Nggak cuma konyol, spongebob juga bisa bijak lewat 10 kata-kata ini lho

Nggak cuma konyol, spongebob juga bisa bijak lewat 10 kata-kata ini lho
via.pixabay

Hay... Whats up man... ?
Siapa di sini yang nggak kenal spongebob. Si busa kotak kuning yang tingkah polosnya suka ngeggemesin. Saya yakin pasti pada kenal semua. Secara ini kartun udah legendaris banget. Dulu tiap pagi sebelum berangkat sekolah pasti duduk anteng dulu di depan tv buat nonton spongebob. Tak lama kemudian emak menjerit-jerit...
Ya Allah kenapa tuh... Ternyata saya belum mandi pemirsah๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Walaupun udah sekian tahun berlalu, tapi sampai sekarang pun saya masih suka banget sama spongebob. Dia itu sosok kartun masa kecil tak tergantikan, tak terlupakan dan tak terduakan.
betul nggak?
betulin aja pokoknya.
tapi, walaupun terkenal lucu dan menghibur, kartun spongebob ini juga punya sisi bijak dan baik hati lho. Kamu mungkin kalah bijak sama dia...
perlu bukti?
Yuk, belajar hal bijak dari spongebob...๐Ÿ˜

1. Rumah adalah di mana kau dikelilingi orang yang menyayangimu

Tahu nggak siapa yang pernah ngomong begitu?
Iyups, sandy si tupai genius. Kalian pasti pada inget dong sama episode pas sandy dan penduduk bikini bottom pada tukeran tempat tinggal itu. Yang spongebob dan kawan-kawan mencoba hidup di darat tapi malah dimangsa burung dan sandy yang memaksa diri hidup di air. Episode itu punya banyak pelajaran lho. Walaupun sebenernya saya lupa kapan sandy ngomong ini, tapi saya inget sama adegan ini aja he...he...๐Ÿ˜‚๐Ÿ™
sotoy ayam banget ya saya ๐Ÿ˜‚
Mau tinggal di manapun kita, di jawa, di bali, di sumatera. Jika di sana ada banyak orang yang sayang dan kamu sayangi ya itulah rumahmu. Tempat kamu diperhatikan dan dibutuhkan.
tempat kamu merasa aman dan nyaman, kenyang walau hanya hanya makan nasi pakai tempe.


2. Tidak semua yang berkilau adalah emas

Wah... Daebak... Ini kata-kata dalam banget.  Tuh kan spongebob menyimpan sifat bijaknya dalam prilaku konyolnya yang menghibur.
Kalimat di atas hampir sama dengan, "jangan menilai seseorang dari penampilannya"
Kelihatannya baik, kalem nggak tahunya sangar men.
Kelihatan sangar, galak, eh malah hati hello kity.
Kelihatan miskin, nyatanya kaya.
Kelihatan cinta nyatanya pura-pura๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
Kuturut berduka untuk mereka yang terperdaya, semoga kelak menemukan cinta yang setia๐Ÿค—.




3. Kalau kamu memberitahukan rahasia kepada seseorang maka itu namanya bukan rahasia lagi

Hayoo ngaku siapa di sini yang kayak gitu. Suka jadi ember bocor dari pada ember anti pecah.
Kiasan dari mana tuh "anti pecah?"๐Ÿ™„
Kalau ada manusia yang punya sifat kayak spongebob ini saya pengen deh temenan sama dia. Biar bisa konyol dan ngalay bareng-bareng. seriusan, punya temen itu enakan yang bisa diajak gila bareng. Dan lagi spongebob itu amanah banget.  Rahasia ya rahasia nggak bisa di omongin sana sini. Itu mulut apa toa, ngumumin sana-sini.

4. Jika kau ingin jadi temanku jadilah dirimu sendiri

Ya masak temenan harus jaim. Apakah itu yang namanya teman? Sudah pasti nggak. Tapi sekarang banyak juga orang yang rela jadi orang lain hanya demi bisa temenan sama si A atau si B. Why?
tell me why?

Mencari teman itu harus yang menerima kita apa adanya. Yang menghargai pemikiran kita, yang bisa menjaga batasan dalan candaanya tanpa menyakiti kita, menasehati tanpa terkesan memerintah.
Kalau teman cuma bikin sakit hati dan nggak bikin kamu bangga dengan diri sendiri. Itu berarti dia bukan teman, cuma sebatas kenalan.

5. Jangan biarkan hatimu berjalan kecuali ia punya kaki

Tahu apa maknanya?
Kalau saya mengartikan ini sebagai, jangan sampai kita kehilangan apa yang menjadi pedoman dalam hidup kita. Jangan hanya karena sesuatu kita lantas melupakan kata hati kita. Banyak orang jadi nggak punya hati, hilang simpati karena suatu hal, seperti harta, tahta, dan cinta.


6. Semua makhluk hebat dalam satu hal, tapi tidak dalam segala hal

Kita terlahir dengan bakat yang berbeda. Dia tinggi trus bisa main basket, atau dia langsing bisa jadi model.
Eh, gue kok pendek gini... Gue bisa apa dong...
Yaelah, kenapa lihat orang lain dan malah nggak kenal sama diri sendiri. Kamu sukanya apa? Lakukan dan dalami. Mungkin kamu pinter masak dan bisa jadi chef, pinter nyanyi atau pinter nge dance. Atau malah pinter ngeggombal๐Ÿ˜‚
Bisa kan bikin buku dengan judul "1000 jurus gombalam maut"
Pasti kaum jomblowers pada beli tuh...

7. Spongebob : apa yang biasa kau lakukan saat aku pergi?
Patrick : menunggumu kembali

Hua...๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
Mak, mau temen kayak mereka....
Mereka tu gambaran persahabatan yang abadi dan tulus, tanpa embel-embel apapun.
Baca percakapannya aja udah bikin baper dan terharu, coba kalau yang bilang ini sahabatmu. Pasti kalian bakal berpelukan dan nangis terharu kan. Mendapat sahabat yang asyik itu mudah tapi yang setia mungkin cuma ada 1. Jangan sia-siakan teman kalian yang kayak begitu ya sob. Mereka itu langka. Kudu dimuseumin dalam hidup kalian.

8. Orang bodoh bisa berbahagia dengan kebodohannya

Selain spogebob, saya juga suka banget sama patrick. Walaupun karakternya terkenal bodoh, tapi hidup patrick ini menarik banget lho. Bahagia dengan kebodohannya. Siapa peduli apa kata orang soal kita, asal nggak merugikan ya lakukan, yang penting happy.
Bodoh dan pintar itu kan relatif. Balik aja ke point nomer 6.

9. Kenapa harus ada matahari tenggelam di hari yang indah?

Kalian pasti punya satu hari dalam kehidupan kalian yang nggak terlupakan. Dan rasanya berat banget pas hari itu harus berakhir. Pengen waktu diperlambat supaya rasa bahagianya bisa tahan lebih lama, atau kasih formalin kalau bisa.
Yah. Beracun dong...
Kata-kata di atas terasa pedih namun bermakna.

10. Aku jelek dan aku bangga

Lagi-lagi patrick bahagia nih. Kenapa sih harus ada kata bagus dan jelek? Kata yang bikin adanya perbedaan. Rasanya orang jelek itu lebih sedikit keberuntungannya, lebih sedikit porsi bahagianya. Sebenernya dari patrick kita belajar kalau bahagia itu juga nggak dilihat dari rupa. Banggalah dan bahagia dengan apa yang kamu punya.
Lagian semua manusia itu indah dengan cara masing-masing.

Klise banget ya..  Tapi emang yang klise itu rata-rata bener lho. Tul nggak...๐Ÿ˜



Yap, itulah kata-kata mutiara dari kartun spongebob. Semoga kita bisa belajar jadi sebijak spongebob.
Sumpah, saya pengen banget punya temen kaya spongebob dan patrick. Rasanya saya bakal cocok banget sama mereka. Soalnya saya juga suka malu-maluin dan balagak bodoh๐Ÿ˜‚.
Pasti seru banget bisa bertingkah konyol tanpa jaim...

See you....

11 komentar

  1. Hihihi ini salah satu film fenomenal yg ga pernah membosannya buat di tonton ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk, padahal udah diulang-ulang episodenya tapi ya tetep cinta....

      Hapus
  2. Itu film favorit Palung. Nonton kalau main ke rumah Astri temannya karena kami tidak punya TV. Seru juga, ternyata. Banyak pelajaran bagus yang didapat dari film kartun itu. Bagus ditonton anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ini kartun faforit semua orang deh kayaknya.... konyo-konyol ngangenin ya mbk...dan ada banyak pelajarannya juga....

      Hapus
  3. hahaha ini film kesukaan anak-anak banget, meski jujur saya kurang suka karena aneh gitu.

    Katanya juga ini ga cocok buat anak-anak, tapi anak saya suka sih, untung yang kecil nggak suka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang banyak anak kecil yang suka mbk, soalnya lucu sih.tapi kok gak cocok buat anak-anak kenapa mbk....?

      Hapus
  4. Pernah nemu motto seseorang, tulisannya: "Hidup seperti Larry." Hahaha. Segitu favoritnya kartun ini ya, sampe dijadiin motto hidup :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, ini kartun emang fenomenal dan terkenal baanget sih.

      Hapus
  5. Yang pertama itu kalo ga salah bukan pas tukeran mba, tapi pas Sandy lagi mewek mulu karena kangen Texas, trus ahirnya dipancing Spongebob dan warga Bikini Bottom ngumpul di Krusty Krab.

    Oh ya masih ada lagi nih mba "pemujaan yang berlebihan itu tidak sehat" kata katanya Patrick. Trus ada lagi "Kalau uang bisa membuatku melupakan sahabat terbaikku, maka aku lebih memilih untuk tidak punya uang sama sekali" kata Spongebob pas dia banyak duit gara gara nemu mutiara Klo ga salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mas ilham penggemar berat spongebob nih sampai apal gitu. iya mas, banyak banget sebenernya kata-kata bijak dalam kartun spongebob ini. saya tulis yaang paling berkesan aja buat saya he..he...

      Hapus
  6. Ada banyak ya bahkan plankton pun mengajarkan kita untuk tidak pernah menyerah. Datang lagi. Datang lagi. Datang lagi dan lagi n_n

    BalasHapus


EmoticonEmoticon