Bukan motivator, edisi "Belajar bahagia dari penderita progeria"

Bukan motivator, edisi "Belajar bahagia dari penderita progeria"


Via.pixabay

Semua orang kan berharap memiliki usia yang panjang dan kesehatan yang baik. Tapi gimana jadinya kalau usiamu malah melaju terlalu cepat?

Adakah di sini yang tahu siapa itu Sam berns?
Mungkin masih banyak yang nggak tahu siapa itu Sam bern. Dia memang bukan pahlawan, artis apalagi atlet.
Sam berns ini adalah anak yang menderita penyakit langka bernama progeria. Yaitu suatu penyakit dimana penderitanya akan mengalami penuaan dangan cepat.
Kalau kalian tahu film Paa dari india, seperti itulah penderita progeria.

Sam berns  lahir pada tahun 1994 dan meninggal pada 2014 lalu. Saya nggak sengaja lihat vidio inspiratifnya di chanell youtube Ted kemarin.
Dalam vidio tersebut Sam membagikan tentang.
My philosophy for a happy life
Atau filosofiku tentang hidup bahagia.

Dengan keterbatasan fisiknya itu, Sam tetap berusaha hidup bahagia dan menginspirasi orang-orang di sekitarnya. Penyakit yang dideritanya tidak ia jadikan alasan untuk menyerah dan pasrah. karena hidup itu perjalanan, maka harus dijalani sebaik mungkin.

Ada 3 hal yang Sam bagikan dan selalu ia terapkan dalam hidup.

1. Tidak apa-apa jika kamu tidak bisa melakukan sesuatu. Karena ada banyak hal yang bisa kamu lakukan

Banyak orang yang bertanya pada Sam bagaimana rasanya menderita progeria, dan apa masalah yang ia alami selama ini?
Sam tahu bahwa tidak ada yang bisa dilakukan dengan penyakitnya, alias nggak bisa disembuhkan. Tapi ia masih bisa melakukan banyak hal lainnya.  Ia tidak mau keterbatasan sakitnya menjadi alasan untuk tidak bahagia.
Ia masih bisa bahagia dengan membaca komik, menonton team baseball faforitnya, membuat musik dan lain-lain.
Sering kali kita mengeluh karena merasa nggak punya bakat atau keahlian tertentu. Merasa nggak spesial dan nggak sama dengan orang lain. Padahal hidup itu sederhana, yang kita kejar dan yang kita lakukan sebenarnya untuk bisa merasa bahagia. Kenapa harus meributkan hal-hal yang tidak bisa kita lakukan tapi malah mengabaikan hal sederhana yang justru membuat kita bahagia. Sudah jelas, letak kebahagiaan tiap orang itu berbeda.

Manusia memang suka yang ribet-ribet dan drama...(termasuk saya😁)
Seakan-akan nggak drama nggak hidup.



2. Kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang kamu inginkan dan menginginkanmu.

Keluarga, teman, dan sahabat. Kita butuh 3 jenis sosok tersebut. Walaupun terlahir dengan kekurangan, Sam diberi keberuntungan berupa keluarga dan sahabat yang selalu mendukungnya. Membantunya melewati banyak hal sulit dalam hidupnya, berbagi tawa juga air mata. Ia senang bisa berada di tengah orang-orang yang menyayanginya.

Mengelilingi diri di antara orang yang kita sayang dan menyayangi kita adalah salah satu kebahagiaan yang tak ternilai. Karena manusia bisa punya sifat yang berbeda. Kadang berkumpul dengan orang yang tidak sepemikiran itu sangat nggak nyaman. Kamu mungkin bakal dibilang aneh, atau apalah. Padahal nggak ada manusia aneh. Ya memang itu kamu,  spesial dengan caramu sendiri.
Berkumpul dengan orang yang sepemikiran dan saling menghargai keberadaan masing-masing akan berdampak positif untuk hidupmu.

