12 Fakta unik mawar yang jarang diketahui orang

12 Fakta unik mawar yang jarang diketahui orang


Via.pixabay

Sekuntum mawar merahhh.... Yang kau berikan kepadaku di malam itu....๐ŸŽถ๐ŸŽถ

Nyanyi dulu kali ya, biar relaxs๐Ÿ˜
Jadi, ini bulan apa sih sob.
Februari ya, wah... Palentin'nan nih.
Berbahagialah kalian yang udah pada halal,

Dan banyak-banyak istigfar buat yang masih jomblo.
Sabar, jodoh nggak kemana kok.

Wah, asli ngelindur nih yang nulis, ini udah bulan juli woe...๐Ÿ—ฃ

Karena mau palentin'nan kayaknya asyik kalau ada mawar dimana-mana, bukankah mawar itu lambang cinta...
Hem...๐Ÿค”
Jadi untuk pertemuan kali ini, di bulan kasih sayang saya akan mempersembahkan mawar sebagai topik utama.

Yey....
Spesial buat kamu

Pemirsah abaikan aja penulis yang lagi error, sepertianya ia telempar ke masa lalu.
Mungkin ini efek dari kesendiriannya, mari bersama kita doakan dia.

Berdoa dimulai....

1. BUNGA NASIONAL


Via.pixabay

Mawar adalah salah satu tanaman semak lho sob, dan memiliki lebih dari 100 spesies. Jika yang kita tahu selama ini adalah mawar sebagai lambang cinta, ternyata di beberapa negara seperti Inggris dan New york mawar justru dijadikan sebagai bunga nasional.

Tepatnya pada tahun 1986 presiden Amerika serikan Ronald raegan meresmikan bunga mawar sebagai bunga nasional negaranya. Itu lah sebabnya mengapa di negara tersebut ada banyak sekali bunga mawar yang dipanen tiap tahunnya. Nggak hanya di Inggris dan Amerika di negara lain seperti Georgia, dan Lowa pun menjadikan mawar sebagai bunga nasional.

2. WAR OF THE ROSES

Via.pixabay

Nggak selamanya mawar jadi lambang cinta, mawar juga pernah menjadi lambang dari perang saudara di inggris pada abad ke 15 lalu. Mawar merah menjadi lambang dari keluarga lancaster dan mawar putih menjadi lambang dari keluarga york. Perang tersebut kemudian sering disebut orang sebagai war of the roses.

Disitulah, makna mawar jadi serem ya....

3. MAKNA WARNA

Via.pixabay

Karena jenisnya yang banyak, mawar juga punya warna yang berbeda. Mungkin yang paling sering dibeli orang adalah warna merah ya.
Orang-orang juga selalu berpikir asalkan mawar pasti maksudnya cinta, padahal tiap mawar punya arti yang beda-beda

Mawar merah : sudah pasti sebagai lambang cinta, perasaan yang tulus dan mendalam pada seseorang.

Mawar kuning : sebagai lambang dari sebuah kegembiaraan, kepedulian dan persahabatan. Kita bisa memberikan mawar kuning ini  kepada sahabat yang sukses meraih mimpinya.

Mawar putih : berarti kemurnian, kesucian, dan kerendahan hati. Biasanya wawar putih ini digunakan sebagai permintaan maaf. Dan bisa juga bermakna sebagai awal yang baru seperti pernikahan.

Mawar ungu : keagungan, mewah. Jadi mawar ungu ini biasa diberikan seorang karyawan kepada bosnya. Tapi beberapa orang menganggap mawar ungu sebagai bukti cinta yang terpendam atau cinta pada pandangan pertama.

Mawar orange : karena orange ini hampir mirip dengan warna kuning dan merah, orang menganggapnya sebagai lambang dari pertemanan dan cinta, semacam teman tapi mesra gitu.
Yang kalau nggak diterima rasanya nyesek...

Nah, jangan salah kasih mawar ke orang ya sob....

4. MAKNA TANGKAI

Via.pixabay
Nggak cuma warnanya aja yang punya makna berbeda, tapi jumlah tangkai bunga mawar yang diberikan orang kepada kita juga punya makna tersembunyi.

Setangkai : kamu satu-satnya orang yang doi cintai (uhuy๐Ÿ˜˜)

3 tangkai : i love you beb (muach๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜)

5 tangkai : i love you so much beb (co cwett๐Ÿ˜)

13 tangkai : sebenarnya aku adalah pemuja rahasiamu (eh๐Ÿค—)

15 tangkai : melambangkan suatu penyesalan dan permintaan maaf.

Intinya makin banyak jumlah tangkainya makin besar cintanya sama kamu.

