kisah Narcissus, pria yang mencintai bayangannya

via.pixabay
mohon maaf, bukan narcissus,cuma biar lucu

Ada orang yang tidak bisa mencintai dirinya sendiri. Ada pula orang yang terlalu mencintai dirinya sendiri lebih dari apapun.
Iyup, saya membahas kisah cinta nih๐Ÿ˜
Tapi kisah cinta ini kayaknya terlalu... Emmm.. Aneh.

Tahukah kalian dengan narkissos atau narcicuss?

Kisah ini berasal dari kisah yunani.
Tentang seorang pria yang mencintai bayangannya sendiri.
Aneh nggak sih?
Hmm, menarik๐Ÿค”

Ada beberapa versi tentang kisah narcissus ini.

Jadi... Narcissus adalah anak dari dewa cephissus dan seorang nimfa bernama liriope (ada yang bilang nimfa ada yang bilang dewi, intinya ibunya cewek lah). Nimfa sendiri digambarkan sebagai sosok peri hutan yang cantik.
Narcissus lahir sebagai anak laki-laki yang sangat tampan. Perfeck banget dah pokoknya, bintang kpop aja mungkin kalah sama ketampanannya si narcissus.

Sejak lahir narcissus dilarang melihat cermin atau apapun yang memantulkan bayangan dirinya agar ia berumur panjang. Semacam pantangan gitu lah.

Karena ketampanannya tersebut, banyak sekali wanita yang jatuh cinta padanya. Klepek-klepek pada pandangan pertama.

Termasuk seorang bidadari bernama echo. Echo ini pun menyatakan cintanya pada narcissus, tapi sama seperti sebelumnya narcissus menolaknya. Tak ada satupun wanita yang menarik hati narcissus dan membuatnya juga jatuh cinta.
Karena merasa sangat patah hati, echo terus berdoa dan menangis sehingga jeritan jiwanya yang gegana, gelisah galau merana itu mengganggu ketenangan dewa nemesis. Akhirnya ia mengutuk narcissus jatuh cinta kepada dirinya sendiri.



Lalu suatu hari narcissus ini nggak sengaja melihat ke dalam kolam yang memantulkan bayangannya dan pada saat itu ia langsung jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap bayangannya sendiri. Karena rasa cintanya pada bayangan dirinya ia pun tak tahan ingin memeluknya, dan terjunlah ia ke dalam kolam tanpa pernah muncul lagi.

So sad....

Versi lain dari kisah ini mengatakan bahwa narcissus dikutuk karena menolak cinta seseorang pria bernama ameinias. Saking gantengnya, cowok aja sampai ikutan naksir ya...๐Ÿ˜‚

Tapi terlepas dari kisah diatas. Mencintai diri sendiri sampai berlebihan memang jadi nggak bener ya.
Pikirin deh, masak kalao kita cewek sukanya sama bayangan cewek.

Karena itulah orang yang berlebihan dalam mencintai dirinya disebut "narsis"
Hayoo siapa disini yang narsis abis?
Angkat tangannya ..

Eh banyak ternyata...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Saya nggak termasuk deh...

Ada yang bilang kalau kamu ingin bahagia, kamu harus belajar mencintai diri sendiri. Tanpa bisa mencintai diri sendiri akan sulit juga bagimu untuk dicintai orang lain
Familiar bukan dengan kata di atas...

Satu miliar?๐Ÿ™‹

Familiar jubaedah๐Ÿ˜‘

Melar?๐Ÿ‘ฑ

Nggak usah ikut-ikutan yul๐Ÿ˜‘

Saya sudah sering banget baca kata-kata bijak tersebut. Saya setuju juga...
Tapi bagi beberapa orang, mencintai diri sepenuhnya adalah hal yang sulit. Nggak semua orang bisa menerima diri apa adanya....
Kalau buka google dan mengetik, bagaimana cara mencintai diri sendiri?

