Jadi pengamat film "Koe no katachi"

Jadi pengamat film "Koe no katachi"




Sukaaaa banget sama anime satu ini😘😘😘😘
Koe no katachi (A silent voice) atau kalau dibahasa indonesiakan artinya "bentuknya suara"
Jadi bentuknya suara kayak gimana sih?
Meliuk, bergelombang, lurus, apa lekong.

EhπŸ™„

Anime ini  diproduksi pada tahun 2016 lalu oleh kyoto animation dan di sutradarai oleh Naoko yamada. Diadaptasi dari manga dengan judul yang sama.

Sesuai dengan judulnya anime ini mengangkat tema yang berhubungan dengan suara. Bukan musikal ya....
Anime ini bercerita tentang seorang gadis yang dibulli karena dia tuli plus bisu dan cowok yang frustasi dan ingin bunuh diri karena dia tukang bulli.

Kalau biasanya film hanya bercerita tentang kehidupan si korban bully tapi anime ini menceritakan juga bagaimana tukang bully berjuang untuk tetap hidup dan nggak berakhir bunuh diri.

Jadi... Tokoh utamanya ada dua, shouko nishimiya dan shoya ishida.

Ketika masih kecil nishimiya pindah ke sekolah baru di mana ia adalah satu-satunya anak di kelas yang mempunyai kekurangan fisik. Karena tidak bisa mendengar ia selalu berkomunikasi menggunakan tulisan melalui buku yang selalu ia bawa. Awalnya semua berjalan baik-abik saja. Tapi karena tingkah ishida Yang terkesan meremehkan nishimiya dan selalu mengganggunya akhirnya semua anak di kelas... Bukan ikut membully tapi lebih ke diam saja, ikut menikmati gitu.

Ishida ini kesal banget dan benci sama sikap nishimiya yang tetap tenang dan baik padanya walaupun ia mengganggunya setiap hari. Menulis kata-kata ejekan di mejanya, di papan tulis bahkan dengan sengaja melukainya.



Lalu suatu hari, seperti biasa ishida Mengganggu nishimiya,
Ia menarik alat bantu dengar yang berada di telinga nishimiya. Entah bagaimana tiba-tiba telinga nishimiya berdarah. Ishida pun terkejut, begitu juga anak satu kelas. Tindakan ishida dianggap sudah berlebihan.
Karena kejadian itu, ishida mendapat hukuman dan nishimiya harus pindah sekolah. Ibunya marah karena selama beberapa bulan berada di sekolah itu anaknya sudah kehilangan beberapa pasang alat bantu pendengaran, apalagi harganya sangat mahal.

Di situlah, Kehidupan seakan berbalik.

Ishida Yang biasanya ceria, punya banyak teman jadi tidak punya teman dan dijauhi orang-orang, bahkan semua  tindakan yang dulu ia lakukan pada nishimiya terjadi padanya. Ia juga merasa sangat bersalah kepada ibunya yang harus mengganti alat bantu dengar itu dengan menguras tabungan di bank. Sejak saat itu juga ia mulai menderita gangguan mental. Dimana ia tidak pernah bisa melihat dan mengigat wajah orang lain, menyendiri dan selalu merasa ingin bunuh diri.
Ia menabung selama bertahun-tahun, menjual semua barang miliknya bahkan kasurnya untuk mempersiapkan uang sebagai warisan kalau ia bunuh diri.

Tapi, karena sang ibu yang tahu rencananya dan marah.  Ishida pun berjanji tidak akan mencoba bunuh diri lagi.
Akhirnya ia memutuskan untuk menemui nishimiya dan minta maaf padanya.
Setelah bertahun-tahun nggak bertemu mereka berdua akhirnya bertemu lagi dengan situasi yang berbeda.

Awalnya nishimiya Kabur karena takut, tapi kemudian ia sadar kalau  ishida mau minta maaf. Mereka pun berteman dan semakin dekat. Karena rasa bersalahnya pada nishimiya ishida Juga mempelajari bahasa isyarat, sehingga ia bisa berkomunikasi dengan nishimiya.
Lambat laun, hubungan mereka menimbulkan perasaan lain.
Udah tahu kan perasaan apa...
Yang pasti bukan enek lah...
Cinta guyz...😘😘
Cinta...
Tapi tak ada satu pun diantara mereka yang berani mengungkapkan perasaanya.


Anime ini nggak hanya fokus pada satu tema cintanya, tapi lebih ke perjuangan 2 orang tokoh utama untuk berjuang melawan ketakutan mereka. Nishimiya yang masih trauma, sedih, dan selalu merasa merepotkan orang lain karena kekurangannya dan ishida yang berjuang mendapat teman sekaligus menghilangkan anggapan buruknya tentang diri sendiri.

Adegan ketika nishimiya ternyata juga punya keinginan untuk bunuh diri. Adalah adegan paling dramatis dalam film ini.
Saya nangis, dan merasa bisa ngerasain gimana sedihnya kehidupan mereka berdua.😭😭😭

Kenapa anggapan orang lain terkadang bisa begitu kejam sampai mempengaruhi hidup seseorang. Kenapa harus ada yang dianggap beda hanya karena nggak sama, kenapa sebuah kesalahan nggak bisa dimaafkan padahal sudah ada penyesalan yang mendalam.
Ah.. Saya melo drama lagi kan...😭

Lu kan emang gituπŸ™„

kemarin uyul ikut ujian matematika dapat nilai nol, udah menyesal secara mendalam, tapi gurunya masih kasih remedi, kenapa yaπŸ‘±

itu beda cerita yulπŸ™„

Jalan cerita yang membuat penonton terhanyut pada kisah mereka, nggak terasa udah selesai aja filmnya.
Pokoknya film ini gini dehπŸ‘πŸ‘πŸ‘

Bikin baper, nangis, bersimpati, campur uduk deh...
Saya berharap ada kelanjutannya deh...
Bakal saya tonton deh...

Duh.. Ini kok ngomongnya pake deh terusπŸ˜‚
Kenapa dehπŸ˜‚

Kalau kalian pecinta anime, kalian mungkin sudah pada nonton. Kalau belum ya monggo ditonton, saya kasih linknya di bawah ini ya


Nggak suka anime pun. Jalan ceritanya juga bagus untuk dinikmati.

See you....



0 comments

Post a comment