Dan makin mahal harganya๐Ÿ˜‚

Baca juga : 14 fakta unik valentine's day

Baca juga : 8 fakat unik kaum wanita

5. MAWAR LANGKA

Via.pixabay

Rosa sericea, adalah mawar langka yang memiliki 4 kelopak. Saya sendiri sebenarnya nggak pernah menghitung jumlah kelopak mawar.

Tahu sendirilah, jomblo, nggak ada yang kasih bunga๐Ÿ™

kebanyakan spesies mawar di dunia selalu memiliki 5 kelopak, tapi mawar rose sericea ini hanya punya 4 kelopak. Dan yang membuatnya makin langka, mawar ini nggak tumbuh di semua negara. Kalau kalian pecinta mawar kalian bisa melihat mawar ini secara langsung di
India, Tiongkok, Myanmar, dan Nepal.

Bisa jadi ide lamaran antimainsteam nih...

Beb, cintaku sama kamu tuh langka kayak mawar rose sericea ini, nggak bakal kamu dapet cinta setulus ini selain dari aku...
Ea...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Leleh hati eneng bang...

6. BISA BERBUAH

Via.pixabay

Bunga tapi berbuah? Nah inilah mawar. Mungkin udah ada yang tahu kalau mawar sebenarnya juga bisa menghasilkan buah. Buah mawar ini biasanya disebut rosehip
Gimana bentukannya?
Bisa dimakan nggak?
Bisa dong...
Bahkan buah mawar ini juga bergizi banget lho. Vitamin C yang terkandung pada rose hip lebih banyak dari buah jeruk, pir, dan beberapa buah lain.
Rose hip ini biasanya diolah dalam bentuk selai.
Nggak cuna buahnya kelopak mawar sendiri sebenarnya juga bisa dimakan. Di Indonesia makan buah mawar bukanlah hal yang umum.

Yang ada malah dikira kerusupan..eh kesurupan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Tapi dibarat sana, mawar ini biasa dicampur dalam salad dan bahan-bahan kue.

Kalau kalian penasaran rasanya, bisa coba nyomot setangkai di pagar tetangga, nyomot setangkai di toko bunga, nyomong setangkai...dosa tanggung sendiri.

Weka...weka...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

7. PANJANG UMURNYA

Via.pixabay

Selama ini saya kira mawar itu cuma tanaman biasa. Yang hidupnya juga nggak bakal lama, palingan beberapa bulan juga mati (dialog antagonis๐Ÿ˜ˆ)

Nyatanya mawar itu termasuk tanaman yang bisa hidup lama banget, panjang umurnya sob.
Mawar tertua yabg masih hidup sampai saat ini adalah mawar yang tumbuh merambat di katendral hildesheim di Jerman, mawar ini sudah hidup lebih dari 1000 tahun. Bahkan saat ada bom yang jatuh di kota ini mawar tersebut tetap hidup dan tumbuh subur kembali. Konon katanya mawar ini dijadikan simbol kemakmuran di sana, selama mawar itu masih tumbuh subur maka wilayah hildesheim juga akan hidup makmur.

Panjang umurnya mawar juga dibuktikan melalui fosil yang ditemukan di colorado. Fosil mawar tersebut diperkirakan sudah berumur sekitar 35 juta tahun.
Uwow....

Ternyata dikau lebih kuat dari dugaanku, sudikah kiranya engkau memaafkan daku yang telah meremehkan dikau (dialog alay penyesalan๐Ÿค—)

8. WARNA BUATAN

Via.pixabay

mawar memang memiliki beragam warna, namun beberapa warna seperti biru dan hitam sebenarnya nggak dimiliki mawar.
Mawar warna biru ada setelah percobaan yang sangat lama selama 20 tahunan lebih dan merupakan hasil rekayasa genetika. Pada mulanya zaman dulu warna mawar biru berasal dari pencelupan mawar putih ke dalam cairan warna biru.

Lalu pada tahun 2004 lalu para peneliti suntory akhirnya berhasil membuat mawar biru yang cukup sempurna.

Sementara mawar hitam yang indentik dengan sihir ini sebenernya nggak pernah ada. Mawar hitam turkish halfeti yang dikembang biakkan di turki sebenarnya juga nggak berwarna hitam, melainkan merah yang sangat tua sampai terlihat kehitaman.

Baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

Baca juga : Sepatu punya 16 fakta unik ini lho

9. DURI DAN MAWAR

Via.pixabay

Mawar sendiri juga punya banyak dongeng. Menurut kisah dari yunani kuno duri yang ada pada mawar berasal dari panah cupid yang meleset.
Duri mawar sendiri selain berfungsi sebagai pelindung dari predator juga mempermudah mawar saat merambat di dinding.