3. Tetap menatap ke depan
Tidak ada yang harus disesali di masa lalu, bahkan apa yang baru saja terjadi kemarin nggak perlu dipikirkan terus. Manusia cuma punya 3 waktu. Kemarin, hari ini dan besok. Lakukanlah hal-hal yang kamu suka hari ini dan jangan terjebak dengan perasaan negatif kemarin. Sam selalu melakukan hal yang yang membuat hidupnya lebih bermakna seperti pergi bersama teman, liburan keluarga atau menonton sepak bola. Hal-hal sederhana tersebut membuatnya tetap fokus dan bercaya bahwa ada hal yang indah di masa depan. Kekurangan tidak menghalangi Sam untuk tetap memiliki mimpi yang tinggi, ia pernah bercita-cita menjadi engineer dan juga inventor.

Di akhir sam memberi 1 tambahan tips lagi yaitu.

4. Jangan melewatkan pesta jika kamu bisa membantu
Jangan meninggalkan moment-moment berharga dan menyenangkan kalau kamu bisa ikut serta, kenapa nggak? Pasti ada hal yang bisa kamu lakukan di sana.

penasaran soal Sam bern? bisa langsung lihat di Chanell youtube Ted, atau klik link di bawah ini


Progeria sendiri merupakan penyakit bawaan lahir yang sangat langka terjadi. Umumnya hanya ada 1 diantara 250.000 kelahiran di dunia. Seorang penderita progeria tidak bisa menikmati hidup seperti kebanyakan orang karena bagi mereka waktu berjalan seperti roller coaster tercepat di dunia. Karena penyakit tersebut mereka memiliki kesehatan yang buruk, ancaman penyakit stroke, katarak, penyumbatan pembuluh darah, tulang rapuh, gangguan hati, dan berbagai macam masalah lain. Itu sebabnya sampai saat ini harapan hidup bagi seorang progeria rata-rata hanya sampai 14 tahun.
Meski begitu perkembangan otak mereka tetap berfungsi dengan baik.
Tidak hanya Sam bern, sosok lain yang. Begitu menginspiratif adalah Adelia rose. Gadis kecil berusia 11 tahun dan merupakan pemilik akun youtube Adelia rose. Walaupun menderita progeria juga Adelia ini kelihatan semangat banget lho sob. Saya senyum-senyum sendiri lihat tingkahnya. Layaknya anak umur 11 tahun Adelia mengatakan ia juga suka boneka barbie, unicorn, sebenarnya dia suka segala hal. Termasuk membuat vidio youtube, dia sering membuat tutorial make up untuk ibunya. Adelia juga mengaku ia sangat mencintai fansnya. Rasanya gemas melihat tingkahnya yang lucu dan penuh semangat.



Terlepas dari kekurangan mereka. Mereka adalah orang-orang spesial yang mampu menginspirasi banyak orang. Tentang arti bahagia, kenapa kita sering mengeluh dan nggak bersyukur dengan apa yang ada. Padahal di luar sana ada begitu banyak orang yang menginginkan kehidupan seperti kita.

Sampai di sini sesi motivator ya. Mohon maaf jika saya terlalu serius dan sok bijak. Sekali lagi saya juga bukan orang yang selalu semangat dan bersyukur atas apa yang saya punya. Karena itulah sesi motivator ala-ala ini juga sebagai pengingat bagi diri saya untuk jadi manusia yang lebih baik.

Mohoj maaf karena nggak saya sertakan gambarnya Sam berns. Malah saya kasih gambar adek kecil gendong cemple😁
Biar kalian lihat sendiri di vidionya.

And...

See you.

2 komentar

  1. Ya Allah, saya baru tahu ada penyakit progeria namanya. Gimana ya rasanya menjalani hidup dan tahu bahwa umur kita nggak akan lama. Salut untuk penderita yang tetap semangat menjalani hidup. Ah, jadi saya yang baper T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga mereka diberi ketabahan dan hati yang kuat ya mbak. saya juga baper kalau baca yang ginian.tapi dapat hal positif berupa rasa lebih bersyukur dan menghargai kehidupan....

      Hapus


EmoticonEmoticon