Jadi pengamat film "perfume, the story of a murderer"


Hay sob...
Akhirnya aku balik maneh setelah lama ngilang. Sepurane ya๐Ÿ™
Jadi ceritanya kemarin saya lagi mengalami banyak masalah batin yang nggak bisa dijelaskan di sini.
Maklum, umur udah tuwir tapi pikiran masih aja labil.
Tapi yang penting hari ini saya kembali bangkit dan merasa cukup baikan.

Dan comebacknya saya ini akan membahas sebuah film berjudul "perfume"
Film ya, bukan drama korea.
Perfume adalah film horor thriller yang rilis pada tahun 2006 lalu.
Entah mengapa saya doyan nonton film lawas kek gini.
Film ini disutradarai oleh Tom tykwer.

Tapi sebelum membahasnya lebih lanjut saya mau bilang kalau film ini nggak cocok ditonton sama anak-anak. Menurut saya film ini kategorinya adalah "D" dewasa.

Jadi, film ini bercerita tentang seorang pria bernama jean baptiste grenouille (namanya susah, jadi saya sebut jean aja) yang memiliki indra penciuman yang sangat tajam, bahkan dari jarak berkilo-kilo meter. Mengingatkan saya sama tanjirou di anime kimetsu no yaiba. Karena bakatnya yang unik tersebut, Ia sangat terobsesi pada aroma yang ada di sekitarnya. Dan kisahnya menjadi horor ketika jean ini tertarik dengan bau seorang wanita. Ketertarikannya tersebut membawa jean pada pembunuhan yang ia lakukan untuk bisa mengekstrak aroma dari tubuh para wanita cantik

Gila...๐Ÿ˜ฑ
Serem banget kan.
Namun dibalik tokoh kejam begitu selalu ada kisah yang menyedihkan, apa bener ya kata meme yang bertebaran di internet itu kalau "orang jahat lahir dari hati yang tersakiti"

Jean lahir dengan cara yang sangat menyedihkan. Ibunya adalah seorang penjual ikan di kota Paris, tempat paling bau di Eropa kala itu. Yang bikin saya agak merasa miris adalah karena ibunya ini melahirkan dia ketika sedang berjualan tanpa bantuan dokter, dan tanpa kelihatan kayak orang habis melahirkan. Si anak lahir, dipotong sendiri tali pusarnya, dan langsung berdiri menghadapi pelanggan. nggak peduli itu anak hidup atau nggak. Karena rencananya emang mau dibuang. Tapi karena ia melahirkan di tokonya dan Jean yang dikira mati ini ternyata hidup dan malah menangis akhirnya si ibupun dihukum gantung karena tindakannya.
Menurut saya itu adalah scene yang ngeri dan agak bikin mual.

Jean pun akhirnya dititipkan di sebuah panti asuhan yang buruk banget. Dia hampir dibunuh oleh anak-anak di sana, tapi sekali lagi ia selamat dan tumbuh besar.

Ketika usianya 13 tahun jean dijual di pabrik kulit karena dianggap sudah tidak berguna di panti asuhan. Pemilik panti asuhan yang menjualnya pun meninggal dalam perjalanan pulang.

Walaupun tubuhnya kecil jean membuktikan kalau ia kuat dan bisa bertahan hidup di pabrik kulit. Ia berada di sana sampai dewasa. Suatu hari ia diajak bosnya pergi ke kota untuk mengantar kulit. Di sanalah jean mencium aroma yang sangat memabukkan yang kemudian ia sadari kalau itu adalah aroma seorang wanita. Ia pun mengikuti wanita tersebut kemanapun wanita itu pergi, sampai si wanita itu ketakuatan. Dan kejadian itu berakhir dengan jean yang tidak sengaja membunuh wanita tersebut dengan menutup mulutnya ketika si wanita akan menjerit minta tolong.

Singkat ceritanya, rasa tertarik jean pada aroma membawanya pada seorang ahli parfum. Ia kemudian tinggal dan bekerja di sana untuk mengasah kemampuannya. Dan si pemilik pabrik kulit itu juga mati setelah kepergian jean.

Ia ingin tahu bagaimana caranya mempertahankan dan menangkap bau agar ia tidak kehilangan aroma seorang wanita.
Kegilaan jean ini mulai terlihat ketika ia bahkan mengorbankan kucing milik si ahli parfum untuk percobaanya.

Akhirnya ia merencanakan untuk pergi ke kota grasse di mana para ahli parfum ternama tinggal di sana. Majikannya mengizinkan dengan syarat jean menuliskan 100 resep parfum baru untuknya.

Setelah kepergian jean, si ahli parfum pun meninggal karena rumahnya runtuh.

Jadi, entah mengapa semua orang yang ditinggalkan jean ini pasti berakhir mati.



Di sana ia kembali menemukan aroma wanita yang sangat dirindukannya. Di tempat itulah jean belajar menangkap bau wanita dan menjadi seorang pembunuh. Kota menjadi sangat kacau karena banyak gadis yang hilang dan ditemukan mati dalam keadaan botak dan telanjang.

Parfum yang diracik jean dari ekstrak tubuh wanita ini bisa membuat orang yang ada di sekitarnya bahkan seluruh dunia takluk padanya.

Film yang bener-bener mengerikan dan sekali lagi jangan pernah nonton film ini sama anak kecil atau remaja karena di scene pembunuhan itu diperlihatkan prosesnya jean mengekstrak mereka yang dalam keadaan nggak pakai apa-apa.

