Mandrake, tanaman aneh yang mirip manusia

Via.pixabay

Wingardium leviosa....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

siapakah di sini yang penggemar harry potter kayak saya.
Kalau iya kalian pasti tahu bahwa pada film harry potter pernah ada adegan dimana mereka masuk ke dalam rumah kaca dan mempelajari tumbuhan bernama mandragora.

Dalam film tersebut mandragora digambarkan sebagai tanaman hidup yang suaranya sangat berbahaya kalau sampai didengar oleh telinga manusia

Mungkin mirip-mirip sama suara guru killer kalau lagi marah ya๐Ÿ˜‚

Sehingga harry dan kawan-kawan harus memakai penutup telinga. Kalau nggak bisa-bisa pingsan ntar.

Dan ternyata sobat semua,
Tanaman tersebut memang ada di kehidupan nyata dengan nama mandrake atau mandragora. Nggak sekedar hasil imajinasi mbak JK rowling.


Mandrake sendiri adalah tumbuhan yang memiliki umbi yang bentuknya mirip dengan wajah manusia dan katanya juga punya prilaku kayak manusia
aneh bukan..
Fix bagi saya ini aneh banget.

Emang prilaku manusia kayak gimana?๐Ÿ™„

Banyak mitos dan legenda yang membahas tentang mandrake ini, mengaitkannya dengan banyak hal berbau sihir dan nggak masuk akal.
Seperti:

1.jika bentuknya menyerupai bagian tertentu tubuh manusia maka bisa digunakan untuk menyembuhkan bagian tubuh tersebut.

2.jika bentuknya seperti bayi maka dipercaya bisa memberikan bayi kepada wanita yang tidak bisa hamil dengan cara meletakkannya di bawah bantal.

3. bisa memberikan kekuatan, kekayaan, dan keberuntungan yang berlimpah...

Pada zaman dahulu kala di peradaban yunani kuno mandrake ini biasa digunakan untuk obat bius karena kandungan racunnya. Tapi jika digunakan secara berlebihan maka bisa menyebabkan nyawa terlepas dari tubuhnya (meninggal singkatnya๐Ÿ˜)



Dulu orang menyebutnya dengan mandrake laki-laki dan mandrake perempaun. Sekarang karena udah zaman modern, maka penyebutannya diganti jadi, mandragora officinarum dan mandragora autumnalis

Belibet banget nyebutinnya.

Hal yang bikin saya terkejut ketika baca soal mandrake ini adalah, bahwa katanya mandrake adalah tanaman yang hanya tumbuh di bawah tetesan air mani dari seorang laki-laki yang digantung dan juga darah.
Iyuw.. Serem banget kan. Karena itu bentuknya menyerupai wajah manusia๐Ÿ˜– dan jadi memiliki aura magis.
Bahkan di Arab sana mandrake ini disebut dengan luffah atau beid el-jin yang artinya telur jin.
Makin bikin serem kan...
Dan soal jeritannya itu. Konon katanya kalu seseorang ingin mencabut mandrake ini ia harus berhati-hati dengan jeritannya yang bisa menyebabkan kematian. Waktu yang paling tepat adalah pada malam hari dan membawa seekor anjing

Wagelaseh...
Ini tanaman apa pembunuh?
Terlepas dari kisah-kisahnya yang serem, magis, aneh, dan nggak masuk akal. Mandrake ini emang beneran ada. Tapi nggak seberbahaya dan nyeremin kayak cerita yang beredar. Ini tu Semacam kisah yang tumbuh dari kepercayaan masyarakat di zaman dulu. Ada yang bilang kalau di indonesia mandrake ini kayak jenglot.

See you....











9 comments

  1. Oh, ada tanaman mandrake ya, memang agak mirip manusia sih, tapi ga mirip Mandra..๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  2. Wah komen pertamak nih, kira-kira ada hadiahnya tidak ya? ๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿญ๐Ÿญ saya kasih lolipop๐Ÿ˜‚

      Delete
  3. wah baru tahu aku, makasih sharingnya

    ReplyDelete
  4. Semakin kagum sama mba JK. Rowling. Yang mau menulis cerita aja pake riset yang panjang. Fix cerdas deh nih. Menulis cerita walaupun fiksi gak boleh ngayal banget-banget, harus fakta objeknya. Itulah cerita yang memberi wawasan kepada pembaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, saya juga suka banget sama mbk jk rowling, imajinasinya itu low, warbyasah. Apalagi novelnya...harry potter, duh.. Keren banget๐Ÿ˜

      Delete


EmoticonEmoticon