10. FOREVER ROSE

Via.we heart it

Berkaitan dengan mawar, kalian pasti tahu beauty and the beast kan.

Kisah romantis antara pangeran yang dikutuk dengan seorang gadis desa๐Ÿ˜

Dalam kisah disney itu ada bunga mawar abadi yang disimpan dalam sebuah kaca.
Di dunia nyata bunga tersebut juga ada lho.
Forever rose alias bunga abadi.

Forever rose ini dijual oleh perusahaan bunga mewah di london. Mereka mengatakan forever rose bisa tetap segar meski tanpa diberi air atau sinar matahari, bunga tersebut akan tetap segar seperti mawar abadi di beauty and the beast.
Karna keistimewaannya itulah harga mawar ini fantastis banget yakni USD 200 sampai USD 4000 atau setara dengan
 2,6 sampai 53 juta rupiah

Saya pamit pingsan dulu sob....๐Ÿ˜ต
Tangkep ya...

11. MAWAR RAKSASA

Jika kalian ingin melihat buga mawar terbesar pergilah ke museum bunga mawar thomstone. Emang sebesar apa sih?

Bunga mawar ini, memiliki ukuran bunga yang biasa tapi batangnya....
Wah... Saya bakalan nyebut ini pohon mawar.
Karena ukuran diameter batangnya aja mencapai 3 meter dan mawar putih ini merambat sejauh 2743,2 meter persegi, saking luasnya supaya nggak roboh harus dipasang penyangga dari besi. Mawar tersebut sudah ditanam sejak tahun 1885 dan masih tumbuh subur sampai saat ini, setiap musim semi bunganya akan bermekaran.

Duh... Asyik kali ya kalau valentinan ke sana....
Gandengan tangan sama dia, sambil menikmati indahnya mawar yang bermekaran, trus saling tatap-tatapan....
Eh... Tiba-tiba hujan turun dengan deras

Woe bangun, udah siang, kerja kagak....
Emak muncul dengan gayung kebesarannya....

12. GAUN MAWAR

Via.pixabay

Kamu yang cewek, mau dikasih berapa banyak mawar biar luluh dan mau menerima lamaran doi?

100, 500, 1000?
Wah.. Nggak kebayang sebanyak apa tuh.

Tapi di china ada seorang lelaki bernama xiao fan yang romantis banget karena dia membuat kejutan lamaran dengan sebuah gaun yang dibuat dari 9.999 bunga mawar untuk kekasihnya yin mi.
Auto nganga, baper....
Menurut kepercaan china sendiri, angka 9 berarti sesuatu yang baik.

Kalau saya cukup dilamar dengan janji ke surga bareng aja udah meleleh...


Segitu istimenya mawar. Keindahannya memang patut dijadikan lambang cinta. Rasanya nggak lengkap kata mencintai tanpa ada setangkai mawar yang diberikan dengan setulus hati, tanpa ada setangkai mawar dengan keharuman alami diantara senyum kita berdua.

Ya Allah... Itu penulisnya kenapa ya...
Kesambet apa kok jadi puitis banget.

Efek mawar nih, rose efek bikin saya jadi lebay kek orang jatuh cinta๐Ÿ˜.
Mohon maaf ya....✌

Semoga artikel di atas bermanfaat.
Dan...

Jangan lupa mawar sebelum berangkat nemuin pacar

See you...





33 komentar

  1. Mawar juga merupakan simbol :)
    Kecantikan yg berbahaya, karena mawar sangat cantik namun penuh duri klo ada yg metik bunganya awas ada duri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Hati-hati kalau kasih mawar ke pacar, jangan sampai malah mawar yang berduri, ntar dianya marah....

      Hapus
  2. Bunga favorit saya nih. Tapi lihatnya aja, kalau nanemnya males. Hihihi. Walau ini bunga favorit tapi semenjak kenal suami cuma pernah dikasih bunga mawar satu kali doang. Itu juga cuma sebatang, wkwkwkZ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma sebatang, berarti artinya mbak enny satu-satunya orang yang dicintai dong. Dan nggak pernah dikasih lagi karena udah sah, udah janji sehidup semati
      Ea...
      Baper sendiri saya๐Ÿ˜„

      Hapus
  3. Ternyata banyak juga yaaaa arti setangkai bungamawar.. saya juga seneng banget lho kak kalau dikasi bunga mawar.. emang bagus ya bunga mawar merah buat pasangan menandakan cinta hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setangkai mawar aja udah bisa bikin luluh ya mbk, duh saya juga pengen dikasih mawar...๐Ÿ˜Š

      Hapus
  4. Saya baru tahu kalo bunga mawar ada buahnya hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nambah wawasan dong mas, saya udah tahu tapi belum pernah nyoba....

      Hapus
  5. Eh, ternyata kalo banyak ngasih tangkai mawar berarti makin banyak cintanya ya, wah, mending nanam mawar aja ya, kalo beli terus, bisa habis celana saya dijual buat beli mawar...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk... Kalau celananya habis ganti pakai sarung aja mas๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, lebih efisien....

      Hapus
  6. Lah, aku beneran baru tau ini soal kegunaan warna bunga mawar dan jumlah tangkai mawar bisa diartikan berbeda ๐Ÿ˜„ Hmm, mawar si bunga cantik tapi berduri tajam. Maklum, aku belum pernah ada yg ngasih bunga jadi gak tau :(
    Ya sekarang jadi tau. Tapi aku lebih suka dikasih bunga deposito aja sih.. hahhahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Nasib kita sama dong mbak, sama-sama belum pernah dikasih bunga mawar...๐Ÿ˜‚
      Tapi saya juga lebih suka bunga deposito, lebih harum kayaknya...
      He..he...๐Ÿ˜‚

      Hapus
  7. huwaaaaa... saya tak pernah bisa menolak mawar!
    Padahal nggak pernah ada yang ngasih juga, hahahaha

    Saya mah lemah di bunga, apalagi bunga deposito yang sebulan puluhan juta.
    Kalau ada yang mau gantiin bunga mawar ama bunga deposit segitu juga ngga papa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat kapitalis ya. Hehehehe
      Salam kenal

      Hapus
    2. Saya juga mau bunga...
      Bunga deposito
      Hi..hi...๐Ÿ˜
      Yah, mau gimana lagi ya mbk. Habisnya bunga deposito bisa buat beli lebih banyak bunga mawar, kan asyik kalau dapet dua-duanya...
      Hua..ha..ha...๐Ÿ˜‚
      (Inilah ilmu efisien)

      Hapus
  8. Mawar warna buatan klo teman saya yang bekerja di floris dulu. Langsung saja celup mawar putih ke air yang sudah diberi pewarna makanan. Alhasil dalam satu malam sudah berubah warna. Hehehe.
    Salam kenal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman dulu juga begitu mas, tinggal-celup-celup kayak teh celup.
      Salam kenal juga๐Ÿ˜Š

      Hapus
  9. Aduh gak tahu banyak rahasianya, kirain itu hanyalah bunga seperti bunga bunga lain.

    Sepertinya untukku lebih mengerti mesin, perang dan perdamaian. Kalau bertemu mau deh kuberikan mawar kuning dulu he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik.. Ada yang niat kasih bunga, dari pada kagak ada๐Ÿ˜‚
      Kayaknya kalau mas sofyan paling mengerti masalah koding ya...
      Koding-koding hati ada nggak ya...

      Hapus
  10. Ternyata dari tangkainya punya makna. kalau saya asal beri. Untung yang diberi juga tidak tahu maknanya sehingga aman-aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tangkai, makin banyak makin bagus mas, yang dikasih bisa makin cinta...

      Hapus
  11. Jadi penasaran rasanya rode hip begitu tau bisa dimakan dan vitamin C nya lebih tinggi dari yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba beli aja mas, saya belum pernah coba juga sih, katanya banyak dibuat selai

      Hapus
  12. Ternyata warna mawar punya arti sendiri2,...dulu waktu kecil saya suka nanam bunga mawar di depan dan belakang rumah, seringnya yg warna merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah mas, emang yang paling banyak ditanam orang itu warna merah, kalau nggak gitu pink...

      Hapus
  13. Saya penasaran sama mawar berbuah hehe
    Rasa nya seperti apa ya...
    Trus apa mawar nya berduri lancip panjang atau pendek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepo banget ya mas... Coba beli aja mas, ini yang nulis juga belom pernah coba.
      He..he...๐Ÿ˜

      Hapus
  14. Wah jadi tahu nih kalo bunga mawar bunga nasional. Bunga mawar memang cantik banyak yang suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena cantik, makannya banyak yang suka sampai jadi bunga nasional. Keren ya...๐Ÿ˜Š

      Hapus
  15. mawar itu bunga yg cantik, sama kek yang punya blog heheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang muji, he..he.. Makasih mas... Jarang-jarang ada yang muji selain bapak sendiri๐Ÿ˜‚

      Hapus
  16. Aku suka mawar kak, makasih infonya ya baru tau aku heheh salam kenal yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong, saya juga suka mawar.

      Sama-sama, makasih juga sudah berkunjung๐Ÿ˜Š

      Hapus


EmoticonEmoticon