Perihal kunyit, jerawat, dan kulit sensitif

Perihal kunyit, jerawat, dan kulit sensitif


Via.pixabay

Punya kulit sensitif itu nyebelin ya, panas dikit merah, kena debu seharian jerawat, dingin banget juga merah, getel.

Pokoknya kulit sensitif, hati juga sensitif.

Kebetulan yang menyebalkan, saya ini juga punya kulit wajah yang sensitif. Yang gampang banget jerawatan dan gatal.😞
Tapi, udah tahu sensitif masih aja bandel mau cobi-cobi segala macam bahan di mukak...
Wkwk..😂
Semacam eksperimen gitu.
Giliran nggak cocok aja, langsung nangis, nggak mau keluar rumah.

Malu mak, nih muka anakmu merah kayak udang rebus.
(Makan udang rebus aja nggak pernah...)
Ganti deh...
Malu mak, nih muka anakmu merah kayak lipstikmu...😁

Sebenernya, dulu itu kulit saya nggak sesensitif ini, jarang juga punya jerawat, kalau pun ada, seminggu di maskerin tepung beras atau tomat pasti langsung hilang.

Lalu tiba-tiba dunia yang sebenernya menghempas masa sekolah yang nyaman. Masuk kerja, stress, lupa cuci muka, jerawat satu nongol di pipi.

Oh..my god, aku punya jerawat😱

Ok, biarin, eh... Ngelunjak, beranak jerawatnya.

(Kapan nikahnya sih wat...)

Huhu...😭😭😭
Ternyata punya jerawat itu bikin mood jelek banget ya....
Apalagi kalau nggak pernah ngalamin sebelumnya.
Setelah perjuangan panjang, yang asal-asalan. Akhirnya saya terima....
Mungkin emang lagi puber ya..

Eh..  Lhakok malah sembuh...
Senengnya😁

Tapi kulit jadi sensi. Dulu saya cuci muka pakai sabun mandi fine-fine aja...
Ora popo.
Lha sekarang, harus pakai sabun yang khusus buat muka, nggak bisa sembarangan lagi.
Udah gitu nggak bisa pakai produk lain selain ini....


Nyebelin. Aku kan yo pengen wedakan, gae eyeshadow, blushon, foundation,...
Ben ayu koyo bintang korea kae.

Ha..ha.. Nggak se lebay itu juga.

Baca juga : 5 makanan enak ini penyebab jerawat

Baca juga : Mitos-mitos kehamilan di berbagai negara

Dan beberapa bulan lalu saya kembali iseng...
Keracunan vidio di youtube.
Banyak banget yang pakai putih telur untuk bikin muka halus karena katanya itu bisa ngangkat komedo putih sampai ke akar-akarnya....
Wah... Coba ah...
Belilah saya telur. Ambil putihnya doang, yang kuning, goreng dong buat sarapan...😁
Dengan berbekal tisu dan putih telur saya pakailah itu buat maskeran.

2 kali di coba 2 kali pula nggak puas, gagal kayaknya. Dan tiba-tiba bukannya halus malah jadi komedoan😭😭😭
Syebel aku tuh.
Dan saya paling nggak bisa ngatasin yang namanya komedo putih. Susah banget....
Akhirnya saya biarin aja, walaupun ganggu banget. Ilang, muncul lagi.

Inilah masa-masa terberat buat hidup saya. Muka break out...😭

Ah, nggak juga, masih berat uang habis, kuota abis, pulsa abis, mau minta orangtua udah nggak punya nyali.

Lalu.... Saya dapat hidayah....

Tobat kali, hidayah...

Iyups, rempah-rempah warna kuning dengan bau khas inilah yang jadi sohib muka saya sekarang...😊
Awalnya iseng karena katanya bagus juga buat muka, eh malah suka.

(Semua berawal dari iseng)

Via.pixabay

Saya pun berniat untuk meracuni kaum wanita lain supaya pada suka juga sama si kunyit. He .he...
(Senyum iblis😈)
Manfaatnya banyak banget lho ternyata.

Sini, tak bisikin pakai speaker ..

1. HEMPAS JERAWAT

Ini nih yang saya suka. Kunyit ini terkenal dengan kandungam kurkuminnya yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti peradangan. Jadi ampuh untuk menyembuhkan jerawat secara aman dan... Kalau di saya lumayan cepat. Baru beberapa hari udah bikin seneng karena merah-merahnya lenyap, komedonya juga mulai mengering sendiri.
Love you kunyit😘
Artikel yang membahas tentang kunyit sebagai anti jerawat ini juga banyak banget kok, tinggal tanya aja ke mbahe google yang pinter. Atau cari vidionya di youtube juga ada.

2. BEKAS JERAWAT? BYE....

Duh gaya banget... Pakai bye segala😂
Tapi seriusan, berdasarkan pengalaman peri cantik, eh, peribadi...
(Sa ae saya...😂)
Setelah pakai masker kunyit ini bekas jerawat juga mulai memudar, nggak nyadar aja, kok bersihan ya...
Kata emak juga gitu...
Ternyata karena kunyit juga berfungsi untuk mencegah hiperpigmentasi pada kulit, alias penggelapan, jadi selain memudarkan bekas jerawat juga meratakan warna kulit sekalian.

