Ini dia, 7 fakta unik sidik jari yang harus kamu tahu

Ini dia, 7 fakta unik sidik jari yang harus kamu tahu


Via.pixabay

Angkat jempol dulu dong buat saya....πŸ˜‚

Hari ini saya mau membahas soal sidik jari, bukan sidik kat narkoba ya soalnya ribet.
(Krik....)

Coba deh kalian perhatikan jari kalian, perhatikan satu persatu dengan teliti, jangan sampai ada yang kelewatan...
ada cincin kawinnya nggak?
Kalau nggak ada berarti, selamat kamu single.😊

Walah, kok guyon terus.

He..he.. Iya deh, saya serius sekarang.

Kita langsung masuk membahas apa sih fakta unik dari sidik jari yang kadang dijadikan sebagai perantara lamaran ini, eh Ramalan....

1. SEJAK KAPAN TERBENTUKNYA...

Via.pixabay

Ini jadi pertanyaan, yang membutuhkan penelitian panjang. Dan sebagai info saya nggak ikut dalam penelitian itu, saya tekankan itu ya

(Krik...krik...)

Sidik bayi diperkiran sudah ada sejak bayi dalam kandungan, yaitu pada minggu ke sepuluh, terbentuk secara bertahap sampai akhir bulan ke-4. Selama dalam kandungan bayi terus bergerak bersamaan dengan tumbuhnya jaringan kulit di tubuhnya. Tangannya yang menyentuh dinding ketuban ini lah diperkirakan membentuk pola sidik jarinya.

2. NGGAK ADA YANG SAMA

Via.pixabay

Sidik jari memang terkenal sebagai media identifikasi yang paling aman. Karena setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda. Nggak ada yang sama...
Bahkan orang yang terlahir kembar identik pun, juga nggak memiliki sidik jari yang sama.

Sidik jari ini kayak rumus fisika, matematika,kimia. Digabung jadi satu sob.
Bingung nggak tuh...

Jadi kalau kalian lihat sidik jari kalian sama dengan pacar kalian, sudah pasti itu bohong. Atau mungkin modusπŸ˜‚ biar bisa pegang tangannya.

3. NGGAK MUDAH HILANG

Via.pixabay

Kenapa pada kasus kecelakaan dan pembunuhan yang bahkan korbannya sudah hancur tubuhnya masih bisa diidentifikasi pakai sidik jarinya. Karena sidik jari itu nggak mudah hilang. Sidik jari yang terbentuk di dalam kandungan dalam waktu lama itu tercetak dari bagian kulit yang dalam. Jadi meskipun sidik jari tergores benda tajam atau panas, tidak akan menghilangkan pola sidik jarinya.

Wuah.. Keren banget.

Kok persis sama cinta kamu ke dia, walaupun udah disakitin kayak gimanapun, masih aja cinta

Siapa nih kamu?πŸ˜‚

4. MANUSIA TANPA SIDIK JARI

Via.pixabay

Meskipun sidik jari jadi alat identifikasi yang paling aman, ternyata ada beberapa orang di dunia ini yang nggak punya sidik jari lho.
Kok bisa, bukannya tiap orang lahir dengan sidik jari.

Kondisi tersebut terjadi karena kelainan genetik yang langka, seperti adrmatoglyphia, naegali franceschetti jadassohn, dan dermatophatia pigmentosa reticulans.

(Ya ampun ngos-ngosan nulisnya, ngos-ngosan pula bacanya, bahasa medis emang lebih sulit dari bahasa kalbuπŸ˜‚)

Orang yang tidak mempunyai sidik jari seperti itu biasanya akan menagalami kesulitan saat berada di bandara, karena itulah kondisi langka ini juga disebut sebagai "kelainan kasip imigrasi"

Sidik jari juga bisa hilang sementara waktu karena bahan kimia yang yang masuk dalam tubuh saat seseorang melakukan kemotherapy.



5. POLA SIDIK JARI

Via.pixabay

Ada 4 pola sidik jadi yang sejauh ini diketahui. Yaitu swirl, arch, loop, dan triradius.

Walaupum ada 4 pola tetep aja nggak ada orang yang punya sidik jari sama persis, karena memang pola-pola tersebut selalu punya kombinasi yang berbeda

Jadi inget dulu pola sidik jari ini dijadikan sarana meramal juga....

Pokoknya kalau sidik jarinya muter-muter semua atau banyak yang muter-muter pasti bakal jadi orang sukses.
Ellah... Pikiran anak sdπŸ˜‚πŸ˜‚

6. FINGERPRINT DAN EARPRINT

Via.pixabay

Selain sidik jari ternyata telinga juga mulai dijadikan sarana untuk scanner lho. Karena katanya fingerprint scanner udah mulai nggak aman lagi, ada alat yang bisa digunakan untuk membobol fingerprint scanner. Karena itulah kumpulan orang pintar yang pastinya rajin dari jepang membuat terobosan baru berupa earprint...

Hem...
Meski begitu kayaknya sidik jari masih bakalan tetep dipakai ya, karena kalau pakai telinga rasa-ranya kok agak riweh...



7.SIDIK JARI KOALA

Via.pixabay

Koala bukan monyet...
Paan maksudnya?
He..he..

Maksud aku tuh ternyata koala adalah binatang yang diketahui memiliki sidik jari yang mirip dengan manusia. Padahal selama ini yang mirip manusia itu kan monyet ya, tapi ternyata koala yang imut-imut kayak boneka itu malah memiliki sidik jari yang persis kayak kita. Yang membedakan hanyalah, kalau lapisan kulit tebal yang melindungi sidik jari kita menutupi seluruh permukaan telapak tangan, sedangkan koala hanya pada ujung-ujung jari dan beberapa bagian saja.



Itulah beberapa fakta unik sidik jari yang sudah kalian baca. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya. Karena udah sekian lama saya nggak nulis fakta unik, dan ini adalah artikel come back soal fakta unik yang lamaaaaaaaaaa... Banget selesainya, bingung banget mau nulis apa, gimana cara menyampaikannya, malah mau mulai darimana juga bingung. Sepertinya otak saya mulai tumpul dan perlu diasah lagi. He..he...πŸ˜‚
mohon maaf jika fakta unik kali ini lebih simple dari yang dulu, semoga setelah mengasah otak bisa sebaik dulu.

See you....




7 komentar

  1. Eh ada to manusia yg nggak punya sidik jari? Duh repot bgt yak jadinya.. Setuju bgt kl fingerprint bisa banget dibobol, jd pengen absen pakai earprint nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sungguh aneh tapi nyata ya mbak.... alhamdulilah sidik jari say masih bagus, tapi belum pernah ke luar negeri aja he...he...

      Hapus
  2. Polisi mempelajari biometrik ini memang butuh bidang khusus,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mas, nggak kebayang gimana itu belajarnya. pasti sering pusing 7 keliling.....

      Hapus
  3. Keren banget ya.
    Manusia tuh ada miliaran orang, bahkan yang udah meninggal juga lebih dari miliaran.
    Tapi nggak ada sidik jarinya yang sama.
    Super keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, super duper keren. hal luar biasa yaang kadang nggak pernah diperhatikan sama orang....

      Hapus
  4. Jadi aku termasuk tidak memiliki sidik jari

    BalasHapus


EmoticonEmoticon