Sstt..., ini dia 12 fakta unik tisue toilet

Sstt..., ini dia 12 fakta unik tisue toilet

Via.pixabay

Udah lama saya penasaran sama yang namanya tisue, karena sekarang ini saya paling sering beli tisue dan merasa nggak nyaman kalau habis cuci muka, makan, atau tangan kotor tapi nggak ada tisue.

Tapi yang mau saya bahas kali ini bukan tisue itu aja ya, melainkan tisue toilet, he…he…

Agak gimana gitu nyebutinnya, mukinkah agak jijai-jijai
(bahasanyaπŸ˜‚πŸ˜‚)

Benda satu ini pasti jadi kebutuhan wajib untuk sebagian besar orang yang hidup di perkotaan besar ya, dan juga menjadi benda yang sejujurnya pasti sangat berarti dan bikin repot kalau enggak ada.
Benda ini juga juga nggak luput dari perhatian saya yang suka ngelamun sambil merhatiin sesuatu, sehingga menimbulkan benih-benih penasaran yang tumbuh seiring berjalannya waktu.

Ya ampun, bahasanya kok makin menggila.😜

Lalu apa yang saya temukan setelah melakukan riset dan investigasi yang cukup mendalam dan menguras ottak
He..he……? ini diaaa..
(Maafken jika lebay ya...πŸ˜‹)

1. yang pertama saya mau mulai dengan kenapa saya bisa penasaran sama tisue toilet ini padahal kan saya bukan golongan pengguna tisue toilet, makhlum wong ndeso ini.😁
Karena setiap kali saya beli mie ayam, bakso, dan makanan lainnya pasti tisue toilet ini nangkring di atas meja makan dengan begitu damai dan wajarnya, lah… lucu juga kan tisue TELOLET, eh… tisue toilet itu maksudnya, kok ada di atas meja makan, apa karena lebih praktis?
saya pikir enggak, kadang ditarik nggak putus putus.
Apa jangan-jangan saya salah masuk, itu emang toilet...😨
Somplak...
apa karena lebih murah, awet dan simple?
 Hemmm, mukin, nggak tahu juga saya.
Mau nanya sama penjualnya entar dikira mo tahu aja urusan orang.
Wkwk….πŸ˜‚
Tapi yang jelas, ternyata penggunaan tisue toilet seperti ini untuk lap sehabis makan nggak sehat lho sob, namanya aja udah tisue toilet, tisue ini mengandung bakteri bacilus yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan kalau digunakan untuk mulut, jadi saya kira lebih aman kalau bawa tisue sendiri aja ya….

2. yang di atas Cuma basa basi,  yang ini baru dimulai,  tisue toilet juga punya sejarah juga, sama seperti benda-benda lainnya tisue toilet juga punya sejarah panjang yang unik. Ingat, jangan menilai sesuatu secara rendah….😌

Sebelum ada tisue toilet orang orang zaman dulu lebih sering menggunakan cangkang kerang, tulang,  daun, batu, dan benda benda lain dari alam untuk membersihkan diri setelah buang air

Dan…
Chinalah negara yang pertama kali menciptakan tisue pada abad ke 14 silam. mungkin karena china juga adalah negara penemu kertas ya. Tapi bentuknya pasti berbeda dengan tisue toilet saat ini, tisue toilet waktu itu hanya berukuran 2x3 inci atau 5x8 cm. kecil banget ya…

Via.pixabay

3. kalian tahu ngak sih, kalau bakteri pada layar handphone itu jumlahnya melebihi bakteri pada toilet, ihh… padahal kita paling lengket sama yang namanya handphone.
Mantan bisa dilupakan tapi handphone… oh nooo

Eh, maaf buat yang susah move on (sok banget ya saya… )

Karena itu Jepang melalui perusahaan NTT docomo berinovasi dengan membuat tisue toilet khusus untuk membersihkan layar handphonemu. Wah… asyik nggak tuh, handphone aja diperhatikan sampai segitunya.

Kalau sobat pada penasaran mungkin bisa langsung datang ke bandara Narita di Jepang sana, mau ajak saya…
Boleh.. hi..hi…πŸ˜„πŸ˜

Baca juga : 10 fakta unik si panas api

Baca juga : 23 fakta unik mata yang super mengejutkan

Via.pixabay

4. setelah cukup lama akhirnya tisue toilet modern dengan bentuk yang seperti sekarang ini dibuat pada tahun 1857 di Amerika serikat oleh seorang bernama Joseph gayetti. Karena sebelum ada tisue toilet modern ini orang disana lebih sering menggunakan kertas bekas. Jadi penemuan tisue toilet ini sangat… sangat membantu ya, (bingung ngomongnyaπŸ˜‘), namun tisue toilet modern ini baru dijual secara umum oleh perusahan besar  alias mulai dipergunakan secara luas pada tahun 1880 setelah dikembangkan oleh British perforated paper company.
selain itu Amerika juga menjadi negara dengan pengguna tisue toilet tertinggi disusul oleh Finlandia dan Belgia.
Tapi nih virtual toilet paper museum menyebutkan bahwa Amerika juga pernah kehabisan stok tisue toilet pada tahun 1773.
Waduh....

5. pada awal-awal penemuan tisue toilet benda ini pernah dianggap sebagai sesuatu yang agak memalukan untuk diperlihatkan pada orang lain, jadi dulu kalau kita mau beli tisue toilet, kita cukup bilang “satu tolong’ tergantung jumlah yang kita butuhkan , dan tisue toilet tersebut dijual dalam sebuah kemasan berwarna coklat.

Via.pixabay

6. Nggak Cuma barang-barang mewah aja, tisue toilet pun juga ada pajaknya. Sejak tahun 1996 presiden clinton mengenakan pajak untuk tisue toilet sebesar 6 sen dan masih terus berlaku sampai saat ini.
Pacaran aja ada pajaknya kok...
Temen-temen: cye yang baru jadian, pajaknya mana nih.

7. tisue toilet juga pernah ada museumnya lho. The madison museum of bathroom tisue yang terletak di wisco sisn adalah salah satu musem tisue toilet di dunia, ada beragam jenis koleksi tisue toilet disana dan berasal dari berbagai belahan dunia seperti, the guggenheim, ellis island, dan graceland . Sayangnya museum ini ditutup pada tahun 2000 lalu. Mungkin karena tisue toilet udah nggak semenarik dulu ya…

Baca juga : 11 fakta unik celana jeans kesukaanmu

Baca juga : 8 fakta unik kaum wanita

Via.pixabay

8. Sebuah fakta yang cukup mengejutkan dan bikin saya menyesal bahwa ternyata sama halnya dengan kertas tisue juga dibuat dari kayu. Dimana untuk memenuhi kebutuhan tisue yang semakin meningkat diperlukan 10 juta pohon pertahunnya, yang berarti sekitar 10 juta penebangan pohon juga, dimana setiap orang membutuhkan sekitar  100 gulung atau 20.000 lembar pertahun dan 384 pohon seumur hidupnya. Sedih bukan… padahal kita bisa hidup dan bernafas karena adanya oksigen dari pohon-pohon tersebut.

Karena hal itulah beberapa negara di dunia sangat membatasi penggunaan tisue untuk mendukung aksi penceggahan global warming.

9. kalau mau ambil tisue toilet harus scan wajah dulu dan nunggu 9 menit tanpa boleh kurang, kalau mau ambil tapi di toiletnya kurang dari 9 menit , ya… kagak dikasih tisue toilet.

Hemmm… ini canggih apa merepotkan namanya?

Terlepas dari canggih apa merepotkannya, tetep aja ini sebuah Inovasi  baru yang dibuat untuk memudahkan kita.
Kalau sobat penasaran juga degan teknologi tisue di atas sobat bisa langsung datang ke objek wisata temple heaven, beijing chinna. Mau ajak saya lagi.

Boleh lagi.. hi..he…😁

Via.pixabay

10. Cara membuang tisue toilet pun berbeda di tiap negara, ada yang bisa dibuang sekalian ke dalam kloset seperti eropa, Amerika dan Jepang. ada juga yang harus dibuang ke tempat sampah. Beberapa negara termasuk indonesia melarang buang tisue toilet di kloset karena bisa menyebabkan mampet.
Sumpah ini bahaya banget, bikin repot kalau lebelet tapi toilet mampet.

11. lagi-lagi tisue toilet juga ada yang termahal. Kalau kita beli tisue toilet biasa mungkin harganya Cuma belasan ribu tapi kalau tisue toilet termahal ini, kalian harus kuras tabungan di bank dulu, udah dikuraspun mungkin juga belum cukup.
Jadi ini mau beli tisue toilet apa pabriknya..
Emang semahal itu?
19,2 miliar beranikah anda..?
Wajar aja kalau harganya semahal itu karena bahan dasar tisue ini adalah emas 24 karat. Kayaknya kok nggak tega mau pake, mending dijadiin kalung aja lah, bilang aja kalung model terbaru.

Baca juga : 30 fakta unik si imut kucing

12. gimana rasanya kalau pakai tisue toilet sebagai gaun pernikahannmu.
Ih… mukin ngak bisa dibayangin ya, gimana pakainya juga, apa mau dipakai kayak mumi? Atau gimana?
Tenang aja bikin gaunnya nggak asal bikin kok, harus memenuhi syarat-syarat seperti, menutupi tubuh secara layak, nggak transpran, dan nyaman.

Kontes membuat gaun ini disponsori oleh charmin dan ripleys believe yang diadakan setiap tahun dimana pemenangnya akan mendapatkan hadiah sekitar 2000 dollar dan 10 gaun yang menang akan diikutkan fashion show manhattan di new york. Yang ikut kontespun jumplahnya buanyak lho, bisa mencapai 1.501 kontestan. Wowo….
Ada yang mau ikut kah?

Kayaknya habis ini saya harus mengurangi penggunaan tisu. Tapi susah…. padahal sepintas tisue itu benda yang simple banget kan, praktis, sekali pakai. Tapi tisue juga bisa jadi limbah yang sulit diurai oleh alam lho, jadi harap lebih bijak dalam penggunaan tisue ya…
See you… don’t forget to come back again
Hee..he…
See youuuuuu……πŸ‘πŸ‘

23 komentar

  1. Ternyata tisue toilet mengandung bakteri bacilus padahan udh biasa nongkrong di meja2 warung makan, jadi lebih aman bawa tisue sendiri ya mbak, tapi karena banyak yg belum baca artikel ini jadi nyaman2 aja pakainya, malah utk mengelap sendok dan garpu juga hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun juga gitu mas, waktu belum tahu malah tisue toilet buat ngelap apa aja, termasuk muka pas keringetan karena kepedesan he...he...😁😁

      Hapus
    2. Sekarang udh nggak berani lagi ngelap muka keringatan dgn tisue toilet, coz waktu itu blum nulis artikel ini ya mbak 😁

      Hapus
    3. Ha..ha.. Iya mas, jadi pelajaran juga ini, sekarang kemana-mana sedia tisue di tas, seriusan lho tiap hari saya pasti beli tisue...

      Hapus
  2. Adu mbak bagaimana ne?
    Setelah baca postingan mbak soal tisu ampun saya jadi....

    Terima kasih banyak mbak postingan ini sangat informatif dan bermanfaat, suka bangat dengan post soal fakta unik tentang tisu ini.. kagum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha...ha.. Sama-sama mas, eh, bapak guru. Jangan bosen main ke sini ya...😁

      Hapus
  3. Fakta lainnya tisu toilet juga bisa untuk menghapus air mata kesedihan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. Bagaimana dengan air mata buaya....bisakah dihapus paka tisue toilet...
      πŸ˜‚πŸ˜‚
      Bisa jadi... Bisa jadi...

      Hapus
    2. Kalau dipakai untuk menghapus air mata buaya..malah tissue nya yang bersedih wkwkwk

      Hapus
    3. Wkwk.. Kalau gitu, Langkah terakhir buang buayanya ke kebun binatang aja, biarkan bersatu dengan kawanannya...πŸ˜‚
      (Ini ngomongin buaya apa sebenarnya...)
      Buayangkan aja sendiri...

      Hapus
  4. Jadi geli..hiks. Terima kasih artikelnya informatif sekali, Mbak. Jujur aja saya orangnya jiji'an, dan emang selalu bawa tisu sendiri baik kering atau basah karena emang punya anak kecil. Selama ini tahu sih tisu toilet, tapi kalau ada di atas meja makan kok nggak ngeh yaa..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha...ha.. Saya juga agak geli waktu nulisnyaπŸ˜‚, suka bawa tisue juga sih tapi bukan tisue toilet (ya kali di tas bawa gulungan segede ituπŸ˜‚)
      Coba dwh ntar kalau mampir beli mie ayam mbk muyas lirik-lirik mejanya dulu, biasanya emang ada tisue toiletnya....

      Hapus
  5. Edew. Tisu aja pake emas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha iya ya mas, kan jadi sayang kalau mo dipake...

      Hapus
  6. wah kalau masalah tisue saya mah doyan banget tarikin tisuee... soalnya gratis, hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena yang gratis emang lebih menarik ya, apalagi sekarang jarang ada gratisan, makanya jadi doyan gituπŸ˜‚

      Hapus
  7. Makanya kalo model tisu toilet ini nangkring di meja makan, aku udh pasti ga bakal sentuh :p. Geli aja. Eh, tp aku baru tau ada tempat yg pake scan wajah 9 menit demi tisu toilet huahahaha.. Yo wis lah mnding bawa tisu sendiri itu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo wis ben tisuenya nangkring di atas meja, biar diambil orang lain aja, kita mah bawa sendiri biar aman.
      Wkwk...πŸ˜‚

      Hapus
  8. Di warung makan, paling banyak tisu toilet ini yang dipakai, lucu juga sih, tapi ya mau gimana lagi karena kalau pakai tisu biasa, bisa bangkrut pula warungnya wkwkwkwkw. Yang kadang sering saya bawa itu tisu + tusuk gigi (sampai sering kelupaan botol tusuk gigi di warung) :D

    Makasih informasinya ... luar biasa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti memang salau satu alasannya karena hemat ya.... Ha..ha..
      Kalau saya malah nggak bisa pake tusuk gigi, yang ada entar bukan tusuk gigi malah tusukin gusiπŸ˜‚

      Hapus
  9. Saya suka foto tisu yang gambarnya uang itu. Sudah tradisi mungkin ya kalau di warung disediain tisu toilet. Kalau di luar negeri malah tidak ada tisu apapun. Jadi ngelapnya pakai tangan. Ini mungkin juga salah satu cara untuk menghemat kertas tisu ya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada bule mampir ke warung bakso mukin agak bingung ya, ini warung apa toilet...
      Kalau dia tanya semoga abangnya bisa jawab...
      Amien ya Allah...

      Hapus
  10. wkwkwk saya baru tau kalau ada tisu toilet yang mahal

    BalasHapus


EmoticonEmoticon