Mantap👍

3. MENCERAHKAN

Dari kecil saya itu hobi banget panas-panasan sampai kulit item dan dekil. Bayangkanlah sob, kecil, kurus, item, mata melotot, lari-larian  ke sawah, ke kali, main si bolang sama kakak.😂
(Wait... Kenapa topiknya meleyot ke masa kecil🤔)
Oh ya... Khilap🙏
Kunyit ini juga bisa mencerahkan kulit wajah yang kusam, karena seperti poin nomer 2. Anti hiperpigmentasi.
Kunyit ini bisa melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas dan bahaya sinar matahari. Jadi kalau di antara kalian ada yang punya hobi kayak masa kecil saya, bisa coba kunyit untuk perawatan.
Tapi tetep, jangan lupa pakai sunblock or sunscreen karena kunyit aja belum cukup.
(Padahal sendirinya kagak pernah pakai😂)

4. AWET MUDA

Karena kemampuannya melawan radikal bebas dan kandungan antioksidan alaminya kunyit ini juga bisa mengurangi kerutan lho sob😀, kalau kalian rutin memakai kunyit sebagai masker atau bahkan diminum sebagai jamu... Insyaaah awet muda...
Saya belum punya bukti sih, soalnya kan sini masih muda
Hue..he... Sombong sama yang tua.
Tapi berdasarkan penelitian, kandungan kunyit ini memang bagus untuk mencegah penuaan dini.
Nggak rugi buat dicoba kok.

Masih banyak manfaat kunyit lainnya, rempah-rempah ini kan memang sudah dijadikan sebagai bahan jamu dari jaman saya belum lahir, jadi sudah pasti nggak bahaya dan minim efek samping.

Yang di atas itu cuma manfaat yang paling saya suka

Baca juga : Hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa

Baca juga : Singkat cerita menjadi dewasa

Nggak hanya di Indonesia di negara lain kunyit ini juga biasa di pakai buat perawatan tubuh. Bahas kunyit jadi inget film thailand yang diperankan oleh bang mario maurer yang tampan "first love (a litle thing called love ")
Ada yang tahu nggak filmnya?
Dalam film itu si tokoh ceweknya pernah pakai kunyit buat bikin kulitnya cerah.

Balik ke topik!

Trus gimana cara bikin masker kunyitnya?
Kalau di internet, biasanya kunyit ini dicampur sama madu, yogurt, susu, atau bahan lain yang cocok dengan kulit, tapi berhubung kulit saya ini sensitif dan tak suka bahan tak diundang. Jadi saya cuma pakai tepung beras dan kunyit.

Caranya...

1. Saya bikin sendiri tepung berasnya. Saya ambil beras segenggam, cuci bersih, trus saya parut kunyit.

Campurin kunyitnya ke dalam beras yang sudah dicuci bersih, tambah air secukupnya.

Diamkan selama beberapa jam, kalau saya dari pagi sampai malam, jam 6 Sorean, setelah itu haluskan.
Tinggal simpan dan pakai kapan aja...

Wauw... Tutorial yang singkat.

Mungkin kalau sobat cocok dengan yogurt atau madu atau alpukat, bisa coba dicampur biar makin banyak khasiatnya.

Saya biasanya pakai masker ini pas malam mau bobok, dan dibasuh di pagi hari, tapi cara ini nggak terlalu disarankan karena bikin muka kering. Jadi kalau udah nggak nyaman pakai cara itu saya pakainya pas lagi senggang aja..., kalau orang lain pakai masker selama 15-20 menit saya pakai bisa sampai 3 jam, emang nggak bagus, tapi malah cocok buat saya.
Ha..ha... Aneh banget😂

Semoga bermanfaat ya sob, saya juga mau maskeran kunyit. Sekali lagi ini berdasarkan pengalaman penulis, beda orang bisa beda hasil ya....😊

See you...



27 comments

  1. Kulitku juga sensitif berjerawat nih mbak. Sebenarnya bukan kali ini aja saya tahu tentang kunyit untuk jerawat. Cuma mikirnya tuh duh kok ribet ya. Tapi saya coba deh soalnya udah jadi emak-emak pun jerawat masih sering nongol, terutama setelah pakai KB. Btw Makasih yaaa resep maskernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sama-sama, silahkan dicoba. Saya sukses dong meracuni para wanita
      (Senyum iblis😈)
      Ha..ha.. Just kidding mbk.
      Mungkin nggak cocok KB nya mbk, soalnya temen kerja saya juga ada yang malah jerawatan karena KB, akhirnya dia ganti, eh mukaknya jadi bersih lagi lho....

