Makna cinta dalam anime "violet evergarden"


Bagi para penyuka anime atau wibu pasti sudah tahu dong sama anime yang satu ini. Saya sendiri sudah lama dengar tapi baru kemarin-kemarin-kemarinnya sempet nonton. Dan..
Emmm apa ya...
Apa sih, lama🙄

He..he... Biarkan saya mendongeng aja dulu. Jadi Violet evergarden bercerita tentang seorang gadis bernama violet yang mencari makna dari kata "aishiteru" alias "cinta" dengan cara bekerja sebagai boneka auto memory yaitu seseorang yang menuliskan surat berdasarkan permintaaan orang lain.

Kenapa kok sampai segitunya? Kenapa nggak cari aja di google makna dari aishiteru ini? Atau tanya naruto aja gitu.

Tak sesimple itu ferguso...
(Lagian naruto mana ada di sini🙄)

Jadi sejak kecil violet ini dijadikan sebagai alat untuk perang. Itu sebabnya dia ini nggak paham apa yang namanya senang, sedih, dan perasaaan lainnya. Baginya hidup hanya untuk berperang dan mematuhi kata tuannya. Bahkan dia nggak bisa bicara. Lalu suatu hari violet ini dijadikan sebagai kado ulang tahun untuk mayor Gilbert.

Sejak saat itu violet diperlakukan lebih baik. Dia diajar bicara, membaca dan menulis. Sang mayor tak pernah menganggap violet sebagai alat atau anjing untuk perang karena violet adalah manusia sama seperti dirinya. Violet yang awalnya bertingkah kasar seperti binatang lambat laun menjadi lebih kalem karena kasih sayang dari mayor gilbert. Hal itu tanpa violet sadari membuatnya mengaggumi sang mayor. Tapi ia tak paham, dinamakan apa perasaannya itu?



Episode pertama anime ini dibuka dengan adegan violet dan sang mayor yang berada di suatu tempat dalam kondisi sekarat. Sang mayor menangis dan meminta supaya violet hidup dengan bebas. Di akhir, ia juga bilang "aishiteru" yang artinya aku mencintaimu sambil menangis.
Dari semua adegan dalam anime 14 episode ini, saya paling suka adegan ini. Padahal ini adegan tragis lho, tapi bagi saya ini adegan spesial. Inti dari semua ceritanya ada dalam adegan ini. Saya suka ekspresinya sang mayor saat bilang "aishiteru" ngena banget rasanya.

Lalu adegan beralih ke rumah sakit, memperlihatkan violet yang sedang menulis surat untuk sang mayor. Tapi ia masih belum bisa mengendalikan tangan barunya yang terbuat dari besi, sehingga suratnya tidak selesai dan terbang terbawa angin. Tangan violet ini kayak robot gitu low sob karena tangannya yang asli hilang ketika perang. Bahkan awalnya saya kira si violet juga robot.

Kehidupan violet pun berlanjut, ia bekerja di sebuah perusahaan pos milik jendral Hodgins( btw jendral hodgin ini temennya mayor Gilbert) di sana violet bekerja sebagai boneka auto memory yaitu  seorang penulis surat. Karena pada masa itu banyak orang yang belum bisa membaca jadi mereka membayar orang untuk menuliskan surat kepada orang lain.  Tapi karena Violet tidak begitu paham perasaan seseorang ia jadi sering mendapat complain dari pelanggannya. Meski begitu violet tetap berusaha karena ia ingin memahami apa itu makna dari "aishiteru" selama itu pula violet tidak tahu kabar dari mayornya, setiap kali ia bertanya jawaban yang diterima selalu tidak pasti. Padahal dia sangat ingin bertemu mayornya.

Walaupun menurut saya cerita dari anime ini nggak terlalu wah, tapi ada yang menarik banget dari anime ini yang bikin saya nggak bosen nonton sampai episode terakhir.
Latar tempat dari kota liden dengan pemandangan yang so beautifull, suasana, ekspresi yang ngena banget, dan kata-kata yang diucapkan di anime ini tuh keren, rasanya hampir sama ketika saya nonton "shingatsu wa kimi no uso"

Tapi saya paling suka ekspresi dari violet ini. Di sini ia diceritan nggak begitu paham apa itu perasaan senang dan sedih, tapi anehnya tanpa bicara pun kita bisa tahu apa yang violet rasakan. Pokoknya ekspresinya the best deh.

Jadi, sed

Saya ikut terbawa alur ceritanya gitu. Setiap episode dari anime ini akan menunjukan kisah hidup dari pada kliennya violet, dimana hal tersebut membuat violet jadi lebih manusiawi dan semakin memahami arti dari kata aishiteru yang diucapkan mayornya.

Kalau menurut kalian apa sih maknanya aishiteru?
Apakah makan sepiring berdua?
Tiap bulan dikirim paket kuota?
Atau dibawa ke KUA?

Yang terkhir...yang terakhir😍

Mungkin kalian kudu coba nonton kisah violet ini dan melihat makna cinta seperti violet. Nggak cuma cinta tapi juga banyak hal yang bisa kalian pelajari dari anime ini.
Akhir kata saya ucapkan "aishiteru sob😍"

 See you...









13 comments

  1. Saya bukan penggemar anime mbak, jadinya baru tahu kalo ada violet Evergarden. Kalo aku nonton anime paling Doraemon sama dragon ball saja.😂

    Tapi bagus tuh jalan ceritanya, violet akhirnya jadi punya perasaan berkat mayor Gilbert yang kerja di beng beng dari mayora.

    Lihat jalan ceritanya kok mirip film Alita Battle Angel. Jadi ceritanya pada zaman dahulu kala, ada seorang dokter bernama Tri. Dokter tri itu pengin punya anak tapi tidak bisa. Ia lalu mengumpulkan tujuh buah dragon ball. Setelah berkumpul 7 dragon ball itu keluarlah Jin yang mengatakan ia harus ke barat, tapi bukan untuk mengambil kitab suci ya.

    Ia akhirnya ke barat dan menemukan toko yang sedang menjual robot manusia. Kebetulan sedang ada diskon gede, akhirnya dokter Tri membelinya. Robot itu ia beri nama Takashi Mura.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk..kayaknya saya dikubil, kenapa jalan ceritanya jadi nggak karuan😂, tapi bagus tuh dibikin film. Perpaduan alita, dragon ball dan bang takasi mura biar hemat😂

      Delete
  2. Waaah, jadi kepengin nonton nih, penasaran sama kata-kata kerennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton aja mas, pasti suka....nggak bakal nyesel

      Delete
  3. Belum pernah nonton Violet Evergarden ..., jadi baca ulasannya cuma manggut-manggut, terus pahamnya Aishiteru 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalau soal cinta, mau apapun bahasanya kok pada paham ya😂

      Delete
  4. Wah karena saya udah mamak" jadi ga pernah tau cerita ini mbak, aishiteru itu kayak judul lagu grup musik indo yg udah bubar itu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aishiteru itu judul lagunya mbk, emang terkenal banget sih.

      Delete
  5. Jadi penasaran juga ama anime yang satu ini, kayaknya jalan ceritanya bisa menghanyutkan nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, diam-diam menghanyutkan gitu....😁

      Delete
  6. aishiteru itu... saya sedang mencoba memaknai aishiteru tanpa mengucapkan aishiteru. seperti surat al ikhlas yang tak tertulis makna ikhlas di dalamnya. ciee

    btw saat muncul di bioskop saya belum nonton ini sih mbk, pengen banget nonton. masukin wishlist ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie.. Saya juga mau ikut-ikutan ah, tapi agak susah ya kayaknya. Harus pakai hati.
      Saya juga belum nonton yang di bioskop mbk, tapi kayaknya cari di internet udah ada deh.

      Delete


EmoticonEmoticon