8 Tradisi pernikahan yang unik banget di berbagai negara...

8 Tradisi pernikahan yang unik banget di berbagai negara


via.pixabay

Topik kali ini agak sedikit berat, terutama buat para kaum jomblowers...
Ha..ha... Bercanda sob๐Ÿ˜๐Ÿ™
Di postingan ini saya mau membahas soal pernikahan. Lebih tepatnya tradisi pernikahan di tiap negara....
Ternyata beda tempat, beda negara, beda pulau, asal nggak beda hati๐Ÿ˜‚, beda juga tradisi pernikahnnya lho.

Ah palingan juga nggak beda jauh, cuma tukeran cincin, di sumpah trus sah...

Baca dulu, baru komentar ya...

Lets go....

1. Kalimantan utara

Kita mulai dulu dari negeri sendiri. Tepatnya di kalimantan utara. Yakni dari etnis tidung.
Di sana kalau kamu mau nikah maka kamu harus siap dulu melalui cobaan menahan diri untuk nggak keluar kamar selama 3 hari.
Alah, itu mah gampang..
Yakin? Gimana kalau maksud dari nggak keluar kamar itu termasuk nggak boleh pergi ke toilet. Sehari nggak ke toilet aja udah pasti sakit perut, gimana kalau 3 hari. Udah jadi apa itu isi perut?
Tapi inilah tradisi yang dipercaya oleh etnis tidung di kalimantan utara. Jika calon pengantin baru berhasil melewati hal tersebut maka kehidun pernikahan mereka akan dipenuhi keberuntungan.

Untuk bisa melewati tradisi tersebut biasanya mereka juga akan mengurangi makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.


2. India
India merupakan negara yang kaya akan tradisi juga, di sana ada banyak banget tradisi pernikahan yang unik.
Seperti, jika ada seorang wanita yang ingin menikah tapi lahir  di bawah pengaruh mars atau disebut manglik,
(Bukan maling ya...)

maka mereka dianggap bisa membawa banyak kesialan untuk calon pasangannya, mulai dari sakit, kemiskinan, dan lain-lain. Untuk menghapus kesialan tersebut si wanita harus melakukan ritual yang cukup unik dan mungkin agak nggak masuk akal yaitu menikah dengan pohon.
Hal tersebut dipercaya dapat menghapus kutukan si wanita dan menyerap kesialanmnya ke dalam pohon.
Setelah itu barulah ia boleh menikahi pasangannya.

Tak hanya itu. Di India sana kalau ada anak perempuan yang lahir dengan gigi gingsul maka mereka dianggap mendapat kutukan. (Padahal kalau di sini kan, gingsul manis banget....)
Untuk menghilangkan kutukan tersebut si bayi harus dinikahkan dengan binatang supaya kutukannya hilang.


3. China
Pernikahan pasti membawa kebahagiaan. Orang yang akan menikah biasanya akan selalu tampak ceria dan berseri-seri. Kecuali kalau pernikahannya dilakukan secara paksa.
Nah, di China sana. Tepatnya di daerah tujia. Wanita yang akan menikah menunjukan rasa bahagianya dengan cara menangis.

Hu...hu...hu...๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Terdengar agak aneh ya, tapi tradisi di sana mengharuskan wanita menangis selama 1 jam perhari sampai hari ke 30. Tidak hanya calon pengantinya, si emak, si nenek, dan si saudara perempuan juga diharuskan ikut menangis bersama.
Bahagia bersama-sama gitu loh sob.




4. Mauritania (afrika barat)

Buat para wanita apa yang akan dilakukan sebelum nikah. Kalau yang saya dengar, karena saya belum pernah juga๐Ÿ˜, biasanya mereka bakalan diet supaya tampak cantik di hari pernikahan nanti dan yang pasti biar gaunnya nggak kesempitan ya.
Tapi kalau kalian berada di mauritania...
Beh... Kagak perlu diet-dietan. Mau makan apa aja dipersilahkan bahkan harus makan sebanyak-banyaknya.
Makin gemuk makin cantik.
Begitulah tradisinnya. Wanita yang akan menikah harus makan sampai 16 ribu kalori perhari supaya bisa gemuk di hari pernikahnbya...
Wow....

Tapi hal mirisnya, bagi wanita yang menolak makan mereka bisa saja dipaksa untuk makan bahkan dengan cara yang kasar.

Ada lagi di Afrika selatan. Tradisi pernikahan di sana bisa dibilang bikin sebel-sebel darah tinggi. Kenapa?
Karena untuk membangun hubungan antara ke dua keluarga mempelai maka mereka akan melakukan tradisi menghina keluarga satu sama lain. Jangan dimasukin hati. Masuk telinga kanan keluar telinga kiri aja.
Karena dalam tradisi ini semakin sadis, kejam, dan tak berperasaan hinaanmu malah akan dianggap semakin terdepan.
Bagus gitu maksudnya


5. Fiji (Jepang)

Kita melompat ke Jepang. Tempat tinggalnya naruto ini ternyata juga memiliki tradisi pernikahan yang unik. Tepatnya di fiji.
Seorang lelaki yang akan melamar wanita idamannya harus membawa mas kawin berupa gigi ikan paus.
Nah... sanggupkah kalian?
Gigi ikan paus ini bermakna kekuatan dalam rumah tangga. Langgeng sampai maut memisahkan.

