5 istilah psikologis yang sering terjadi, tapi nggak tahu namanya

via.pixabay

Panjang amat dah judulnya, udah kayak
Jalan kenangan yang rusak wkwk....
abaikan judulnya fokus ke isinya aja ya sob.

Pernah nggak sih, kalian mengalami atau merasakan sesuatu tapi nggak tahu apa istilah dari hal tersebut?
Ha..ha.. Saya mah sering. Alhasil saya menceritakannya secara detail.
Ngalor ngidul, munggah mudun, mubeng-mubeng😂
Dan.. Mereka masih nggak paham😑
Emang sayanya yang nggak bisa menjelaskan😂

Nah, di kesempatan kali ini saya mau membagikan istilah-istilah dari kejadian yang sering kita alami tapi kita nggak tahu istilahnya apa.
Bingung?
Sama, saya juga...
Jadi langsung saja kita bahas yak

1. Accismus
Waduh istilah apaan tuh?
Sebenernya kebanyakan orang pasti pernah mengalami yang namanya accismus, termasuk saya😁. Yaituh... Suatu keadaan dimana kita merasa suka sama seseorang atau tertarik pada sesuatu tapi malah pura-pura nggak suka dan pasang wajah "B aja tuh"
Hayyo.. Siapa yabg pernah gini...
Wah, angkat beban semua😲
Angkat tangan woey🙄

Jadi inget, dulu pernah suka sama orang bukan setan. Tiap kali lihat dari keajauhan jantung langsung berdisko. Tapi giliran dianya lewat dan manatap daku, daku langsung pasang wajah "bodo amat" padahal nahan senyum sama susahnya dengan nahan pipis.

2. Letholigica
Udah mikir mau ngomong apa, bener-bener udah mikir. Tapi tiba-tiba... Cling lupa mau ngomong apa. Kayak orang amnesia sementara.
Itulah yang dinamakan letholigica, keadaan dimana kita sudah memikirjan suatu kata atau istilah di dalam otak tapi mendadak lupa pas mau ngomong. Jadinya marah sendiri...
Saya sering juga tuh...😂
Dan "anu" lah yang menjadi penggantinya...
Maapin aku ya anu🙏

Biasanya saya gini : "maksudnya, itu kan yang bisa muter, emm itu kan yang muter-muter..  Apa sih, iya aku paham maksudnya. Yang bisa muter"

Ternyata malah ngimongnya yang muter-muter😂



3. Vellichor
Inilah perasaan yang sering dirasakan oleh para penikmat buku. Yaituh... Suatu perasaan dimana kita ikut terbawa suasana yang dituangkan dalam bentuk tulisan tersebut. Ikutan sedih, ikutan marah, sebel, dll.
Dulu, waktu sering baca buku saya sering merasakan hal tersebut juga. Tiba-tiba nangis, marah sama tokoh di bukunya.

Sekarang sih, udah jarang baca buku. Seringnya nonton drakor😂
Jadi seringnya juga malah baper.
Plus ngayal.

Ini sih lebih parah, percayalah saat menjadi kpoper tingkat halu itu meningkat 180 derajat gays.





4. Jouska
Ha..ha.. Ini nih hal yang peling sering saya lakukan. Baru tahu juga istilahnya sekarang. Dan saya yakin kalian juga sering mengalaminya.
Apa sih?
Yaitu suatu keadaan dimana kita lagi bicara dengan diri sendiri. Semacam berdiskusi atau curhat gitu.
Ya kan kadang ada hal yang nggak bisa diomongin sama orang lain, jadinya ngomong sama diri sendiri aja...
Gilanya diri sendiri yang tahu😂
Kalau ditanya apa saya pernah ngelamun, kayaknya jawabannya nggak pernah, karena kalau lagi diem bae biasanya otak malah rame bener. Lagi kerja nih, lagi jahit, tapi pikiran udah melayang kemana-mana. Mikirin sarapan tadi pagi, mikirin mau nonton pilem apa akhir pekan nanti, mikirin mau beli masket juag sebelum harga masker naik.

5. Pareidolia
Pareidolia adalah suatu kondisi psikologis yang...
Pernah nggak sih kalian melihat bentu wajah atau lukisan yang keren banget pada suatu benda mati seperti tas, dinding dll. Padahal orang lain menganggapnya biasa aja, tapi kalian bisa langsung melihat ada bentuk wajah disana.
Pernah?
Saya sering banget ini... Kadang pengen saya lukis ulang tapi kagak bisa wkwk...  Bagi saya jelas banget itu mirip mukanya si jepri tapi temen saya bilang "emang muka si jepri mirip tas sih"
Just contoh👆

Maapkan aku jepri, aku nggak kenal kamu tapi pinjem namamu.

Dari ke lima fenomena psikologis di atas, mana nih yang paling sering atau seenggaknya pernah kalian alami? Atau malah sudah kelimanya? Kalau dibahas lebih lama masih banyak fenomena psikologis yang kita nggak tahu istilahnya, tapi untuk sementara ini saya bagi 5 aja🖐

See you....



40 comments

  1. Pagi mbak.. Sy kayaknya yng no 2 dan 3 apalgi yg no 2,kadang udh mau diomongin lupa mendadak, udahnya sy uring"an sambil mikir apakah sy udah mulai pikun? 😱 Astaghfirullah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha.. Iya ya mbk, kalau lupa dadakan gitu rasanya sebel banget, jadi kayak orang bego. Saya juga sering mikir, masak karena faktor U? Perasaan belum tua-tua amat😂

      Delete
  2. Keren banget peristiwanya melebihi istilah yang diberikan kepadanys

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Yang keren malah istilahnya mas, peristiwanya aneh dan bikin sebel😂

      Delete
  3. Aku pernah semuanya, apa itu karena stress ya atau gimana? Dan apa dampaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah semuanya tuh, tapi kayaknya bukam karena stress. Emang beberapa orang ada yang seperti itu. Terlalu sensitif mungkin🤔

      Delete
  4. Vellichor yg pernah saya alami, thank ulasannya kak jadi tau sekarang kak

    www.rajaunik.co.id

    ReplyDelete
  5. Waduh aku tadi mau komentar apa ya lihat artikel ini, kok malah lupa. Apa aku sudah mulai pikun ya, padahal masih unyu unyu gini.😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk.. Saya turut berduka deh, masih unyu, kyut-kyut gitu udah pikun. Semoga masa lalu yang kelam ikut terpikunkan ya😂😂

      Delete
    2. Semoga saja sih masa lalu yang kelam ikut kelupaan, asal isi dompet jangan ikut kelam ya mbak? 😂

      Delete
  6. ya ampun, cuman Jouska dong yang saya pernah dengar, tapi itu akun financial di IG hahaha.
    ternyata ada artinya ya? masa iya mereka pakai nama jouska karena arti dari psikologis tersebut ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga mbak, bisa jadi mereka pakai nama itu karena ngomong dan curhat pada diri sendiri.😂

      Btw, pada jouska itu nama perusahaan konsultan keuangan.😃

      Delete
    2. Bisa jadi... Bisa jadi mbak rey. Atau mungkin ada makna lain dari jouska ya🤔

      Delete
    3. Ya itu, jouska itu nama perusahaan konsultan keuangan mbak, makanya dia bikin akun di UG.😄

      Delete
    4. hahaha bener kan? Jouska itu dulunya saya follow karena sering bikin thread yang bermanfaat banget :)

      Delete
  7. secara personal, saya juga baru tau dengan kosakata ini hhe.

    ReplyDelete
  8. ngomong sama diri sendiri gw juga sering hahaha, kadang pengen ngerubah itu ya, soalnya kalo di pikir2 kayak orang bodoh.. tapi lebih seringnya malah ngomong sama tembok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha...ha.. Wajar mas, saya juga sering banget. Apalagi kalau lagi lihat sesuatu yang lucu, tahu-tahu ketawa sendiri😂

      Delete
  9. Keren ya istilah-istilah psikologis, saya baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal sering ngalamain tapi baru denger istilahnya sekarang ya😂

      Delete
  10. Sering ngalamin yang no 2. Tiba tiba saja ditengah bicara, jadi lupa apa yang mau diucapkan. Atau mau nyebut nama seseorang jadi ngblank, padahal wajahnya dah kebayang. Ternyata isitilahnya Letholigica ya. Saya selama ini selalu menyebutnya dengan short term memory loss. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Malah keren itu mas, saya baru tahu istilah short term memory loss. Artinya sama aja dengan letholigica ya....

      Delete
  11. Semuanya pernah bahkan seringkali aku alami. Yang pareidolia aku sering alami pas di kamar mandi. Kadang kan dinding kamar mandi ada bagian basah karena lembab, nah bagian basahnya ini kadang pas aku lihat kok mirip bentuk wajah yang serem, ada yang bentuk pocong mini, ada yang bentuk mbak Kunti. Karena itulah aku jadi gak bisa lama-lama di dalam kamar mandi. Atuuuut. 😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih mbak Roem, kok serem amat.😱

      Mungkin itu karena habis nonton film horor kali ya.😂

      Delete
    2. Saya juga sering gitu mbak, kadang bekas air hujan bocor yang nempel di dinding bisa jadi bentuk kayak wanita yang rambutnya panjang. Kalau lihat jadi kepikiran dan takut juga....

      Delete
  12. Dari 5 diatas cuma nomor 1 yang saya tahu sisanya baru baca diblog ini...Berarti kudet juga gw yee..🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha.. Kudet nggak apa-apa mas yang penting bahagia. Karena saya juga sering kudet jadi mari saling membela yang kudet-kudet😂😂

      Delete
  13. No. 1 sampe No. 4 sering banget sih ngalaminnya dan untuk yang No. 3, saking kebawa cerita di buku, kadang bisa mempengaruhi mood sampe seharian. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Itu namanya pecinta buku tulent. Dulu waktu masih suka baca buku, saya juga sering dibaperin sama novel. Nangis sampai mata bengkak pas bangun pagi😂, tapi bikin kecanduan baca lagi.

      Delete
  14. Gw baru tau semua istilah itu, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  15. Yang paling sering aku alamin tuh nomor 1,2, dan 4. Dan ternyata ada nama ilmiahnya ya tapi susah disebut sama lidah indo euy wkwkw... Yang nomor 1 mah masa SMP-SMA banget itu sih. Kalo nomor 4 lebih ke aku harus do something supaya otak nggak rame. Kalo lagi diem malah otak mikir kesana kemari. Sering ditegor suami kayak orang lagi ngelamun tapi sebenarnya otak lagi mengembara. Lain aku bilang, aku lagi jouska babe wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, iya ya mbk. Masa sekolah sering banget mengalami yang namanya accismus😍, wkwk...
      Saya hampir semuanya sudah mengalami sih, yang sering banget adalah jouska dan letholigica😂

      Delete
  16. Letholigica sering nih aku mbak. Udah excited ehhh malah gajadi ngomong, kan sebel. Lhah jouska ternyata istilah toh, selama ini kenal jouska itu sebagai akun perencana keuangan di instagram yang populer banget di kalangan elite.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah baru tahu kalau jouska juga nama akun di instagram. Jadi kepo nih🤔 karena banyak yang bilang.

      Gini nih kalau buka instagram lihatnya komik strip mulu....

      Delete
  17. wkwwk yang no 4 kayaknya maslaah seribu umat yak dari dulu sampai sekarang masih begini. btw salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Emang kalau ngomong sama sendiri itu nggak bisa dicegah ya. Untung nggak ada yang tahu selain diri sendiri dan tuhan. Kan ada banyak rahasianya😂

      Delete


EmoticonEmoticon