Harus tahu, 8 fakta unik pasta gigi ini

Harus tahu, 8 fakta unik pasta gigi ini


Via.pixabay

Setelah pernah bahas sabun, sekarang saya mau bahas pasta gigi, bukan pasta dimalam minggu, pasta ulang tahun, apalagi pasta pernikahan.

Itu pesta neng...πŸ˜‘
Ah iya ya...
Pura-pura bodoh ini.

Pasti gigi sudah pasti jadi salah satu benda yang wajib dibeli pas belanja bulanan kan, diapakainnya pun 2 sampai 3 kali dalam sehari, jadi pasta gigi merupakan suatu kebutuhan.

Iya, udah tahu....

Nah, bagaimana dengan sejarahnya, awal mula adanya pasta gigi dan fakta-fakta lainnya udah tahu apa belom...

Sini, biar saya kasih tahu....pada laper kan

Krik...

1.SEJARAH PASTA GIGI

Via.pixabay

Benda yang serupa dengan pasta gigi ini pertama kali digunakan di Mesir pada abad ke 4.

Kenapa ya, banyak banget sejarah yang dimulai dari Mesir? Setelah saya tanya ke embah google yang tercinta saya menyimpulkan sebuah jawaban....

Ternyata karena Mesir adalah tempat berkembangnya peradaban kuno.

pasta gigi pada waktu itu tidak digosok seperti sekarang ini. Pasta gigi yang terbuat dari campuran garam, lada, daun mint, dan bunga iris tersebut hanya di oleskan ke permukaan gigi untuk memberikan aroma nafas yang lebih segar. Orang-orang menggunakan campuran tersebut untuk beraktivitas sehari-hari, biar makin pede pastinya kan..

Baru pada abad ke 9 seorang musisi dan perancang busana dari Persia bernama Ziryab berhasil membuat pasta gigi yang bisa membersihkan gigi sekaligus memberikan aroma nafas yang segar. Karena masih bersifat kuno, pasta gigi pada masa itu hanya disimpan di dalam mangkuk atau gelas kecil.

(Kalau zaman sekarang, bisa-bisa dikira selai kali yaπŸ˜‚....)

Mungkin nggak, mungkin cuma saya yang ngira...

2. BERAGAM FUNGSINYA

Via.pixabay

Walaupun namanya pasta gigi, ada kata "gigi" nya tapi katanya nih....
Pasta gigi ini punya banyak fungsi lain selain untuk membersihkan gigi.

Seperti:  membersihkan sepatu, membersihkan dinding, mengkilapkan perhiasan, memerahkan bibir, ngempesin jerawat, mengobati luka bakar, dll.

Banyak banget kan.
Walaupun ini cuma katanya dan belum terbukti aman untuk mengobati jerawat atau luka bakar, tapi yah... Emang udah kodratnya manusia suka percaya sama "katanya..."
Jadi walaupun dibilangin "jangan" pasti ada aja yang coba-coba dan anehnya emang ada yang berhasil.

Saya pun sebenernya juga udah pernah coba dulu buat ngempesin jerawat, dan ternyata pemirsah.... Beneran sembuh lho. Sekarang sih nggak pernah lagi.

3.  PASTA GIGI DAN CAT AIR?

Via.pixabay

Dalam poin nomer satu disebutkan kalau pasta gigi dulunya disimpan di dalam mangkuk atau gelas kecil, terus kenapa sekarang dikemas dalam bentuk tube?
Jawabannya cat air.

Hah...?

Produk pertama pasta gigi yang menggunakan kemasan tube mulai dibuat pada abad ke 18, memiliki merek " Dr, Sheffield's dentifrice" produk ini dibuat oleh seorang dokter gigi dari Inggris bernama Dr. Washington sheffield.

Kemasan tube ini terinspirasi ketika anak si dokter berlibur ke Paris dan melihat para pelukis di sana melukis dari cat yang dikemas dalam tube.

Inspirasi emang bisa datang dari mana aja ya...

Baca juga : Wow, ini 17 fakta unik mimpi yang menakjubkan

Baca juga : 8 fakta unik kaum wanita

4. ODOL?

Via.pixabay

Siapa diantara sobat semua yang suka nyebut pasta gigi dengan "odol"
Apa cuma saya dan orang-orang kampung?
Odol ini sebenarnya bukan nama lain pasta gigi lho.

Odol ini adalah bahasa Jerman, lebih tepatnya.
Dulu pada masa penjajahan, Belanda membawa sebuah benda bernama zahnpasta yang tak lain adalah pasta gigi untuk membersihkan gigi, merek dari zahnpasta itu adalah "odol"

Karena orang Indonesia susah ngomong zahnpasta akhirnya mereka lebih sering ngomong mereknya ketimbang nama bendanya.
Sampai sekarang .

"Mak.... Odole entek ya...?"
  Mak pasta giginya abis ya?

Yah begitulah uniknya orang Indonesia. Lebih suka yang praktis...

5. MENGUBAH RASA

Via.pixabay

Pernah nggak sih sobat makan setelah gosok gigi dan anehnya makanan yang harusnya manis kok jadi pahit.
Hem..πŸ€”

rupanya hal ini terjadi karena kandungan dalam pasta gigi yang bernama SLS dapat mempengaruhi kerja indera pengecap. Lidah jadi sensitif terhadap rasa pahit dan tidak peka dengan rasa manis.

Singkatnya SLS ini seperti orang ke tiga yang mempengaruhi hubungan cinta kita.
πŸ˜‚πŸ˜‚

Solusinya cukup mudah, tunggu beberapa menit setelah gosok gigi baru santap makanan manis  yang sobat suka.

Ah, masak, bukannya malah putus....😟

Duh, ini bahas apaan sih...

6. PENGGANTI PASTA GIGI

Via.pixabay

Tak ada rotan akarpun jadi, nggak ada pasta gigi seledri pun jadi.
What....?

Jadi ada beberapa makanan yang punya fungsi membersihkan mulut seperti pasta gigi. Makanan tersebut adalah apel, seledri, popcorn tanpa rasa dan juga wortel...

Hal ini karena makanan-makanan tersebut menkmbulkan rasa kesat setelah kita menyantapnya.

Kalau saya bakal pilih apelnya aja, kan enak tuh makan smbil bersihin gigi....
Tapi bukan berarti terus ganti gosok gigi dengan makan apel ya....
No..no..no...
Gosok gigi tetep harus 2 kali adek-adek😁

7. ANEKA RASA

Via.pixabay

Nggak cuma kue aja, pasta gigi pun juga ada yang memiliki macam-macam rasa yang unik...
Seperti rasa cupcake, takoyaki, terong, arang bambu, parfum gorilla  dan juga bacon.
Wah... Mau gosok gigi apa sarapan ya...πŸ˜‚, negara yang kreatif membuat pasta gigi aneka rasa itu adalah Jepang. Produk tersebut juga laris banget lho di sana.

Kalau saya pakai itu odol rasanya kok bisa khilap ketelen ya....

Baca juga : 30 fakta unik si imut kucing

Baca juga : 10 tanaman paling beracun di dunia

8. YANG PALING MAHAL

Via.pixabay

Berapa sih harga pasta gigi punya sobat?

5000 atau paling mahal 20.000?

Kalau ditawarin yang harga satu juta mau nggak?

Ha...ha... Nggak mau, tapi kalau dikasih mau😁

Sebuah perusahaan pasta gigi bernama Theodent pada tahun 2014 lalu baru saja membuat pasta gigi terbaru dengan harga 1,1 sampai 1,3 juta rupiah...
Yang unik lagi, pasta gigi ini memiliki rasa coklat tapi tenang aja sob, rasa coklat ini nggak akan menimbulkan kerusakan pada gigi bahkan pasta gigi termahal ini dipercaya bisa banget merawat dan menguatkan gigi kalian. Dan kalau semisal nih pada khilap ketelen gitu, nggak masalah nggak akan keracunan juga.
Hem.. Ada yang berminat beli?



Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi.

(Bernyanyi dengan riang gembira...)

Lucu juga ya ada pasta gigi rasa coklat... Cuman mahalnya kok naudzubilah. Terus odol ,sumpah... Kirain itu dulu bahasa jawa lho nggak tahunya malah bahasa Jerman yang nyasar ke jawa. Harus jelasin ke adek-adek nih biar nggak pada terjerumusπŸ˜‚πŸ˜‚

See youπŸ‘‹

30 komentar

  1. Saya pun tim yang masih nyebut pasta gigi dengan odol. Udah lengket dari kecil sih jadi susah nyebut "pasta gigi" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti nggak cuma di kampung ya mbak..., ternyata sebutan odol emang udah meraja lelaπŸ˜‚

      Hapus
  2. Aaaaaa pasta gigi harga 1 jutaaan. Langsung miskin aku. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending beli yang di warung bisa dapat stok odol buat setahun ya mbakπŸ˜‚

      Hapus

  3. Sebutan Odol seperti sudah independent di negara kita Namun meski bahasa dari Zerman setidaknya kita bisa tersenyum berkat adanya odol..πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    Cuma kalau nggak ada odol pastinya Kinclong menguning..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‰πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak ada odol mungkin udah pada nginang semua masπŸ˜‚, atau gosok giginya pakai batu merah gitu...

      Hapus
  4. faktanya sudah dtemukan abad ke 4 di Mesir.
    Terus buah ternyata dapat menggantikan pasta gigi ...bukan "odol gigi" he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dari jaman doelu ternyata ya mas😲

      Hapus
  5. mmmm..saya baru tahu kalau odol itu dari bahasa Jerman, kirain di ambil dari Kata " Dodol "....hahaha. :)

    Kalau dahulu, saya suka pakai Odol yang berwarna HITAM, nama mereknya adalah " ODOL ARANG BAKAR " hahaha.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Kok bisa mikir odol dari dod gimana mas? πŸ˜‚πŸ˜‚
      Odol arang bakar itu kayak apa ya, baru denger ini, apa warnanya hitam kayak arang...πŸ€”

      Hapus
  6. qiqiqiqiqiqiqiqi, anak saya nggak tahu apa itu odol, saking sejak dulu saya suka nyebutnya pasta gigi.

    Tapi karena saya terbiasa boros kata kalau bicara, jadinya nggak jadi masalah sih meski nyebutnya 2 kata, padahal odol cuman 1 kata ya hahaha.

    Kalau saya gunakan pasta gigi ya buat gosok gigi, belum pernah buat lainnya :D

    Eh dulu sih, ikutan temen2 taruh pasta gigi di bibir biar merah, adanya bibir jadi itam karena melepuh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak rey, bener itu, ajarin anak yang bener....
      Saya juga pernah coba odol di bibir nggak tahunya malah kering kerontang sampai pecah-pecah😟

      Hapus
  7. Nahh itu dia sekarang odol udah banyak banget rasanya.. Ada yang bilang odol lah, padahal odol itu kan merek.. yang bener mungkin pasta gigi lah yaa, gak ada kandungan mereknya uweheheh

    BalasHapus
  8. Lucu sebenarnya sebutan odol itu ya hehehe. Aku pake yg beredar di pasaran aja sih jarang ganti2 merek :) Suka rasa mint kan segar banget. Kalau pasta gigi ukuran sedang yg soft dan ada helmnya :D

    BalasHapus
  9. Aku juga pakai yang pasaran aja, yang dibeliin emak di warung depan rumah😁, kadang beda merek tapi gak papa lah dari pada nggak ada

    BalasHapus
  10. odol memang lebih mudah diucapkan ya... daripada nama aslinya dulu. Bahkan skrg pun lebih mudah nyebut odol daripada pasta gigi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih singkat, jelas, dan padat ya mbk....😁

      Hapus
  11. oh ternyata kemasan pasta gigi sekarang krn terinspirasi oleh cat air, baru tau nih mbak... banyak penemuan bermula karena terinspirasi produk lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, inspirasi bisa datang dari mana aja, tinggal kitanya peka atau enggak...

      Hapus
  12. Lagi-lagi Mesir, emang Mesir ini kaya sejarah dan penemuan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya orang disana pada pinter-pinter deh😁....dan memiliki budaya yang besar sejak zaman dulu.

      Hapus
  13. aih daripada nelen pasta gigi lebih baik coklat beneran mabk satu juta itu 50 silver (eit iklan) besar wk wk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk.. Tahan mas, tahan jangan sampai keceplosan.πŸ˜‚
      Saya paham maksudmu...

      Hapus
  14. jadi makin yakin ya sis, kalau peradaban di mulai dari mesir, sedangkan di Al-Qur'an juga disebutin peradaban yang lebih tua dari mesir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin banyak peradaban tua yang lainnya mbk, tapi mesir jadi salah satu yang paling terkenal
      😁

      Hapus
  15. saya sih ingetnya dulu pasta gigi sering dipake buat ngecilin jerawat dan emang terbukti sih walaupun kadang suka merah yaa.. baru tau banyak fakta menarik dibalik odol yang kaya manfaat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong mbk, saya juga dulu sering pakai odol buat kempesin jerawat, merah tapi sembuh....
      Aneh tapi nyata ya..😁

      Hapus


EmoticonEmoticon