Amin...




6. Skotlandia

Gimana perasaan kalian kalau dilempar pakai telur busuk?

Di skotlandia calon pengantin baik laki-laki ataupun perempuan harus rela dilempari bermacam-macam sampah mulai dari telur busuk, sayuran busuk, lumpur dan benda-benda menjijikakan lainnya. Jika bisa melewati cobaan yang maha bikin muntah tersebut.
Maka mereka dianggap bisa bertahan menghadapi kehidupan rumah tangga yang penuh lika-liku.
Jadi sampah dan kotoran tersebut diibaratkan masalah-masalah dalam rumah tangga.

siap-siap bunga 7 rupa aja buat mandinya, ditambah 10 botol parfum dan10 deterjen buat nyuci bajunya.


7. Swedia

Di swedia sana pengantin tidak diperbolehkan pergi ke belakang walaupun cuma mau ke toilet, karena kalau sampai ke belakang 1 menit saja maka jangan marah kalau pasangannya dicium sembarangan orang.
Yah, Masak nggak boleh marah...
No... no... no... Berdasarkan tradisi pernikahan di sana. Kalau meninggalkan pasangan sendirian di hari pernikahan maka istrimu atau suamimu boleh dicium oleh wanita atau pria manapun...
Dan nggak boleh cemburu.

Cemburu sih nggak, tapi langsung lempar kursi aja๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

8. Jerman

Polterabend adalah nama tradisi yang dilakukan di Jerman sebelum pernikahan berlangsung.
Polterabend? Keren banget ya namanya. Coba artinya apa?
Polterabend adalah sebuah tradisi dimana calon pengantin pria harus memecahkan semua piring, keramik, porselen di rumah calon pengantin wanita.
What... Itu tradisi apa ngamuk?
Kesannya emang kejam dan kasar ya. Tapi tradisi ini bermakna baik lho.
Setelah semua benda dipecahkan maka pengantin pria dan wanita harus membereskannya sendiri. Yang mana ini berarti mereka akan bisa melewati masa-masa sulit dalam kehidupan pernikahan nantinya.



Iyups... Itulah beberapa tradisi pernikahan yang unik punya, anti mainstream dan mungkin ada yang terkesan agak aneh. Tapi makna dari semua tradisi tersebut intinya sama, untuk mendoakan calon pengantin agar memiliki kehidupan pernikahan yang bahagia.

Buat yang belum nikah, semoga segera memukan jodohnya ya, dan yang sudah menikah, langgeng terus sampai maut memisahkan...

See you...




11 comments

  1. Haduuuh untungnya di Indonesia khususnya daerah saya nggak ada yang aneh-aneh. Kebayang riwehnya kalau tinggal disana. Btw salfok sama foto di awal, mbaknya nggak sakit leher tah pose begitu? hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak, untungnya nggak perlu dilemparin sampah atau kudu nangis berhari-hari...

      Demi hasil foto aduhai, mbk nya rela berpose seperti itu๐Ÿ˜‚

      Delete
  2. Eh buset, ada-ada aja yah tradisinya. Kalo gw mah gak mau repot pake tradisi-tradisian. Saya sibuk kakakkk..


    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung to the point dong mas nikahnya. Nggak ribet. Lamaran, besoknya ijab kabul dan nggak perlu dangdutan....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
    2. Anda benarrr !!!


      Dangdutan sama istri aja besok, wkwkwkwk

      Delete
  3. Mba Astria kayaknya pny gingsul.. ati2 ke India yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha.. Nggak mas, saya punyanya kelinci gigi....๐Ÿ˜‚

      Delete
  4. YANG JOMBLO APA KABAAARR. Wkwkwkwk
    Kl ditmptku adanya dipingit ga boleh ktmu 3 hari tp byk jg sih yg tetep ktmu.. Nggak mau dijodohin kaya tradisi di inda. Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang tiap tempat punya aturan dan budayanya sendiri ya mbk... Kalau di tempat saya๐Ÿค”๐Ÿค”
      Yah, saya nggak tahu๐Ÿ˜‚
      Saya juga nggak mau bernasih kaya gadia di india itu...

      Delete
  5. Kalau di Buton ada yang dipingit sampai 7 hari, bahkan konon ada yang sampai 40 hari.
    Dipingit itu nggak boleh keluar ke mana-mana, di kamar aja, pakai masker, bedak dingin, pokoknya pas nikahan auto mulus dan segar deh karena nggak pernah keluar rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 40 hari auto jadi jadi vampir cantik donk mbk, putih berseri kayak bidadari๐Ÿ˜€. Kalau di sini, mengikuti perkembangan zaman, udah nggak apa-apa mbk. Cuman nggak boleh keluyuran jauh dari rumah, misal keluwr kota.

      Delete


EmoticonEmoticon