Jadi pengamat film "Hotarubi no mori e"

Jadi pengamat film "Hotarubi no mori e"




"Kalau bersentuhan dengan manusia, aku akan menghilang"

Itulah kalimat inti dari anime ini

Hua.... Anime ini bikin baper saya๐Ÿ˜ญ


Hutarubi no morie adalah anime berdurasi 45 menit yang dirilis pada tahun 2011 lalu dan disutradarai oleh Takahiro omori.

Anime ini diangkat dari komik karya yuki midorikara.

Hotarubi no mori e yang dalam bahasa indonesia artinya "menuju hutan penuh cahaya kunang-kunang"

Kisah anine ini menurut saya sebenarnya sederhana,  tapi sederhananya itu nggak bisa diganggu gugat. Pokoknya mereka harus begini, nggak ada keajaiban....

And i hate with the ending

Guayamu pakai bahasa inggris segala
๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Anime ini bercerita tentang gadis kecil bernama Takegawa hotaru yang tersesat di sebuah hutan ketika berlibur ke rumah sang paman di desa. Ketika tersesat itu lah hotaru bertemu dengan dengan seorang cowok yang mengenakan topeng.
(Namanya Gin)


Kalau dalam bahasa indonesia Jin itu kan makhluk gaib ya, saya sempet mikir apa yang bikin komik ini terinspirsi dari kata Jin di indonesia?

Dalam pertemuan pertama mereka, Gin memanggil hotaru "chibi๐Ÿ˜‚" alias cebol karena usianya masih 6 tahun. Hotaru yang tadinya menangis karena tersesat merasa sangat senang dan tanpa pikir panjang berniat memeluk Orang di depannya, tapi selalu tidak berhasil karena Gin menghindar terus.

  "Kalau manusia menyentuhku, aku akan lenyap"

Begitulah asal mula kalimat yang bikin saya baper.
Bayangkan sob, bayangkan.... Yang pada LDR aja ngeluh nggak kuat nahan rindu.
Yang begini gimana๐Ÿ˜ญ

Karena hotaru ini bandel banget ia nggak percaya dan mau meluk Gin, akhirnya Gin terpaksa memukul kepalanya dengan kayu.
Saya ketawa terus pas adegan ini๐Ÿ˜‚.


Duh, hotaru ini gemesin banget๐Ÿ˜Š

Gin pun mengantarkan Hotaru pulang dan melarangnya datang kembali ke hutan dewa gunung, karena di sana tempat tinggalnya para roh, orang-orang bilang siapapun yang pergi ke hutan itu tidak akan bisa kembali.

Baca juga : Jadi pengamat film "taare zameen par"

Adegan yang saya suka banget pas Gin nganterin Hotaru pulang, karena nggak bisa gandeng tangannya mereka bergandengan melalui kayu yang digunakan Gin untuk memukul hotaru.
  "Rasanya kayak lagi kencan ya" hotaru kecil berceloteh riang.
  "Kencan yang nggak ada romantis-romantisnya" jawab gin.


Meski sudah dilarang, keesokan harinya hotaru tetap kembali ke hutan itu. Mereka menghabiskan musim panas bersama dan jadi dekat.

Libur musim panas berikutnya hotaru juga datang ke hutan itu untuk menemui Gin.

Ia pernah bertanya, kenapa Gin memakai topeng terus, apa ia roh yang tidak punya wajah? Tapi Gin tidak mau membahasnya dan meminta hotaru bercerita tentang dirinya.

Dan suatu ketika....
Mereka bermain di padang rumput yang penuh bunga. Karena melihat Gin tertidur hotaru jadi penasaran sekali dengan wajah Gin, ia pun memberanikan diri untuk membuka topeng Gin
 "Kalau menyentuh topengnya, harusnya tidak apa-apa"
Dan ternyata pemirsah...



Gin ini, ganteng banget lho๐Ÿ˜

Tapi yang namanya roh ternyata Gin cuma pura-pura tidur.
  "Aku kayak manusia kan..."
  "Terus kenapa pakai topeng?"
  "Kalau tidak pakai topeng, aku tidak terlihat seperti roh"
  "Dasar aneh"
Adegan itu bikin saya berpikir panjang, kalau sebenarnya Gin itu juga pengen jadi manusia.

Di musim panas ketiga, Hotaru ini iseng naik ke atas pohon untuk nganggetin Gin supaya bisa lihat wajah kagetnya, eh, malah dia bikin malu.

Lagian kan Gin pakai topeng dek๐Ÿ˜‚

Ranting pohon yang dinaiki hotaru tenyata rapuh dan mendadak patah. Gin yang kaget mengulurkan tanggan mau menagkap hotaru, tapi ia ingat kutukannya. Jadinya hotaru jatuh ditangkap semak-semak.

Meskipun sakit Hotaru tersenyum, dia bilang baik-baik saja. Tapi setelahnya ia menangis tersedu-sedu. Ia meminta apapun yang terjadi Gin tidak boleh menyentuhnya, karena ia sendiri takut berpisah dan kehilangan Gin.


Pada adegan ini suara anginnya itu sumpah bikin saya mau merem, rasanya kayak saya masuk ke dalam animenya gitu lho๐Ÿ˜

Tahun demi tahun berlalu, musim panas demi musim panas terlewat dengan cepat. Hotaru yang dulunya cuma anak kecil yang  dipanggil cebol oleh Gin, tumbuh jadi remaja. Ketika pertama kali masuk SMP ia pergi ke hutan dengan memakai seragam barunya dan pamer di hadapan Gin dengan penuh semangat

  "Entah kenapa, kau terlihat seperti perempuan"
Hotaru yang mendengarnya agak kesal 

  "Dari dulu memang perempuan"
Dari situ hotaru mulai sadar bahwa Gin tidak juga menua. Ia mulai takut bahwa suatu hari nanti ia akan tua dan Gin tetap seperti itu.

Baca juga : Yuk intip, 8 fakta unik make up ini

Tibalah saat Hotaru masuk SMA, ia juga menunjukan seragam barunya. Semakin dewasa hotaru, semakin ia takut kehilangan Gin, umur mereka bahkan sudah sama.

Ia mengatakan pada Gin bahwa sudah tidak sabar ingin segera lulus sekolah dan mencari pekerjaan di desa itu, supaya mereka bisa bertemu kapanpun, bukan hanya saat musim panas saja.
Hari itu hotaru mengatakan perasaan pada Gin, tentang kerinduannya selama musim dingin, musim semi, dan musim gugur ia selalu memikirkan Gin.


 "Hotaru, tidak apa-apa kalau kamu ingin melupakanku"
Gin pun menceritakan tentang dirinya untuk pertama kali, kenapa ia mendapat kutukan itu. Inti dari kisahnya itu adalah bahwa mustahil bagi mereka untuk tetap bersama.
Tapi hotaru malah mengatakan sebaliknya.

  "Gin, jangan pernah melupakanku"


Ketika memancing bersama, gin menceritakan tentang festifal musim panas yang diadakan para roh di dalam hutan. Ia berniat ingin mengajak hotaru pergi ke sana, apalagi Gin bilang ia akan melindungi hotaru, karena hotaru pikir mungkin festifal para roh akan menyeramkan. Hotaru yang sangat senang dengan malu-malu bilang jadi ingin memeluk Gin. Di luar dugaannya Gin teryata membalas "peluk saja, aku serius"
Di situlah sebenarnya mereka sadar kalau saling suka.

Dan saya sadar, kalau saya sedih banget๐Ÿ˜ž

Festifal pun tiba, mereka menghabiskan waktu bersama selama festifal. Mengunjungi festifal para roh ternyata tidak menyeramkan justru sangat menyenangkan.
Untuk kedua kalinya sejak usia 6 tahun hotaru berkata lagi,
  "Rasanya kayak lagi kencan ya..."
  "Emang lagi kencan kok"
Pipi hotaru pun bersemu merah.
Malam itu jadi malam yang paling indah untuk hotaru dan Gin, meski tanpa bergandengan tangan mereka sangat menikmati kencan itu.


Dalam perjalanan pulang mengantar hotaru, Gin mengungkapkan perasaanya. Bahwa ia tidak sanggup lagi menunggu musim panas selanjutnya, setiap saat ia merindukan hotaru, bahkan di tengah keramaian pun ia merasa kesepian karena tidak ada hotaru.
Mendengarnya hotaru merasa senang dan sedih. Sungguh ia ingin menyentuh Gin, sekedar menggenggam tangannya pun tidak apa-apa.


Tiba-tiba Gin berhenti melangkah, melepaskan topeng yang selalu dikenakannya lalu menaruh topeng itu di wajah hotaru dan menciumnya.


So sweet tapi kok sakit๐Ÿ˜ญ


  "Tolong simpan topeng itu baik-baik"
Saya berharap banget anime ini punya happy ending karena saya suka sama tokoh-tokohnya tapi kehadian 2 anak kecil itu bikin saya esmosi,duh dek, ganggu orang pacaran aja...
๐Ÿ‘ฟ
Ketika seorang anak kecil terpeleset di depannya, Gin meraih tangan anak kecil itu. Lalu tiba-tiba tangannya mengabur. Saat itu Hotaru baru sadar bahwa anak kecil itu adalah manusia.


Dalam kesempatan terakhir itu, Gin membuka lengannya supaya Hotaru memeluknya, dia terlihat bahagia karena sudah lama ingin memeluk hotaru.

๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ Ya Allah, baper aku tuh....


Kalian yang gampang baper pasti nangis pas adegan ini. Sebuah kisah sederhana yang dibungkus sangat luar biasa.


Ternyata memang nggak semua kisah cinta berakhir dengan bahagia. Tapi justru di adegan inilah letak point pentingnya. Adegan yang nggak bisa dilupakan saking berkesannya.

