Tipe orang macam apakah kamu?

via.pixabay 

Saya?🙄
Saya orangnya nggak suka ditanya macem-macem, jadi lu diem bae.

🙋aku...aku.., Aku orangnya suka arum manis karena aku manis banget

👱 aku orangnya suka ikut-ikutan aja sih

Yah, tiap orang punya kepribadian yang berbeda-beda. Yang satu berani, yang satu agak takut-takut, yang satu nggak bisa diem yang satunya jutek banget.
Itulah kehidupan, penuh perbedaan.

Ngomongin soal kepribadian orang. Sebenarnya saya tertarik banget dengan topik ini. Menurut saya bisa mempelajari sifat orang lain itu hal yang keren dan luar biasa.
Bahkan saya dulu sempet pengen jadi psikolog, tapi kata kakak saya nanti saya bisa gila karena ngurusin masalah orang mulu😂

Ada beberapa tipe manusia seperti introvert. Extrovert, dan ambivert. Ada lagi, melankolis, sanguinis, dll.
Banyak banget sebenarnya... Tapi akan saya bahas beberapa aja ya sob.

Mari kita bahas bersama di sini ya...

Introvert

Adalah orang yang suka melakukan banyak hal secara sendirian. Bagi mereka sendiri itu tenang dan damai, juga menyenangkan.
Sepi is calm😌

Mereka biasanya lebih menyukai kegiatan seperti, menulis, membaca, nonton film dll.
Mereka bisa menyelesaikan tugas secara baik jika sendirian daripada bersama orang lain. Dan suka memikirkan sesuatu secara mendalam. Pikiran mereka tu nggak pernah kosong, rame banget walaupun mulutnya mingkem aja.
Kayaknya saya banget...

Extrovert

Kebalikannya introvert. Extrovert adalah orang yang suka berada di keramaian dan suka melakukan banyak hal secara bersama atau dalam tim. Mereka cenderung tidak bisa fokus jika sendirian. Selain itu ekstrovert adalah tipe orang yang pandai bergaul, pandai bicara dan selalu ingin jadi pusat perhatian. Bahasa singkatnya sih mereka cerewet tapi asyik dan nggak ribet .

Bahasa singkat katanya🙄

Mereka lebih suka jadi pembiacara dari pada pendengar.
Kalau nggak penting, ya nggak usah dipikirin, masa bodoh aja lah...
Itulah ekstrovert.

Ambivert

Nah, kalau ambivert ini adalah gabungan dari introvert dan ekstrovert. Beruntung banget, karena ambivert bisa menyesuaikan diri terhadap situasi apapun, mereka bisa jadi sangat ramai seperti ekstrovert tapi juga menikmati waktu sendiri yang tenang sebagai introvert.





Istilah introvert, ekstrovert, dan ambivert diperkenalakan pertama kali oleh seorang psikolog dari swiss bernama Carl Gustav jung (C.G Jung)


Selain tipe kepribadian di atas ada juga 4 tipe kepribadian manusia yang sering banget saya dengar, apakah itu...?



Sanguinis

Pernah ada yang komen di postingan saya, katanya saya seorang sangunis. Padahal nggak sama sekali😂
Emang kalau nulis suka nggak kontrol tapi aslinya anteng kaya roro anteng🤓

Sanginis adalah orang yang suka dengan kesenangan, selalu ceria dan gampang bosan. Intinya mereka nggak bisa diam tanpa melakukan aktivitas yang bisa membuat mereka merasa senang. Karena itu tipe orang sanguinis adalah orang yang kreatif. Mereka juga optimis dalam hidup dan melakukan segalanya secara easy going, nggak mau mikir terlalu pusing.
Agak mirip ekstrovert ya

Bukan saya banget kan😂

Orang dengan tipe ini biasanya lebih cocok bekerja di bidang, fashion, olahraga dll.

Koleris

Dalam bayangan saya, seorang koleris adalah orang yang diam tapi keren.
Mereka adalah orang yang fokus pada tujuan. Selalu berpikir logis dan cerdas.

Mereka juga bukan tioe orang yang suka bicara secara singkat, jelas dan padat. Pembicaraan yang mendalam dan penuh makna adalah hal yang mereka sukai. Biasanya mereka lebih suka berbicara dengan orang yang punya minat sama. Dan lebih suka bekerja sendiri, ketimbang bekerja dengan banyak orang  yang kemungkinan bisa saja plin plan.
Hampir mirip introvert ya....

Melankolis

Bisa dibilang seorang melankolis adalah orang yang berpikiran sederhana dan patuh pada peraturan. Mereka sangat mencintai keluarga dan teman-teman terdekatnya.
Kebalikannya dari sanguinis, melankolis cenderung lebih suka berada di satu tempat yang sudah nyaman baginya, jadi nggak mau pergi jauh-jauh kalau risikonya bakal bikin kenyamannya hilang.
Mereka memiliki jiwa sosial yang tinggi dan baik hati.

Plegmatis

Seorang plegmatis adalah orang yang cinta damai.
Uwah.. Mereka ini lebih suka mendahulukan orang lain ketimbang dirinya sendiri. Suka menjalin hubungan dengan teman-teman lama dan suka beramal juga. Menjadi seorang psikolog,
 atau perawat adalah karir yang cocok untuk seorang plegmatis.

Nah kalau berdasarkan pandangan orang pada umunya nih, tipe orang ada dua yakni yang jahat dan yang baik.

Jadi kalian tipe orang kayak gimana nih...?
Introvert, extrovert, atau ambivert?
Apapun itu saya tetep cinta kok
Ea..  Ngealay kumat😂

Biasanya sifat manusia itu kan emang campur aduk, walaupun dia introvert, tapi ada sifatnya pula yang kayak ekstrovert atau sebaliknya. Semua tergantung suasana dan lingkungan sekitar. Semisal, di depan gebetan manis kayak gula aren di depan temen manisnya bubar barisan, patakilan nggak karuan😂
Itulah yang dinamakan jaim.

See you....








24 comments

  1. Sepertinya saya introvert, soalnya suka sendiri, apalagi kalo lagi nunggu wangsit, nomer apa yang keluar..😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, wangsit bukannya yang enak dimakan itu ya....

      Delete
    2. Itu mah bakpao sama lemper kali..🙄

      Delete
  2. Saya juga suka nih baca-baca tipe-tipe karakter dan kepribadian. Jadi bisa mengenal diri sendiri lebih dalam. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain itu juga memberikan rasa ada yang memahami gitu

      Delete
  3. apakah aku adalah tipe Sanguinis? hhh
    soalnya mirip bgt itu kayak karakterku

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dilihat kayaknya mbak ella emang sanguinis deh, lihat di ig ceria mulu mukanya

      Delete
  4. Tumben nih belum update lagi, apa lagi bertapa nyari wangsit ya kak Astria..😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha...ha... bisa jadi mas, susah banget cari wangsitnya padahal udah laper

      Delete
    2. Nih snicker, lu emang rese kalo lagi laper..

      *Korban iklan.🥶

      Delete
  5. ehm sepertinya Ambivert dominan ne...terima kasih sudah berbagi neng

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama bapak guru... kalau jadi guru emang lebih baik kalau ambivert ya, bisa menyesuaikan diri dengan cepat

      Delete
  6. Menyenangkan mempelajari macam-macam karakter orang, secara nggak langsung kita makin mengenal karakter diri sendiri.

    Saya mengira diri ambivert sih, entah memang introvert terbentuk saat pola asuh masa kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepribadian orang emang bisa berubaha ya mbk, tergantung lingkungan di sekiatarnya. Saya juga suka bahas yang kayak gini....

      Delete
  7. sepertinya saya ini sanguinis blasteran melankolis deh. Suka gak suka diam tapi kadang melankoli banget kalo dah ama doi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk😂 kpribadian pun bisa blesteran juga yak. Kalau sama doi jadi melankolis karena bawa perasaan terus...

      Delete
  8. Sepertinya aku introvert yang melankolis nih, Mbak. Soalnya suka menyendiri sambil meratapi nasib diri sendiri. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kok gitu mbak. Kok samaan kita😂, saya ditambah embel-embel ngayal tingkat dewa.

      Delete
  9. Sy introvert dan sedikit melankolis wk wk. Lbh nyaman apa" sendiri meskipun hidup tu perlu jg kebersamaan,suka mikir lamaa banget tpi bkn lemot, hanya aja nyari keamanan alias kepingin yg nyaman" aja.. Tpi kadang apa yg di otak kadang suka uber"an ama di mulut. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata kepribadian orang emang pada blesteran ya...
      Saya juga kalau mikir suka lama mbak, nyampe dikatain lemot, tapi daripada ntar nyesel, mending pikir dulu sampai basi, sampai mateng maksudnya😁

      Delete
  10. kayaknya saya ambivert deh kak.. tapi lebih condong ke introvert.. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bagus dong ambivert... Bisa jadi introvert bisa jadi ekstrovert

      Delete
  11. Aku suka campur-campur deh...
    Tapi, awalnya aku dominan introvert. Namun, semakin ke sini, ternyata aku bisa mengurangi introvertku sih. Hal ini dikarenakan pekerjaanku yang menututku untuk nggak introvert.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kayak nasi ya mbak, di campur-campur😁. Kadang kerjaan emang menuntut biar lebih ekstrovert sih, tapi itu malah bagus dong...

      Delete


EmoticonEmoticon