      Delete
  2. Saya pun berniat untuk meracuni kaum wanita lain supaya pada suka juga sama si kunyit. He .he...
    (Senyum iblis😈)

    Ini termasuk wanita berkarakter kuat..😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk... Saking kuatnya sampai kaum pria ikutan nongol di sini ya mas😂😂😂

      Delete
  3. kasiatnya banyak sekali kunyit nih, buat obat jerawat, penghilang bau badan. Buat minuman dicampur asem dan jahe pun nikmat rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas aris, dibikin jamu kunir asem itu juga enak mas, apalagi dikasih es batu...
      Wah.. Seger+sehat😁

      Delete
  4. Kalo saya pas sekolah dulu sih lumayan sering jerawatan, tapi setelah rutin olahraga khususnya lari, jerawat ternyata juga jadi ikut lari entah kemana hehehe.

    Kalo soal kunyit seprtinya akan saya rekomendasikan ke doi nanti hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh mas, olahraga juga bisa jadi salah satu cara untuk nyingkirin jerawat, karena membuabg kotoran dalam tubuh....

      Segera kasih tahu doinya mas, biar racun ala saya nyebar. Wkwk😂

      Delete
  5. Saya mah juga gitu pakai jenis make apapun tak cocok, pakai jenis perawatan ini itu cuma bertahan seminggu doang setelah itu wajah rusak jadi sekarang ya cuma pakai ramuan tardisional bengkoang alhamdullilah cocok banget di muka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sering gitu mbk, udah 3 hari kirain cocok, eh setelah seminggu....
      😞
      Memang saya lebih cocok pakai yang murahan😂
      Biar hemat sekalian.

      Delete
  6. Banyak juga nih khasiat kunyit, pingin cepat-cepat nyobanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buanyak mas, silahkan dicoba😁, nggak rugi kok

      Delete
  7. Kalau saya unik, jerawat hanya satu tumbuh dihidung. Itu pun biasanya kangen pacar. Obatnya ya cukup ketemu, nanti pecah dan sembuh dengan sendirinya. tidak perlu maskeran kunyit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya pacar enak ya... Bisa nyembuhin jerawat juga.
      Kekutan cinta emang warbyasah....😊
      Jadi inget, kata orang kalau jerawatan obatnya nikah aja.

      Delete
  8. Saya pernah punya teman kos yang wajahnya jerawatan, dia cerita habis jutaan per 3 bulan ke dokter kulit hanya agar jerawatnya gak parah, bukan hilang tapi gak parah.

    Temen itu yang menyadarkan saya untuk mensyukuri muka dan kulitnya yang gosong ini, muka gosong, tangan putih, sungguh kebalik.
    Orang lain wajahnya putih, tangan gosong, saya wajahnya gosong ketimbang tangan hahaha

    Bersyukur deh kalau nggak punya kulit wajah jerawatan.
    Btw saya kepo, itu pakai masker kunyit, wajah kita nggak bakalan kuning kah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kerjanya panas-panasan ya mbk makannya putih tangan daripada wajah. Tapi sekarang kan udah putih semua, jadi cantik banget.

      Karena dicampur sama tepung beras nggak bakalan kuning mbk, tapi kalau pakai kunyitnya langsung, langsung jadi manusia kunyit😂

      Delete
    2. wkkwkwkwkw, itu deh yang saya pikirin, takutnya kan malah kuning, jerawat hilang, tapi muka jadi kuning, entar tinggal tambah asem, bisa diminum deh wajah kita hahahahahahah

      Delete
    3. Nggak usah khawatir mbk rey, kalau udah dicampur dengan tepung lain nggak akan membekas warna kuningnya, kalaupun ada sedikit tinggal cuci muka pasti ilang. Kalau udah gitu tinggal duduk manis sambil minum kunir asem😁,
      Wenak....

      Delete
  9. wah di daftar sama hak paten mbak temuannya nanti ada yang klaim tuh btw untuk cowok bisa nggak ya kunyitnya dipake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha.... Nggak berani mas, orang saya juga nyontek😂
      Boleh banget dicoba cowok, sama-sama buat merawat kulit.

      Delete
  10. aku tau nya kunyit buat lambung aja.. eh, ternyata bisa juga untuk wajah yaa.. banyak banget khasiatnya ya.. boleh dicoba juga ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain punya manfaat kesehatan, kunyit juga punya manfaat kecantikan mbak, jadi manfaatnya double double gitu😁

      Delete
  11. wah tambah satu lagi nih manfaat kunyit buat jerawat

    ReplyDelete
  12. Kalau perihal kulit sensitif, kulit saya kayaknya sensitif juga, lihat2 wajah wanita yang bening bening, eeee jerawat yang tumbuh.hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk... Itu kayaknya matanya yang sensitif deh kang....
      Nggak cuma jerawat yang numbuh, perasaannya juga ikut numbuh😂

      Delete
  13. aaaa kebetulan lg kena jerawat nih, smpe stres bgt.. cobain bikin masker kunyit aahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, silahkan dicoba. Saya udah berkurang banyak lho, dan makin semangat maskeran kunyit tiap hari😊

      Delete


EmoticonEmoticon