Fim ini berakhir tragis dengan jean yang kemudian merasa hampa dan putus asa. Setelah selamat dari hukuman mati karena bantuan parfumnya ia berkelana kembali ke tanah kelahirannya di paris. Jean menyadari bahwa parfum itu tidak bisa membuatnya merasa dicintai dan mencintai. Perasaan yang sebenarnya ia inginkan sejak kecil. Ia bahkan terus memikirkan wanita pertama yang dibunuhnya secara tidak sengaja.

Ia pun menumpahkan parfum tersebut ke tubuhnya sendiri dan membiarkan semua orang mencium aromanya yang memabukan, mengginggitinya sampai ia hilang tak tersisa.

Krik...krik...
Im speccless setelah lihat ending dari film ini. Saya pikir si jean ini gila karena obsesinya pada aroma wanita membuatnya tega melakukan pembunuhan. Bagaimanapun juga pembunuhan itu kan hal yang keji ya... Dosa besar. Namun saya juga merasa kasihan padanya yang nggak bisa merasakan apa itu cinta. Dan adegan ketika ia tertidur di dalam gua juga menunjukan kalau sebenarnya jean ini merasa lebih tenang ketika tidak ada macam-macam aroma yang memenuhi hidungnya.

Saya agak bingung, hal apa yang bisa saya ambil dari film ini. Dan setelah saya buka-buka google saya pun menemukan apa filosofi film ini di wikipedia.
Di sana dijelaskan kenapa semua orang yang ditinggalkan jean meninggal itu karena seseorang yang teraniaya dari lahir akan menjadi petaka bagi orang-orang yang merugikannya. Emang si jean ini selalu dimanfaatkan oleh orang-orang disekitarnya.

Dan tentang para wanita yang dibunuh jean, bukan sembarang wanita. Mereka adalah wanita-wanita baik yang punya hati suci, tidak pernah melakukan dosa, masih perawan dan jiwa sempurna seperti malaikat. Hal tersebut yang membuat mereka beraroma istimewa.

Sekian dulu reviewnya ya sob. Kalian yang penasaran dengan film ini. Bisa cari di youtube langsung dengan kata kunci "perfume movie sub indo" dijamin langsung ketemu.

See you....


16 comments

  1. Ini memang rada vulgar gitu film nya. Dulu aku nonton ini waktu masih SMA. Dan nontonnya sambil tutup mata, karena gak biasa nonton orang telanjang dan gak tega lihat pembunuhannya. Nyesel aku nonton pas masih remaja. Mataku ternodai. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy y mbk, saya aja juga sampe tutup mata. Makanya film ini kategorinya untuk ditonton dewasa. Soalnya ada adegan pembunuhan dan ada vulgarnya juga....

      Delete
  2. aku baca novelnya ini pas SMA, modal minjem ke temen, hehe. Pas baca emang agak ngeri tapi seru ya, kebetulan aku suka genre novel seperti ini. Setelah tau kalo ada filmnya, nyoba nonton tapi kayaknya ga sampe habis nontonnya. Ini salah satu novel yang aku suka sih, dan lebih suka mengimajinasikannya ketimbang divisualisasikan.

    Salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Saya bwlum baca novelnya sih, tapi pasti bagus juga soalnya saya juga suka baca buku. Kayak buku harry potter dan twilight, kadang lebih menyenangkan pakai imajinasi sendiri ketimbang diperlihatkan secara nyata๐Ÿ˜

      Delete
  3. kalau aku mah takut kalau filmnya serem , nanti sering tutup muka

    ReplyDelete
  4. waduh, ini film yang sempet kutonton tapi gak sampe abis, vulgar sih, sadis juga, kurang enjoy jadinya, tapi seperti film kebanyakan. Setiap film pasti punya cerita dan pesan yang ingin disampaikan, tapi kayaknya aku belom kuat buat nonton dan nikmati film yang satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun sempet berpikir untuk lanjut atau nggak nonton film ini. Tapi karena penasaran dengan endingnya jadi lanjoot aja๐Ÿ˜

      Delete
  5. Waduh, tadinya mau niat nonton, tapi karena ada peringatan kalo anak remaja ngga boleh nonton jadinya baca review nya aja deh. Mendingan ngerjain PR biar lulus SMP dulu.✌️

    Iya sih, ngeri kalo ada adegan sadis pas pembunuhan, tapi katanya lebih ngeri kalo pas tanggal tua duit di dompet udah ngga ada, plus kuota internet juga merana..๐Ÿฅถ๐Ÿ˜ฑ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas. Niat nya diurungkan aja dulu.. nunggu dewasa :v

      Delete
    2. Ha..ha..๐Ÿ˜‚, iya sih yang terakhir horor tingkat dewa tuh. Tanggal tua, dompet merana, kuota sekarat, serba hemat.
      Saya jadi penasaran, kepanjangan SMP buat mas agus apa yak...
      Mungkinkah punya arti yang berbeda๐Ÿ˜ฒ

      Delete
  6. Btw, kok rasa-rasanya aku kayak pernah nonton nih film? Uhmm... Tapi, aku lupa. Haha... Ceritanya mirip sih, cuma semakin ke tengah ada perbedaan dari ceritanya.

    Nggak tertarik nonton film serem gini. Aku suka film Disney, Comedy, Romantis, dan Detektif. Udah sih itu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka semua genre film mbak, termasuk yang thriller gini. Biar lebih memacu adrenalin.
      Kalau disney, saya dulu paling suka sama ariel putri duyung...๐Ÿ˜Š

      Delete
  7. Inget banget novel ini sempet populer pas aku SMP, entah gimana ceritanya aku bisa baca beginian waktu itu zzz baca novelnya aja udah pusing apalagi nontonnya. Bisa mual mual deh kayaknya. Tapi emang sedih ya akhir hidupnya Jean, dia tetep kosong dan nggak pernah merasakan cinta yang sebenarnya ):

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon