Tak tahu kebucinan ferguso dan esmeralda

Tak tahu kebucinan ferguso dan esmeralda

Via.pixabay
Tapi edit sendiri😁

Kenapa judulnya malang melintang seperti itu?
Hem.... Abaikan judul yang acak adul karena makan itu lebih penting😌.
Eh....
Makna maksudnya🙆

(Ketahuan laper nih....)

Jadi kalau buka sosmed atau baca artikel gitu kadang saya tu nemu kata

"Cobalah jika bisa ferguso"

Lah, ferguso ki sopo tow?

Tapi saya malas cari tahu jadi saya abaikan.
Di lain waktu ferguso dibahas lagi...
Jiwa kepo saya pun mulai memberontak.
Tapi ya, si malas lagi nggak mau diganggu.
Lalu esmeralda muncul dengan

"Tidak semudah itu esmeralda"

Lah dala, iki esmeralda sopo maneh?

Walaupun ada banyak nama lain yang muncul sebagai meme tapi si ferguso dan esmeralda ini sering banget munculnya. Bikin saya nggak tahan dan ngusir si males, alias cari tahu setelah sekian lama.

Yah, bisa dibilang saya ini kadang kudet banget. Ketinggalan berita mulu, bukan karena nggak mau cari tahu tapi karena malas aja ngurusin yang begituan.
(Bukannya sama aja bambank)

Nah... Yang di atas itu baru-baru ini juga muncul.
"Bambank"
Nama keren yang sekarang sering digunakan untuk menyebut orang...
Emmm, lebih sopannya. Digunakan untuk menegur seseorang yang lagi agak bodoh. Ada lagi "maemunah"

Menurut saya 2 kata panggilan itu sering dipakai buat ngebully orang. Miris banget. (Yah walaupun kadang cuma bercanda)

Balik lagi ke topik ferguso. Akhirnya karena penasaran banget, saya memutuskan buat tanya embah google.
  "Mbah, siapakah ferguso itu?"
Jawaban mbah google langsung keluar.
Jadi nih... Ternyata ferguso, esmeralda, alesandro, maria. Itu semua nama-nama tokoh dalam film telenovela.
Astaga. Pantesan saja saya nggak tahu.

Bukan zamanku itu😁

Saya pernah sih dengar tentang telenovela, secara itu kan film melegenda. Tapi kalau tokohnya saya nggak tahu sama sekali. Kayaknya dulu pas masih TK saya pernah nonton marimar deh, tapi banyakan lupanya juga.

Terus dari google itu saya tahu kalau ferguso itu sebenarnya berasal dari nama anjing pulguso. Jadi ini digunakan untuk memanggil seseorang secara kasar.


Baca juga : Jangan asal bicara

Setelah urusan dengan ferguso dan esmeralda selesai. Saya dapat masalah lagi.

"Bucin"

Kata ini sering banget muncul di status wa. Tapi sekali lagi saya nggak peduli, malas cari tahu.
"Anak-anak zaman sekarang aneh-aneh banget bahasanya. Gimana kalau ntar bahasa indonesia yang baik dan benar ini jadi bahasa gaul semua, bisa berabe dong. Ckckck..."
Pikir saya sok bijak.

Sampai suatu waktu temen saya kirim wa.
"wah lagi bucin nih"
Oo, fiks saya harus tanya mbah google lagi.
"Mbah apakah bucin itu?"
Jawaban pun muncul

bucin adalah bahasa anak jaman sekarang yang merupakan kepanjangan dari kata budak cinta. Dalam KBBI, istilah Bucin ini tidak ada artinya, karena merupakan bahasa prokem saja, untuk arti bucin sendiri berarti orang yang tergila-gila akan cinta, orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

Begitulah yang muncul di google.
Jadi intinya bucin itu "budak cinta"
Haduh saya mikirnya bumil melulu.

Dulu pun saya bahkan nggak ngeh apa sih "kepo" itu.
Saya pernah ketipu dan mikir kalau kepo itu artinya "ke pocong" gara-gara ada suatu acara di televisi yang judul segmennya "kepo, ke pocong" dan ada 2 pocongnya gitu.
(Btw, itu tulisan segmen udah betul apa belum...?)

Dan sekarang setelah tahu saya sering banget ngomong kepo😂😂.


Memang dari tahun ke tahun, makin maju teknologi makin banyak juga bahasa gaul atau kata slang yang muncul. Saya yang sudah mulai dewasa dan menua ini makin males cari tahu dan ikut-ikutan. Lebih baik fokus mikir masa depan, belajar, kerja, cari jodoh, trus nikah.

Fiks, saya bijak banget sekarang.
😌
(Mau ketawa jadinya😂)

Di tempat saya beda lagi. Entah mengapa orang-orang yang punya predikat atau terlihat keren di mata orang lain itu adalah orang yang nggak sungkan buat misuh-misuh(kata yang diucapkan saat lagi marah, kalau bahasa indonesianya mungkin sama dengan anj*ng) atau ngomong kotor.

Nggak semua orang juga sih. Tapi berdasarkan pengamatan saya.
Orang yang kayak gitu mungkin membuat orang lain memikirkan soal kata bebas.
Pada dasarnya orang kan nggak suka akan batasan dan makin lama makin terobsesi dengan kebebasan.

Orang yang berani ngomong kotor secara sembarangan bahkan pas nggak lagi marah itu, kelihatan "bebas"
Mereka pasti terkenal dan punya banyak teman.


Saya masih nggak paham.
Saya malah cenderung nggak nyaman banget berada di lingkungan seperti itu. Saya bingung kalau ada orang yang bercanda dengan kalimat kotor atau vulgar. Mringis aja deh, unjuk gigi sudah cukup.

Bukan berarti saya baik banget dan nggak pernah misuh. Pernah kok, apalagi dulu sewaktu smp pas jamannya suka ikut-ikutan temen. Duh, malu banget kalau inget.

Pernah suatu kali teman saya tanya,
"Misuh itu dosa nggak sih?"
Dan saya pun diam terpaku.
Iya ya, dosa nggak sih misuh-misuh? Saya belum cari jawabnnya sampai sekarang. Yang pasti itu adalah kalimat yang nggak boleh diucapkan sembarangan. Dan bisa jadi menyinggung orang lain. Terlepas dari dosa atau enggak. Dalam budaya dan adat istiadat itu berarti nggak baik. Jadi harusnya nggak sembarangan diucap.

Walaupun kalau disurabaya sana kata seperti, mohon maaf "cuk" ini udah lazim  diucap, tapi di beberapa daerah lain masih agak sensitif"
Seperti cerita KKN desa penari itu.


Sepertinya saya sudah jauh meninggalkan ferguso dan esmeralda. Entah bermanfaat atau enggak, seengaknya semoga artikel ini menghibur sobat semua.

Dan mohon maaf jika ada salau kata🙏

See you.

24 comments

  1. Asyik asyik..
    blognya asyik banget mbak..
    Ga kerasa sudah selesai saja bacanya, padahal mau ada lanjutannya lagi...
    hehehe...

    Waduh..
    Kok sudah mikir bumil sih?
    Wkwkwkwkwk....

    Nah, ferguso itu jaman saya mbak..
    jaman tv masih kebanyakan hitam putih, nontonnya pun curi-curi dari balik jendela tetangga yang terbuka sedikit..
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha...ha... nggak tahu juga mas, pokoknya kalau denger bucin pasti mikirnya bumil. aneh banget...
      saya dulu ingetnya marimar sih mas, sama marimas. jaman dulu kalau nonton tv curi-curi pandang ke jendela tetangga pasti sekarang jadi kenangan yang ngangenin ya.....