Kalau kalian ingin nonton saya kasih link downloadnya


Saya suka banget download anime di nimechan. Kalau kalain juga suka anime, blog ini menyediakan banyak list anime yang keren-keren lho dan subtitle indonesia semua.
Dan paling saya suka
Boruto๐Ÿ˜

Sekian dulu review anime yang bikin baper. Sejujurnya saya ini suka sesuatu yang berbau Jepang, bahkan sempet belajar bahasanya.
Jya, kyou wa koko made๐Ÿ˜Š

Mata ne (sampai jumpa)
See you....๐Ÿ‘‹

27 comments

  1. Jepang emang terkenal banget sama animenya ya. Aku malah jarang bgt nonton anime kaya gini, Yang aku suka dari jepang, atlet badmintonnya ganteng2 banget hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, anime jepang emang bagus-bagus banget, malah bagusan animenya daripada filmnya.

      Delete
  2. Pernah liat sih tapi ga berusaha nyari ini anime trus di tonton, ga nyangka ternyata seseru itu ya. Langsung otewe nonton deh makasih reviewnya mba.

    Oh ya kalo suka anime pernah nonton secreet garden sama kimi no nawa juga dong? Kan baper abis tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secret garden, kimi no na wa๐Ÿ˜
      Udah semua mas, itu bagus banget...nget... Juga dan emang bikin baper pula...
      Kapan-kapan mau bikin reviewnya juga deh.

      Delete
    2. Siipp dah ditunggu reviewnya hehehe.

      Delete
  3. Seru juga ceritanya.

    Saya suka baca reviewnya saja karena kalau lihat anime tidak terlalu suka, mukanya mirip mirip jadi tidak bisa membedakan antar tokoh tokohnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal itu seru banget lho mbk....
      Bikin baper...

      Delete
  4. Ternyata selain penggemar film India dan drama Korea, mbak Astri suka film anime juga ya. Kalo Doraemon udah diulas belum mbak?

    La la la... Aku sayang sekali, doraaaemooonn...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. La...la... La... Aku suka sekali nonton film๐Ÿ˜‚
      He..he.. Saya film apapun suka mas, pokoknya seru di tonton.
      Bahkan film zombie pun saya juga suka

      Delete
    2. Wow, penyuka semua genre film ya, tapi kalo film "itu" suka juga tidak ya? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Kaburrrr....๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

      Delete
    3. I dont know what do you mean๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”
      Hemmmm....

      Delete
  5. sepertinya saya belum nonton filem kartun ini, kalau doraemon dan naruto sudah sering nonton juga, tapi sudah lama sih, :) walau sudah gede saya masih suka loh nonton film kartun, soalnya lucu dan menyenangkan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Say walau udah gede juga suka nonton kartun.
      Dan naruto๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
      Cinta banget sama anime ini.

      Delete
  6. ga pernah nonton anime drama romatis gini, tapi kalau dari reviewnya ini poin akhirnya kena banget, entah kenapa ada anak kecil yang mau jatuh, kalau ga kan hubungan mereka bisa berlanjut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini anime keren banget mas.
      Iya, adek kecil yang bikin sebel, tapi kalau nggak ada dia, entah gimana tamatnya...๐Ÿ˜‚

      Delete
  7. Halo mba, saya juga penggemar anime nih khususnya shoujo anime makasih sharingngnya ya jadi pengen nonton, segera meluncur ke nimechan ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, buruan nonton, biar baper barengan.
      He..he....๐Ÿ˜
      Saya juga penggemar anime lho, paling suka naruto.

      Delete
  8. ihiy hehe keren nih anime. ya bagi para penggemar wibu lah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget mas๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
      Yang bukan penggemar wibu sih harusnya juga suka kalau udah nonton.
      Ya, karena emang bagus animenya๐Ÿ˜

      Delete
  9. Saya lama nggak pernah nonton film mbak, kalau nonton malah ketiduran hehehe...paling2 nonton TV kalau ada siaran langsung tim sepakbola favorit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, penggemar sepak bola ternyata...
      Kalau saya jarang nonton tv mas, tapi sering nonton film. Download sendiri, tonton sendiri, biar lebih menjiwai๐Ÿ˜

      Delete
  10. Wohuu saya melipir ke sini trnyata mba astria suka anime? Hehe. Saya yg juga suka anime jadi terpanggil ๐Ÿ˜ngomong2 suka anime genre sport kah? Atau genre lain selain yg sedih2 gini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Ketemu sesama penggemar anime, saya suka anime apa aja sih... Karena tiap anime punya ciri khasnya sendiri, tapi yang paling saya suka dari kecil ya naruto...
      Fans garis keras naruto he..he..๐Ÿ˜

      Delete
  11. Selalu salut sama orang-orang ecinta anime, saya juga bisa suka paling, cuman memang kudu nguatin hati buat tetep nonton di awal2, soalnya kadang sulit bisa masuk dan nyaman ke dalam film anime kalau saya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga nggak suka mbak, gegara ikut-ikutan kakak laki-laki saya yang nontonin naruto tiap hari, eh saya malah jadi lebih suka dari pada kakak saya๐Ÿ˜‚

      Delete
  12. harusnya dikasih tagar spoiler alert sih mba

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon