nggak bakalan kapok nulis petuah di buku orang😁
Banyak hal memalukan dalam hidup ini, seperti ketika saya nyebrang jalan dan sendal yang sebelah kanan ternyata ketinggalan di seberang dan harus balik lagi. Atau pas saya merasa dipanggil dan menjawab dengan lantang sambil celingukan tapi ternyata zonk, nggak ada yang manggil woey....



Ini juga yang dinamakan hidup tak sejalan dengan keinginan. Pengennya tampil keren kayak di cerita-cerita novel atau komik gitu, yang tokoh utamanya diem tapi ternya pinter alias diam-diam menghayutkan. Tapi apa daya, nggak ada bakat kek gitu....
Untuk itu saya pengen temenan sama spongebob dan patrick aja.

Kejadian malu udah jelas nggak mau kadang juga terjadi saat, kita lagi pergi ke rumah kelaurga jauh karena ada acara. Padahal udah kenyang, tapi disuruh makan aja, katanya "nggak usah malu-malu" bukan begitu sih, tapi emang nggak mau.
Ha..ha.. Ini lah istimewanya orang indonesia, selalu ramah dan bagi-bagi😁

Berikut saya bagikan tips untuk menghadapi kejadian memalukan yang mungkin menimpa hidup anda yang tentram.

1. Ketawain aja
Kunci pertama adalah ketawain aja, kalian mungkin akan ditertawakan orang lain, tapi kalau kalian cuma diem dan merasa malu warbyasah itu bakal bikin suasana "akward"
A..cie pakai bahasa inggris🙄

Sebaliknya kalau kalian tertawa, bisa jadi kalian bakal kelihatan pede dan merasa lucu bukannya malu.

2. Minta tolong temen
Jangan sendirian kalau nanggung malu, punya temen dimanfaatin lah.
Semisal kamu lagi di suatu acara, trus karena kamu belum sarapan kamu makan dan minum tergesa-gesa kayak dikejar utang.
Lah... Kok bawa-bawa utang🙄
Alhasil itu makanan sama minuman tumpah di baju kamu yang udah rapi karena habis disetrika 5 menit sebelum berangkat (tipe kebut sebelum acara)
Semua orang pada menatap kamu dengan tatapan kasihan, lucu, mau ketawa, saat itulah kamu harus manggil temen kamu.
  "Oey, bantuin dong"
Asyik aja berdua, jangan perhatikan orang di sekitar, anggap aja itu kecelakaan tak terduga.


Quotes : Makannya kalau punya utang bayar dulu, kualat kan.

3. Kabur
Tips selanjutnya, adalah kabur. Kalau saya membayangkannya, yah, dari pada kelamaan dilihatin orang dan merasa nggak nyaman mending kabor aja. Pergi keluar kek, ke kamar mandi kek, ke hatimu kek...
Ea...😂
Ke mana aja yang penting nggak ada yang liat.
Ke kuburan🙄

Nah, itulah pembahasan today tentang "malu, udah jelas nggak mau" semoga bermanfaat ya sob, kalau nggak bermanfaat ya semoga menghibur aja lah.


See you....








21 comments

  1. klo saya biasanya klo di lihatin malu ya langsung kabur aja :D

    www.rajaunik.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gitu biasanya😂

      Tolong jangan masukin link lagi ya🙏

      Delete
  2. Hai mbak... Udh lama ga kesini, soalnya blog sy yg kemarin udh koit alias tutup usia 😭 ni lagi mulai buat lgi dr nol:D.,saya mah seringnya malu"in,pernah lagi anter anak sekolah tau"gedubruk jatuh dijalan berpasir, begitu bangun eeh jatuh maning... Sy celingak celinguk ..untung jalan sepi... Seolah"ga da apa"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho blognya kenapa mbak? Kok tiba2 koit?
      Semangat ya mbak, jangan sedih lama-lama.

      Adegan malu2in nya mbk heni, mirip-mirip film ya....

      Delete
  3. Malu malu tapi ngga mau gitu ya mbak Astria.

    Enak juga temennya tuh, siapa tahu nanti mbak jadi artis blogger dan YouTubers, jadi ngga usah ngejar-ngejar lagi minta tanda tangan.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk.. Bisa jadi-bisa jadi. Saya jadi ngayal beneran ini😂😂😂😂

      Delete
  4. Aku juga pernah ngalamin kok, kalau ditempat umum aneh-aneh aja, tapi selalu mikir: besok ga ketemu lagi kok. Jadi dibawa malu 1-3 hari aja wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk... Kalau main sama temen saya sering banget gitu. Seenaknya bikin tingkah malu tapi gak peduli karena mikirnya gak bakal ketemu lagi sama yang lihat😂

      Delete
  5. tips terakhir kabur haha. waduhh ngerasain :D

    ReplyDelete
  6. Ih yaowoh mbak....


    Gak kenal.. gak kenal... gak kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk.. Kok gitu mas, perasaan kita hampir mirip lho😂

      Delete
  7. Yaampun, Mbak Astria. Sik, aku tak ngakak dulu. Wkwkwk.😂

    Petuah yang Mbak Astria sebenarnya benar-benar bermanfaat lho, Mbak. Supaya teman-teman Mbak Astria gak bingung minta tanda tangan Mbak pas Mbak jadi orang terkenal di masa depan. Kalau Mbak Astria kelak jadi terkenal beneran kan paling gak petuah itu bisa dijual ke fans nya Mbak Astria yang gak pengen repot antri di acara jumpa fans.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha..😂 Sik, aku tak ngakak juga. Jadi berkhayal tingkat dewa ini.siapa tahu nanti jadi nyata.
      Aminin aja lah😂😂

      Delete
  8. hahahahahhahaa ngakaakkkkkk.
    Etapi mau ding dikasih tanda tangan juga, oh jangan ding, nggak musim kayaknya ttd, saya minta selfie bareng aja, takutnya besok jadi artis dan lupa sama saya, serta susah minta selfie bareng hahahahahaha

    Etapi memang kalau ada sesuatu yang memalukan itu, rasanya pengen lari ke bawah ranjang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk.. Tingkat imajinasinya menggila. Sampai membayangkan pakai kacamata dan difoto dimana-mana.
      Lebay mode on😂

      Delete
  9. Haahaaa ada-ada saja..dari pada dihalaman akhir buku mending tulis ditembok2 jalan atau bus2 umum..kali aja jadi Artis dadakan haahaaa..🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bukan jadi artis dadakan. Malah dibawa polisi dadakan😂😂

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. ya ampun jadi begini kelakuan anak ini ya allah... teruskan aja mbak teruskan. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjoot terus ya mbk. Yang penting nggak bikin susah orang😂

      Delete


EmoticonEmoticon