      Delete
  2. Wah, ternyata Esmeralda penasaran juga ya sama kata-kata itu,

    Oh, aku ga penasaran ferguso, cuma pengin tahu aja.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tuh, penasaran tapi males cari tahu mas, bahkan nanya ke temen aja juga males. sampai akhirnya nggak betah karena itu kalimat muncul dimana--mana.... ha...ha...

      Delete
    2. Owh, begitu ya Ani

      Iya Rhoma, aku hanya penasaran..😂

      Delete
    3. wkwkw..... apaan tuh. kayaknya penggemar rhoma dan ani nih....

      Delete
  3. Sepemahaman saya misuh itu termasuk berkata fasik dan didalam agama dilarang (jangan tanya dalil dkk karena saya pun awam) cuma tahu sedikit.

    Lagian juga secara etika berkata misuh kan juga kurang sopan.

    So secara saya pribadi memilih untuk tidak ikutan berkata misuh sekalipun teman teman saya doyan misuh.

    Disisi lain kadang saya kuga heran pada mereka yang doyan misuh, apakah memang misuh itu bisa mengalirkan kebahagiaan tersendiri sampe sampe mereka serutin itu mengucapkannya?

    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha..ha... berusahaa aja supaya nggak ikut-ikutan gitu mbak. saya pun nggak nyamaan mengucapkannya,rasanya kayak bukan saya banget. takutnya juga bisa menyakiti hati orang lain tanpa kita sadari....

      Delete
  4. Skrg itu banyak bermunculan istilah anaeh2 di era milenial yg sbnrx back to masa silam cuma diplesetin, kdang gk sngJa aq jg ikut2an ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha.. Iya ya, dan kadang saya bingung banget itu maksudnya apa?

      Delete
  5. Di antara banyak nama orang Indonesia, kenapa Bambang ya...

    ReplyDelete
  6. Saya juga sering mikir "ada-ada aja bahasa netizen zaman sekarang" tapi karena sering baca jadi kebawa juga di kehidupan sehari-hari. Kalau lagi iseng manggil suami ferguso, wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha.. Lucu banget sih mbak, malah jadi sarana buat makin mesra ya....

      Delete
  7. Jadi kasian ma yg nama bambang. Sering banget nemu buli ini di twitter.. walo kadang konteksnya lucu2an juga yg bikin kita senyum2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena hal ini nama bambank pun juga makin viral dan terkenal.....

      Delete
    2. kira2 siapa yang pertama kali ngebuli yah heheeh

      Delete
    3. wah... misteri ini mas, saya juga kepo jadinya

      Delete
  8. waduhh esmeralda..jadi ketauaan deh angkatannya angkatan berapa :D
    baru tau bucin itu budak cinta..hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha.. Harus belajar kata gaul lainnya supaya nggak malu kalau diajak ngobrol anak muda😁

      Delete
  9. Dulu saya tahu soal Ferguso dan Esmeralda dari Facebook lalu merembet ke WA. Saya malah gak suka kala dalam obrolan diskusi bahasa ada yang bercanda pakai kata semacam Ferguso dan sejemisnya da gak paham. Malas cari tahu juga karena buat apa, ha ha.
    Yang saya tahu nama latin itu mengingatkan pada telenovela saja, sesuaru yang tidak saya tonton semuanya paling Esmeralda. Ermeralda dan Armando punya kisah. Yang bikin malas nonton telenovela adalah alurnya lambat.
    Duh, bahas film bikin saya pengen ngedrakor saja. Lagi suntuk, ha ha.
    Saya lebih suka bercanda dalam konteks wajar saja, sesuatu yang mudah dipahami jangan asal kelihatan lagi penuh pembaruan jadi sebarin istilah terkini yang gak pas bagi orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,kita sama dong mbk. males cari artinya ferguso dan esmeralda. he..he...
      ternyata mbk rohyati suka ngedrakor juga ya....sama lagi dong. nonton drama korea bisa bikin jiwa merasa kembali muda karena bawaan baper. wkwk...

      Delete


EmoticonEmoticon