Akan muncul banyak banget pernyataan, seperti:
Bersyukur atas apa yang kamu punya
Berada di sekitar orang yang positif
Bicara dengan diri sendiri
Menjauh dari berita negatif
Menemukan teman yang tulus
Dan bla..bla.. Bla.. Lainnya

Tapi tetap saja, sulit untuk melakukan apa yang tertulis di atas.
Namun satu jawaban yang berhasil saya temukan adalah dengan menambah keimanan kita dan mendekatkan diri kepada sang maha pencipta.
Tul nggak yul
Tul dong๐Ÿ‘ฑ

Kembali ke kisah cinta narcissus di atas. Ada satu versi yang kedengarannya cukup normal buat saya.
Diceritakan kalau narcissus ini punya saudara kembar perempuan yang sangat cantik. Mereka saling jatuh cinta dan bahagia, tapi suatu ketika saudaranya ini inalilai wa inailahi rajiun.

Karena terlalu memcintai saudaranya tersebut, narcissus sering memandang ke dalam kolam dan membayangkan wajah saudarinya... Semakin lama bayangan tersebut terlihat semakin nyata, menyerupai saudaranya dan terjunlah narcissus ke dalam kolam.

Versi yang terakhir lebih wajar bukan...
Yah masak cowok ganteng matinya karena jatuh cinta sama diri sendiri.
Apa dia kena azab karena kebanyakan mematahkan hati wanita?
Ya ampun, kalau iya, hati-hati ya buat para manusia dengan wajah rupawan๐Ÿ˜‚
Kalian terancam dikutuk lho...


See you





17 komentar

  1. duuh punya cowo yg sangat2 cinta ama dirinya sendiri, udh kebayang bakal kesiksa. krn apapun yg kita lakukan, dia hanya peduli kalo itu berkaitan dgn dirinya sendiri. kok mitos ttg narcisscus ini menarik yaaa. jd penasaran apa ada film yg prnh dibuat ttg ini :). aku coba cari ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Iya ya mbk, ngebayanginnya juga udah susah, apalagi kalau nyata. Saya dulu penasarannya karena cerita ini diselipkan di novel percy jackson, trus jadi kepo deh...๐Ÿ˜

      Hapus
  2. Dulu pernah baca cuplikan cerita tentang Narcissus di bukunya Ust. Salim A. Fillah yang judulnya Dalam Dekapan Ukhuwah..

    Jadi sedikit banyak terbayang gimana ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seriusan mas, kisah narcissus ini juga ada dalam buku agama?
      Wah... Keren ya, emang bisa diambil hikmahnya

      Hapus
  3. Gambarnya bikin ngakak guling2 deh. Kreatif nyari ilustrasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Emang disengajain mas, biar lucu๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
      Anti garing gitu

      Hapus
  4. Owh, makanya orang yang kagum pada dirinya sendiri itu disebut narsis ya, terutama yang suka foto selfie..๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  5. wkwkwkw ngakak liat gambarnya, kenapa pula si onyet yang dipajang hahaha.
    Btw maksud mencintai diri sendiri itu kayaknya menerima semua kekurangan diri, merasa secure dan puas akan diri kita.

    Bentar, itu berarti mencintai orang lain menerima kekurangannya juga yak, padahal saya tidak menerima, tapi semangat mengubahnya jadi lebih baik :)

    BalasHapus
  6. Namanya aja udh narciciuss iiih susah amet yaa.. Jdi pastinya narsis.. Pa lagi kalo cowok suka foto narsis ato selfi.. Beeeh sy jd suka ilfiil.. Ngerasa kecakepan.. Jgn" asal muasal ft selfi krn si narcicius ituu pas liat gbr dia sendiri di air yak ๐Ÿ˜..soalnya jmn dulu lom ada hp...

    BalasHapus
  7. Jadi selama ini. Aku jomblo karena mencintai diriku sendiri? Waduhh, gaswat nih..

    BalasHapus


EmoticonEmoticon